10 Trik Bisnis Online Sukses dan Mendapatkan Banyak Pelanggan

0
5
10 Trik Bisnis Online Sukses dan Mendapatkan Banyak Pelanggan
10 Trik Bisnis Online Sukses dan Mendapatkan Banyak Pelanggan

10 Trik Bisnis Online Sukses dan Mendapatkan Banyak Pelanggan – Usaha darinh atau bisnis online kini menjadi suatu jenis usaha yang banyak dilakoni di zaman modern. Bisnis ini selain mudah dilakukan, juga tak membutuhkan banyak modal. Lain halnya apabila Anda melakoni usaha offline, Anda harus menyiapkan anggaran yang besar, yaitu untuk menyewa tempat, beli bahan, dan lainnya. Namun, apabila bisnis offline itu dijalankan secara daring (online), maka tidak perlu tempat dan dapat dilakukan di mana saja.

Selain itu, usaha online diakui dapat memberikan laba yang besar. Maka tak heran jika banyak orang ikut tertarik menjalankannya. Mulai dari kalangan muda hingga tua, usaha online merupakan pekerjaan yang sangat diminati. Terlebih adanya dukungan teknologi dan internet canggih, bisnis online sangat efektif dijalankan.

10 Trik Bisnis Online Sukses

Akan tetapi, tak mudah juga melakukan bisnis online mengingat banyaknya persaingan. Ada beberapa trik yang perlu Anda lakukan agar bisnis online Anda sukses dan menarik banyak pelanggan. Baca juga tentang Bisnis Online Solusi Terbaik Untuk Memulai Usaha.

Tentukan Produk atau Jasa dalam Usaha Anda

Trik bisnis online yang pertama adalah menetapkan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Apa yang ingin Anda jual, produk atau jasa? Apabila Anda ingin menjual produk, ketahui kebutuhan dan target konsumen yang Anda tuju.

Jika Anda ingin menjual jasa, maka sesuaikan dengan keahlian yang Anda miliki. Jika Anda tidak memiliki skil atau kemampuan, bagaimana mungkin Anda dapat mengembangkan usaha jasa tersebut.

Tentukan Harga Terbaik

Harga merupakan faktor penting dalam menentukan kesusksesan suatu usaha. Tak sedikit pelaku usaha yang dagangannya tidak laku akibat menawarkan barang dengan harga yang sangat tinggi. Sementara, menjual dengan harga sangat murah juga tidak laku karena dianggap produknya merupakan produk murahan yang tak berkualitas.

Lalu, bagaimana sebaiknya pelaku usaha menentukan harga untuk usahanya? Dalam hal ini tentu terdapat perbedaan dalam penentuan harga jual barang dan jasa. Dibutuhkan survei harga di pasaran terhadap produk.

Namun, berbeda halnya dengan jasa, terdapat hal yang bisa membuat Anda meningkatkan harga, yakni kualitas dan pelayanan dari jasa yang Anda hasilkan. Ada kualitas, pasti ada harga.

Membuat Website Sendiri

Trik bisnis online yang ketiga adalah dengan membuat website usaha Anda. Jika Anda mempunyai website sendiri, makan bisa menambah nilai usaha Anda. Sebab, jika Anda hanya mempromosikan lewat media sosial saja, hal itu tidak akan cukup menarik calon pembeli percaya dengan Anda.

Akan lain halnya apabila Anda mempunyai situs sendiri, mereka akan menganggap usaha yang Anda miliki adalah usaha yang profesional. Dan apabila Anda belum memiliki cukup dana dalam membuat dan mengembangkan website, setidaknya Anda bisa membuat blog terlebih dahulu dengan domain untuk sementara waktu.

Membeli Domain

Domain adalah alamat website yang diakses oleh para calon konsumen produk atau jasa Anda. Dalam pemberin nama domain, alangkah baik Anda buat singkat, menarik, serta gampang diingat. Belilah domain pada situs terpercaya agar dapat menghindari kemungkinan buruk seperti penipuan oleh penjual.

Membeli Hosting

Membeli hosting juga merupakan salah satu trik bisnis online sukses. Apabila Anda ingin membangun sebuah website yang berkualitas, maka tempat penyimpanan atau yang biasa disebut dengan hosting adalah sesuatu yang wajib dimiliki di website Anda. Tidak sulit untuk mencari hosting. Ada banyak penyedia yang menjual domain lengkap dengan satu paket hosting.

