✅ 14 Website Penyedia Iklan Selain Google Adsense

14 Website Penyedia Iklan Selain Google Adsense – Dijaman yang serba digital sekarang ini, banyak yang bisa peroleh dengan mudah, salah satunya yaitu mendapatkan penghasilan dari blog atau website. Pendapatan blog ini diperoleh dari iklan-iklan yang terpasang di halaman website.  

Website Penyedia Iklan Selain Google Adsense
Website Penyedia Iklan Selain Google Adsense

Iklan yang terpasang di sebuah website memiliki nilai yang cukup besar, sehingga para blogger menjadi tertarik dengan program kerjasama itu. 

Semakin banyak jumlah pengunjung yang mengunjungi website anda maka kemungkinan untuk mendapatkan uang dari iklan semakin besar, apalagi apabila ada yang sampai meng-klik iklan tersebut. Beberapa penyedia iklan membayar dengan syarat ada orang yang mengklik sebuah iklan yang telah dipasang di sebuah website. Iklan seperti itu biasa disebut dengan CPC (Cost per Click). 

Ada pula penyedia iklan yang membayar dengan sistem CPM (Cost per Miles) yang artinya anda akan dibayar oleh penyedia iklan dengan sistem perhitungan setiap 1000 kali tayangan iklan. Sistem pembayaran yang lainnya adalah dengan CPA (Cost per Action) yang mana anda akan dibayar ketika seseorang melakukan aksi bisa berupa pembelian, pendaftaran, memainkan, dll, setelah mereka mengklik iklan yang ada di website anda. Iklan jenis ini biasanya sangat sulit mendapatkan action yang diminta oleh penyedia iklan namun per aksi yang dilakukan akan dibayar dengan biaya yang cukup besar pula.

Namun ketika mendaftar di website penyedia iklan, tak banyak juga dari mereka yang berkali-kali ditolak, dan terkadang membuat mereka menyerah. 

Ditolak boleh saja, namun setelah itu harus bangkit lagi! Tidak mau maju lagi karena ditolak Adsense? Jika anda sudah berusaha mati-matian, mengikuti petunjuk aturan pendaftaran Adsense dengan benar tapi tetap ditolak. Sudahlah, mungkin itu belum rezeki anda. Baca juga tentang Jenis Iklan Digital.

Cobalah tambah referensi anda atau join di forum komunitas blog, pasti akan diberi arahan atau setidaknya mendapatkan jawaban (karena mereka lebih berpengalaman dan mungkin pernah merasakan kegagalan saat mendaftar Google  Adsense). Nah, setelah itu barulah anda memulai lagi mendaftar dengan blog baru anda. jika gagal lagi bagaimana? Ya ikhlaskan saja mungkin, masih banyak kok jalan lainnya, toh mendapatkan uang dari blog atau website tidak hanya dari google adsense.

Intinya, anda berprasangka baik dulu, Tuhan sudah merencanakan cara lain agar anda tetap bisa menikmati penghasilan lewat iklan, tanpa harus memakai Adsense. Bisa jadi pendapatan pertama anda bisa dari penyedia iklan lainnya atau bahkan bukan melalui iklan tapi dengan jasa guest post, jasa menulis artikel, berjualan melalui blog anda, atau yang lainnya. 

Di artikel ini kita akan membahas secara rinci 10 website penyedia iklan selain Google Adsense, tapi tidak berfokus pada cara kerja iklannya, karena cara kerja iklan hampir sama di hampir setiap website penyedia iklan ini, dan review ini berpedoman pada beberapa referensi dan peninjauan langsung ke website penyedia iklan tersebut. Berikut ini adalah review website penyedia iklan selain adsense yang bisa anda coba.

1. Adsterra

✅ 14 Website Penyedia Iklan Selain Google Adsense - image 23

Adsterra adalah salah satu platform penyedia iklan digital yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan uang di internet melalui pemasangan iklan berupa banner atau gambar pada website atau blog. Selain dipasang di website iklan ini juga bisa dipasang di aplikasi atau game.

Sekilas tentang Adsterra, yang mana platform penyedia iklan ini berdiri pada tahun 2013 oleh afiliasi profesional. Sekarang ini, Adsterra menjadi website penyedia iklan yang cukup populer di kalangan para publisher dengan reputasi yang baik dan telah diakui oleh banyak blogger dan afiliasi sebagai salah satu platform adtech terbaik.

