Strategi Digital Marketing untuk Meningkatkan Penjualan

0
68
Strategi Digital Marketing untuk Meningkatkan Penjualan
Strategi Digital Marketing untuk Meningkatkan Penjualan

Pernahkah kamu membuat strategi digital marketing untuk bisnismu. Mungkin kamu pernah mendengar strategi marketing dengan door-to-door, sebar brosur, dan strategi konvensional lainnya? Saatnya kamu mulai mengurangi strategi tersebut. Sekarang ini, di era digital yang berkembang sangat cepat. Digital marketing dirasa lebih efektif dan efisien. Kamu hanya perlu mengalihkan budget untuk print brosur atau biaya bensin untuk kesana kemari untuk biaya iklan digital. Kamu tidak perlu membuang banyak waktumu untuk mengunjungi calon pelangganmu. Tidak perlu mengeluarkan biaya untuk SPG atau SPB. Dan juga tidak perlu capek-capek untuk menyebar brosur.

Menurut data orang-orang banyak menghabiskan setidaknya 5 jam per hari untuk mengakses internet. Entah itu media sosial, marketplace, atau sekedar untuk browsing di internet. Fakta tersebut bisa menjadi alasan mengapa kamu harus mulai menggunakan strategi digital marketing. Tentunya tidak semua jenis bisnis cocok dengan digital marketing. Namun, apabila target pasarmu salah satunya adalah pengguna internet maka kamu wajib menerapkan ini.

Dari Google sendiri mencatat bahwa ada sekitar lebih dari 2 triliun pencarian per hari di tahun 2019. Hal tersebut berarti sekitar 63 ribu pencarian per detiknya. Oleh karena itu, dari google memiliki potensi lebih bagus untuk menjadi konversi dibanding dengan bentuk iklan yang lainnya. Pahami juga tentang 8 Elemen Dasar dalam Digital Marketing.

Email merupakan salah satu media komunikasi digital terbaik saat ini. Menurut data bahwa 91% konsumen akan memeriksa email mereka setiap hari. Untuk setiap $ 1 yang dihabiskan, pemasaran email menghasilkan $ 38 dalam ROI. 41,9% pengguna membuka akun email mereka menggunakan ponsel mereka, 39,9% menggunakan webmail dan 18,2% menggunakan desktop mereka.

Pepatah mengatakan konten adalah raja. Terbukti bahwa sebuah bisnis yang memiliki website dengan konten yang menarik dan teratur, mempunyai lalu lintas pengunjung blog atau website 4 kali lebih banyak dibandingkan dengan bisnis yang tidak menupdate artikel mereka secara teratur.

Jika memang kamu ingin lebih berkembang tumbuh lebih cepat dan lebih bijak dalam berbisnis maka kamu memerlukan strategi yang efektif untuk bisnismu.

Strategi pemasaran digital mencakup rencana integratif tentang bagaimana bisnismu akan menggunakan media sosial, mesin pencari, email, dan konten untuk mempromosikan bisnis Anda. Terdengar cukup sederhana bukan? Pada kenyataannya tidak semudah itu ferguso, hahaha. Banyak sekali bisnis kecil menengah gagal menerapkan strategi digital marketing mereke. Hal tersebut bisa jadi karena alasan berikut:

1. Tidak memiliki pengetahuan yang cukup
2. Tidak memiliki cukup waktu
3. Tidak memiliki cukup pengalaman

Dalam artikel ini akan dibahas segala sesuatu yang dibutuhkan dalam menerapkan atau membuat strategi digital marketing. Disini akan diuraikan tips dan trik bagaimana cara membuat strategi digital marketing yang benar dan tentunya untuk jangka panjang. Strategi yang sustain untuk strategi yang berkelanjutan.

Mengembangkan Strategi Digital Marketing

Sekarang internet di indonesia sangat mudah diakses oleh siapapun. Kamu bisa mengirim pesan melalui whatsapp, menonton video di youtube, atau hanya sekedar mencari informasi di google. Kamu juga menggunakan media sosial, membuka email, dan juga berbelanja secara online.

