cropped-habibftcn-1.png
Logo Habibhidayat.com

Strategi Video Marketing Untuk Pemasaran Produk Anda

4 September 2021
Strategi Video Marketing
Habib Hidayat
verified

Strategi Video Marketing Untuk Pemasaran Produk Anda – Sebuah brand tentunya membutuhkan  sebuah strategi pemasaran yang baik agar dapat melakukan marketing campaign ataupun mempromosikan brand. Salah satu bentuk promosi yang bisa Anda lakukan ialah dengan melakukan strategi pemasaran berbasis video.

Ini bukanlah hal yang baru, pemasaran dengan video telah berkali-kali menunjukkan keberhasilan dari menggunakan teknik seperti ini. Bahkan studi telah menunjukkan bahwa orang-orang yang melakukan marketing campaign dengan menggunakan video jauh lebih mudah dibandingkan mereka yang melakukan pemasaran dengan media online lainnya.

Video sendiri merupakan bentuk konten yang sangat efektif dan popularitasnya terus tumbuh seiring dengan munculnya media sosial. Terlepas dari fakta bahwa begitu banyak masyarakat yang mengonsumsi video online setiap harinya. Namun ternyata masih banyak produk ataupun brand yang tidak menggunakan video marketing sebagai bagian dari strategi pemasaran digital mereka bahkan tidak melihat tingkat keberhasilan terbaik dari strategi tersebut.

Strategi Video Marketing Untuk Pemasaran Produk Anda - Habib Hidayat
Video Marketing

Hal ini karena video telah mendominasi kehidupan sosial kita. Mengapa hal tersebut menjadi sangat penting? Karena apabila Anda tidak membuat video, maka kemungkinan besar Anda akan tertinggal. Akan tetapi,  sebagian besar video yang autentik biasanya adalah video yang memiliki konten sederhana dan mentah, sehingga Anda tak perlu merasa khawatir. Itulah yang sangat penting untuk konsumen atau target Anda.

Oleh karena itu, sebuah strategi marketing bukanlah sekadar bagian dari trik untuk meningkatkan penjualan Anda. Dalam upaya untuk menjangkau customer yang potensial serta untuk memasarkan brand atau produk Anda, maka video pemasaran atau video marketing produk saat ini telah memainkan peran yang sangat penting.

Apakah Anda menyadari bahwa mengunggah konten video pada berbagai platform media sosial mereka telah menjadi trik yang sering dilakukan oleh brand-brand ternama? Bahkan para eksekutif maupun pakar dari berbagai media sosial mengatakan bahwa video pemasaran telah menjadi strategi yang populer serta lebih menjanjikan.

Ditambah lagi, Google mengatakan bahwa menciptakan konten video adalah cara yang cerdas bagi tiap perusahaan untuk melakukan strategi pemasaran di era digital saat ini. Pada mesin pencari seperti halnya Google, konten dalam bentuk video cenderung di klik oleh orang-orang bahkan kerap menjadi peringkat tertinggi dari hasil pencarian.

Telah diprediksi juga bahwa kebiasaan menonton video ini bisa menggeser televisi sebagai salah satu sarana untuk mengiklankan brand maupun produk di Indonesia. Alasannya karena waktu yang dihabiskan saat menonton televisi hampir setara dengan waktu yang dihabiskan pada saat menonton konten video.

Akamai Technologies dan Kadence International menemukan bahwa  rata-rata masyarakat di Indonesia menghabiskan waktu untuk menonton televisi sebanyak 7,8 jam, sedangkan rata-rata waktu yang dihabiskan untuk menonton video online oleh masyarakat Indonesia sekitar 7,7 jam dalam seminggu.

Hal ini menyebabkan dana yang diinvestasikan oleh para pemilik bisnis untuk sebuah iklan video online atau strategi pemasaran melalui video lebih banyak dibandingkan dengan kebutuhan marketing lainnya. Apa yang membuat metode pemasaran dengan menggunakan video lebih disukai dibandingkan dengan strategi pemasaran lainnya? Berikut akan diuraikan penjelasannya.

Macam dan Jenis Video Marketing

Macam dan Jenis Video Marketing
Macam dan Jenis Video Marketing

Metode pemasaran dengan menggunakan video di berbagai platform online merupakan metode marketing terbaru dalam marketing online. Metode ini bahkan telah menjadi metode pemasaran terbaik dalam memasarkan brand maupun bisnis Anda di era digital saat ini.

baca juga :  Pahami Fungsi Penting dan Manfaat Customer Relationship untuk Kemajuan Bisnis Anda

Karena hasil dari sebuah pemasaran video telah mempunyai konsep dan hasil yang menarik. Sebab strategi video ini telah menampilkan audio maupun gambar yang secara bersamaan mudah untuk diserap dan dipahami oleh audiens sekaligus menarik customer baru.

