Strategi Email Marketing dan Penggunaannya untuk Startup

0
46
Strategi Email Marketing dan Penggunaannya untuk Startup
Strategi Email Marketing dan Penggunaannya untuk Startup

Strategi Email Marketing dan Penggunaannya dalam Startup  – Marketing kini bukan istilah yang aneh lagi di kalangan masyarakat dan juga pebisnis. Strategi dalam email marketing merupakan slah satu cara yang bisa Anda lakukan dimana dan kapanpun sehingga keinginan Anda untuk menguasainya secara bertahap. Dalam zaman yang melek teknologi ini dapat mempermudah untuk belajar email marketing berbagai bentuk dan metode  pembelajaran.

Mulai dari buku atau ebook, sosial media, grup online dan lainnya yang akan membantu Anda memahaminya. Setelah memahaminya, apakah Anda tahu strategi yang cocok digunakan saat ini? Banyak hal yang mengakibatkan Anda menempuh ilmu yang bermanfaat lalu mengkhatamkannya.

Strategi email marketing dalam startup ini mempunyai peranan penting dalam kehidupan Anda. Jika ini tidak bisa update mengenai satu hal ini maka Anda akan terlambat menerima semua informasi. Dalam zaman teknologi dengan banyaknya sosial media bahwa tidak bisa Anda pungkiri mengenai strategi marketing ini.

Salah satunya mendaftarkan email yang aktif agar mengakses semua sosial media yang Anda inginkan. Meskipun beberapa mendaftarkan email tanpa menggunakan nomor hp sebagai verifikasi, tetap saja ini tidak bisa diabaikan begitu saja.

Tidak sedikit pun mengenai bagian startup di Indonesia memberikan pilihan yang sama saat mendaftarkan alamat email untuk menggunakan layanan Anda. Mau tidak mau email marketing  sangat penting. Inilah strategi marketing untuk semua startup di Indonesia.

Kalau bagian menarik yaitu faktanya yang mengejutkan. Email termasuk salah satu saluran paling tua di dunia loh! Email pertama kali diluncurkan pada tahun 1971 sampai sekarang masih ada keberadaannya. Makanya Anda tidak akan heran bahwa email ini ada istilahnya email marketing.

Layanan-layanan email marketing yang membantu Anda meliputi dari mail transctional, neswletter, autoresponder, welcome email series, email promotion, email automation, email marketing integration dan lain-lain. Strategi ini tidak ada rugi bagi Anda dalam mmembuat kegaiatan invetasi untuk mendapatkan pertumbuhan yang Anda inginkan bagian email marketing.

Selain itu, biaya dalam penggunaan mail marketing dalam startup sangat tidak besra daripada facebook dan iklan berbayar lainnya. Lalu tidak ada pembatasan jumlah email yang Anda kirimkan nantinya bahkan bisa menggunakan email dalam marketing lokal dengan kualitas layanan marketing internasional. Sangat membantu kebutuhan startup Anda.

Strategi Email Marketing untuk Usaha Kecil Menengah

Strategi Email Marketing
Strategi Email Marketing

Berikut ini sebelas strategi email marketing dalam peningkatan open rates tahun 2020:

Subjek Lines.

Subjek lines sangat penting dalam strategi email marketing untuk Anda dalam meningkatkan open rate bahkan menjatuhkannya. Anda harus memperhatikannya dengan seksama dan menggunakan subjek line dalam personalisasi sampai sejelas mungkin agar tertarik membuka email yang Anda kirimkan.

Ciri-ciri subjek lines yang menarik adalah kalimat yang menarik, kuat dan sangat menginspirasi dalam deretan email di inbox calon pelanggan.

Selalu Menghindari Istilah yang Berkaitan dengan Spam.

Pasti Anda selalu memikirkan pembaca yang ingin mendapatkan keuntungan dari email remindar yang Anda kirimkan selalu menghindari kata-kata spam yang mengganggu.

Ketika Anda menggunakan istilah di bagian subjek line, kebanyakan beberapa pelanggan tidak akan melihat pesan dikarenakan suka melihat di folder spam dan meletakkannya. Menurutnya itu tidak penting.

Bahka pesan dari Anda sampai ke mereka dan terdapat kata-kata spam maka mereka tidak ingin mengetahui lebih lanjut di bagian inti email yang Anda kirimkan alias tidak peduli.