Berikut adalah strategi pemasaran digital yang tepat yang akan membantumu meningkatkan penjualan produk atau jasa

1. Bangun Customer Avatar
2. Bangun Awareness dan Visibilitas
3. Dorong Lalu Lintas Situs Web
4. Konversi Lalu Lintas
5. Tingkatkan Tingkat Konversi
6. Tingkatkan Penjualan

Jika kamu ingin meningkatkan penjualan tentunya kamu harus meningkatkan awareness terhadap brand atau produkmu juga. Memberpanyak pengunjung web hingga mereka memutuskan untuk membeli produkmu. Nah disini kita akan belajar tentang itu semua

Strategi Digital Marketing
Strategi Digital Marketing Map

Bagaimana Membangun Strategi Digital Marketing

1. Bangun Customer Avatar

Keahlian untuk mengetahui dan memahami pelanggan adalah salah satu skill yang harus dimiliki oleh tim dan kamu sendiri. Karena pada dasarnya marketing itu dibangun berdasarkan karakteristik pelangganmu. Perlu adanya riset dan observasi seperti apa target audiens atau pasar yang kamu sasar. Customer avatar berisi tentang detail tujuan audiens, minat, Pain Point, demografi, dll.

Strategi Digital Marketing Customer Avatar
Strategi Digital Marketing Customer Avatar

Customer Avatar akan membantu dalam mengembangkan iklan. Iklan yang spesifik dan relevan bagi audiens kamu. Ini akan membatu dalam mendapatkan banyaknya tayangan, klik, hingga konversi. Maka dari itu memahami dan menggali pelanggan adalah salah satu jalan meningkatka penjualan.

Bagaimana cara riset pasar

Ada banyak cara untuk meneliti pelanggan atau riset pasar untuk mengembangkan customer avatar. Berikut ini beberapa cara untuk meriset pasar yang disarankan.

1) Analisis Database

Pahami pelangganmu saat ini. Siapa mereka? Apa yang mereka suka? Berapa umur mereka? Di mana mereka berada? Gali lebih dalam dan identifikasi tren apa yang muncul dari rata-rata pelanggan kamu. Disini kamu akan menemukan bahwasanya pelangganmu paling banyak tinggal dimana, karakternya seperti apa, bahkan metode pembayaran yang paling diminati.

2) Analisis Competitor

Sekarang setelah kamu melihat ke dalam, mari kita lihat ke luar. Apa yang dilakukan competitormu? Apa preferensi konsumen di industri bisnismu?

Saat menganalisis pesaing Anda, tanyakan pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Apa proposisi penjualan unik mereka? Bagaimana mereka memposisikan diri dalam industri kamu?
  • Bagaimana situs web mereka dirancang? Jika Anda yakin mereka berhasil, apakah masuk akal untuk memasukkan beberapa item ke situs web kamu?
  • Seperti apa akun media sosial mereka? Berapa banyak pengikut yang mereka miliki? Apakah mereka mendapatkan interaksi? Apa pesan mereka kepada audiens mereka?
  • Seberapa kuat peran mesin pencari mereka? Apakah mereka membayar untuk iklan Google? Apakah mereka memiliki peringkat 1 dalam keyword tertentu? Gunakan alat seperti SEMRush untuk mencari tahu. Apakah mereka melakukan pemasaran email atau blog? Lihat melalui blog dan formulir opt-in email mereka di situs web mereka.

Jika yang dilakukan buruk maka hangan diadopsi atau digunakan. Jika bisnismu mempunyai role model dalam menjalankannya, cobalah untuk mempelari sebanyak mungkin apa yang dia lakukan. Kamu bisa menyalin strateginya dan memodifikasi sesuai model bisnis yang kamu buat. Gunakan apa yang kamu telah pelajari dari role model-mu sampai bisnismu di level yang sama atau bahkan melampauinya.

Dalam hal preferensi konsumen, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menilai ini:

  • Laporan industri: ada banyak laporan khusus industri yang menguraikan preferensi konsumen untumu. SBA merekomendasikan penggunaan Biro Analisis Ekonomi.
  • Lakukan survei: jika kamutidak dapat menemukan poin data tentang apa yang kamu cari, gunakan Google Survei. Ini adalah cara termudah untuk mendapatkan wawasan yang cepat dan reliable dari konsumen di Internet. Kamu dapat membuat survei dan menargetkannya pada target pasar yang kamu sasar di seluruh web untuk menyelesaikan ini.
3) Gunakan Wawasan Pemirsa Facebook

Wawasan Pemirsa Facebook sangatlah powerfull. Ini memungkinkan kamu untuk memasukkan demografi dan secara otomatis akan menampilkan tren yang terkait dengan demografi tersebut. Ini akan menunjukkan kepada Anda minat utama audiens kamu, usia mereka, perilaku gaya hidup, dan banyak lagi.