Anda juga harus menyesuaikan pembelian hosting berdasarkan kebutuhan website Anda. Apabila Anda dalam usaha online tersebut memiliki kapasitas yang banyak, maka memang diperlukan hosting dengan kapasitas yang besar sehingga bisa menampung apa pun jenis produk tersebut, seperti Cloud hosting atau PVS hosting. Sementara, apabila Anda tak terlalu banyak menjual produk, maka Anda hanya perlu menggunakan hosting berkapasitas kecil saja. Beli hosting murah berkualitas disini.

Sistem Pembayaran

Pada suatu usaha atau bisnis, sistem pembayaran yang mudah merupakan salah satu hal yang penting. Terlebih dalam strategi atau trik bisnis online. Maka gunakanlah rekening untuk pembayaran transaksi usaha online Anda. Sebab, mayoritas warga di negara ini juga sudah memiliki rekening.

Lantas, apakah bisa melakukan pembayaran lewat pulsa? Hal itu memang dapat dijadikan pilihan, tetapi untuk suatu usaha profesional, metode pembayaran dengan menggunakan rekening merupakan pilihan terbaik untuk saat ini. Gunakanlah nama pribadi Anda dalam rekening tersebut. Artinya, jangan gunakan rekening orang lain meskipun orang tersebut adalah keluarga Anda sendiri. Sebab, menggunakan nama sendiri akan membuat calon konsumen lebih percaya kepada Anda.

Di samping itu, apabila Anda melakukan bisnis online dal jangkauan lebih luas, alangkah baiknya jika Anda juga mempunyai sistem pembayaran secara global, yakni dengan metode PayPal atau pun metode pembayaran lain yang populer saat ini.

Berjualan Melalui Marketplace

Tak hanya berjualan lewat website pribadi, Anda juga bisa menggunakan marketplace sebagai alternatif pilihan Anda memasarkan produk atau jasa secara online. Marketplace sendiri adalah sebuah wadah untuk transaksi jual beli produk atau jasa, yang mana penjual dan pembeli bertemu dalam satu website.

Metode pembayaran dalam marketplace sendiri dikenal dengan nama “rekening bersama”. Banyaknya seller dan buyer yang berkumpul dalam suatu tempat, bisa Anda manfaatkan untuk memperbesar peluang mendapatkan konsumen atau pelanggan dari marketplace tersebut.

Afiliasi

Afiliasi merupakan salah satu Trik bisnis online yang mungkin terdengar asing bagi sebagian pelaku usaha, terutama para pemula. Afiliasi merupakan salah satu metode yang yang dilakukan para pelaku usaha online dalam meningkatkan jumlah pemasaran produknya.

Cara yang harus Anda lakukan dalam afiliasi adalah dengan bergabung terlebih dahulu sebagai member dalam sebuah program afiliasi. Pastikan Anda memilih pendaftaran yang gratis agar dapat menekan biaya atau pengeluaran. Dengan afiliasi, Anda bisa mendapatkan peluang dan fasilitas yang bisa Anda gunakan menjual produk atau jasa dalam bisnis online Anda.

Promosi

Promosi merupakan hal yang wajib Anda lakukan dalam menjalankan suatu usaha online demi mendapatkan pelanggan. Lakukan promosi dengan maksimal dan efektif. Alangkah baiknya apabila Anda mengetahui tempat di mana harus melakukan promosi dan kapan waktu yang tepat.

Hindari promosi yang membuat orang merasa terganggu dengan iklan produk atau jasa yang Anda tawaekan. Lakukanlah promosi secara wajar, yaitu tidak berlebihan.

Kejujuran

Kebohongan merupakan salah satu faktor terbesar dalam kehancuran sebuah bisnis. Maka, selalu berlaku jujur kepada konsumen, terutama terkait produk atau jasa yang Anda jual. Jangan menutupi kecacatan produk Anda hanya agar laku. Hal itu bisa membuat kepercayaan konsumen hilang dan mengakibatkan usaha Anda tak lagi berjalan dengan baik. Maka, jagalah kepercayaan konsumen dengan selalu mengedepankan kejujuran.

Demikianlah 10 trik bisnis online yang harus Anda lakukan agar usaha online Anda berjalan sukses. Yang paling penting adalah Anda tidak pernah menyerah dan putus asa jika mengalami kegagalan dalam bisnis. Selamat mencoba.

Tinggalkan Komentar