Adapun beberapa mitra dari jasa iklan Adsterra ini seperti Mobinner, CyberGhost, Global Wide Media, BaseBone, Coinis, Big Bang Ads, PSafe, serta Moar Offers. Untuk lebih lanjut, berikut adalah kelebihan dan kekurangan Adsterra.

Kelebihan Adsterra

Di Adsterra ini, tidak jauh berbeda dengan iklan Google Adsense. Jumlah pengiklan (Advertiser) yang mempromosikan bisnisnya di Adsterra ini lumayan banyak, kurang lebih 12.000+ pengiklan. Selain itu, berbagai opsi pembayaran bisa disesuaikan dengan kebutuhan, anda bisa menggunakan Paypal, Mastercards dan lain sebagainya. Berikut ini beberapa kelebihan dari penyedia iklan Adsterra.

  1. Proses persetujuan akun yang mudah
    Berdasarkan pengalaman dan berbagai forum Adsense, ternyata tak sedikit yang mengeluh akan proses pendaftaran Google Ads. Hal ini tentu karena penyaringan konten (review) yang begitu ketat. Oleh karena itu, banyak publisher yang merevisi konten websitenya, dan bahkan ada yang ditolak karena tidak memenuhi kriteria yang ditetapkan Adsense. Berbeda dengan website penyedia iklan seperti Adsterra ini, yang dimana untuk mendaftar akun hanya butuh waktu 10 menit tanpa review sudah diterima. Dan review penambahan website begitu mudah dan cepat.
  2. Keamanan akun terjamin
    Adsterra menggunakan kombinasi yang efektif dari sistem deteksi penipuan pihak ketiga yang inovatif dan handal, serta memberikan pengalaman seaman mungkin. Jadi, tidak perlu khawatir soal keamanan akun, karena platform Adsterra menjamin hal itu.
  3. Platform yang mudah digunakan
    Adsterra memberikan pengalaman sistem yang otomatis tanpa perlu susah dalam mengelola iklan, penempatan daftar iklan, melacak statistik, membuat kode iklan, mengubah pengaturan iklan dan masih banyak lagi.
  4. Banyak pilihan format iklan
    anda bisa mendapatkan peluang penghasilan yang banyak dengan berbagai jenis iklan yang bisa ditampilkan, seperti Popunder, Push Ads, Native Ads, Banner Ads, Social Bar, Direct Link dan lain-lain.
  5. Opsi pembayaran yang beragam
    Khusus di website penyedia iklan Adsterra, tersedia berbagai metode pembayaran dapat digunakan untuk menarik pendapatan dari iklan. Metode pembayaran tersebut meliputi Mastercard, Paypal, Wire, QIWI, Webmoney, Bitcoin, Yandex Money, Paxum, serta yang lainnya. Selain itu, payout rendah sebesar $5 yang bisa ditarik setiap dua minggu sekali melalui Paxum dan Webmoney, USDT serta Bitcoin. Berbeda dengan Google Adsense yang hanya bisa ditarik setiap bulan jika memenuhi ambang batas 1,3 juta. Tak hanya itu saja, di Adsterra juga bisa menarik via wesel dengan minimal jumlah penarikan $1000.

Kekurangan Adsterra

Setiap website penyedia iklan pastinya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, dan balik lagi pada kebutuhan. Kira-kira apa saja kekurangan adsterra? Berikut adalah beberapa kelemahan yang ditemukan dari Review Tech terkait platform Adsterra.

  1. Pendapatan besar jika trafik iklan besar. Berbeda dengan Google Ads, walaupun trafik kecil, tetapi jika yang mengklik dan CPC besar, maka penghasilan tetap tinggi.
  2. Tidak menggunakan sistem klik seperti iklan Google Adsense yang rata-rata nilai per kliknya besar

Lantas bagaimana menyiasati kekurangan tersebut? ya tentu anda harus memperbanyak trafik yang masuk ke website, sehingga iklan tersebut bisa tayang sebanyak mungkin. anda dapat membagikan artikel web tersebut ke berbagai 

2. MGID

✅ 14 Website Penyedia Iklan Selain Google Adsense - image 24

MGID adalah salah satu jaringan Iklan Asli tertua dan paling terkenal di dunia. Jaringan MGID adalah pelopor global dalam periklanan asli (native ads). Ini memberikan solusi khusus untuk pengiklan, pemasar afiliasi dan webmaster dalam satu platform terintegrasi.