Kamu dapat menggunakan Wawasan Pemirsa Facebook bahkan jika kamu tidak memiliki pelanggan. Temukan audiens kamu sesuai naluri yang ada disini pentingnya trial and error, dan biarkan wawasan yang kamu kumpulkan untuk membantumu dalam mengembangkan customer avatar

Setelah mulai menerapkan strategi pemasaran digital di bisnismu, kamu dapat menargetkan berbagai segmen dari customer avatar yang kamu buat. Berdasarkan respons yang didapt kamu dapat menentukan customer avatar yang selanjutnya.

2. Tumbuhkan Kesadaran dan Visibilitas

Pada poin ini, kamutelah melakukan bagian riset dan membangun customer avatar. Dan siap untuk membangun strategi digital marketinh yang kuat yang mengubah lebih banyak pelanggan.

Inilah saatnya untuk mendapatkan peringkat 1 di mesin pencarian, jutaan pengikut, dan daftar email yang sangat banyak. Saat kamu berusaha, mari kita atasi sesuatu yang sangat penting. Mari kita sepakati satu hal “Kamu tidak bisa membangun masa depan jangka panjang dengan pemikiran jangka pendek”. Tidak ada sesuatu yang berharga yang datang dengan cepat.

Kamu akan belajar bagaimana membangun strategi pemasaran digital yang pasti akan melipatgandakan dan meningkatkan penjualan bisnismu. Itu akan sulit, beberapa hal akan bekerja lebih baik daripada yang lain. Kamu akan membuang-buang uang untuk mencoba hal-hal yang berbeda, dan beberapa hal yang kamu coba akan menghasilkan banyak uang.

Dibutuhkan kematangan, kesabaran, dan keyakinan untuk menjadi sukses dengan pemasaran digital. Anda harus memercayai prosesnya. Sekarang setelah siap untuk melejit, mari bangun strategi pemasaran digital bersama-sama.

Strategi Jangka Panjang untuk Menumbuhkan Kesadaran & Visibilitas

Kamu perlu menginvestasikan sebagian uangmu untuk penghasilan yang lebih besar di masa yang akan adatang,

Asetnya adalah peringkat SEO teratas, pengikut media sosial, dan pelanggan email. Jika sudah begini, kamu bisa mengarahkan ribuan hasil “gratis” dan “organik”. Hasil ini terdiri dari ribuan tayangan dan klik ke situs websitemu. Jika kamu menjual sesuatu yang unik dan menark, lalu lintas gratis ini akan berubah menjadi penjualan (konversi).

Penting untuk berpikir jangka panjang. Minimal, Anda berencana untuk 6-12 bulan untuk mengembangkan aset pemasaran digital bisnismu. Proses tersebut harus benar-benar berlanjut dalam siklus bisnismu. Membangun brand adalah proses yang berkelanjutan, dan pada moment yang tepat maka kamu akan menumkan titik dimana bisnis mengalami peningkatan yang pesat. Selanjutnya, kamu akan mempelari bagaimana cara singkat atau trik dalam membangun awareness ini.

Strategi Social Media Marketing Jangka Panjang untuk Meningkatkan Penjualan

Orang-orang 3x lebih mungkin membeli dari merek yang mereka ikuti di media sosial. Pemasaran media sosial adalah tentang mengembangkan kepercayaan dan membangun hubungan jangka panjang dengan audiens bisnismu. Meskipun, untuk mencapai titik ini, Kamu harus terlebih dahulu membangun audiens pengikut. Yang paling penting, audiens pengikut yang terlibat dengan Brand kamu.

Untuk membangun audiens di media sosial, Anda memiliki dua pilihan:

1) Gunakan Iklan Berbayar

Periklanan akan selalu menjadi cara tercepat, paling tepat sasaran, dan paling efisien untuk menumbuhkan audiens bisnismu. Ini terutama berlaku untuk Facebook dan instagram.

Buatlah iklanyang bertujuan untuk menambah pengikut secara cepat di platform media sosial. Pastikan untuk menargetkan demografi di customer avatar yang telah dibuat. Audiens yang kamu inginkan akan melihat iklanmu di media sosial dan diminta untuk mengikuti halaman Anda.

