Cara Mendapatkan Uang dari Fanpage Facebook Ad Breaks

2
79
Cara Mendapatkan Uang dari Fanpage Facebook Ad Breaks
Cara Mendapatkan Uang dari Fanpage Facebook Ad Breaks

Sudah tahukah kalian apabila fanpage yang sudah memenuhi syarat bisa menghasilkan uang? Ya, kali ini kita akan membahas tentang Cara Mendapatkan Uang dari Fanpage Facebook Ad Breaks. Layaknya youtube yang bisa memonetise videonya facebook juga tidak mau kalah dan membuat ad breaks. Fanpage Facebook Ad breaks adalah sebuah program yang dibuat oleh facebook yang memungkinkan sebuah halaman facebook bisa dimonetise dan Mendapatkan Uang dari Fanpage Facebook Ad Breaks.

Lalu bagaimana cara sebuah fanpage bisa mulai mendapatkan uang? Kita akan kupas bersama di artikel kali ini. Karena facebook sedang gencar-gencarnya mencari content creator, syarat yang ditentukan facebook sendiri gampang-gampang susah untuk bisa memonetisasi halaman facebook kita. Baca juga cara optimasi tokopedia yang baik dan benar.

1. Pengertian Ads Breaks

Bagi kalian para publisher hukumnya wajib untuk perlu tahu tentang ad break. Karena dengan ad breaks ini bisa mendapatkan uang tambahan. Bahkan sudah banyak yang mengandalkan ad break ini sebagai pendapatan utama mereka. Ad break merupakan sebuah iklan yang muncul di sela-sela video dengan durasi minimal 3 menit.

Dengan adanya facebook ad break ini tidak sedikit yang ikut dalam program ini. Seperti layaknya youtube saat ini yang menyisipkan iklan di sela-sela videonya. Hal ini selain menjadi alat untuk menaruh iklan dari advetiser facebook juga memancing para publisher untuk ikut meramaikan program ini. Karena semakin mudahnya akses internet dan banyaknya peminat terhadap konten video itu sendiri.

Akan tetapi untuk mendapatkan jeda iklan tersebut di video kita tentunya ada syarat dan ketentuan yang harus dipatuhi. Jika kita sudah memenuhi ketentuan tersebut baru kita bisa mengajukan fanpage kita untuk di monetize.

2. Monetisasi Video di Fanpage Facebook Ad Breaks

Untuk memonetisasi sebuah fanpage facebook tentunya perlu memenuhi syarat. Bagi kalian yang tertarik untuk memonetisasi fanpage kalian, kalian wajib tahu apa saja faktor yang mempengaruhi sebuah fanpage bisa di monetisasi.

Syarat Monetisasi Video di Fanpage Facebook Ad Breaks

Berikut ini syarat-syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum mendaftar facebook ad break :

  • 10000 Pengikut
    Syarat yang pertama untuk memenuhi kelayakan monetisasi video di halaman facebook adalah dengan 10000 pengikut. Facebook tentunya ingin video yang ada iklannya menyasar banyak orang sehingga facebook menetapkan ini. Jika kalian belum memenuhi syarat yang pertama ini, mulai dari sekarang kalian harus lebih fokus untuk mengoptimasi halaman kalian. Agar fanpage facebook cepat mencapai 10000 pengikut atau like.
  • Tayangan 1 Menit untuk Video 3 Menit
    Maksud dari ketentuan nomor 2 ini adalah setiap video yang kalian upload harus minimal 3 menit durasinya. Dalam 3 menit video tersebut minimal ditonton selama 1 menit. Dan jumlah menonton selama 1 menit ini ditetapkan minimal sebanyak 30000 kali. Memang agak susah kelihatannya, tapi apabila video kalian menarik dan viral, angka tersebut cukup mudah untuk didapatkan. Mulailah mengupload banyak video berdurasi diatas 3 menit di awal.
  • Standart Kelayakan monetize
    Video yang kalian upload tentunya harus memenuhi syarat yang ketiga ini. Seperti layaknya youtube di facebook juga ada yang namanya hak cipta. Jika fanpage kalian melanggar hal ini maka fanpage kalian tidak layak untuk dimonetize. Dan jangan harap bisa menghasilkan uang dari facebook ad break. Kecuali jika kalian berhasil mengjukan banding untuk mengaktifkan kembali syarat ini.

Cara Daftar Ad Break Facebook

Jika kalian sudah memenuhi 3 syarat di atas, sebenarnya ada syarat ke empat yaitu jangkauan negara. Tapi karena di indonesia sudah support dengan program ini maka saya lewatkan saja. Kalian bisa mendaftarkan fanpage kalian untuk dimonetisasi.