MGID didirikan pada tahun 2008 dengan penciptaan salah satu teknologi periklanan asli modern pertama. Hari ini, ini adalah salah satu Platform Periklanan Asli yang paling inovatif. MGID bahkan terpilih dan mendapatkan penghargaan Native Advertising Awards pada tahun 2016.

Kelebihan MGID

Salah satu kelebihan MGID adalah bisa digabungkan dengan Google Adsense lantaran jenis iklannya berupa Native Ads yang seolah-olah bagian dari konten blog. Jadi sobat bisa mendapat dua penghasilan sekaligus yakni dari MGID dan Google Adsense.

Kekurangan MGID

Bagi blog-blog yang memiliki traffik yang kecil akan sulit bergabung jadi Publisher MGID karena ada syarat minimal blog sudah memiliki 3000 pageview perbulannya. Entah Pageview atau visitor yang pasti persyaratannya harus terpenuhi dari sisi traffik blog.

3. AdNow

✅ 14 Website Penyedia Iklan Selain Google Adsense - image 25

AdNow adalah sebuah layanan penyedia iklan digital selain Adsense dengan format iklan native. AdNow sudah menggunakan RTB, Big Data, media buying, kampanye pay per click dan juga iklan mobile. Dilansir dari website AdNow, format tersebut dirancang untuk melayani iklan dan membantu pengunjung dalam menemukan konten baru yang benar-benar menarik. Tak hanya itu saja, format tersebut  memungkinkan penggunaan spanduk digital dan Native Ads (sangat berguna

untuk klien dan agensi dalam melakukan promosi merek).

Kelebihan AdNow

Dari beberapa referensi dan peninjauan langsung dari website AdNow tersebut, ada beberapa kelebihan dari AdNow, berikut ini beberapa kelebihannya.

  1. Jangkauan global yang luas, dimana AdNow memiliki 160 ribu publisher, 1 juta rekomendasi/hari, 1700 pengiklan, 114 negara.
  2. Platform iklan native yang responsif untuk publisher dan juga pengiklan premium;
  3. Menghasilkan total atensi konsumen 3 kali lebih besar dari iklan banner;
  4. Iklan AdNow dalam bentuk Native Ads ini menerima  dua kali lipat lebih banyak fokus visual;
  5. Kombinasi setiap judul iklan native, thumbnail, nama merek dan logo telah terbukti mendorong kenaikan 18% untuk niat dalam melakukan pembelian;
  6. Cocok untuk jenis website yang membahas seputar kecantikan, kesehatan, aplikasi mobile, E-commerce, film dan kuliner;
  7. Penargetan dengan mengidentifikasikan pengunjung berdasarkan geolokasi dari negara tertentu;
  8. Iklan AdNow dapat disandingkan dengan iklan Adsense.
  9. Memiliki proses persetujuan yang sangat cepat, jika dibandingkan dengan Adsense;

Kekurangan Adnow

  1. Jika dilihat dari profil audiens, audiens dari AdNow adalah 65% wanita dan 35% pria. Oleh karena itu, mengapa jenis tema web seperti kecantikan, kuliner, E-commerce merupakan website yang paling cocok dengan jenis iklan AdNow ini.
  2. Dari sekitar 107 negara, sama sekali tidak ada negara di Asia yang menjadi top 10. Malahan negara-negara Eropa, seperti Inggris, Spanyol dan Jerman lah yang lebih mendominasi dari platform ini. Ini menandakan bahwa pasar Asia masih belum begitu dilirik.
  3. Profil audiens selanjutnya adalah mengenai platform yang paling banyak digunakan adalah platform dengan versi desktop, desktop 60% dan mobile 40%. Jika menilik pada zaman sekarang, sudah pasti versi mobile yang paling banyak dipakai oleh masyarakat.
  4. Dari segi mitra kerja yang digunakan, hanya Amazon, AliExpress, dan Ebay yang paling terkenal.

4. Media Net

✅ 14 Website Penyedia Iklan Selain Google Adsense - image 26

Media Net merupakan salah satu pesaing kuat Google Adsense. Dari mulai proses pengajuannya, Media Net sangat sederhana dibandingkan dengan website penyedia iklan lainnya. anda bisa mendapatkan uang dari konten dengan akses eksklusif ke permintaan pencarian yang bernilai miliaran dari jaringan Yahoo dan Bing. Untuk memaksimalkan pendapatan anda, dapat memanfaatkan permintaan kompetitif dari pencarian.

