Tips Menentukan Tujuan Digital Marketing untuk Bisnis

0
68
Strategi Digital Marketing untuk Meningkatkan Penjualan
Strategi Digital Marketing untuk Meningkatkan Penjualan

Tips Menentukan Tujuan Digital Marketing untuk Bisnis – Apakah bisnis anda sudah menerapkan digital marketing? sudahkah pula menentukan tujuan-tujuan apa yang mau dicapai? Menentukan tujuan digital marketing yang tepat dapat membantu membuat, menganalisis, dan mengendalikan semua aktivitas dalam proses digital marketing. Perlu anda ketahui dan Mengenal Konsep Digital Marketing Lebih Dalam.

Kali ini akan dibahas tips bagaimana membuat atau menentukan tujuan digital marketing secara simple dan mudah. Teknik ini meskipun terlihat simple namun terbukti ampuh dan digunakan oleh banyak perusahaan besar dalam penerapan digital marketing mereka.

Salah satu yang menjadi keberhasilan dari teknik menentukan tujuan digital marketing ini adalah mudah dipahami dan diaplikasikan. Maka dari itu, bagi anda yang masih pemula dalam digital marketing pun akan mudah menerapkannya.

Menentukan Tujuan Digital Merketing dengan 5S

1. Sell (Memaksimalkan Penjualan)

Meningkatkan Penjualan - Tujuan Digital Marketing
Meningkatkan Penjualan – Tujuan Digital Marketing

Tujuan digital marketing yang paling utama tentunya adalah mendatangkan sales atau penjualan. Prinsipnya jika penjualan banyak maka laba atau profit yang dihasilkan juga banyak. Campaign melalui digital marketing akan mendatangkan visitor lalu sebagian dari mereka akan berinteraksi hingga menjadi leads. Dari leads ini yang nantinya akan dikonversikan menjadi penjualan.

Dalam menunjang penjualan anda tentunya harus memperhatikan beberapa faktor yang menunjang adanya konversi. Faktor-faktor itu seperti keahlian dalam teknik closing, promo atau diskon yang sedang berjalan, serta pelayanan dan kemudahan dalam transaksi.

Buat tujuan yang berhubungan dengan penjualan dengan lengkap dan rinci. Buatlah tujuan itu menngunakan nominal angka jadi bisa terukur. Misal target omset penjualan anda 100juta dalam bulan ini.

2. Speak (Bangun Kedekatan)

Menggali Pelanggan - Tujuan Digital Marketing
Menggali Pelanggan – Tujuan Digital Marketing

Digital marketing tidak hanya tentang penjualan namun bagaimana anda mempertahankan pelanggan anda. Menjaga loyalitas customer juga sangat penting sehingga mereka bisa berperan dalam “worth of mouth“. Anda bisa membangun komunitas pelanggan anda untuk memfasilitasi segala bentuk input dari mereka. Itu juga yang akan menjadi dasar anda dalam membuat keputusan dan meningkatkan pelayanan bisnis anda.

Dengan membina dan membangun komunitas anda akan lebih mudah untuk mempengaruhi pola pikir mereka. Tak jarang mereka saling bertukar ide tentang penggunaan produk anda.

Anda perlu membuat tujuan berdasarkan semua pengunjung rata-rata anda, berapa yang akan berkomentar hingga jadi leads dan mulai berinteraksi dengan bisnis anda.

3. Serve (Menambahkan Value)

Melayani Pelanggan - Tujuan Digital Marketing
Melayani Pelanggan – Tujuan Digital Marketing

Ingat bahwa yang akan mempengaruhi mereka jadi beli salah satunya adalah pelayanan yang bagus. Pelayanan ini bisa dalam komunikasi, produk yang anda tawarkan, atau fitur-fitur yang mendukung itu semua. Gunakan komunikasi yang bisa menyentuh emosi pelanggan karena dalam teknik closing 80% dipengaruhi oleh emosi baru 20% lainnya adalah logika.

Pembeli akan dengan senang hati untuk repat order ketika pelayanan oleh CS juga memuaskan. Selain membantu memberi jawaban atas masalah pelanngan komunikasi pelanggan juga hendaknya yang komunikatif dan memiliki unsur selling agar mendorong tingkat closing.

