Strategi Meningkatkan Penjualan Secara Online dan Offline

Meningkatkan penjualan sering dijadikan salah satu tujuan dalam bisnis. Selain untuk tetap bertahan dalam bisnis juga bisa untuk scale up bisnis. Nah, mungkin masih ada yang merasa kurang efektif strategi dalam meningkatkan penjualan ini.

0
59
Strategi Meningkatkan Penjualan
Strategi Meningkatkan Penjualan

Strategi Meningkatkan Penjualan Secara Online dan Offline. Penjualan suatu barang pada era modern seperti sekarang ini sudah semakin maju dan berkembang pesat. Mulai dari penjualan secara offline atau bahkan door to door hingga sekarang sudah berkembang ke penjualan lewat berbagai media online seperti social media, website, marketplace, dan lain sebagainya. Penjualan pun tidak hanya bisa dilakukan by wa atau chat saja, melainkan bisa juga melalui tatap muka secara online via life, video call atau bahkan webinar.

Sekalipun penjualan sekarang ini sudah marak dilakukan secara online, jika Anda ingin bisnis Anda dikenal luas dan menjadi besar maka Anda harus mengkombinasikan kedua cara untuk memperoleh hasil yang maksimal. Anda bisa menerapkan strategi meningkatkan penjualan baik secara online maupun offline sekaligus untuk membesarkan bisnis Anda. Kedua cara ini akan sama- sama efektif dan mampu menjaring pelanggan dengan tepat asalkan Anda benar- benar hati- hati dan serius menerapkannya.

Strategi meningkatkan penjualan secara online

Strategi pertama yang sekarang ini lebih memungkinkan dan lebih mudah diberdayakan adalah strategi penjualan online. Strategi penjualan online bisa Anda terapkan dengan berbagai cara dan berbagai macam alat. Anda bisa memakai cara lambat, singkat, maupun cara cepat untuk mendapatkan pelanggan potensial. Semuanya bisa dilakukan dengan baik dan benar, tergantung seberapa besar keinginan Anda untuk meningkatkan penjualan.

Dengan cara lambat, Anda bisa melakukannya sendirian dan pelan- pelan saja asalkan konsisten. Cara lambat biasanya akan menghasilkan pelanggan potensial yang sedikit namun loyal, karena biasanya kita akan berkomunikasi langsung dengan calon pembeli one by one. Jika Anda ingin cara yang lebih cepat dan instan, Anda bisa menggunakan alat atau media yang berbayar sehingga alat dan media itulah yang bekerja untuk Anda dan membantu Anda mendapatkan pembeli.

Dibawah ini adalah strategi meningkatkan penjualan secara online yang bisa Anda coba terapkan satu persatu:

SEO (Search Engine Optimation)

Search Engine Optimization
Search Engine Optimization

Strategi meningkatkan penjualan secara online pertama adalah dengan SEO atau Search Engine Optimation. Peran SEO dalam penjualan atau pemasaran suatu produk sangatlah penting sekali. Dengan menggunakan konten yang sudah dioptimasi melalui teknis SEO sedemikian rupa, produk yang ingin Anda pasarkan akan dengan mudah dijangkau oleh calon pelanggan potensial Anda. Dengan SEO juga target marketing yang dituju bisa lebih sesuai dan relevan sehingga kemungkinan closing akan lebih besar. Pahami lebih lanjut tentang Meningkatkan penjualan dengan SEO.

Social Media Marketing

Social Media Marketing
Social Media Marketing

Peran social media juga tak kalah penting. Bahkan, ada suatu usaha yang hanya mengandalkan satu media social saja sudah berkembang sangat pesat dan bisa menjadi besar. Meskipun begitu, setidaknya Anda bisa menggunakan lebih dari satu social media untuk mengembangkan dan meningkatkan penjualan Anda agar produk Anda semakin dikenal luas oleh masyarakat. Pahami lebih lanjut tentang social media marketing disini

Facebook

Social media pertama yang sudah digunakan sejak lama adalah facebook. Lewat akun facebook Anda bisa menjual produk Anda dengan berbagai cara. Bisa dengan membuat status, cerita, facebook funpage, atau bahkan via marketplace facebook yang kini sudah tersedia. Anda bisa menawarkan atau melanjutkan tawar menawar produk Anda bahkan melalui private massage atau japri. Atau Anda bisa bergabung dalam suatu komunitas jual beli atau komunitas yang berhubungan dengan produk Anda dan menawarkan produk Anda disana. Strategi meningkatkan penjualan melalui forum jual beli facebook ini biasanya cukup efektif dan mengena. Baca juga tentang cara mendapat uang di facebook.