Kelebihan Media Net

  1. Dari segi tampilan, sangat luar biasa, fitur yang disajikan sangat variatif;
  2. Jenis dan penempatan iklannya juga sangat baik dan responsif, seperti iklan kontekstual, iklan bergambar dan iklan asli;
  3. Memiliki marketplace yang sangat luas;
  4. Menyediakan display ads, native ads, contextual ads dan video ads;
  5. Customer support 24 jam
  6. Nilai iklan sangat besar jika dibandingkan dengan website penyedia iklan lainnya.

Kekurangan Media Net

  1. Untuk pasar Asia masih kurang mendominasi, dan kebanyakan dari benua Eropa dan Amerika
  2. Walaupun terbilang baik, tapi jenis iklan ini mengharuskan mengklik 2x untuk mendapatkan penghasilan dari klik, kalau Adsense cukup sekali klik saja;

5. PopCash

✅ 14 Website Penyedia Iklan Selain Google Adsense - image 27

PopCash adalah salah satu layanan jaringan iklan yang cukup populer, karena memiliki cakupan pengguna yang luas di berbagai penjuru dunia. Hasil yang diperoleh dapat dijamin, dan tentunya memiliki support di multi platform. 

Dari segi penggunaan, PopCash memiliki tampilan yang user friendly dan mudah digunakan. Selain itu, pengiklanan yang lebih ramah, jika dibandingkan dengan penyedia iklan yang lainnya. Untuk jumlah minimum pencairannya adalah sebesar $10, dan bisa dicairkan lewat akun PayPal.

Kelebihan PopCash

  1. Proses pembayarannya yang mudah dan cepat karena diproses setiap hari;
  2. Cakupan pengguna dari seluruh dunia yang lumayan besar;
  3. Dukungan khusus 24 jam dalam 7 hari (full time) dan bisa melalui Email dan Skype;
  4. Antarmuka yang ramah;
  5. Berfokus pada kinerja lewat fitur penargetan dan pengoptimalan;
  6. Memiliki jumlah pengunjung bulanan 850 ribu/bulan, 50 ribu penerbit aktif.

Kekurangan Popcash

1.Memiliki jumlah unit iklan yang dibatasi penggunaanya, sehingga berpengaruh terhadap penghasilan;

2. Jenis iklan yang ditawarkan salah satunya adalah onclick pop up yang dirasa kurang ramah pengguna. Karena cukup mengganggu kenyamanan saat mengunjungi website anda.

6. Propeller Ads

✅ 14 Website Penyedia Iklan Selain Google Adsense - image 28

Propeller Ads adalah suatu jaringan periklanan yang menyediakan layanan untuk monetisasi dan promosi produk, menghubungkan penerbit dan pengiklan melalui layanan tersebut secara global. Iklan Propeller Ads telah menawarkan layanannya kepada pengiklan dengan hasil yang maksimal. Propeller Ads memiliki jangkauan 1 miliar pengguna dengan format iklan berkinerja terbaik. Selain itu, iklan Propeller dapat juga mengizinkan multi akun. Suda sekitar 150 ribu publisher dari 195 negara di dunia telah bergabung dalam layanan iklan ini. Untuk jenis iklan cukup bervariasi,

mulai dari iklan onclick, push notification, dan native ads.

Kelebihan Propeller Ads

  1. Dapat menjangkau 1 milyar pengguna dengan format iklan berkinerja terbaik;
  2. Memiliki 350 juta pengguna tetap
  3. Bisa dipasang di website dengan niche atau kategori apapun.
  4. Mempunyai jenis iklan yang bervariatif;
  5. Kampanye iklan yang mudah, optimasi otomatis dan memiliki hasil yang cepat.
  6. Memiliki fitur filter iklan
  7. Minimum Payout hanya $5,sedangkan Adsense $100

Kekurangan Propeller Ads

  1. Karena kebanyakan iklan menggunakan bahasa inggris, sehingga pendapatan bisa saja lebih kecil;
  2. Ada iklan pop under yang memiliki pengalaman yang buruk bagi pengunjung;
  3. Tidak semua format iklan dapat menyesuaikan dengan platform.

7. BuySellAdsd

✅ 14 Website Penyedia Iklan Selain Google Adsense - image 29

BuySellAds merupakan salah satu jenis iklan alternatif selain Adsense. website iklan BuySellAds ini dapat menjangkau pengembang, desainer, pengguna awal dan peng-enkripsian. Di Website ini anda bisa memilih menjadi penerbit, dengan akses yang sangat mudah.

