cropped-habibftcn-1.png
Logo Habibhidayat.com

Cara Menggunakan Google Analytics Termudah dan Lengkap

11 August 2021
Cara Menggunakan Google Analytics Termudah dan Lengkap
Habib Hidayat
verified

Cara Menggunakan Google Analytics Termudah dan Lengkap – Saat ini dengan berkembangnya dunia digital, mengutamakan teknologi terasa sangat menguntungkan untuk dilakukan. Misalnya dengan membuat halaman web, situs, dan hal lainnya yang dapat membuat Anda menghasilkan uang dari halaman yang Anda miliki. Tentunya cara memperoleh uang dengan memanfaatkan teknologi terasa mudah dan menguntungkan.

Salah satu fitur atau tools yang harus dimiliki oleh setiap website atau halaman web adalah google analytics yang merupakan sebuah tools yang akan mempermudah Anda untuk memantau aktivitas trafik yang ada pada web Anda. Sehingga Anda bisa mengetahui seberapa banyak atau sering web Anda diakses dalam sehari, seminggu, maupun dalam sebulan terakhir.

Cara Menggunakan Google Analytics Termudah dan Lengkap
Cara Menggunakan Google Analytics Termudah dan Lengkap

Namun tidak hanya itu saja Anda tidak hanya akan mengetahui jumlah trafik web Anda saja tetapi Anda juga akan mengetahui berbagai data soal performa dari situs yang Anda miliki. Anda akan mendapatkan beberapa data seperti dari mana saja sumber trafik, konten Anda yang paling populer, serta demografi pengunjung, serta informasi lainnya dari web Anda, Lantas bagaimana cara menggunakan google analytics?.

Bila Anda belum mengetahui bagaimana caranya maka Anda bisa langsung terus menyimak informasi yang ada pada artikel ini sebab akan dijelaskan bagaimana cara menggunakan tools google analytics ini. Dengan hadirnya sebuah tools ini yang menghadirkan banyak data penting yang harus Anda ketahui maka Anda juga bisa melakukan evaluasi konten berdasarkan data-data yang Anda temukan pada tools ini.

Berikut ini informasi lebih jelas mengenai google analytic yang terbagi dalam beberapa sub bagian yang akan lebih mempermudah Anda dalam memahami maksud dan tujuan informasi yang disampaikan.

Apa itu Google Analytics

Cara Menggunakan Google Analytics Termudah dan Lengkap - Habib Hidayat
Apa itu Google Analytics

Pertama penting untuk mengetahui pengertiannya, maka Google analytics itu sendiri merupakan sebuah bentuk tools yang hadir dalam dunia perwebsitean yang bertujuan agar memberikan kemudahan dalam memantau website yang Anda miliki. Tools ini sebenarnya sebuah fitur bawaan pada sebuah web yang berfungsi untuk memberikan Anda data mengenai aktivitas yang ada pada web Anda. Dengan hadirnya tools ini maka Anda akan mengetahui berbagai informasi mengenai kualitas situs Anda.

Anda akan mengetahui seberapa banyak pengunjung yang telah melakukan kunjungan, dari mana saja orang-orang yang berkunjung pada situs, berapa rentan usia yang sering membuka website Anda. Selain itu juga akan memunculkan artikel atau konten menarik manakah yang menjadi favorit para pengunjung web Anda, serta Anda juga akan mengetahui bagaimana kecepatan website Anda menarik perhatian pembaca untuk mengunjungi web ini.

Informasi ini menjadi hal yang sangat penting sebelum Anda mengetahui informasi mengenai cara menggunakan google analytics. Dengan hadirnya data-data lengkap ini maka Anda bisa membuat konten yang relevan dengan konten yang memiliki tingkat popularitas paling tinggi diantara banyaknya jumlah postingan konten yang Anda miliki. tools ini dapat membantu Anda untuk meningkatkan kualitas konten yang Anda buat pada web Anda.

Istilah yang Sering Muncul di Google Analytics

Untuk memahami apa sebenarnya google analytics lebih jelas maka dengan mengetahui istilah-istilah yang sering muncul atau istilah yang ada pada tools

ini maka Anda bisa lebih memahami apa sebenarnya fungsi dan bagaimana cara kerja dar google analytics. Serta dengan mengetahui istilah-istilah maka akan mempermudah Anda dalam menggunakan tools khusus untuk website ini. Baca juga tools google gratis lainnya.

baca juga :  Arti Penting Customer Loyalty bagi Brand Bisnis Anda

Mengetahui berbagai istilah memang sangat dianjurkan sebab pada tools ini terdapat banyak sekali menu serta bagian yang sulit untuk dimengerti apabila Anda tidak paham dengan istilah-istilah yang digunakan. Serta Anda bisa kebingungan dalam menggunakan service yang disediakan pada google analytics, boro-boro mengerti cara menggunakan google analytics malah Anda akan kebingungan dengan istilah dan pilihan yang muncul.

Berikut ini beberapa istilah dasar yang ada pada google analytics yang penting untuk Anda ketahui, agar mempermudah Anda dalam menggunakan service tools dari sebuah website yang Anda miliki.