Metode marketing yang memanfaatkan video ini dapat Anda temukan di berbagai jenis platform video online serta media sosial seperti halnya Instagram, Youtube, maupun Facebook. Agar dapat lebih memahami tentang metode pemasaran ini, berikut akan diuraikan jenis-jenis video marketing.

Video Demo

Strategi marketing berbentuk video demo ini menampilkan bagaimana sebuah jasa atau produk akan bekerja. Anda bisa menampilkan unboxing sebuah produk serta mencoba produk tersebut. Tidak hanya itu, melalui video demo Anda pun bisa menekankan nilai lebih dari brand maupun produk Anda dibandingkan dengan kompetitor bisnis Anda.

Video Branding

Jenis video marketing yang satu ini dapat digunakan untuk membantu audiens agar lebih mudah memahami alasan mengapa produk ataupun jasa Anda dibutuhkan.

Melakukan video branding pun sangat penting dalam memasarkan atau melakukan kampanye iklan terhadap bisnis Anda. Tak jarang beberapa brand ternama memasukkan pesan dalam video branding tersebut dan menunjukkan bagaimana produk mereka dapat mengatasi kesulitan ataupun memberikan solusi kepada Anda. Baca juga tentang
6 Hal Penting Langkah Dalam Membangun Brand Bisnis.

Tujuan dilakukannya strategi marketing menggunakan video branding ini ialah untuk membangun brand awareness dari perusahaan Anda.  Selain itu, video branding dalam memuat beberapa hal seperti visi, misi, maupun solusi yang ditawarkan oleh produk Anda kepada masyarakat dan konsumen.

Video Event

Selanjutnya ada strategi video marketing yang disebut video event. Strategi ini biasanya menampilkan sebuah rekaman yang berisi kegiatan seminar, aksi sosial, konferensi, peluncuran produk, diskusi produk, maupun berbagai jenis kegiatan serta acara lainnya yang diselenggarakan oleh perusahaan Anda.

Sehingga sangat penting untuk merekam berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh perusahaan Anda, agar nantinya bisa digunakan membuat video dalam proses marketing campaign sebuah brand maupun produk.

Video Tutorial

Strategi Video Marketing Untuk Pemasaran Produk Anda - Habib Hidayat
Video Tutorial

Video edukasi atau video tutorial dapat digunakan untuk mengajarkan audiens ataupun customer Anda mengenai hal-hal baru yang bisa membangun pengetahuan dasar yang mereka butuhkan dalam memahami bisnis serta solusi yang diberikan oleh produk ataupun brand Anda.

Biasanya sebuah tutorial maupun petunjuk dalam bentuk teks saja tidak cukup untuk menjelaskan kepada konsumen mengenai langkah-langkah yang tepat dan kompleks tentang produk Anda. Sehingga dibutuhkan sebuah petunjuk atau tutorial dalam bentuk video agar dapat membantu pelanggan dalam memahami setiap langkah-langkah tutorial untuk produk Anda.

Video Interview Pakar Atau Studi Kasus

Menampilkan seorang pakar yang memberikan opini atau pendapatnya tentang bagaimana produk Anda dapat membantu mereka mencapai tujuan terhadap sebuah kebutuhan serta menyelesaikan berbagai jenis masalah yang mereka hadapi dapat memberikan poin lebih pada video marketing Anda.

Selain itu, metode ini juga dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap brand maupun produk Anda. untuk melakukan metode ini, Anda dapat memulainya dengan mewawancarai seorang influencer yang cocok dengan industri brand Anda ataupun pelanggan yang telah setia menggunakan brand Anda agar dimasukkan ke dalam video interview.

Video Webinar

Video webinar pun bisa menjadi salah satu metode pemasaran yang baik terhadap produk Anda. Video webinar sendiri merupakan sebuah seminar online yang mana setiap peserta seminar dapat mengikuti seminar tanpa harus keluar dari rumah. Setiap peserta pun hanya perlu mendaftar melalui form yang disediakan secara online oleh penyelenggara webinar kemudian peserta tersebut dapat diundang untuk menyaksikan seminar secara online.

Video Live

Video live merupakan video yang menampilkan sebuah event yang diselenggarakan secara langsung, Hal ini berbeda dengan video event yang akan ditampilkan pada saat acara selesai serta telah melalui proses editing. Untuk melakukan metode marketing yang satu ini, Anda bisa memanfaatkan fitur live video dari berbagai platform media sosial seperti Youtube, Instagram, Twitter, maupun Facebook.

baca juga :  Tips Menentukan Tujuan Digital Marketing untuk Bisnis

Video Animasi

Sesuai dengan namanya, video animasi merupakan strategi video marketing yang menampilkan sebuah animasi yang akan menjelaskan mengenai hal-hal abstrak pada bisnis Anda.

