cropped-habibftcn-1.png
Logo Habibhidayat.com

Pengertian dan Pentingnya Search Engine Marketing dalam Dunia bisnis Online

26 July 2021
Pengertian dan Pentingnya Search Engine Marketing dalam Dunia bisnis Online
Habib Hidayat
verified

Pengertian dan Pentingnya Search Engine Marketing dalam Dunia bisnis Online – Selain mendirikan bisnis dengan cara membuka toko atau perusahaan offline, Anda juga bisa menjalankan bisnis secara online. Hal ini diperlukan untuk bertahan di tengah persaingan yang semakin ketat.

Sebab, dunia bisnis tidak lepas dari persaingan dalam segala bentuk dan cara. Mulai dari teknik dalam melakukan promosi, harga yang ditawarkan, hingga pengadaan bonus yang cukup agar jumlah konsumen tidak semakin menurun.

Itu sebabnya, untuk terjun ke dunia bisnis tidak bisa hanya bermodalkan uang dan tekad yang kuat saja. Anda juga harus mengetahui apa saja yang harus dilakukan agar bisnis yang dijalankan bisa meningkat dengan pesat, salah satunya adalah strategi marketing yang jitu dan sesuai dengan teknologi masa kini. 

Pengertian Search Engine Marketing

Pengertian dan Pentingnya Search Engine Marketing dalam Dunia bisnis Online - Habib Hidayat
Pengertian Search Engine Marketing

Saat Anda memutuskan berkecimpung dalam dunia bisnis secara online, maka Anda harus siap dengan segala konsekuensinya. Salah satunya adalah mempelajari bagaimana cara membuat strategi pemasaran yang menggunakan media elektronik seperti internet. Dan salah satu bentuk dari dari strategi marketing tersebut adalah Search Engine Marketing.

Ini merupakan metode yang digunakan untuk mengiklankan website secara berbayar agar menduduki halaman pertama Google dengan menggunakan keyword tertentu. Metode yang satu ini mulai populer di kalangan pebisnis beberapa tahun belakangan ini.

Kian hari, peranannya kian terlihat dampak positifnya, itu sebabnya banyak pelaku bisnis yang mulai mencari informasi secara lengkap mengenai SEM ini. Selain itu, mereka juga berusaha menggali informasi mengenai metode dan cara pengaplikasiannya demi memiliki performa bisnis yang lebih baik lagi.

Intinya adalah, cara menerapkan Search Engine Marketing ini dilakukan dengan menggunakan platform iklan Google Ads yang berbayar. Dengan demikian, website Anda akan berpeluang muncul di halaman pertama Google secara cepat dengan cara “membeli” traffic

Dari hasil pencarian kata kunci yang digunakan akan memunculkan dua hasil, yaitu hasil pencarian dari iklan dan hasil pencarian secara organik. Dan hasil pencarian iklan itulah yang yang disebut sebagai SEM.

Tidak hanya Google, hampir semua mesin pencari yang ada di internet seperti Yahoo dan Bing saat ini  sudah memiliki fitur SEM. Namun, memang Google lah yang paling banyak digunakan oleh para peselancar di dunia maya.

Sebab, Google telah menguasai pangsa pasar hampir 90%. Jadi, peluang untuk mendapatkan jumlah traffic yang tinggi dari iklan melalui Google cukup besar. Cara kerja Search Engine Marketing ini sebenarnya cukup simpel, yaitu membuat iklan yang mengandung beberapa kata kunci yang berkaitan dengan produk atau layanan yang ditawarkan.

Ketika ada yang mencari sesuatu  dengan mengetikkan kata kunci tersebut, maka mesin pencari akan menampilkan hasil pencarian berbayar. Adapun jumlah biaya yang dikeluarkan untuk mengiklankan website dihitung menggunakan sistem Pay Per Click (PPC). Maksudnya adalah, Anda hanya perlu membayar jika ada orang yang meng-klik iklan Anda.