Tapi tidak ada salahnya jika Anda mempromosikan campaign dalam urgensi daari sense. Apalagi kata sale atau waktu pendaftaran setiap event yang akan ditutup akan menarik para calon pelanggan terutama kaum wanita.

Dibuat Ringkas.

strategi email marketing harus ringkas. Apalagi email yang bagus mempunyai subjek line yang pendek. Ada 3 kata memiliki rate sekitar 21,2 persen walaupun 1,6 persen memiliki kategori tersebut. Anda tidak membuat subjek line yang memusingkan dan dibuat dengan baik.

Selalu Memperhatikan Ejaan dan Tata Bahasa Anda

Selalu menggunakan ejaan dan tata bahasa yang baik dan benar serta tidak menggunakan kalimat yang berkaitan berjualan atau dalam keadaan mendesak. Bagian subjek email terdapat huruf kapital, mengajuka pertanyaan kepada pengguna, mengetes berbagai macam subjek line dan membuat email bersifat santai.

Tambahkan Personalisasi dalam Strategi Email Marketing

Tambahkan personalisasi dalam menghadapi strategi dari email markering agar pelayanan pelanggan menjadi mudah.  Lalu Anda menambahkan selanjutnya pesan email dan custom field untuk menambah open rates yang signifikan.

Membuat List Segmentation

Cara memanfaatkan custom filed dalam list segmentation di strategi email marketing menjadi lebih efektif dimulai dari usia, jenis kelamin atau gender, pekerjaan, adanya sejarah pembelian, lokasi, minat, tanggal pembelian dan industri. List segmentation ini membantu Anda dalam personalisasi sekaligus mendapatkan batasan audience yang ditargetkan.

Adanya Split Testing

Disini ada mempunyai variasi dalam split testing yaitu menggunakan personalisasi pada subjek line, ada waktu pengiriman (pagi sampai sore atau pagi sampai siang), memiliki kalimat pada subjek line dan terdapat nama pengirim.

Mempunyai Mind Mobile Mindset Dengan Terhubungnya Desain Responsif.

strategi email marketing dalam mind mobile mindset, satu ini email Anda memiliki desain responsif untuk optimasi mobile device. Selain itu, Anda memastikan judul email munul pada layar yang bisa diakses mobile dan meninggalkan open rate selama menggunakan kata-kata efektif di bagian subjek line.

Melihat Frekuensi Pengiriman.

Anda tidak perlu terlalu sering dalam menghubungi pelanggan. Sebisanya sebulan sekali, empat bulan sekali atau seminggu sekali. Dalam meningkatkan strateginya mempunyai hubungan dengan audience jarang memberi kabar agar menghindari kegagalan lainnya.

Telusuri Waktu Pengiriman.

Saat marketing sedang berjalan, Anda menelusuri CTR dan data dalam menentukan pola engagement. Waktu ini sangat berharga bagi strategi email marketing saat berhubungan open rates. Ketika open rates sangat rendah yang mengakibatkan Anda ekstar kerja untuk meningkatkannya.

Selalu Memperbarui List dan Segerakan Membuat List yang Baru

Perusahaan tidak akan bertahan saat para karyawan yang meninggalkan alamat email dari perusahaan yang tidak dipakai lagi. Akun email yang sudah diabaikan ini seharusnya membuat email yang baru.

Dalan peningkatan lead sekaligus hasil dalam penjualan maka list email harus bersih sehingga menghasilkan delivery baik. Anda harus meluangkan waktu dalam pengaturan para pelanggan dengan memberikan email yang benar dan memastikannya baik-baik. Misalnya saja ada kesalahan dalam ejaan di bagian “@gamal.com” yang seharusnya “@gmail.com” langsung diperbaiki.

Ada cara dalam memperbarui daftar email terdiri dari cek ketepatan alamat email setiap pelanggan, selalu melakukan perbarui dan mengubah informasi di kontak, menghapus saat alamat email yang sama dan melakukan campaign dalam konfimarsi ulang.

Demikian artikel mengenai strategi email marketing kepada para pembaca, semoga para pembaca mengetahui, memahami dan mempraktekkannya di rumah. Apalagi saat ini masih PSBB Covid 19 yang akan membuat Anda jenuh setiap harinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, tetap ikuti artikel-artikel menarik lainnya tentang digital marketing dari habibhidayat.com.

Tinggalkan Komentar