Fitur-fitur yang mendukung dalam pelayanan juga penting. Seperti promo-promo khusus yang menarik seperti gratis ongkir atau cashback. Anda juga bisa menggunakan fitur COD yang sedang naik daun digunakan oleh para penjual online. Fitur seperti gratis retur jika ada produk yang cacat ketika diterima, dan lain sebagainya.

Selain itu, seiring berjalannya waktu anda juga perlu menambah kualitas dari produk yang anda jual. Bagaimana anda menambahkan nilai-nilai yang unik untuk produk anda. Seperti halnya merk air mineral yang mana mereka memberikan nilai bahwa air mereka berasal dari mata air pegunungan. Padahal jika kita jika kita pikir-pikir mereka hanya menjual air putih.

4. Save (Menghemat biaya)

Menghemat Biaya - Tujuan Digital Marketing
Menghemat Biaya – Tujuan Digital Marketing

Dalam menentukan tujuan digital marketing tentunya anda perlu memperhatikan anggaran yang digunakan. Kelola anggaran dengan baik dan menggunakannya untuk sektor yang paling memiliki potensi tinggi. Mengalokasikan biaya yang tepat dan efektif membantu anda dalam mencapai profit yang lebih maksimal.

Pangkas biaya-biaya yang kiranya tidak perlu dan kurang efektif. Misalkan biaya untuk mengprint brosur, endorse yang kurang tepat sasaran, ataupun biaya promosi lainnya yang kurang optimal.

Anda bisa mengganti biaya cetak katalog dengan mengubahnya menjadi ebook atau format pdf. Sehingga lebih mobile friendly dan hemat biaya. Anda juga bisa memangkas biaya marketing offline dan mulai beralih ke biaya digital marketing.

5. Sizzle (Memperluas Jangkauan Brand)

Membangun Brand - Tujuan Digital Marketing
Membangun Brand – Tujuan Digital Marketing

Menentukan tujuan digital marketing yang terakhir adalah memperluas jangkauan brand (membangun brand). Apabriba bisnismu banyak dikenal orang maka akan semakin besar kemungkinan dari mereka yang melakukan interaksi. Banyak cara yang bisa dilakukan dari SEM (Search Engine Marketing), Iklan digital, Social media marketing, inbound marketing, dll.

Buat kampanye dan konten yang unik dan menarik agar mendorong lebih banyak orang yang belum tahu tentang bisnis anda hingga mereka ikut berinteraksi dengan bisnis anda. Bagikan konten-konten yang bermanfaat dan relevan dengan target pasar anda.

Jika brand anda sudah kuat anda hanya perlu melakukan sedikit promosi untuk memancing pasar anda untuk sekedar tahu tentang brand anda. Jika menurut mereka menarik maka mereka akan berlanjut untuk meengikuti social media anda.

Selain dengan promosi berbayar anda juga bisa membuat challenges atau tantangan, bisa berbentuk giveaway atau promo diskon. Semisal anda membuat challenges berupa kuis yang menjawab benar akan anda beri reward khusus. Tantangan yang anda buat bisa dengan menerapkan syarat-syarat seperti mention 3 teman di social media mereka, memfollow semua akun social media brand anda dll.

Penutup

Dalam menentukan digital marketing memang terkadang tidak mudah. Akan tetapi jika anda pemula anda bisa menerapkan tips di atas. Yang selanjutnya anda bisa lebih secara rinci dan lengkap dalam menentukan tujuan digital marketing setelah mendapatkan data dari hasil penerapan digital marketing.

Dalam menentukan tujuan digital marketing anda bisa menggunakan metode SMART (Specific, Measurable, Achievable, Realistic, dan Time bound). Jadi semua tujuan yang ingin anda capai tentunya harus dapat diukur, spesifik, dapat dicapai, realistis, dan dicapat dalam jangka tertentu.

Buat tujuan hingga sedetil mungkin sebagai contoh profil visit instagram meningkat hingga 300%. Sehingga anda akan lebih mudah juga membuat perencanaan untuk mencapai tujuan tersebut. Pelajari lebih lanjut tentang Strategi Digital Marketing untuk Meningkatkan Penjualan.

Sekian artikel tentang tips menentukan tujuan digital marketing untuk bisnis ini. Semoga sedikit memberi pencerahan bagi anda yang masih bingung dalam menentukan tujuan apa yang ingin dicapai untuk bisnis anda. Pada akhir semua tujuan yang rinci itu akan memberi dampak yang signifikan terhadap visi dan misi bisnis anda jangka pangjang.

Tinggalkan Komentar