Pikirkan iklanmu sebagai cara untuk membuat “permintaan pertemanan” di Facebook atau “koneksi” di LinkedIn. Jelaskan mengapa orang harus berteman dengan bisnismu. Beri mereka insentif dengan memberi tahu mereka apa yang akan mereka peroleh dari mengikuti bisnismu. Perlu diingat, kamu akan melihat hasil yang optimal.

2) Maksimalkan Peluang Organik

Jika bisnismu ingin tumbuh melalui metode organik, bersiaplah untuk bekerja. Kamu perlu meluangkan waktu dan usaha yang lebih untuk mendorong brandmu. Jika kamu siap menyingsingkan lengan baju dan melakukan kerja keras, gunakan metode yang terbukti berhasil ini untuk mengembangkan halaman facebook.

Grup: Bergabung dengan grup khusus industri dan tambahkan nilai kepada anggota. Kamu dapat secara tidak langsung mempromosikan brand dan menjaring lebih banyak pengikut. Namun, pastikan untuk mengoptimasi dan memberi nilai yang unik dan menarik sebelum mempromosikan halaman facebookmu.

Pengikut: Temukan halaman yang diikuti calon pelangganmu. Kmu sudah tahu ini karena telah membangun customer avatar dan tahu apa yang mereka sukai. Mulai ikuti orang-orang yang cocok dengan customer avatarmu, secara perlahan maka mereka akan menyukai dan mengikuti halamanmu.

Hashtags: Gunakan tagar di setiap posting yang kamu terbitkan. Jutaan orang mencari tagar setiap hari untuk konten. Jika bisnis kamu menggunakan tagar yang selaras dengan konten yang kamu buat, hal ini akan meningkatkan visibilitas brandmu dan kemungkinan akan melihat peningkatan jumlah pengikut.

Konten : Posting konten unik dan menarik yang akan dibagikan oleh audienmu. Gunakan customer avatar dan bagikan konten yang menarik bagi audiensmu. Jika audiensmu membagikan konten yang kamu buat, kamu juga akan menjangkau lebih banyak orang dan melihat peningkatan jumlah pengikut.

Apa yang harus Anda lakukan setelah Anda mengembangkan audiens Anda?

Ceritakan kisah yang melakukan dua hal. Satu, pastikan itu relevan dengan audiensmu. Dan kedua, pastikan itu terkait kembali dengan produkmu. Ingat, tujuannya adalah untuk membangun hubungan dengan audiensmu. Berbicaralah dengan mereka dengan cara yang sesuai yang masuk akal untuk bisnismu.

Strategi Pemasaran SEO Jangka Panjang untuk Meningkatkan Penjualan

91% perjalanan internet dimulai dengan mesin pencari. Bagian ini adalah tentang memastikan bahwa bisnismu muncul di mesin pencari ketika itu yang paling penting. Inilah panduan cepat dan tanpa omong kosong untuk menentukan peringkat di Google. Anda perlu melakukan dua hal, yaitu:

Pertama, Kamu perlu mengoptimalkan websitemu

Ini berarti Anda perlu membantu mesin pencari memahami websitemu. Mereka secara otomatis memindai websitemu. Tugasmu dan tim adalah memastikan bahwa mereka mengidentifikasi websitemu untuk kata kunci yang dicari pelanggan brandmu.

Kedua, Kamu perlu meningkatkan peringkat websitemu

Ini berarti Kamu perlu membuktikan kepada mesin pencari bahwa websitemua relevan. Kamu harus populer. Kamu harus menjadi anak yang keren di sekolah menengah Anda. Anda harus ada di mana-mana. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan:

  • Perbanyak backlink
  • Tingkatkan Social Signal
  • Perbanyak konten

Dalam bahasa awam bisa diartikan :

  • Lebih unggul dibanding website lain (menjadi populer)
  • Tingkatkan post share di media sosial (dapatkan pengikut yang benar-benar menyukai brandmu)
  • Publikasikan konten yang relevan (issue)

Untuk menerapkan strategi SEO secara efektif, kamu kemungkinan besar akan membutuhkan teknisi situs web dan orang yang cukup ahli dalam hal ini. Jika tidak kamu perlu belajar dari awal dan memahami konsep dan dasar-dasar SEO.

Strategi Jangka Panjang untuk Email Marketing

Email Marketing
Email Marketing

Email mungkin bukan bentuk pemasaran paling unik, dan tidak rentan oleh waktu. Orang-orang memeriksa email mereka setiap hari. Dan tahukah kamu bahwa 68,9% pengguna membuka email pemasaran menggunakan ponsel mereka 2-3 hari per minggu? Itulah setiap alasan mengapa bisnis kamu perlu menggunakan email marketing.