Video Pendek

Format video pendek akhir-akhir ini banyak digunakan oleh perusahaan. Hal ini tidak terlepas dari hitsnya konten tiktok, video story, dan yang terbaru adalah reels di instagram. Bentuk promosi ini dirasa cukup efektif karena terbilang pendek namun bisa memberikan dampak yang ampuh untuk branding.

Entah dalam eksekusinya sebuah bisnis menggandeng seorang influencer atau bahkan mereka membuatnya secara sendiri. Dalam membuat video pendek ini isi video sangat diutamakan selain itu kreatifitas dan memahami trend juga menjadi faktor setelahnya.

Durasi videonya sendiri berkisar antara 15-60 detik saja. Dan biasanya isi kontennya adalah hal-hal ringan dan bersifat menghibur namun tetap terdapat nilai yang ditonjolkan di dalamnya.

Tutorial Cara Membuat Video Marketing yang Baik

Tutorial Cara Membuat Video Marketing yang Baik
Tutorial Cara Membuat Video Marketing yang Baik

Agar Anda bisa melakukan marketing campaign ataupun pemasaran terhadap produk dan brand Anda, berikut akan dijelaskan mengenai langkah-langkah dalam membuat sebuah video marketing yang baik.

Membuat Skrip Video

Seperti halnya pada saat membuat jenis video lainnya, untuk melakukan strategi marketing yang memanfaatkan video pun membutuhkan sebuah skrip. Skrip ini akan sangat membantu dalam proses editing video nantinya.

Selain itu, skrips video dapat membantu Anda menentukan gambar ataupun animasi yang sesuai dengan tema produk Anda sehingga bisa dijadikan sebuah cerita. Dalam pembuatan skrip, Anda bisa memulainya dengan membuat outline. Kemudian buatlah poin-poin penting tentang hal-hal yang ingin ditampilkan dalam video marketing tersebut.

Selanjutnya Anda dapat membuat tabel yang terdiri dari dua kolom untuk meletakkan audio, voice over, ataupun gambar. Audio ataupun voice over diletakkan pada kolom sebelah kiri, sedangkan pada kolom sebelah kanan diletakkan gambar atau animasi yang ingin ditampilkan pada video. Selain itu, gunakan bahasa yang interaktif, jelas, dan mudah dipahami dan hindari menggunakan bahasa teknis yang rumit.

Gunakan Kamera Yang Sesuai

Untuk membuat video marketing, Anda dapat menggunakan kamera profesional seperti kamera DSLR. Akan tetapi, yang terpenting dalam memilih kamera ialah bahwa Anda sudah paham bagaimana cara menggunakannya. Agar video yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik pula. Namun, Anda tetap bisa menghasilkan video yang berkualitas walaupun hanya berbekal kamera smartphone, yang penting Anda memahami cara menggunakannya.

Menyiapkan Model Atau Talent

Meskipun Anda telah memiliki seorang talent yang berpengalaman, namun bukan berarti mereka tidak perlu lagi persiapan sebelum membuat video. Jauh hari sebelum proses pembuatan video dilakukan, Anda sudah harus mempersiapkan talent agar nantinya ia bisa memahami skrip video yang telah dibuat serta dapat menyampaikan maksud dari skrip tersebut dengan baik.

Shoot For The Edit

Biasanya seorang kameramen maupun editor video adalah orang yang berbeda. Sehingga biasanya timbul perbedaan pendapat terkait footage yang telah diambil antara seorang kameramen maupun editor video. Sehingga menggunakan metode shoot for the edit, dapat menjadi solusi untuk menjembatani perbedaan pendapat tersebut.

Metode ini merupakan metode pengambilan gambar atau footage sambil membayangkan bagaimana gambar ini akan diedit serta hasil akhirnya akan seperti apa. Sehingga ketika kameramen telah mengambil footage yang cukup maka editor oun dapat dengan mudah mengeditnya.

Menyusun Footage

Menyusun dan merapikan footage merupakan langkah penting pada proses pembuatan video marketing. Sebab footage merupakan modal atau bahan untuk menghasilkan sebuah video yang mengesankan. Sebelum Anda merapikan footage, Anda bisa menyiapkan hardisk eksternal terlebih dahulu.

baca juga :  Strategi Digital Marketing untuk Meningkatkan Penjualan

Hal ini karena banyaknya footage yang diambil dapat membuat memori penyimpanan pada komputer Anda menjadi penuh. Selain itu, proses mengirim data yang berukuran besar kepada editor video dapat dilakukan dengan mudah jika menggunakan hardisk eksternal.