Kelebihan BuySellAds

  1. Memiliki jenis iklan yang sangat beragam, seperti iklan asli, iklan konten, iklan Podcast, iklan bergambar dan iklan Email;
  2. Tidak berpengaruh pada Adblock, sehingga iklan dapat menjangkau lebih banyak pengguna;
  3. Dapat memilih penempatan yang sempurna berdasarkan tujuan anda, semua format iklan sesuai dengan antarmuka pengguna;

Kekurangan BuySellAds

  1. Jumlah penggunanya di seluruh dunia tidak sepopuler jenis website seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya;
  2. Jenis pembayaran yang masih kurang terkenal

8. Revenuehits

✅ 14 Website Penyedia Iklan Selain Google Adsense - image 30

Revenuehits adalah salah satu website yang memungkinkan anda mendapatkan penghasilan lewat penempatan iklan dalam konten website ataupun blog. Revenuehits juga merupakan salah satu cara yang paling sederhana untuk mengubah aset digital (website) anda menjadi sebuah pendapatan yang menjanjikan. Dengan menggunakan platform ini, pengoptimalan iklan akan semakin mudah dengan penawaran terbaik dari industri tertentu.

Kelebihan Revenuehits

  1. Memiliki 20 ribu penerbit di seluruh dunia;
  2. Bermitra dengan website penyedia iklan Propeller Ads;
  3. Menampilkan iklan yang paling relevan untuk audiens dan lebih banyak unit iklan;
  4. Jenis dan penempatan iklan yang bervariasi, mulai dari display banners, Pop Ads, button, footer, interstitial, shadow box, slider, top banner, dan dialog;
  5. Penghasilan yang dihasilkan dari iklan ini lumayan tinggi. 

Kekurangan Revenuehits

  1. Karena banyaknya iklan, bisa saja membuat pengguna menjadi tidak betah membaca;
  2. Tampilan yang masih kurang user friendly.

9. BidVertiser

✅ 14 Website Penyedia Iklan Selain Google Adsense - image 31

BidVertiser adalah jaringan iklan langsung yang menemukan kecocokan optimal, antara pengiklan dan penerbit. Dalam proses pengajuannya, sangat mudah dan cepat, dan inilah salah satu kelebihan dari Bidvertiser yang menjadi banyak pilihan selain Google Adsense.

Yang terpenting disini adalah niche anda tidak melanggar kebijakan, seperti jenis website tidak mengandung SARA, spam, bahkan konten yang bersifat tidak layak ditonton. Banyak yang menyukai website Bidvertiser sebagai tempat para Blogger menaruh iklannya, karena Bidvertiser dapat menargetkan iklan secara otomatis berdasarkan kata kunci.

Kelebihan BidVertiser

  1. Memiliki kualitas lalu lintas yang disaring;
  2. Memiliki penargetan yang cukup akurat;
  3. Memiliki iklan harian sebanyak 45 juta dari 196 negara di dunia;
  4. Proses pengajuan yang mudah, cepat dan transparan;
  5. Layanan yang selalu berjalan 24 jam nonstop.
  6. Kerangka kerja dari BidVertiser memastikan bahwa setiap tayangan iklan yang dimuat adalah tayangan yang layak.

Kekurangan BidVertiser

  1. Tidak tersedianya laporan data terkait impression dan CTR;
  2. Website iklan BidVertiser sangat menjunjung jenis konten dalam website, apakah sesuai atau tidak. Jika tidak, penyedia iklan BidVertiser tidak segan-segan menolak pengajuan anda.

10. Evadav

✅ 14 Website Penyedia Iklan Selain Google Adsense - image 32

Evadav adalah salah satu jenis website dengan iklan terbaik selain Adsense, dan sangat recomended untuk anda yang ingin menggunakannya. Evadav juga memiliki jumlah pengguna yang banyak di seluruh dunia, dan itulah yang menyebabkan website penyedia iklan ini cukup diminati oleh para Blogger.

Kelebihan Evadav

  1. Memiliki metode pembayaran yang sangat variasi dan banyak juga yang populer, seperti ada bitpay, PayPal, Payoneer dan masih banyak lagi;
  2. Memiliki rasio BPS tertinggi diantara semua format iklan;
  3. Memiliki jumlah pemirsa yang banyak di seluruh dunia;
  4. Memiliki kualitas iklan yang sangat baik.

