Tips Usaha Modal Kecil dari Bob Sadino

0
70
Tips Usaha Modal Kecil dari Bob Sadino
Tips Usaha Modal Kecil dari Bob Sadino

Tips Usaha Modal Kecil dari Bob Sadino – Mungkin masih banyak di antara Anda yang berpikir usaha dengan modal kecil dan memiliki untung besar sulit untuk diwujudkan. Namun nyatanya hal ini tidaklah mustahil. Anda dapat belajar tips usaha modal kecil dari Bob Sadino yang memulai bisnis dari nol dan berakhir sukses. Beberapa tipsnya antara lain :

Tips Usaha Modal Kecil dari Bob Sadino

Memilih bisnis yang benar – benar dikuasai

Bila Anda ingin bisnis yang Anda rintis nantinya menjadi bisnis yang sukses, satu hal yang penting untuk Anda pegang adalah jangan membangun bisnis dengan meniru usaha orang lain. Pastikan bahwa Anda memilih bidang bisnis yang benar – benar Anda kuasai.

Hal ini dapat menghemat waktu Anda, karena Anda tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk belajar atau melakukan riset terkait bidang bisnis yang Anda rencanakan. Dengan menguasai bidang bisnis yang Anda rintis dengan baik, maka akan mudah bagi Anda menentukan produk apa yang akan dilempar ke pasaran, keunggulan dan kekurangannya, hingga siapa saja yang merupakan target pasarnya.

Jangan terburu – buru meminjam modal ke bank

Modal yang kecil bukanlah menjadi batasan bagi Anda untuk mengembangkan usaha. Salah satu tips usaha modal kecil yang dapat kita peroleh dari Bob Sadino adalah jangan terburu – buru meminjam modal ke bank. Di bandingkan langsung mengajukan pinjaman ke bank, tidak ada salahnya bila Anda mencoba untuk mengajak teman atau saudara untuk berinvestasi dalam bisnis yang sedang Anda rintis.

Dengan menggunakan mekanisme ini, Anda secara tidak langsung telah memberikan mereka saham atas usaha yang Anda bangun. Saat bisnis Anda mulai jalan dan menghasilkan keuntungan, jangan lupa untuk membaginya dengan teman atau saudara yang berinvestasi. Bila di masa depan usaha Anda menunjukkan progres yang baik, tentu mereka tidak akan segan menaruh investasi yang lebih besar lagi. Baca juga Cara Bisnis yang Mudah untuk Pemula.

Manfaatkan media sosial

Menggunakan media sosial merupakan salah satu cara bisnis online sukses. Tidak dapat dipungkiri bahwa media sosial sudah menjadi lifestyle bagi masyarakat zaman now. Oleh karena itu, melakukan promosi dengan memanfaatkan media sosial seperti Instagram atau Facebook dapat menjadi media promosi yang yang praktis dan relatif luas penyebarannya.

Namun agar penggunaannya efektif, Anda tidak boleh asal – asalan dalam melakukan promosi di media sosial. Pastikan bahwa kegiatan add, invite, hingga penambahan hashtag tidak dilakukan tanpa pertimbangan.

Sebisa mungkin promosi tidak melibatkan jasa pihak ketiga

Tips usaha modal kecil selanjutnya adalah usahakan untuk tidak melibatkan jasa pihak ketiga dalam menjalankan bisnis Anda, misalnya seperti menggunakan jasa konsultan atau agency dalam aktivitas marketingnya. Bila Anda memutuskan untuk menggunakan jasa pihak ketiga, untuk merancang strategi marketing Anda, tentu biaya yang perlu Anda keluarkan untuk bisnis ini akan semakin besar.

Bagaimana menurut anda? apakah semua tips bisa dilaksanakan segera atau bahkan anda sudah mempraktikkannya. Ingat bahwa strategi marketing selalu berkembang dan berubah seiring berkembangnya jaman. Apalagi di jaman yang serba digital ini. Coba untuk pelajari juga tentang Strategi Digital Marketing untuk Meningkatkan Penjualan. Semoga Artikel di atas bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan Komentar