Instagram

Platform media social satu ini juga tidak diragukan lagi keampuhannya. Anda dapat dengan mudah menjual produk Anda via Instagram hanya dengan mengunggah gambar atau foto produk saja. Atau Anda juga bisa membagikan cerita atau membuat konten igtv. Cara lain, Anda bisa memanfaatkan akun- akun komunitas di IG yang berhubungan dengan produk Anda yang memiliki banyak follower dan mencari calon pembeli disana. Atau Anda juga bisa membayar influencer atau selebgram untuk bekerjasama dengan Anda dan memakai produk Anda. Baca juga artikel tentang Strategi influencer marketing dan Cara berjualan di Instagram.

Twitter

Akun media yang satu ini mungkin hanya untuk kalangan menengah ke atas saja. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan calon pelanggan akan Anda dapatkan disini. Jika produk Anda sesuai dengan platform satu ini, Anda bisa memasarkannya dan mendapatkan keuntungan dari platform Twitter.

Content Marketing

Setelah mengoptimalkan social media marketing, penting juga untuk mengoptimalkan content marketing. Strategi meningkatkan penjualan satu ini juga cukup efektif dan relevan karena pembeli atau calon pelanggan juga membutuhkan review atau wawasan tentang produk yang akan mereka beli. Content marketing ini dapat berupa artikel, teks, gambar, video atau bahkan hasil riset yang dapat meyakinkan pembeli bahwa produk yang Anda jual mereka butuhkan dan sesuai.

PPC (Pay Per Click) Advertising

Cara selanjutnya yang juga terbilang cepat dan tanpa membuat Anda bersusah payah adalah dengan PPC atau Pay Per Click. Anda harus membayar tiap iklan yang Anda pasang yang diklik oleh calon pembeli. Entah pembeli kemudian akan membeli produk Anda atau tidak Anda tetap harus membayar iklan tersebut. Jadi pastikan iklan yang Anda buat mengena dan menjadikan calon pelanggan Anda membeli produk yang Anda jual. Platform PPC paling populer yang bisa Anda gunakan yaitu Google Adword, Facebook Ads dan juga Instagram Ads.

Affiliate Marketing

Strategi meningkatkan penjualan terakhir yang bisa Anda coba secara online yaitu dengan cara affiliate marketing. Affiliate marketing adalah menggunakan jasa blogger atau orang lain untuk membagikan link unik yang sudah Anda buat untuk masing- masing affiliater dimana link tersebut jika nanti diklik oleh calon pembeli dan pembeli membeli produk Anda, maka affiliater tersebut juga akan mendapatkan keuntungan sesuai dengan ketentuan yang Anda buat. Baca juga tentang Affiliate marketing disini.

Nah, itu tadi strategi yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan penjualan produk Anda secara online atau dengan bantuan digital marketing. Anda bisa mencoba salah satu atau beberapa cara bagi usaha Anda. Mungkin tidak semua cara di atas akan bekerja secara optimal untuk produk yang Anda jual. Tapi minimal, dengan salah satu cara di atas produk Anda akan dikenal oleh masyarakat dan berkembang dengan pesat.

Strategi meningkatkan penjualan secara offline

Strategi selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan produk Anda yaitu secara offline. Mungkin untuk sekarang disaat pandemi Corona masyarakat di tuntut untuk menghindari kerumunan. Namun, bukan tidak mungkin produk Anda akan tetap eksis dan berkembang dengan bantuan media offline. Salah satu caranya mungkin dengan memberikan fasilitas pesan antar atau jika itu makanan pembeli bisa langsung membawa pulang makanan tersebut dan bisa Anda kemas dengan cantik.

