cropped-habibftcn-1.png
Logo Habibhidayat.com

Tools Digital Marketing Gratis untuk Bisnis

23 March 2021
Tools Digital Marketing Gratis untuk Bisnis
Habib Hidayat
verified

Tools Digital Marketing Gratis untuk Bisnis – Dalam menjalankan digital marketing terkadang kita menggunakan alat bantuan entah itu berupa aplikasi, website, atau tools lain yang bisa menunjang segala kegiatan digital marketing. Namun, dalam prakteknya kita tools digital marketing yang akan kita gunakan itu tidak gratis atau berbayar. Dan bahkan harga yang ditawarkan relatif mahal apalagi untuk bisnis kecil (UKM). Akan tetapi, masih banyak tools/alat-alat yang bisa anda gunakan secara gratis dan mungkin anda belum mengetahuinya. 

Tools Digital Marketing Gratis

Kali ini saya akan membagikan tools digital marketing gratis untuk anda. Saya sendiri sudah menggunakan tools ini ada yang gratis dan semi gratis. Selain gratis, tools digital marketing ini juga sangat ampuh dan digunakan oleh para ahli digital marketer. Nah, saya juga sudah mengkategorisasikan tools-tools ini berdasarkan fungsinya, jadi anda bisa langsung memilih tools mana yang akan anda perlukan. Baca juga tentang strategi direct marketing.

Tools Digital Marketing untuk Design

O-dan.net

Tools Digital Marketing Gratis - o-dan.net
Tools Digital Marketing Gratis – o-dan.net

O-dan.net adalah situs stok gambar gratis yang bisa anda gunakan. Dalam proses digital marketing kadang kita membutuhkan stok foto atau ilustrasi untuk menunjang dalam pembuatan konten. Nah, situs ini adalah solusi yang tepat. Semua foto, gambar, ilustrasi gratis bisa anda dapatkan disini secara cuma-cuma. Selain itu, O-dan.net ini menyediakan gambar-gambar yang sangat lengkap dari berbagai situs stok gambar terkenal lainnya seperti unsplash, pexels, pixabay, stocksnap, dan masih banyak lagi. Ada lebih dari 15 sumber website stok gambar.

Canva

Tools Digital Marketing Gratis - Canva
Tools Digital Marketing Gratis – Canva

Mungkin sebagian besar sudah tahu apa gunanya canva. Canva adalah platform website yang berisi template-template desain grafis yang sangat lengkap. Jika anda ingin membuat sebuah desain tapi anda tidak mahir dalam bidang editing gambar, maka canva adalah jawaban yang tepat. Anda bisa membuat design banner, feed instagram, story instagram, template presentasi, resume, dll semua ada disini dan tentunya gratis. 

Canva bisa anda gunakan untuk kebutuhan desain dalam proses digital marketing. Platform ini juga menawarkan versi premiumnya. Namun, dengan versi gratisnya anda sudah bisa membuat sebuah desain yang sangat layak dan bagus.

Anda cukup mengklik jenis konten yang ingin Anda buat dan semuanya disesuaikan dan dirancang untuk Anda. Anda juga dapat dengan mudah mengunggah dan menggunakan konten apa pun yang Anda miliki atau membuat perubahan yang diperlukan pada warna, teks, gambar, dan lainnya ke templat yang telah dibuat sebelumnya agar sesuai dengan merek atau inspirasi Anda.

Canva juga secara otomatis menyimpan desain Anda saat Anda mengerjakannya sehingga Anda dapat kembali ke sana kapan saja dan melanjutkan dari bagian terakhir yang Anda tinggalkan.

Photopea

Tools Digital Marketing Gratis - Canva
Tools Digital Marketing Gratis – Photopea

Dengan Photopea anda bisa mengedit file dengan format psd layaknya photoshop. Bedanya adalah platform ini bisa anda akses dengan internet tanpa perlu menginstalnya. Hal ini akan membantu anda lebih cepat dan produktif karena tidak perlu menginstal photoshop di komputer atau laptop anda.

baca juga :  Strategi Content Marketing yang Efektif untuk Bisnis

Anda cukup mengunggah file .psd Anda ke alat dan Anda memiliki sebagian besar fitur dasar yang sama dengan yang Anda miliki di Photoshop. Ya dan ini tidak berbayar alias gratis.

Tools Digital Marketing untuk Tata Bahasa

Tools Digital Marketing
Tools Digital Marketing – Grammarly

Menulis konten yang bagus adalah strategi yang terbukti untuk membangun kesadaran merek dan loyalitas brand.Terkadang dalam menulis sebuah artikel untuk blog bahasa yang kita gunakan agak kurang sesuai dengan tata bahasa yang seharusnya. Lebih lagi artikel yang anda buat adalah artikel berbahasa inggris. 