  • Cek Kembali Kelayakan Fanpage
    Langkah awal adalah mengecek ulang apakah halan facebook kalian sudah layak belum untuk dimonetisasi. Cara mengeceknya cukup mudah, silahkan menuju link berikut https://www.facebook.com/business/m/join-ad-breaks/. Pastikan poin-poin syarat kelayakan sudah terpenuhi.
  • Buka Creator Studio Facebook
    Selanjutnya silahkan menuju https://www.facebook.com/creator/studio untuk memulai memang iklan di jeda video. Dalam hal ini adalah video yang sudah berlogo dolar warna hijau. Di creator studio ini kalian bisa mengoptimasi video dan konten lain di fanpage yang kalian kelola. Banyak fitur-fitur yang bisa memudahkan kita seperti upload banyak video sekaligus, video crossposting, dll.
  • Melihat Insight Halaman
    Di sini kalian juga perlu melihat konten atau video apa saya yang banyak diminati orang. Apabila ada video dengan insigth yang bagus maka silahkan langsung dimonetize.
  • Mengedit video
    Silahkan optimasi lebih lanjut agar video yang sudah banyak ditonton lebih mendatangkan tayangan. Hal ini tentunya bertujuan untuk meningkatkan pendapatan dari video kita. Semakin banyak ditonton maka akan banyak uang yang didapat.
  • Aktifkan Monetisasi
    Yang terakhir pastinya kalian harus mengaktifkan fitur monetisasi di video. Jika video kalian sudah ada logo dolar berwarna hijau makan video tersebut sudah bisa menghasilkan uang. Di beberapa kasus fanpage ada yang bisa langsung hijau ada juga yang dilengkapi tombol pengjuan untuk di review dahulu. Ada juga yang tidak ada tombol submit review dan nantinya akan termonetisasi sendiri.

3. Keuntungan bagi Publisher Facebook

Dalam hal ini perlu kalian ketahui juga apa saja keuntungan menjadi publisher di facebook. Berikut ini beberapa keuntungannya.

  • Proses Relatif Mudah
    Sudah banyak orang-orang di luar sana menggunakan facebook. Ini mungkin karena kemudahan yang disuguhkan oleh pihak facebook. Hal ini juga terjadi pada para publisher facebook karena kemudahannya. Selain kemudahan untuk menjadi publisher facebook keuntungan yang besar menjadi daya tarik utamanya.
  • Mendapatkan Uang dari Facebook
    Hal utama yang diinginkan para publisher facebook adalah mendapatkan uang. Kalian bisa mendapat uang dari instant artikel atau fanpage. Ada juga yang memanfaat facebook app seperti game, aplikasi, dll. Dibutuhkan ketekunan dan ketelitian untuk bisa menjadi publisher facebook yang sukses.
  • Iklan yang ramah
    Maksudnya disini adalah iklan yang ditampilkan tidak menggangu seperti pop up yang terus menerus muncul. Selain itu konten iklan yang muncul cukup relevan dengan konten yang kita buat. Sehingga membantu audience juga dalam mencari jasa atau produk yang mereka cari.
  • Bom klik iklan sangan minim
    Jika kita jadi publisher di google salah satu yang menjadi ketakutan adalah bom klik iklan karena ada oknum yang iri dengan blog kita. Hal itu dapat menyebabkan akun adsense atau advertiser lainya terkena banned. Di facebook hal semacam itu hampir tidak akan terjadi. Karena iklan yang muncul di konten video tidak akan mudah terkana bom klik.
  • Proses pembayaran Mudah
    Pembayaran cukup mudah, bisa dengan rekening bank lokal. Hal ini tentunya sangat membantu para publisher untuk mencarikan hasil dari mencari uang di facebook. Selain itu uang yang sudah didapt juga bisa untuk mengiklankan fanpage atau konten kita. Supaya menambah jangkauan dan interaksi terhadap halaman facebook kita.

Sekian dari saya Cara Mendapatkan Uang dari Fanpage Facebook Ad Breaks, masih banyak hal yang mungkin bisa ditambahkan di artikel ini. Semua itu tergantung pada pengalaman masing-masing. Semoga dengan artikel ini kalian bisa mengambil poin-poin yang positif. Bagi kalian yang masih menggunakan facebook hanya untuk update status tentang doi. Mulai sekarang kalian bisa mengawali untuk membuat fanpage sesuai topik yang kalian suka. Lumayan kan jika bisa menghasilkan uang dari facebook. Semoga bermanfaat 🙂

2 KOMENTAR

Tinggalkan Komentar