Kekurangan Evadav

  1. Adanya banyak variasi iklan, sehingga membuat pengguna menjadi tidak betah;
  2. Harus memiliki jumlah trafik yang signifikan;
  3. Proses pengajuan yang lumayan ketat.

11. Dable

✅ 14 Website Penyedia Iklan Selain Google Adsense - image 34

Dable adalah penyedia iklan digital yang berasal dari korea yang cukup populer. Dable ini layaknya seperti MGID memiliki iklan berbentuk native ads. Yang mana dianggap cukup ramah pengguna dan tidak terlalu mengganggu. Dable ini banyak digunakan oleh publisher dari Korea, Taiwan, Malaysia, Hongkong dan termasuk Indonesia. Serta mengklaim memiliki lebih dari 3000 perusahaan yang bekerja sama dengan mereka.

Kelebihan Dable

  1. Lumayan Populer, digunakan oleh situs berita seperti liputan6, LINEToday, dll.
  2. Iklan ramah pengguna
  3. Cocok untuk situs berita

Kekurangan Dable

  1. Relatif agak susah diterima
  2. Harus memiliki banyak visitor

12. RevContent

✅ 14 Website Penyedia Iklan Selain Google Adsense - image 35

RevContent adalah salah satu platform dengan konten terkemuka yang dapat membantu pengiklan mengarahkan audiens melalui teknologi digital terbesar di dunia. website ini memungkinkan penggunanya mendapatkan penghasilan yang tinggi. Nah, silahkan ini bisa dijadikan alternatif untuk mengisikan iklan di konten website ataupun di blog.

Kelebihan RevContent

  1. Termasuk jenis iklan dengan penghasilan tinggi sekitar 30-50% daripada platform lain;
  2. Widget sepenuhnya menyesuaikan dengan konten untuk pengguna;
  3. Memiliki rata-rata 3,0 VCTR;
  4. Memiliki trafik yang berkualitas dan penargetan yang handal.

Kekurangan RevContent

  1. Tentunya harus memiliki jumlah trafik yang tinggi;
  2. Proses pengajuannya yang cukup lama.

13. YlliX

✅ 14 Website Penyedia Iklan Selain Google Adsense - image 36

Yllix adalah platform penyedia iklan dalam website yang sudah memiliki versi bahasa Indonesia. website ini sangat layak untuk dijadikan referensi dalam pengiklanan di website ataupun di blog anda karena memiliki beberapa keunggulan yang patut dicoba.

Kelebihan Yllix

  1. Berbagai jenis iklan support (desktop dan seluler);
  2. Dapat dibayar secara harian;
  3. Proses yang tidak terlalu susah.
  4. Metode  pembayaran yang mudah.
  5. Sudah support bahasa Indonesia.

Kekurangan Yllix

  1. Pembayaran didasarkan pada trafik
  2. Belum sepopuler Google Adsense.

14. Cidewalk

✅ 14 Website Penyedia Iklan Selain Google Adsense - image 33

Cidewalk merupakan suatu jaringan iklan dan perusahaan analisis data yang membayar per klik. Cidewalk dulunya bernama Chitika yang tutup pada tahun 2019 dan berganti nama menjadi Cidewalk. Kantor Cidewalk sendiri berpusat di India dan Amerika. Iklan yang ditampilkan Cidewalk menggunakan kata kunci yang diterapkan pengguna di mesin pencari untuk menemukan website web anda. Cidewalk ini mungkin menjadi referensi terakhir anda dalam memilih jenis iklan yang tepat untuk website anda.

Kelebihan Cidewalk

  1. Memiliki kinerja iklan yang baik;
  2. Antarmuka yang cukup disukai pengguna;
  3. Memiliki fitur yang komplit;

Kekurangan Cidewalk

  1. Reputasi kurang bagus serta tidak populer;
  2. Iklan yang dihasilkan tidak sebesar Google Adsense;
  3. Kurangnya fitur informasi.

Kesimpulan 

Dari ke-12 website penyedia iklan tersebut, bisa dijadikan alternatif selain Google Adsense. Setiap website penyedia memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing, sehingga disesuaikan dengan kebutuhan anda. apakah ingin yang proses pendaftarannya cepat atau ingin penghasilan tinggi? Itu tergantung anda. Namun tetaplah bijak dalam menggunakan website tersebut, agar kedepannya tidak terjadi

permasalahan. Yang belum beruntung di Google Adsense, semoga dengan alternatif website ini anda dapat memanfaatkan iklan untuk mendapatkan penghasilan di website.

Leave a Comment