  • Organizations, istilah pertama adalah organizations yang mana istilah ini digunakan untuk Anda yang memiliki banyak produk serta metrik pada web Anda untuk diukur. Maka setiap metrik dan produk dapat Anda kelompokkan atau organisasikan berdasarkan sebuah ketentuan dalam 1 kelompok yang sama.
  • Accounts, istilah ini merupakan istilah untuk akses kepemilikan Anda atau akun yang bisa membuat Anda terhubung pada layanan analytics website yang Anda miliki, setidaknya Anda harus memiliki 1 akun agar Anda bisa masuk ke google analytics untuk memantau konten-konten yang Anda miliki.
  • Properties, sebuah sebutan untuk objek yang matriksnya sedang dalam pantauan tools analytics. Objek yang dimaksudkan dalam hal ini seperti website, aplikasi, ponsel, maupun device yang mana tracking analytics mampu mengetahui dan memantau letak posisi dan akses menggunakan apa.
  • Views, istilah ini digunakan untuk melihat lebih detail informasi dari properties, informasi atau data ini dapat Anda buat sendiri sebagai informasi untuk para pembaca yang Anda miliki pada setiap konten atau produk Anda.
  • Session, sebuah interaksi yang terjadi atau lamanya waktu interaksi antara user dengan halaman web, user dalam hal ini yang dimaksud adalah para pengunjung web Anda. Cara menggunakan google analytics  akan membantu Anda untuk mengetahui seberapa user tersebut mengunjungi situs atau website Anda.
  • Bounce rate, istilah dasar terakhir yang sering digunakan dalam tools ini adalah bounce yang merupakan sebuah persentase atau jumlah pengunjung pada suatu web setelah mengunjungi dan meninggalkan web itu, baik itu setelah membaca atau hanya sekedar berkunjung saja.

Cara Mudah Menggunakan Fitur Google Analytics

Penggunaan tools google analytics memang sangat bagus untuk web dari bisnis yang Anda miliki, apalagi dengan memaksimalkan tools ini maka Anda bisa mendapatkan uang dari web Anda. Sehingga sangat penting untuk Anda mengetahui bagaimana sebenarnya penggunaan tools google analytics yang menjadi komponen yang sangat penting dimiliki dari sebuah web.

Untuk itu artikel ini akan membantu Anda mengetahui bagaimana cara menggunakan google analytics agar website Anda menjadi semakin bagus dan semakin maksimal dalam meningkatkan jumlah pengunjung Anda pada web baik itu perhari, perminggu, maupun per bulan, bahkan per tahun. Oleh karenanya simak informasi berikut ini dengan teliti dan jangan sampai Anda salah dalam memaknai apa yang terdapat pada artikel ini.

Kunjungi Situs Resmi Google Analytics untuk Membuat Akun

Cara Menggunakan Google Analytics Termudah dan Lengkap - Habib Hidayat
Google Analytics

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk menggunakan tools untuk website yang Anda miliki adalah Anda harus mengunjungi situs atau halaman resmi dari google analytics untuk mempersiapkan akun Anda. Untuk langkah-langkahnya sendiri tidaklah sulit dan juga tidak begitu mudah untuk dilakukan sehingga Anda membutuhkan panduan ini untuk membantu Anda dalam membuat akun.

  • Pada halaman utama situs ini Anda akan menemukan tombol acces analytics terletak pada kanan pojok atas yang kemudian akan mengarahkan Anda pada sebuah halaman baru, pilih sign up jika Anda ingin membuat sebuah akun baru. Anda bisa melakukan pendaftaran menggunakan akun google pribadi ataupun akun google lainnya.
  • Bila Anda sudah berhasil login maka Anda akan diminta untuk memilih cara pelacakan yang akan Anda gunakan, apakah Anda ingin memilih metode universal analytics sebagai metode yang baru atau melakukan Classic analytics yang merupakan metode yang sudah ada sejak lama. Walaupun universal analytics tergolong metode yang masih baru tetapi menyediakan informasi pelacakan yang jauh lebih baik.
  • Kemudian masukkan informasi terkait akun google analytics yang Anda miliki, Anda harus memasukkan beberapa informasi seperti memasukkan nama akun, nama situs pada bagian setting up your property. Selanjutnya Anda dapat memilih bidang yang paling cocok dengan website Anda serta Anda bisa memilih daerah pelaporan serta waktu pelaporan yang Anda inginkan.
  • Selanjutnya pilihlah pilihan melakukan aktivitas berbagi data, tersedia tiga pilihan data yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.
baca juga :  Pengertian Brand Awareness Hingga Cara Mengukur serta Cara Meningkatkannya

Melakukan Penyisipan Kode Pelacakan

Setelah akun Anda berhasil dibuat maka langkah selanjutnya dari cara menggunakan google analytics adalah Anda bisa melakukan penyisipan kode pelacakan yang akan mempermudah Anda dalam melakukan pelacakan yang ingin Anda lakukan. Berikut langkah-langkah dalam melakukan yang namanya penyisipan kode pelacakan pada situs web yang Anda miliki.

