cropped-habibftcn-1.png
Logo Habibhidayat.com

5+ Tips Digital Marketing Untuk UMKM yang Wajib Anda Ketahui

2 July 2021
Tips Digital Marketing Untuk UMKM
Habib Hidayat
verified

5+ Tips Digital Marketing Untuk UMKM yang Wajib Anda Ketahui – Bagi para pemilik usaha kecil alias UMKM, tentu harus menggunakan strategi tepat agar dapat bersaing dengan usaha lainnya. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan pemasaran digital agar bisnis UMKM bisa lebih cepat diketahui banyak orang secara luas. Jadi, apa saja tips digital marketing untuk UMKM yang bisa dilakukan? Simak informasinya disini.

5+ Tips Digital Marketing Untuk UMKM

Ada beberapa tips digital marketing yang bisa digunakan oleh para pemilik UMKM, yaitu:

1. Buat Bisnis Anda Lebih Menonjol dari Para Pesaing

Tips digital marketing untuk UMKM pertama adalah Anda mesti melakukan riset terhadap para pesaing, lalu buat bisnis yang Anda miliki lebih menonjol dibandingkan mereka. Anda bisa melakukan hal ini melalui mesin pencarian Google, lalu lihatlah bagaimana para pesaing melakukan iklan terhadap bisnis mereka.

Setelah itu, Anda dapat membuat suatu layanan atau bisnis UMKM produk serupa, tetapi ada sisi perbedaan yang lebih menonjol. Disini, Anda bisa menonjolkan beberapa hal untuk bisa menyaingi para pesaing, yaitu:

  • Produk, pastikan produk yang Anda tawarkan memiliki nilai lebih dan berbeda dengan produk serupa lainnya.
  • Layanan, berikan layanan terbaik untuk para calon konsumen, seperti dari segi kecepatan, kemudahan, pelatihan, pemasangan, dan lainnya.
  • Distribusi, perhatikan para distributor yang bekerjasama dengan Anda.
  • Hubungan, pastikan para karyawan di bisnis UMKM Anda bisa melayani konsumen dengan baik, sehingga menambah ulasan baik nantinya.
  • Reputasi, mulai bangun reputasi bersama pelanggan.
  • Harga, pastikan Anda memberikan harga terjangkau agar para calon konsumen tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.

Apabila Anda mampu menonjolkan beberapa hal di atas dalam bisnis UMKM milik Anda, maka Anda sudah pasti bisa bersaing dan menjadi paling unggul dibandingkan yang lainnya.

2. Optimalkan Website Anda

Jasa Pembuatan website
Jasa Pembuatan website

Website sangat penting Anda miliki ketika akan melakukan pemasaran bisnis UMKM secara digital. Jika Anda kesulitan membuat website, maka tidak perlu khawatir. Saat ini, banyak sekali jasa pembuatan website yang mampu membantu Anda dalam membuat suatu website untuk bisnis.

Adanya website akan memudahkan Anda dalam melayani pembeli selama 24 jam. Hal ini dikarenakan adanya server otomatis yang membuat pembeli dapat melakukan transaksi kapan saja, sesuai keinginan.

Anda hanya tinggal mengecek riwayat transaksi saja, lalu mengirimkan pesanan produk yang sudah mereka order. Walaupun saat itu Anda tidak memiliki toko offline yang besar, tetapi adanya website akan membuat bisnis UMKM terlihat lebih profesional dan menjanjikan.

3. Gunakan Google My Business

Google My Bisnis bisa Anda gunakan untuk memasarkan bisnis UMKM di internet secara gratis. Anda bisa menampilkan nama serta produk bisnis, sehingga orang-orang dapat menemukan toko offline Anda di halaman Google.