Pentingnya Penggunaan SEM bagi Pelaku Bisnis

Pengertian dan Pentingnya Search Engine Marketing dalam Dunia bisnis Online - Habib Hidayat
Pentingnya Penggunaan SEM bagi Pelaku Bisnis

Jika ditelaah lebih lanjut, SEM ini menjadi sebuah media promosi yang sangat efektif bagi para pelaku bisnis. Selain itu, SEM juga merupakan cara tercepat untuk mengarahkan target pasar ke website Anda.

Alasannya adalah, Search Engine Marketing ini mampu menempatkan website di halaman pertama mesin pencari. Seperti diketahui, para pengguna mesin pencarian umumnya hanya membuka atau mengakses halaman situs yang tampak pada halaman pertama saja saat mereka mencari informasi.

baca juga :  Cara Optimasi Instagram untuk Berjualan

Para target market yang melakukan pencarian informasi itu pun secara sadar mengunjungi website Anda. Jadi, para calon konsumen ini akan menerima informasi pemasaran dan produk dengan kemauannya sendiri.

Berbeda dengan iklan yang ditayangkan di radio, televisi, atau media lainnya yang kemunculannya menginterupsi kegiatan konsumen. Intinya, SEM ini mampu menjangkau konsumen di waktu yang tepat, yaitu saat mereka benar-benar dalam keadaan terbuka untuk informasi baru.  

Contoh Search Engine Marketing

Format yang digunakan untuk Search Engine Marketing sangat beraneka ragam, diantaranya adalah penggunaan format dalam bentuk teks dan PLAs (Product Listing Ads/Shopping ads) berupa review produk/ jasa, harga, produk/ jasa, dan rating yang bersifat visual.

Untuk SEM yang menggunakan format teks, biasanya menggunakan Google Adwords, Yahoo, dan Bing.Untuk gambaran paling mudah, Anda bisa mengetikkan kata kunci tertentu di mesin pencarian Google. Nantinya, akan muncul beberapa situs yang tertera di halaman pertama pencarian tersebut.

Apabila diperhatikan, Anda bisa melihat barisan paling atas terdapat iklan website atau nama toko tertentu dengan tulisan “Ads/ Iklan”. Itu merupakan bukti nyata adanya penggunaan SEM dalam dunia internet marketing.

Manfaat Search Engine Marketing

Manfaat Search Engine Marketing
Manfaat Search Engine Marketing

Berdasarkan semua penjelasan diatas mulai dari pengertian hingga contoh yang diberikan, Anda mungkin sudah mendapat gambaran mengenai cara kerja Search Engine Marketing. Namun, tahukah Anda bahwa SEM ini memiliki manfaat yang cukup besar bagi perkembangan bisnis. Apa saja manfaat dari SEM ini, simak penjelasan berikut ini:

Tingkatkan Brand Awareness

Saat memutuskan menggunakan sistem SEM ini, Anda akan mendapatkan manfaat berupa meningkatnya jumlah orang yang mengetahui tentang bisnis yang Anda jalani. Peningkatan brand awareness ini bisa mencapai 80%, lebih tinggi jika dibandingkan dengan penggunaan SEO atau sistem lainnya.

Walaupun pengguna tidak sampai melakukan klik, namun mereka tetap melihat iklan yang terpampang dari hasil pencarian yang mereka temui. Hal ini membuat setiap peselancar lebih mudah mengingat brand atau merk yang Anda miliki ketika mengetikkan kata kunci tertentu atau yang serupa.

Selain itu, iklan yang Anda miliki tersebut juga berpeluang muncul di website atau aplikasi yang telah bekerja sama dengan pihak Google sebelumnya. Intinya, produk atau jasa yang Anda miliki akan lebih dikenal oleh masyarakat dibanding produk lain yang tidak menggunakan Search Engine Marketing

Pencapaian Target

Dengan menggunakan SEM memungkinkan bagi Anda untuk mendapatkan pemasaran yang jauh lebih relevan dan spesifik dengan isi website berupa produk atau jasa yang ditawarkan. Kondisi tersebut akan berdampak juga pada peningkatan traffic ke website.