  • Klik tombol get tracking info/ tracking code yang terletak pada bagian menu admin yang ada pada bagian kanan layar pada web ini. Setelah Anda memilih pilihan ini maka Anda akan mendapatkan potongan kode yang nantinya akan Anda sisipkan pada web Anda.
  • Salinlah seluruh kode yang tertampil setelah Anda menekan tracking kode pada pilihan menu admin yang ada pada layar. Dalam menyalin kode ini maka Anda harus memastikan bahwa semua kode tersalin dengan benar dan tidak ada kesalahan penyalinan walaupun satu huruf saja.
  • Masuk pada halaman yang ingin Anda tempelkan kode pelacakan jadi Anda bisa memilih pada konten manakah Anda ingin melakukan pelacakan.
  • Dalam penempelan kode ini Anda harus mencari label </head> di dalam kode yang telah Anda salin sebelumnya, pastikan bahwa Anda menempelkan potongan kode ini pada seluruh konten yang Anda miliki agar mempermudah Anda mengetahui berbagai aktivitas dalam web Anda.
  • Pelacakan dapat Anda lakukan setelah 24 jam setelah proses pemasangan kode pada setiap konten yang ada pada website yang Anda miliki. Setelah itu Anda sudah bisa melakukan pelacakan berbagai informasi dari konten website yang Anda miliki.

Informasi yang Bisa Anda Peroleh pada Google Analytics

Setelah Anda mengetahui cara menggunakan google analytics maka Anda sudah bisa mengakses beberapa informasi yang bisa Anda temukan dari google analytics website Anda. Informasi ini berupa informasi pengunjung serta aktivitas yang dilakukan para pengunjung pada website yang Anda miliki. Berikut ini informasi mengenai informasi apa saja yang bisa Anda dapatkan dari google analytics.

Real Time

Menu pertama yang dapat Anda akses pada google analytics adalah real time>overview sebuah bagian yang dapat memberitahukan informasi mengenai metrik realtime dari website yang telah Anda miliki. Anda akan mengetahui berbagai data dari pengunjung yang melakukan kunjungan pada website Anda. Beberapa data yang akan muncul pada bagian overview ini seperti jumlah user yang telah membuka website secara real time.

Selain itu juga akan tertampil sumber-sumber perangkat yang digunakan untuk mengakses situs, apakah Anda mengakses situs menggunakan laptop atau mobile dan dari aplikasi mana. Selain itu juga akan tertampil data berapa lama pengunjung membuka web dalam hitungan menit ataupun detik. Cara menggunakan google analytics  ini juga akan memberikan informasi seputar top referral, social traffic, keyword, aktivitas halaman, lokasi.

Audience Demografi

Menu selanjutnya yakni audience, sebuah menu yang akan memberikan informasi penting seputar jumlah pengguna, tayangan halaman, pengguna baru, halaman yang dibuka dalam 1 sesi kunjungan, jumlah sesi, serta berapa sesi untuk setiap pengguna. Selain itu Anda juga akan mengetahui sebuah sesi pantulan yang mana sesi ini ada hanya untuk sekedar membuka situs saja dan mengeluarkannya kembali.

Tidak hanya itu saja pada menu ini juga akan ditampilkan demografi sebuah konten berdasarkan bahasa yang digunakan, negara, serta kota yang mengakses situs Anda, dan informasi terakhir yang akan Anda dapatkan dari menu ini adalah aplikasi apa yang digunakan.

baca juga :  11 Manfaat Digital Marketing untuk Usaha Kecil Menengah

Visitors Behaviour

Dengan mengetahui cara menggunakan google analytics ini maka Anda bisa memilih menu visitors behaviour  yang mana pada menu ini Anda akan mengetahui bagaimana sebenarnya respon dari para pengunjung website Anda. Anda akan melihat interaksi yang terjadi, apakah pengunjung memberikan komentar, suka, atau hal lain pada website maupun konten yang terdapat pada website.

Pada bagian ini juga akan tertampil berapa kali pengunjung tersebut mengunjungi situs web Anda, sehingga dapat digolongkan dengan pengunjung lama ataupun pengunjung baru karena akan terdeteksi. Tidak hanya itu saja data mengenai seberapa sering seorang pengunjung kembali dalam satu kurung waktu juga akan terekam dan menjadi sebuah data pengunjung yang dapat membantu Anda mengenali konten kesukaan dari pengunjung yang melakukan akses hingga berulang-ulang kali.

Demikianlah informasi mengenai cara menggunakan google analytics sebagai sebuah tools service yang dapat Anda gunakan pada website yang Anda miliki agar memberikan sebuah kemudahan untuk meningkatkan kualitas website Anda.

bagikan artikel ini jika bermanfaat:

Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

Kembangkan Bisnis di Era Digital

layanan digital yang fleksibel sesuai kebutuhan anda

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Habib Hidayat

Habib Hidayat

Praktisi digital marketing serta penulis, tidak ada yang benar-benar ahli yang ada adalah kemauan untuk terus belajar seiring perkembangan jaman

Featured Post

Tertarik untuk kerjasama?

content placement, backlink, penulisan artikel, pembuatan website, digital marketing, dll.