Lead Magnet

Sebuah Lead Magnet adalah penawaran. Kamu mungkin pernah melihat ini sebelumnya. Berikut contoh dari Lead Magnet:

  • EBook gratis
  • ChecklistGratis
  • Template Gratis
  • Konsultasi Gratis
  • Kuis Gratis
  • Demo Gratis
  • Diskon
  • Bebas biaya kirim

Kamu paham maksudnya, kamu tidak perlu membuat semua dari sekian banyak contoh lead magnet ini, cukup gunakan 1 atau 2 yang menurutmy cocok dengan model bisnismu.

Gunakan customer avatar dan identifikasi satu hal yang dapat kamu tawarkan kepada audiensmu dengan imbalan alamat email mereka.

Promosi

Ada dua cara kamu dapat mempromosikan Lead Magnet kamu. Promosikannya di websitemu atau mempromosikannya melalui iklan. Untuk mempromosikan Lead Magnet di websitemu , gunakan salah satu dari yang berikut:

  • Floating bar
  • Sidebars
  • Lightboxes

Untuk mempromosikan magnet timah Anda melalui iklan, lakukan hal berikut:

  • Buat iklan
  • Targetkan pada customer avatar yang sudah kamu buat
  • Konversi klik menjadi prospek email

Iklan adalah cara paling efektif untuk mempromosikan Lead Magnet dan menambah databasemu. Dan, ini akan menjadi lebih penting di bagian selanjutnya, yang menjelaskan strategi jalan pintas atau caraa cepat yang dapat digunakan bisnismu untuk melihat lebih banyak hasil.

3. Strategi Jangka Pendek untuk Mendorong Lalu Lintas Website

Segala sesuatu yang dipelajari sampai tahap ini adalah strategi pemasaran digital jangka panjang untuk mendorong hasil jangka panjang. Jika Anda ingin satu hari mengarahkan lalu lintas “gratis” dan “organik” ke websitemu, kamu perlu berinvestasi ke dalam aset pasar digital. Aset ini adalah pengikut media sosial, pelanggan email, dan peringkat SEO.

Ingat, Anda tidak bisa membangun masa depan jangka panjang dengan pemikiran jangka pendek. Tapi, Anda bisa membangun hasil jangka pendek dengan pemikiran jangka pendek. Bagian ini adalah tentang strategi pemasaran digital jangka pendek untuk mendorong hasil yang cepat

Untuk beberapa usaha kecil, khususnya pemula, jika mereka tidak mengarahkan lalu lintas dengan cepat, bisa jadi bisnis mereka akan gagal.

Bagi yang lain, kamu mungkin ingin berinvestasi dalam strategi jangka panjang, dan juga mendorong hasil jangka pendek. Sementara aset pemasaran digitalmu sedang “dikembangkan”, kamu bisa memanfaatkan strategi jangka pendek untuk mendorong hasil sementara itu.

Gunakan Iklan Online untuk Mendorong Lalu Lintas Segera

Iklan online dapat mengarahkan lalu lintas langsung ke situs web kamu. Dan hari ini, iklan online terutama terdiri dari mesin pencari dan iklan media sosial. Ingat, iklan media sosial murah, bertarget, dan berfungsi . Iklan mesin pencari sangat bagus karena ini adalah tempat pelanggan Anda mencari, dan di mana Anda dapat ditemukan.

Kedua, cepat dan efektif. Anda dapat meluncurkan iklan dan mengarahkan lalu lintas ke websitemu dalam waktu singkat. Ini akan memungkinkan kamu menangkap lalu lintas dan mempercepat proses penjualan. Tujuanmu adalah membuat iklan yang efektif yang mendorong klik dengan biaya rendah.

Begini cara kerjanya

Anda membuat iklan. Orang-orang mengkliknya. Begitu mereka mengkliknya, mereka mendarat di situs web Anda. Mereka memiliki dua pilihan – untuk membeli produk Anda atau meninggalkan situs web Anda. 95-99% orang tidak akan membeli pada kunjungan pertama mereka. Ini adalah grup yang Anda harus lebih fokus.

Mereka mengklik iklan Anda karena suatu alasan. Mereka tertarik. Karena itu, masuk akal untuk terus memasarkannya kepada mereka. Anda dapat melakukan ini melalui pemasaran ulang, pemasaran email, dan pemasaran konten.

