Strategi Website Marketing untuk Entrepreneur Handal

0
53
STRATEGI WEBSITE MARKETING UNTUK ENTREPRENEUR HANDAL
STRATEGI WEBSITE MARKETING UNTUK ENTREPRENEUR HANDAL

Strategi Website Marketing untuk Entrepreneur Handal. Dalam dunia bisnis online, website marketing merupakan salah satu strategi yang juga cukup jitu untuk mendatangkan traffict atau bahkan customer potensial. Anda harus mempunyai sebuah website agar produk atau usaha Anda dikenal oleh masyarakat luas atau bahkan sampai bisa terkenal ke seluruh dunia. Website yang bagus dan keren juga berada diurutan seo 10 besar tentu akan mendapatkan banyak pelanggan dan lebih terpercaya.

Sayangnya, untuk mendatangkan traffict tidak semudah membalikkan telapak tangan. Anda harus mencari dan menerapkan strategi website marketing yang jitu agar website Anda berada diurutas teratas dan menjadi terkenal. Website marketing sendiri merupakan halaman web yang dibuat khusus untuk memasarkan suatu produk atau jasa yang menggunakan media internet sebagai alat pemasarannya. Ketahui juga tentang Strategi Digital Marketing untuk Meningkatkan Penjualan.

Adapun tujuan penggunaan website marketing ini tentu saja adalah untuk mendatangkan traffict sebanyak- banyaknya sehingga diharapkan penjualan barang atau jasa yang ingin dipasarkan menjadi naik. Selain itu, website marketing juga diharapkan mampu membranding suatu perusahaan sehingga perusahaan tersebut nantinya akan dikenal oleh masyarakat luas.

Nah, untuk mendatangkan traffict yang banyak dan potensial ini, Anda harus menerapkan beberapa strategi sehingga target yang Anda tentukan akan terealisasi. Strategi ini nantinya diharapkan akan mendongkrak penjualan maupun jasa yang dipasarkan. Adapun beberapa strategi website marketing yang bisa Anda terapkan salah satunya adalah sebagai berikut:

Personal branding

Strategi yang pertama yaitu personal branding. Personal branding ini gratis alias tidak membutuhkan biaya. Namun, personal branding ini membutuhkan waktu yang banyak dan juga keaktifan Anda sebagai pemilik perusahaan. Branding perusahaan berbanding lurus dengan branding diri. Itu sebabnya para artis lebih mudah mengembangkan usahanya dari pada orang biasa, karena mereka sudah lebih dulu punya nama.

Meskipun tidak semua artis mampu membuat perusahaannya menjadi besar, tapi setidaknya usaha mereka dikenal oleh masyarakat. Tinggal memoles strategi lain supaya branding perusahaan ini juga ikut terdongrak. Setidaknya usaha yang Anda rintis mempunyai ciri khas, sehingga masyarakat dengan mudah bisa mengenali produk atau jasa yang Anda tawarkan. Anda juga harus mau terlibat lebih dalam secara personal dengan calon konsumen Anda agar mereka percaya.

Content marketing

Strategi website marketing kedua yaitu content marketing. Content marketing ini juga sangat penting sekali dan berpengaruh banyak pada produk atau jasa yang Anda tawarkan. Content marketing ini bentuknya ada bermacam- macam. Salah satunya Anda bisa menyediakan ebook gratis untuk menarik jumlah download maupun sign up. Atau Anda juga bisa menggunakan blog untuk menarik pengunjung ke website Anda.

SEO

Strategi yang juga paling jitu untuk entrepeneur handal yaitu SEO, kepanjangan dari Search Engine Optimation. SEO ini merupakan strategi menjadikan website Anda nomor satu atau setidaknya 10 besar di Google. Kenapa strategi ini cukup jitu? Karena jika website Anda ada diurutan kesatu sampai 10 pencarian Google, website Anda tentu akan terlihat lebih dahulu sehingga memungkinkan pengunjung untuk mengklik link yang mengarah ke website Anda.