Strategi meningkatkan penjualan secara offline juga bisa Anda lakukan tanpa harus melakukan tatap muka dengan calon pembeli. Namun kebanyakan cara offline memang lebih mudah dilakukan dengan bertatap muka atau berkomunikasi dengan calon pelanggan secara langsung. Dibawah ini adalah strategi penjualan secara offline yang bisa Anda coba terapkan:

Membagikan Kartu Nama

Ini adalah cara termudah dan termurah yang bisa Anda coba lakukan. Anda dapat membagikan kartu nama Anda kepada tetangga, teman dan relasi bisnis, atau bisa juga meletakkan kartu nama Anda ke tempat-tempat yang strategis. Anda juga bisa menyebar kartu nama Anda lewat sebuah acara. Tentu saja membagikan kartu nama akan efisien saat pandemi Corona telah berakhir nanti. Untuk saat ini membagikan kartu nama mungkin sebatas perorangan ditempat yang tidak terlalu ramai saja atau bisa juga membagikan kartu nama one by one.

Memberikan Hadiah atau Sumbangan

Strategi meningkatkan penjualan kedua secara offline yaitu dengan memberikan hadiah atau sumbangan. Memberikan hadiah atau sumbangan dengan menjadi sponsor dalam sebuah acara amal atau acara sekolah juga merupakan salah satu cara yang bagus. setidaknya, pihak yang menerima hadiah Anda nantinya akan menggunakan produk Anda dan mereka pasti akan menerima dengan senang hati.

Memasarkan Produk dalam Sebuah Acara

Cari acara yang terkait dengan produk Anda dan bersiaplah untuk pelatihan yang akan diadakan. Hal ini akan meninggalkan kesan abadi dengan kolega di industri Anda dan membuat representasi visual yang menarik dari bisnis Anda. Namun lagi- lagi, cara ini bisa Anda lakukan saat pandemi Corona sudah berakhir nanti. Karena sekarang, acara- acara besar tidak boleh di selenggarakan dan harus di tunda dulu. Tentunya kita ingin mendapatkan hasil yang terbaik dan juga tidak melanggar aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Berkomunikasi dengan Media Lokal

Strategi meningkatkan penjualan secara offline yang juga tak kalah penting yaitu berkomunikasi dengan media lokal. Meskipun media online saat ini sedang menguasai, media cetak ternyata juga masih efektif. Anda dapat memberikan siaran pers untuk majalah atau surat kabar yang sesuai untuk audiens produk Anda. Media lokal juga masih efisien mengingat masih banyak orang yang suka membaca majalah atau koran dari pada meliha siaran pers atau membaca di situs internet.

Mengirim Surat

Meskipun sebagian besar orang sudah menggunakan email, ternyata korespondensi dengan kertas atau layanan pos juga masih merupakan metode pemasaran yang dapat diterima. Anda dapat mengirim kupon atau pembaruan produk baru, sampel produk, buletin, atau apa pun yang menurut Anda paling baik dalam mempromosikan bisnis Anda. Cara ini juga masih disukai mengingat kupon atau sampel produk yang di berikan gratis akan sangat dinanti oleh banyak orang.

Membuat Panggilan Telepon

Strategi meningkatkan penjualan keenam secara offline yaitu dengan membuat panggilan telepon. Mengumpulkan daftar pelanggan potensial dan juga calon customer yang pernah menghubungi Anda dan menelepon mereka merupakan salah satu strategi pilihan. Tetapi sebaiknya Anda juga harus menyesuaikan percakapan dengan setiap pelanggan sesuai dengan kebutuhan mereka dan sesuai dengan waktu senggang mereka.

Anda juga tidak perlu bertatap muka dengan calon pelanggan saat melakukan panggilan telepon. Namun, pastikan Anda tidak mengganggu waktu mereka dan dapat memilih waktu yang tepat untuk berkomunikasi agar tujuan Anda berhasil dan mereka nyaman dengan telepon Anda. Jika calon pelanggan merasa keberatan menerima telepon Anda atau bahkan mau keluar bepergian sebaiknya Anda menghubungi mereka kembali lain waktu.