Selanjutnya, Anda dapat memisahkan video yang nantinya digunakan dari footage. Anda dapat memisahkan video yang berisi footage ke dalam folder yang berbeda supaya Anda tidak bingung ketika memilih footage yang bisa dihapus dan footage yang berguna.

Mengedit Video

Ketika Anda telah sampai pada tahap ini, tentunya Anda telah menyiapkan footage yang akan diedit serta mencari software editor video yang ingin digunakan. Ada berbagai jenis editor video yang tersedia dan bisa Anda gunakan, namun beberapa software populer untuk melakukan editing video ialah iMovie, VSDC Free Video Editor, Lightworks, Openshot, Shortcut, dan Blender.

Bila Anda mempunyai dana lebih untuk membeli video editing premium, salah satu video editing premium terbaik yang bisa Anda gunakan ialah Adobe Premiere Pro yang telah terbukti memiliki kualitas terbaik dan menjadi standar video editing bagi para editor. Anda bisa mendapatkan lisensi Adobe Premiere Pro dengan membayar sebesar Rp 138.000 tiap bulannya.

Memilih Musik Latar

Musik latar atau background music pun sangat penting untuk membuat video marketing lebih hidup dengan tone dan mood yang mendukung. Penonton bisa lebih fokus pada saat menonton video Anda bahkan terbawa emosi jika menggunakan musik latar yang tepat.

Agar pesan yang hendak Anda sampaikan kepada audiens ataupun target konsumen Anda dapat tersampaikan dengan tepat, maka memilih jenis music yang sesuai pun sangat penting. Namun, penting untuk berhati-hati dalam memilih music agar tidak terkena copyright.

Agar lebih aman, Anda bisa memilih jenis musik Bensound dan mencari music bebas copyright lainnya. Akan tetapi, perlu diingat bahwa musik yang bebas copyright sangat terbatas. Jadi jika Anda ingin menggunakan musik seseorang, Anda bisa meminta izin kepada pemiliknya dan membayar royalti kepada pemilik musik tersebut.

Merekam Voice Over

Voice over merupakan audio narasi yang tidak diucapkan secara langsung oleh talent di depan kamera. Sebenarnya tidak semua video harus memiliki voice over, namun Anda bisa menentukan sendiri apakah ingin menggunakan voice over tersebut atau tidak.

Bila menurut Anda narasi yang disampaikan oleh talent telah dirasa cukup, maka Anda tidak perlu lagi menambahkan voice over. Akan tetapi, jika menurut Anda narasi yang disampaikan talent belum cukup, Anda bisa merekam voice over di tempat yang sunyi agar suaranya terdengar jelas dan menambahkannya kemudian ke dalam video marketing.

Ataukah Anda bisa membuat pilihan lain dengan hanya merekam voice over untuk menyampaikan narasi di dalam video tanpa harus menggunakan seorang talent. Namun, pastikan bahwa voice over yang muncul di layar sesuai dengan gambar yang ditampilkan.

Merilis Video Marketing

Setelah semua langkah-langkah tadi selesai dilakukan dan telah menciptakan video yang siap untuk dipromosikan, maka Anda bisa langsung merilis video tersebut ke berbagai platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Youtube, Twitter, ataupun Tiktok.

Anda bisa menggunakan platform mana saja, yang penting platform tersebut memiliki target audiens ataupun konsumen yang lebih banyak dibandingkan dengan platform lainnya. Sehingga penting untuk melakukan riset terlebih dahulu mengenai platform mana yang target konsumennya cocok dengan produk Anda. Sebab ketika video telah dirilis di platform yang tepat, maka ada kemungkinan Anda akan mendapatkan jumlah konsumen yang banyak. Ketahui juga terkait Media sosial yang tepat untuk bisnis.

Itulah tadi beberapa informasi mengenai video marketing mulai dari pengertian, jenis, serta cara membuatnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

bagikan artikel ini jika bermanfaat:

Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

Kembangkan Bisnis di Era Digital

layanan digital yang fleksibel sesuai kebutuhan anda

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Habib Hidayat

Habib Hidayat

Praktisi digital marketing serta penulis, tidak ada yang benar-benar ahli yang ada adalah kemauan untuk terus belajar seiring perkembangan jaman

Featured Post

Tertarik untuk kerjasama?

content placement, backlink, penulisan artikel, pembuatan website, digital marketing, dll.