Ini akan memungkinkan Anda untuk meningkatkan titik sentuh dan mendekatkan mereka untuk membeli produk Anda. Kami akan membahas ini di bagian selanjutnya. Meskipun, secara umum, jalan pintas ini adalah tentang menggunakan iklan untuk mengarahkan orang agar mempertimbangkan orang yang membeli produk Anda..

Inilah Yang Harus Anda Ketahui Agar Dapat Sukses

Agar sukses, Anda perlu memahami beberapa hal.

  1. Perbedaan antara lalu lintas “dingin, hangat, dan panas”
  2. Cara meningkatkan iklan Anda
  3. Cara melacak hasil yang penting – konversi

Jika kamumemahami ini, kamu juga akan memahami bagaimana agar iklanmu lebih efektif dan efisien.

Lalu Lintas cold, warm, dan hot

Percaya atau tidak, lalu lintas websitemu memiliki suhu. Ada pengunjung situs web yang lebih cenderung membeli daripada yang lain. Mereka yang lebih cenderung membeli dianggap “hot”, dan mereka yang lebih kecil kemungkinannya untuk membeli adalah “cold”.

Mereka yang tidak cenderung membeli adalah “cold”, dan mereka yang lebih cenderung membeli adalah “hot”. Semua orang menginginkan lalu lintas yang “hot”.

Ini adalah orang-orang yang terbiasa dengan merek, produk, atau jasa yang kamu tawarkan. Mereka lebih cenderung membeli karena mereka sudah tahu tentang bisnismu. Karena itu, mereka akan lebih mudah menerima iklanmu. Jika kamu baru mengenal periklanan, sebagian besar lalu lintas pengunjung websitemu adalah tipe pengnjung yang cold.

Mereka tidak mengetahui produk dan jasa yang kamu sediakan. Mereka tidak tahu tentang bisnis atau brandmu. Serta tingkat kepercayaan pelanggan juga akan menurun. Sehingga jumlah konversi kecil atau bahkan tidak ada sama sekali.

Anda harus menetapkan ekpektasi yang realistis.

Jika Anda mengarahkan lalu lintas baru yang dingin ke situs web Anda, rencanakan untuk tingkat konversi yang lebih rendah. Anda perlu beriklan ke audiens Anda terus-menerus untuk menghangatkan mereka. Ingat, semakin panas traffic Anda, semakin besar kemungkinan Anda mengonversinya. Rencanakan untuk beriklan setidaknya 3 bulan sebelum mengukur kesuksesan.

Cara Mengoptimalkan Iklan Anda

Faktanya, 70% iklan Google dan Facebook gagal. Mungkin bisa jadi disebabkan oleh pengiklan yangkurang mengoptimasi iklannya. Mereka hanya sekedar membuat iklan dan berharap pada keajaiban. Pastikan Anda meluncurkan serangkaian iklan, karena kita tidak tahu iklan mana yang bakal mendapat hasil terbaik.

Setelah meluncurkan iklan, pantau secara berkelanjutan. Beberapa iklan akan mengungguli yang lain. Dan yang terpenting kamu bisa menggunakan budget marketing untuk hal lain yang lebih powerfull menurut bisnismu.

Ada banyak cara untuk menganalisis iklan, berikut ini adalah poin optimasi yang paling umum:

Menganalisa Skor Relevansi

Ini adalah cara tercepat untuk mengidentifikasi iklan berkinerja terbaik Anda. Skor relevansi Anda adalah skor yang disediakan oleh platform iklan yang memberi peringkat relevansi iklan Anda. Ini diukur dengan bagaimana orang merespons iklan Anda. Semakin keterlibatan iklan Anda, semakin relevan iklan Anda secara umum.

Menganalisis Pemirsa

Targetkan iklan Anda di berbagai audiens. Kemudian, identifikasi audiens mana yang merespons iklan Anda dengan yang terbaik. Anda dapat melihat skor relevansi iklan, tingkat konversi, dan metrik lainnya untuk menentukan ini.

Menganalisis Data Kinerja

Untuk benar-benar mengoptimalkan kampanye iklan Anda, analisis data kinerja. Identifikasi waktu terbaik hari itu, dan hari dalam seminggu, untuk menjalankan iklan Anda. Tentukan apakah Anda mendapatkan lebih banyak konversi dari perangkat seluler, atau komputer desktop. Cari tahu apa jenis kelamin atau kata kunci yang paling banyak dikonversi. Ada banyak cara untuk menyaring data kinerja Anda untuk mengoptimalkan kampanye Anda.