Dan secara tidak langsung, keuntungan yang akan diperoleh pun akan semakin besar. Jadi, dengan menggunakan SEM sebagai bentuk promosi akan membuat pencapaian yang ingin diraih bisa lebih tertarget.

Tidak hanya itu saja, proses pembuatan Search Engine Marketing inipun prosesnya dinilai cukup cepat dan Anda bisa melihat hasilnya setelah iklan Anda tersebut sudah tayang. Bahkan, penggunaan SEM ini dinilai lebih unggul dalam hal kecepatan jika dibandingkan dengan SEO yang prosesnya butuh waktu sedikit lebih lama. 

Kontrol Menyeluruh

Saat memutuskan menggunakan SEM sebagai sarana untuk mempromosikan bisnis yang Anda miliki. Hal ini membuat Anda menjadi lebih leluasa dalam mengontrolnya. Mulai dari segi biaya promosi, timeline, hingga hasil yang ingin dicapai.

Kontrol tersebut juga meliputi pemilihan jenis iklan, kata kunci yang digunakan, dan juga demografi yang sesuai dengan website atau produk (jasa) yang hendak dipromosikan. Khusus untuk kata kunci, walau bebas memilih namun Anda harus perhatikan juga jenis kata kuncinya.

Setidaknya, terdapat 4 jenis kata kunci dalam Search Engine Marketing, yaitu:

  • Broad Match Keyword
  • Exact Match Keyword
  • Phrase Match Keyword
  • Negative Keyword

Efektif Menjangkau Target Pasar

Keberadaan target market yang tersebar di seluruh penjuru dunia membuat Anda harus mencari bentuk iklan yang bisa menjangkau keberadaan mereka. Dengan menggunakan SEM inilah Anda bisa mewujudkan hal tersebut.

baca juga :  10 Strategi Influencer Marketing yang Perlu Anda Ketahui

Seperti diketahui, sebuah bisnis bisa berkembang dengan pesat apabila berhasil merangkul target market sebanyak mungkin. Jadi, tidak hanya fokus pada pelanggan yang ada di sekitar Anda saja, dengan SEM Anda berkesempatan mendapatkan pelanggan dari seluruh dunia.

Tingkatkan Konversi

Search Engine Marketing lebih fokus pada pemasaran yang relevan dan sesuai dengan isi website, produk, atau jasa yang ingin dipromosikan. Kondisi tersebut berdampak pada meningkatnya konversi karena SEM menggunakan iklan berupa link.

Apabila ada yang melakukan klik, maka link tersebut akan langsung mengarah pada website milik Anda. Walau untuk bisa memanfaatkan SEM ini harus membayar setiap iklan yang di klik. Namun, perhitungan biayanya jauh lebih sedikit dibandingkan dengan menggunakan media promosi iklan berbayar lainnya.

Itu semua dikarenakan SEM bekerja jauh lebih spesifik dibandingkan dengan SEO yang hanya fokus pada organic traffic. Penggunaan kata kunci pada SEM juga jauh lebih mendetail dan jumlahnya bisa lebih banyak dengan intensitas pembelian yang jauh lebih akurat.

Budget Menyesuaikan

Anda mungkin membayangkan betapa mahalnya harga yang harus dibayar untuk memasang iklan di sebuah perusahaan besar seperti Google. Kenyataannya, Anda bisa mengendalikan atau menyesuaikan biaya iklan tersebut dengan dana yang dimiliki apabila menggunakan Search Engine Marketing.

Ada banyak pilihan paket biaya iklan yang tersedia, mulai dari yang paling murah hingga yang paling eksklusif dan mahal. Tentunya, nilai dari biaya iklan tersebut memiliki pencapaian yang berbeda pula sebab semakin mahal harga paket yang dipilih maka tingkat perolehan hasil juga jauh lebih memuaskan.

Saat budget yang Anda miliki untuk membeli SEM habis, maka iklan tersebut juga akan berhenti secara otomatis. Intinya, dengan menggunakan SEM, Anda tidak perlu lagi bingung untuk menyediakan budget iklan. Walau demikian, akan lebih baik apabila bijak dalam memilih dan usahakan untuk membeli paket yang diprediksi bisa memberikan hasil yang maksimal.