Berpartisipasi dalam Sebuah Pameran

Pameran dagang atau pameran produk menempatkan produk Anda di bawah atap yang sama dengan pesaing. Dengan begitu, Anda dapat mempelajari pola bisnis yang mereka jalankan dan bisa berusaha untuk mengungguli cara- cara mereka. Saat inilah Anda menguji kemampuan perusahaan Anda untuk bersaing secara sehat dengan perusahaan lain. Anda harus pintar- pintar membuat rangkaian acara selama pameran berlangsung mengenai produk yang Anda pasarkan.

Mengubah Kemasan

Strategi meningkatkan penjualan satu ini juga cukup efektif dan mengena. Pasalnya mengubah kemasan yang lebih baru dan kekinian disinyalir dapat membuat mindset masyarakat menjadi lebih fresh akan produk yang kita buat. Mereka mungkin akan mengingat kemasan produk yang baru saja dan akan melupakan kemasan lama. Sudah saatnya Anda meninggalkan kemasan jadul dan memperbaharui kemasan produk Anda menjadi lebih kekinian.

Dengan kemasan baru, produk Anda akan terlihat lebih fresh dan menyegarkan. Tentu saja, Anda harus meluangkan waktu untuk memikirkan desain kemasan baru dengan staff bagian desain dan memastikan desain tersebut akan disukai oleh para pelanggan dan calon customer Anda. membuat desain baru juga tidak bisa asal- asalan. Anda harus memikirkan cara agar produk Anda dapat tervisualisasikan dengan baik lewat kemasan produk Anda yang baru.

Merayakan Keberhasilan

Strategi selanjutnya yaitu merayakan keberhasilan. Cobalah untuk mengadakan pesta, pertemuan bisnis, atau semacam perayaan untuk berbagi kesuksesan yang telah Anda capai. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan calon mitra besar atau bisa juga meluncurkan produk baru didepan banyak undangan. Merayakan keberhasilan seperti ini tentu menunggu saat yang tepat ketika pandemi Corona sudah berakhir. Untuk saat ini, merayakan keberhasilan dengan mempertemukan banyak orang masih belum memungkinkan.

Menjadi Sponsor dari Sebuah Komunitas

Jika budget Anda memungkinkan, menjadi sponsor bisa menjadi salah satu cara yang fenomenal untuk meluaskan jaringan bisnis Anda. Anda dapat bekerja sama dengan organisasi nirlaba untuk menjadi tuan rumah dalam acara pengumpulan dana. Dalam acara tersebut Anda dapat memberikan sampel produk secara cuma- cuma atau bisa juga memberikan potongan diskon yang besar.

Untuk acara komunitas juga sekarang ini masih sangat terbatas dan dilarang untuk diadakan secara beramai- ramai. Mungkin hanya komunitas kecil saja yang bisa berjalan yang sekiranya tidak menimbulkan keramaian dan juga jarak yang bisa di atur. Anda harus menunggu pandemi Corona berakhir untuk mensponsori acara komunitas yang besar agar manfaatnya juga besar dan berimbas kepada penjualan yang meningkat pula.

Nah, apakah Anda sudah menentukan akan menerapkan strategi yang mana dulu untuk meningkatkan penjualan produk Anda? Jika sebagian cara di atas tidak sesuai dengan produk yang Anda pasarkan atau mungkin Anda kesulitan menerapkannya, pastikan Anda menggunakan salah satu cara yang Anda anggap akan efektif dan berkesinambungan serta konsisten. Bagaimanapun, semua tergantung cara Anda bekerja dan membentuk serta mengatur team.

Demikian informasi tentang strategi meningkatkan penjualan baik secara online maupun offline. Bagi Anda pelaku bisnis atau pedagang besar maupun kecil, strategi ini sangat penting sekali agar usaha Anda semakin maju dan berkembang. Pastikan Anda tidak mengabaikan strategi- strategi yang mungkin kelihatan sepele, agar penjualan Anda juga semakin optimal dan meningkat. Selamat menjalankan strategi ini ya, semoga berhasil!

Tinggalkan Komentar