SEO ini merupakan strategi agar google mengenali lebih dulu website Anda saat pengunjung mengetikkan keyword atau kata kunci. Kunci dari seo ini adalah peletakan keyword di artikel yang Anda buat atau pada review usaha maupun jasa yang Anda tawarkan. Semakin tepat keyword yang Anda buat, semakin potensial website Anda berada diurutan teratas.

CRO

Strategi website marketing selanjutnya yaitu CRO, kepanjangan dari Conversion Rate Optimation. Jika tool diatas tujuannya adalah untuk mendatangkan traffic, maka setelah itu tugas CRO lah yang berperan dalam pemasaran yang Anda lakukan. Salah satu cara meningkatkan CRO adalah dengan melakukan promosi Call To Action atau yang disebut sebagai CTA. CTA ini bisa dengan memperlihatkan berbagai bentuk, teks, gambar atau bahkan tombol. Meskipun terlihat sederhana, cara ini dinilai cukup efektif untuk menambah rate konversi.

Email marketing

Yang tidak kalah penting lagi dalam website marketing yaitu email marketing. Email marketing ini semacam memprospek calon pembeli melalui email. Atau melakukan tinjauan ulang melalui email agar calon pembeli mau membeli produk Anda. Cara ini juga terkadang efektif meskipun sebagian orang terkadang merasa risih karena email marketing ini biasanya akan datang tiada henti saat calon customer memberikan email mereka.

Meskipun ada fasilitas unsubscribe email marketing, namun biasanya orang akan malas untuk meng-unsubscribe email yang mereka dapatkan. Nah, dari sinilah terkadang email marketing justru bermanfaat dan menggoda calon konsumen jika isinya menarik. Itulah kenapa Anda harus membuat content email marketing yang bagus dan menarik sehingga dapat mempengaruhi keinginan calon customer dan mereka akhirnya mau membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.

SEM

Strategi website marketing ke enam yaitu SEM, kepanjangan dari Search Engine Marketing. SEM ini hampir sama dengan SEO. Bedanya, Jangkauan SEM terbilang lebih luas jika dibandingkan dengan SEO. Optimasi SEM ini tidak hanya membuat keyword yang tepat saja tetapi juga membutuhkan riset keyword yang rumit, analisa yang kompetitif, dan bahkan posting berbayar untuk mendapatkan traffict yang tinggi. SEM ini terbilang lebih rumit karena pengunjung yang diharapkan akan menjadi lebih tertarget dan tepat sasaran.

Riset keyword ini tidak mudah dan membutuhkan pemilihan kata yang cerdik dan tepat. Waktu yang dibutuhkan pun lebih lama dari jika menerapkan SEO saja. Itulah kenapa jasa SEM juga dipatok dengan harga yang lumayan mahal, karena dibutuhkan kecerdasan dalam menentukan keyword serta riset keyword dan analisa yang membutuhkan waktu lama.

Video dan foto marketing

Strategi yang terakhir yaitu video dan foto marketing. Video atau foto yang menarik, tentu akan mendatangkan peminat yang banyak. Untuk mendapatkan foto atau video yang bagus dan menarik juga tidak mudah. Anda harus mengambil gambar atau membuat video berulang- ulang untuk mendapat satu gambar atau satu video yang pas dan menarik. Try and error juga dibutuhkan dalam mencari anggel yang tepat.

Jika Anda ingin mendapatkan foto atau video yang tepat dan menarik, serta mempunyai budget yang cukup, Anda bisa menyewa atau menggaji content creator maupun fotografer handal agar foto dan video yang dihasilkan bagus dan menarik. Namun jika budget Anda terbatas, Anda bisa mencoba sendiri membuatnya dengan melihat tutorial diyoutube maupun media lainnya.

Itu tadi strategi website marketing untuk entrepreneur handal yang bisa Anda coba praktekkan pada usaha atau perusahaan Anda. Semoga artikel ini membantu dan bermanfaat bagi Anda, terutama bagi Anda calon entrepeneur muda. Mungkin tidak semua strategi akan cocok diterapkan pada usaha yang tengah Anda geluti. Meskipun begitu, Anda bisa mencoba salah satu strategi yang sekiranya akan cocok dengan usaha yang tengah Anda jalankan. Semoga sukses, selamat mengembangkan usaha!

Tinggalkan Komentar