Kadang juga saat menulis kita menemukan adanya kesalahan dalam penulisan atau orang-orang sering menyebutnya typo. Salah satu tools digital marketing yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan Grammarly. Yaitu sebuah platform website yang berfungsi untuk anda dalam mengecek tulisan anda. Di dalamnya ada fitur pengecekkan grammar, kata-kata, penulisan, hingga gaya bahasa yang digunakan apakah formal atau informal. Grammarly akan mendeteksi setiap kata yang anda tulis dan akan memberi tanda jika ada kesalahan dalam penulisan anda.

Selain grammarly anda juga bisa menggunakan google document. Tools gratis ini banyak fitur-fitur yang akan membuat anda tidak kesusahan dalam membuat sebuah konten blog. Di dalamnya ada fitur pengecekan kata, anda juga bisa langsung menerjemahkan teks anda disana, serta anda bisa menulis artikel dengan fitur speech to text memungkinkan anda mengetik tulisan hanya dengan mengatakannya saja, sangat bermanfaat bukan? Anda juga bisa menambahkan add-on atau fitur tambahan lainnya.

Tools Digital Marketing untuk SEO

Alat-alat ini akan membantu meningkatkan upaya Pengoptimalan Mesin pencari seperti google. Jika anda berkecimpung dalam dunia blog pasti anda sering mendengan apa itu SEO. Namun, terkadang tidak semua memahami bagaimana cara optimasinya atau sudah seberapa SEO kah artikel yang sudah dibuat.

SEMrush

Tools Digital Marketing - Semrush
Tools Digital Marketing – Semrush

SEMrush adalah alat SEO yang dikemas dengan banyak fitur luar biasa seperti risetkata kunci, pelacakan kata kunci, pelacakan backlink, audit situs, dan banyak lagi.

Fitur yang paling bermanfaat dalam menggunakan SEMrush adalah Anda bisa memata-matai strategi SEO yang dilakukan oleh pesaing. Dari mulai kata kunci apa yang mereka gunakan, backlink yang mereka punya, hingga di posisi berapa artikel mereka tayang di pencarian google, dan masih banyak lagi.

Yang harus Anda lakukan adalah mengetikkan URL dan SEMrush memberi Anda setiap kata kunci yang mereka rangking, setiap halaman di situs mereka yang diberi peringkat, semua tautan balik yang mereka terima, dan bahkan menampilkan iklan Google apa pun yang mereka jalankan.

Jika anda belum menggunakan tools bermanfaat ini. Anda bisa mulai mencobanya secara gratis. Semrush juga menyediakan fitur premium untuk membuka fitur-fitur yang lebih menakjubkan lainnya.

Yoast

Tools Digital Marketing - Yoast
Tools Digital Marketing – Yoast

Jika Anda ingin mendapatkan lalu lintas ke situs Anda dari mesin pencari seperti Google, penting bagi situs Anda untuk memiliki SEO yang baik. Apabila anda menggunakan wordpress sebagai CMS anda. Yoast SEO adalah salah satu tools gratis yang bisa anda gunakan.

Yoast SEO adalah alat untuk WordPress yang membuat pengoptimalan situs Anda untuk SEO lebih mudah dengan memandu Anda melalui praktik terbaik SEO tanpa perlu mengetahui kode atau menjadi pakar SEO.

Kami menggunakan Yoast SEO untuk dengan mudah menambahkan judul dan deskripsi meta ke halaman situs dan posting kami dan mengandalkannya untuk memastikan SEO di halaman kami sesuai standar.

baca juga :  Cara Tingkatkan Pengunjung dengan SEO

Google Search Console

Tools Digital Marketing - Google Search Console
Tools Digital Marketing – Google Search Console

Google Search Console adalah sebuah alat yang dimiliki Google yang membantu Anda memantau kinerja pencarian situs web Anda.

Google Search Console memberi Anda wawasan SEO mendalam terkait dengan:

  • pelacakan kata kunci dan rasio klik-tayang
  • peringatan untuk masalah mobilitas dan pengindeksan
  • tautan balik ke situs Anda

Konsol juga memungkinkan Anda mengirimkan peta situs dan meminta perayapan halaman – semua hal yang membantu Google menentukan peringkat situs Anda.

Google Keyword Planner

Tools Digital Marketing - Google Keyword Planner
Tools Digital Marketing – Google Keyword Planner

Google Keyword Planner adalah salah satu perencana kata kunci terbaik yang ada untuk membuat daftar kata kunci yang kuat dan melakukan riset kata kunci untuk SEO Anda.

Cukup cari satu kata kunci atau sekumpulan kata kunci dan Google Keyword Planner akan memberi Anda ide kata kunci terkait dan volume pencarian terkait.

Tools Digital Marketing untuk Otomatisasi

Kebanyakan orang akan suka dengan hal-hal yang instant dan bisa membantu memudahkan kita dalam berbagai hal. Sami mencoba untuk mengotomatiskan SETIAP tugas bisnis yang kami bisa. Dan alasan yang terbaik adalah otomatisasi menghemat waktu dan meminimalkan kesalahan manusia. Dengan otomatisasi hal-hal kecil misalnya membagikan ke social media, mengirim email, update otomatis, dll. Hal tersebut jelas akan membantu anda untuk menghemat waktu dan bisa anda gunakan untuk optimasi hal lainnya.