Tak hanya itu, para konsumen juga bisa memberikan ulasan atau penilaian produk yang Anda jual. Sehingga, bisnis UMKM Anda bisa mendapatkan rating bisnis disini, dan meyakinkan banyak orang bahwa toko yang Anda miliki benar-benar ada alias tidak fiktif.

baca juga :  Cara Tingkatkan Pengunjung dengan SEO

4. Buat Konten Menarik di Blog

Pentingnya Konten
Pentingnya Konten

Strategi konten yang baik perlu diperhatikan juga agar bisa menjangkau para pengunjung atau calon konsumen untuk datang ke blog bisnis UMKM. Anda mungkin berpikir, bahwa blog bisnis kecil yang dimiliki mustahil bisa masuk ke halaman pertama Google.

Hal itu bisa saja terjadi, jika Anda tidak menggunakan konten menarik di dalam blog atau website tersebut. Apabila Anda mampu membuat suatu konten menarik untuk website bisnis UMKM, maka tidak ada lagi kata mustahil, agar membuat website bisnis Anda berada di halaman pertama Google.

Tipsnya cukup mudah. Anda hanya perlu memperhatikan hal ini saja, yaitu:

  • Buat konten yang mampu menarik para pengunjung terlebih dahulu.
  • Gunakan kaidah penulisan artikel SEO Friendly.
  • Pastikan artikel enak dibaca.
  • Pastikan tulisan yang Anda buat mampu membangun kepercayaan dengan para pengunjung atau pembaca konten tersebut.

Apabila sudah melakukan poin-poin di atas, maka sudah bukan hal mustahil lagi website Anda akan muncul di page one Google, sekaligus bisnis yang dimiliki akan berkembang dan dikenal oleh banyak konsumen secara luas.

5. Gunakan Iklan Google Untuk Bisnis UMKM

Google Ads
Google Ads

Tips digital marketing untuk UMKM ini bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis agar mudah dijangkau oleh banyak pengunjung Google. Namun, sebelumnya Anda perlu memperhatikan beberapa hal ini terlebih dahulu.

  • Tetapkan tujuan bisnis Anda
  • Lakukan riset untuk menentukan audiens
  • Tentukan budget untuk membayar iklan
  • Tetapkan struktur bisnis
  • Pilih kata kunci sesuai bisnis UMKM Anda
  • Buat bisnis lebih relevan
  • Gunakan kata-kata iklan yang mampu menarik perhatian audiens

6. Buat Konten Visual yang Profesional

Content Marketing
Content Marketing

Konten yang Anda buat akan menjadi komponen penting dalam strategi digital bisnis UMKM Anda. Konten visual berupa video, bisa lebih cepat meningkatkan trafik bisnis, sebab kebanyakan calon konsumen senang melihat video, dibandingkan media lainnya. Pelajari lebih lanjut tentang content marketing.

Begitu juga bagi para marketing. Ada sekitar 97% marketing mengungkapkan bahwa konten visual alias video mampu meningkatkan pemahaman produk serta layanan yang diberikan kepada para calon konsumen.

Lalu, sekitar 76% marketing mengatakan bahwa konten visual berhasil meningkatkan penjualan yang mereka lakukan.

Dan sekitar 81% konsumen mempercayai produk serta layanan yang diberikan, hingga akhirnya memutuskan untuk membeli, setelah menonton video atau konten visual tersebut.

7. Tingkatkan Penggunaan SEO pada Bisnis

Konsep Digital Marketing
Konsep Digital Marketing

Penggunaan SEO bagi bisnis UMKM penting digunakan agar mampu menjangkau orang sekitar yang memiliki minat dengan produk Anda. Disini, Anda bisa membuat tautan ke berbagai situs surat kabar, blog, sponsor dan masih banyak lagi.

8. Gunakan Email Marketing

Email Marketing
Email Marketing

Ketika berbelanja di website, biasanya pelanggan akan memasukkan email masing-masing untuk kelengkapan data. Nah, fungsi email disini adalah untuk memberikan informasi terkait status pemesanan produk yang konsumen lakukan.

Selain itu, Anda bisa menggunakan email sebagai tempat pemasaran alias email marketing. Jadi, Anda dapat mempromosikan produk terbaru, produk diskon, dan lainnya kepada para pelanggan.