Cara mengukur ROI dan melacak konversi

Keindahan dari iklan online adalah Anda dapat mengukur pengembalian investasi yang tepat. Ini akan memungkinkan Anda untuk menganalisis, mengukur, dan skala kampanye iklan Anda untuk menumbuhkan bisnis Anda.

Sebagian besar platform periklanan utama akan memiliki opsi untuk menginstal pelacakan konversi pada iklan Anda. Ini akan membantu Anda mengidentifikasi berapa banyak orang yang dikonversi dari iklan Anda.

Jika Anda berada dalam e-commerce, Anda dapat mengetahui jumlah dolar yang tepat dalam pendapatan yang Anda buat dari iklan Anda. Jika Anda mengumpulkan arahan, Anda dapat menetapkan nilai dolar untuk arahan Anda untuk menunjukkan pengembalian Anda.

Berikut ini adalah panduan mudah untuk menginstal pelacakan konversi ke iklan Anda:

  1. Masuk ke akun iklan Anda
  2. Temukan tab “konversi”
  3. Hasilkan kode piksel untuk melacak konversi
  4. Tempel kode piksel di situs web Anda
  5. Aktifkan pelacakan konversi ke iklan Anda

Sebagian besar platform iklan memiliki panduan langkah demi langkah tentang cara memasang pelacakan konversi. Namun, 5 langkah di atas pada dasarnya adalah semua yang diperlukan untuk mulai melacak konversi untuk mengukur kampanye Anda.

Sekarang Anda sedang melacak konversi, mari kita bicara tentang meningkatkan tingkat konversi Anda.

Cara Lead nurturing untuk Meningkatkan Tingkat Konversi

Lead nurturing merupakan tahapan dimana Anda harus menarik perhatian calon pembeli hingga nantinya menjadi pelanggan. Kamu harus bisa menyentuh emosi dari calon pembeli dengan membuat atau mengangkat issue atau nilai dari produk-produkmu.

Semakin banyak orang berinteraksi dengan bisnismu di web, semakin besar kemungkinan mereka akan mempercayakan dan jadi membeli produkmu .

Apakah kamu telah mengambil jalan pintas atau jangka panjang, upaya yamh kamu lakuakan pada akhirnya akan membawa orang pada tahap “pertimbangan” untuk benar-benar melakukan bisnis denganmu.

Bagian ini adalah tentang bagaimana Anda dapat memindahkan orang dari pertimbangan, untuk benar-benar membeli produk Anda.

Ada tiga hal yang dapat Anda lakukan:

1. Remarketing
2. Optimasi Email
3. Content Marketing

Bagaimana Remarketing yang Sesuai dengan Strategi Digital Marketing yang kamu buat

Jika Anda pernah melihat iklan berkelanjutan setelah mengunjungi situs web, secara tidak sadar kamu telah menjadi target remarketing sebelumnya. Remarketing adalah jenis iklan yang menargetkan orang yang baru-baru ini berinteraksi dengan merek mereka.

Sebagian orang berfikir ini cukup mengganggu pengungjung, akan tetapi juga cukup powerfull untuk mengingatkan target pada interest mereka. Dengan teknik remarketing ini sudah banyak terbukti pada banyak bisnis kecil menengah lainnya.

Ingat bahwa pengunjung “hot” akan mudah menjadi konversi dibanding pengunjung “cold”. Orang yang telah mengunjungi halaman produk dan layanan Anda dianggap sebagai traffic hot.

Cara memulai dengan Remarketing

Anda dapat meluncurkan iklan pemasaran ulang di sebagian besar platform periklanan, seperti Google, Facebook, Instagram, LinkedIn, Pinterest, dan Twitter.

Setup mirip dengan pelacakan konversi. Yang harus Anda lakukan adalah:

1. Buat audiens pemasaran ulang
2. Pasang piksel pelacakan di situs web Anda
3. Tunggu hingga audiensi Anda memiliki jumlah orang tertentu

Setelah pemirsa pemasaran ulang Anda memenuhi ukuran pemirsa minimum (berbeda untuk setiap platform), Anda dapat mulai menjalankan iklan Anda.

Tetapi sebelum Anda menjalankan iklan, pastikan Anda melakukan segmentasi audiens dengan benar.