Zapier

Tools Digital Marketing - Zapier
Tools Digital Marketing – Zapier

Fakta Menarik tentang kami. Kami menyukai otomatisasi. Kami mencoba untuk mengotomatiskan SETIAP tugas bisnis yang kami bisa. Dan untuk alasan yang bagus: otomatisasi menghemat waktu dan meminimalkan kesalahan manusia.

Berikut adalah contoh Zap yang dapat Anda lakukan: Saat Anda mendapatkan email baru di Gmail, salin lampiran dari Gmail ke Dropbox, dan beri tahu diri Anda di Slack tentang file Dropbox baru.

Melakukan tindakan itu dengan tangan akan memakan banyak waktu, terutama jika Anda melakukan tindakan itu secara konsisten.

Sebagian besar klien kami menggunakan Zapier untuk memindahkan prospek mereka dari situs web atau formulir prospek Facebook ke Google Sheet atau CRM sehingga mereka dapat dengan mudah melacaknya.

Kemungkinannya tidak terbatas, jadi mulailah memikirkan cara Anda dapat menghemat waktu dalam bisnis Anda melalui otomatisasi dengan Zapier. Anda juga bisa menggunakan tools lain seperti IFTTT dan tools lain semacamnya. Semua tergantung pada kenyamanan anda dan kebutuhan anda.

Tools Digital Marketing untuk Email Marketing

Mailchimp

Tools Digital Marketing - Mailchimp
Tools Digital Marketing – Mailchimp

Mailchimp adalah salah satu alat pemasaran email yang paling banyak digunakan saat ini. Sebagian besar karena ini adalah alat yang tidak rumit yang mengemas templat, fitur, dan analitik hebat.

Mailchimp memungkinkan Anda membuat daftar email tersegmentasi, mengirimkan buletin, dan membuat kampanye otomatisasi email.

Paket gratis memungkinkan hingga 2.000 kontak dan 10.000 pengiriman per bulan, dengan batas pengiriman harian 2.000.

Sangat ideal untuk bisnis yang baru saja dimulai dan ingin berkembang.

Tools Digital Marketing untuk Jadwal Posting Media Sosial

Hootsuite

Tools Digital Marketing - Hootsuite
Tools Digital Marketing – Hootsuite

Hootsuite adalah platform media sosial yang memungkinkan Anda menjadwalkan banyak posting sebelumnya di berbagai saluran.

Hootsuite juga memungkinkan Anda untuk memantau dan menanggapi komentar.

Dengan harga gratis, Anda dapat menghubungkan 3 profil media sosial, menjadwalkan 30 pesan, dan memiliki 1 pengguna.

Tools Digital Marketing untuk Optimasi Website

Pengoptimalan situs web adalah salah satu hal yang, jika dilakukan dengan benar, secara otomatis akan menghasilkan peningkatan pendapatan untuk bisnis Anda. Peningkatan rasio konversi situs web Anda hanya sebesar 1% dapat menghasilkan keajaiban bagi pendapatan Anda.

baca juga :  Tips Menentukan Tujuan Digital Marketing untuk Bisnis

Google Analytics

Tools Digital Marketing - Google Analytics
Tools Digital Marketing – Google Analytics

Google Analytics adalah alat gratis dari Google yang mengungkapkan data mendalam tentang halaman situs Anda dan pengunjung situs web.

Google Analytics memungkinkan Anda untuk:

  1. Pahami halaman mana di situs Anda yang memiliki performa terbaik dan terburuk
  2. Temukan produk, sumber, dan halaman yang mengonversi terbaik di situs Anda
  3. Dapatkan informasi tentang perangkat apa yang sedang digunakan di situs Anda
  4. Pahami pengunjung situs Anda dengan lebih baik dengan laporan tentang demografi, minat, dan perilaku

Kesimpulan

Nah, itu tadi beberapa tools digital marketing yang dapat Anda gunakan untuk mengelola dan mempercepat pertumbuhan bisnis Anda. Sebenarnya masih banyak tools yang bisa anda gunakan secara gratis dan tools alternatifnya. Namun jika anda pemula anda bisa menggunakan tools di atas sebagai bahan belajar. Dan semua itu hanya sebuah tools penunjang, untuk menghasilkan hasil yang maksimal juga tergantung bagaimana anda menggunakannya. 

bagikan artikel ini jika bermanfaat:

Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

Kembangkan Bisnis di Era Digital

layanan digital yang fleksibel sesuai kebutuhan anda

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Habib Hidayat

Habib Hidayat

Praktisi digital marketing serta penulis, tidak ada yang benar-benar ahli yang ada adalah kemauan untuk terus belajar seiring perkembangan jaman

Featured Post

Tertarik untuk kerjasama?

content placement, backlink, penulisan artikel, pembuatan website, digital marketing, dll.