Pentingnya SEM bagi Bisnis Online

Search Engine Marketing tidak hanya memberi keuntungan bagi para pelaku bisnis, melainkan juga memiliki peranan yang penting dalam dunia bisnis online. Berbagai peran penting SEM tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

Cara Efektif Muncul di Halaman Pertama Mesin Pencarian

Sebagai pelaku bisnis, Anda mungkin sudah mengenal teknik SEO (Search Engine Optimization). Antara SEM dan Search Engine Optimization ini memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri. Dalam hal anggaran teknik SEM memang membutuhkan biaya yang lebih banyak dibandingkan dengan teknik SEO.

Namun, tingkat konversi yang dihasilkan juga jauh lebih banyak dan lebih optimal, begitu pula dengan tingkat ROI (Return of Investment) yang jauh lebih tinggi. Dengan demikian, peluang untuk masuk di halaman pertama Google pun akan semakin besar. Alasannya adalah, iklan melalui SEM ini akan mendapatkan prioritas dalam mesin pencari. Bahkan, lebih unggul dan mampu mengalahkan hasil pencarian lainnya yang serupa.

Berpeluang Memperoleh Data Demografi Target Pasar secara Gratis

Dengan penerapan teknik Search Engine Marketing sebagai media promosi dinilai lebih mampu mendatangkan lebih banyak manfaat bagi Anda selaku pebisnis online. Untuk optimasi lebih lanjut, Anda bahkan bisa mendapatkan data konsumen secara lebih mendetail.

Misalnya, jenis kelamin, tahun kelahiran, data wilayah, dan minat konsumen. Dengan semua data tersebut, Anda bisa membuat sebuah analisis dan menetapkan target pasar yang lebih baik lagi. Selain itu, Anda juga bisa menggolongkan pelanggan berdasarkan loyalitas mereka.

Metode Mendongkrak Traffic Web

Dalam dunia bisnis online, memiliki website membutuhkan optimasi yang lebih agar bisa menghasilkan closing pembelian dari pihak pelanggan. Dari berbagai teknik yang ditawarkan, SEM merupakan salah salah teknik yang mampu menjanjikan traffic website yang kian meningkat. 

Dengan tingginya lalu lintas pada website, penggunaan teknik ini tentunya memberikan pengaruh yang positif pada bisnis online Anda. Sebab, seiring dengan meningkatnya traffic website, maka jumlah pengunjung web yang berpotensi untuk menjadi pelanggan juga akan semakin tinggi, termasuk dalam hal meningkatnya konversi dalam bentuk lain yang lebih baik lagi.

baca juga :  Owner adalah Pemilik Perusahaan, Apa Bedanya dengan CEO?

Sebagai gambaran, Anda menempatkan kata kunci khusus yang tepat saat menerapkan teknik Search Engine Marketing. Maka, jumlah traffic pun akan meningkat hingga berlipat ganda. Itu sebabnya penting bagi Anda untuk mengetahui jenis kata kunci apa yang mampu mewujudkan hal tersebut. 

Lebih Mudah Promosi  

Pemilihan teknik SEM sebagai metode pemasaran dinilai jauh lebih mudah untuk mempromosikan produk atau jasa secara online. Sebab, teknik SEM ini sebenarnya bukan merupakan hal yang sulit untuk dipelajari. Apalagi jika mengingat bagaimana Anda merasakan perbedaan perolehan hasil yang lebih positif dari setiap jenis iklan yang Anda tayangkan.