Ini juga menjadi suatu trik agar bisnis UMKM Anda tetap terhubung dengan para pelanggan. Sehingga, para pelanggan atau konsumen bisa mendapatkan informasi produk ter-update dari email yang Anda kirimkan.

9. Lakukan Promosi di Media Sosial

Social Media Marketing
Social Media Marketing

Media sosial Facebook dan Instagram menjadi salah satu media sosial yang banyak diminati untuk promosi bisnis, termasuk bisnis UMKM. Anda bisa melakukan promosi disana menggunakan dua tipe promosi, yaitu secara gratis dan iklan berbayar.

baca juga :  Kembangkan Bisnis dengan Metrik Digital Marketing

Anda bisa melakukan promosi bisnis UMKM di media sosial dengan membagikan konten, berupa teks, video, dan foto produk secara gratis. Hal ini memiliki tujuan untuk meningkatkan brand awareness serta interaksi dengan para calon maupun konsumen tetap.

Saat melakukan posting konten secara rutin, maka Anda bisa mendapatkan kepercayaan dari para calon konsumen, serta mampu menambah followers pada bisnis UMKM tersebut.

Sementara itu, apabila Anda ingin memasang iklan berbayar di media sosial, maka iklan yang dipasang mampu menjangkau demografi para calon konsumen yang cocok dengan produk dijual.

Anda bisa mulai menentukan target pasar berdasarkan, jenis kelamin, usia, hobi, dan tempat tinggal. Selanjutnya, tempatkan iklan produk bisnis UMKM Anda di media sosial target agar mereka tertarik untuk mengunjungi bisnis Anda.

10. Kerjasama dengan Para Influencer (Influencer Marketing)

Influencer Marketing
Influencer Marketing

Anda bisa mulai bekerjasama dengan para influencer agar bisnis UMKM bisa berkembang pesat. Seperti yang diketahui, para influencer memiliki followers banyak di akun media sosial mereka.

Anda dapat menghubungi salah satu influencer yang berkaitan dengan produk bisnis usaha kecil Anda. Lalu, ajak mereka bekerjasama dengan cara melakukan promosi terhadap produk bisnis yang Anda tawarkan. Dengan begitu, produk yang dimiliki akan lebih mudah terkenal dan Anda bisa mendapatkan pelanggan dengan cepat nantinya.

Sudah Siap Bangun Bisnis UMKM di Era Digital?

Pemasaran digital atau Digital Marketing memang menjadi tren baru untuk mempromosikan produk bisnis secara mudah, serta memiliki jangkauan audiens luas. Banyak orang yang mulai menjalankan strategi bisnis mereka dengan digital marketing karena diyakini mampu memberikan hasil lebih baik.

Hal ini tentu saja berlaku bagi para pemilik UMKM yang ingin mendapatkan para pembeli dengan jumlah banyak. Pemasaran digital yang kreatif dengan produk bisnis inovatif, tentu akan lebih mudah dijangkau masyarakat. Apalagi, masyarakat Indonesia terkenal kepo dengan selalu ingin mencoba sesuatu yang baru dari bisnis Anda tawarkan tersebut.

Nah, itulah informasi mengenai tips digital marketing untuk UMKM yang bisa Anda pahami dan pelajari mulai saat ini. Dengan begitu, Anda mampu menjalankan bisnis dengan optimal sesuai target yang telah ditetapkan.

bagikan artikel ini jika bermanfaat:

Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

Kembangkan Bisnis di Era Digital

layanan digital yang fleksibel sesuai kebutuhan anda

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Habib Hidayat

Habib Hidayat

Praktisi digital marketing serta penulis, tidak ada yang benar-benar ahli yang ada adalah kemauan untuk terus belajar seiring perkembangan jaman

Featured Post

Tertarik untuk kerjasama?

content placement, backlink, penulisan artikel, pembuatan website, digital marketing, dll.