Perbedaan SEM dengan SEO

Perbedaan SEM dengan SEO
Perbedaan SEM dengan SEO

Walau terkesan mirip, namun antara SEO (Search Engine Optimization) dan SEM ini merupakan dua teknik yang berbeda. Ini dikarenakan cara kerjanya yang berbeda, walaupun hasilnya akan sama-sama muncul di mesin pencarian. Beberapa perbedaan antara SEO dan SEm ini diantaranya adalah sebagai berikut:

Optimasi

Dalam hal optimasi website, SEO lebih mengutamakan pada hasil pencarian secara organik. Caranya adalah dengan membuat website milik Anda berada di posisi tertinggi di halaman mesin pencari. Sedangkan Search Engine Marketing melakukan pemasaran dengan optimasi visibilitas website melalui hasil pencarian organik dan melalui iklan.

Jadi, pada SEM mencakup beberapa aktivitas yaitu SEO dan juga strategi pemasaran lainnya di mesin pencari seperti PPC (Pay Per Click) dan Social Media Marketing (SMM).

Tampilan

Perbedaan yang bisa Anda lihat pada website yang menggunakan teknik SEM di hasil pencarian adalah munculnya tulisan “iklan” atau “ads” pada barisan paling atas. Sedangkan teknik SEO lebih mengarah pada hasil pencarian secara organik.

Sebab, website yang menggunakan teknik SEO kemunculannya benar-benar murni berdasarkan urutan dari pihak Google. Hal tersebut disesuaikan dengan kelengkapan konten, search intent, backlink, dan faktor-faktor pendukung lainnya.

Biaya

Saat Anda memutuskan menggunakan teknik SEO, maka Anda tidak perlu melakukan pembayaran apapun ke mesin pencari. Berbeda dengan teknik Search Engine Marketing  yang mewajibkan Anda membayar dalam jumlah tertentu sesuai dengan paket iklan yang Anda pilih, apakah memilih yang harganya puluhan ribu atau ratusan juta rupiah.

Pada SEO, mesin pencari akan menilai website Anda dari berbagai faktor untuk menentukan peringkatnya di penggunaan kata kunci tertentu. Jika website Anda memenuhi kriteria yang telah ditetapkan Google, maka besar kemungkinan website atau konten Anda akan muncul di halaman pertama mesin pencari Google.

Penggunaan Tool

Saat menggunakan SEM, Anda akan membutuhkan tool khusus seperti Google Ads dan Google Keyword Planner. Ini diperlukan agar kata kunci yang digunakan bisa tepat sasaran dan bisa lebih banyak berpeluang untuk meningkatkan konversi. Baca juga tentang Tools Gratis Digital Marketing untuk Bisnis.

Sedangkan pada teknik SEO tidak membutuhkan tool khusus seperti pada Search Engine Marketing. Walaupun demikian, Anda bisa meningkatkan peluang untuk berada di halaman pertama Google secara organik apabila menggunakan tool tambahan seperti analisis backlink, riset keyword, dan sebagainya.

Sistem Kerja

Dalam menentukan hasil pencarian yang paling relevan, search engine menggunakan algoritma yang cukup rumit. Itu sebabnya Anda harus selalu update mengenai informasi algoritma terbaru yang digunakan oleh mesin pencari Google.

Berbeda dengan SEM, website atau iklan Anda tetap bisa muncul di bagian samping atau bagian atas mesin pencarian dibandingkan dengan pencarian secara organik. Dengan demikian, peluang untuk mendapatkan visibilitas yang lebih banyak pun semakin terbuka lebar.

Itulah pemahaman secara menyeluruh mengenai Search Engine Marketing mulai dari pengertian, manfaat, peranan pentingnya, hingga perbedaannya dengan SEO. Diharapkan, informasi berikut bisa membantu Anda untuk lebih mengenal dan memahami apa itu SEM dengan sebaik-baiknya.  

bagikan artikel ini jika bermanfaat:

Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

Kembangkan Bisnis di Era Digital

layanan digital yang fleksibel sesuai kebutuhan anda

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Habib Hidayat

Habib Hidayat

Praktisi digital marketing serta penulis, tidak ada yang benar-benar ahli yang ada adalah kemauan untuk terus belajar seiring perkembangan jaman

Featured Post

Tertarik untuk kerjasama?

content placement, backlink, penulisan artikel, pembuatan website, digital marketing, dll.