Cara mengelompokkan audiens untuk Remarketing

Meskipun ada banyak praktik terbaik untuk pemasaran ulang, kami sarankan Anda menampilkan iklan kepada orang-orang berdasarkan minat mereka pada situs web Anda. Secara khusus, Anda mungkin ingin mengelompokkan daftar pemasaran ulang Anda dengan:

  • Orang yang telah mengunjungi halaman produk atau layanan tertentu
  • Orang-orang yang telah menghabiskan sejumlah waktu di situs web Anda
  • Orang yang telah mengunjungi situs web Anda beberapa kali
  • Orang yang telah berlangganan daftar email Anda
  • Orang-orang yang telah membeli dari Anda di masa lalu

Dengan mengelompokkan daftar remarketing kamu, Anda akan dapat menyesuaikan iklan Anda dengan audiens Anda dan mempersonalisasinya berdasarkan preferensi mereka.

Bagaimana Automasi Email Sesuai dengan Strategi Digital Marketing yang kamu buat

Optimasi Email Marketing

Otomatisasi email adalah cara organik untuk memelihara arahan Anda dan meningkatkan titik sentuh.

Email urutan otomatis, atau “kampanye tetes”, adalah urutan email yang dibuat sebelumnya yang dikirim ke orang-orang tertentu di daftar email Anda.

Urutan email yang efektif menghangatkan kontak Anda dan mendekatkan mereka untuk membeli produk Anda.

Bayangkan Anda menjual suplemen kesehatan. Anda dapat membuat urutan email dengan konten-konten berikut.

1. Sebuah blog tentang pentingnya kesehatan
2. Sebuah studi kasus tentang bagaimana suplemen kesehatan Anda membantu pelanggan menjadi sehat
3. Diskon pada suplemen kesehatan Anda untuk membantu memimpin Anda menjadi sehat

Perhatikan bahwa email pertama bukan penawaran penjualan.

Seperti yang Anda lihat dalam contoh, ini dimulai dengan menambahkan nilai dengan blog. Setelah nilai blog dikonsumsi dan pimpinannya bersemangat, Anda dapat mengirim email lain dengan studi kasus. Kali ini studi kasus tentang produk Anda.

Sekarang pemimpin memahami nilai menjadi sehat, dan bagaimana seseorang menjadi sehat melalui produk Anda. Email terakhir adalah tempat Anda meminta bisnis mereka, memberi mereka insentif dengan penawaran waktu terbatas.

Cara Membangun Kampanye Automasi Email Anda

Langkah 1) Pilih perangkat lunak otomatisasi email. Kami merekomendasikan menggunakan Kampanye Aktif . Tidak mahal dan mudah untuk menggunakan fitur otomasi mereka.

Langkah 2) Konfigurasikan urutan email Anda. Berapa banyak email yang harus Anda kirim? Berapa lama penundaan antara email Anda?

Jawabannya akan tergantung pada siklus penjualan Anda. Jika Anda memiliki siklus penjualan pendek, Anda tidak perlu sebanyak mungkin email untuk mengonversi penjualan baru. Jika Anda memiliki siklus penjualan yang panjang, Anda akan membutuhkan lebih banyak email, dan mungkin lebih banyak penundaan di antara email.

Misalnya, salah satu klien B2B kami memiliki siklus penjualan 1 tahun. Dia memiliki lebih dari 100 email secara berurutan yang dia kirimkan dalam jangka waktu 12 bulan. Apa yang terbaik untuk bisnis Anda?

Langkah 3) Tentukan tentang apa email Anda nantinya. Secara umum, tujuan Anda adalah untuk menambah nilai bagi pelanggan Anda. Jika email Anda tidak mempercepat tahapan pelanggan Anda dalam siklus penjualan Anda, jangan kirimkan. Untuk melakukan ini, Anda perlu memahami avatar pelanggan Anda dan menghasilkan email yang berhubungan dengan keduanya, tujuan pelanggan dan bagaimana produk Anda membantu mencapainya.

Anda dapat menggunakan bagian selanjutnya untuk menggali lebih dalam konten untuk kampanye email Anda, dan area lain dari strategi pemasaran digital Anda.

Bagaimana Pemasaran Konten Sesuai dengan Strategi Pemasaran Digital Anda

Anda perlu konten untuk memelihara arahan. Ini adalah jembatan yang membawa orang dari kampanye email Anda ke situs web Anda. Ini mengubah pengikut media sosial menjadi pengunjung situs web. Dan itu juga dapat digunakan dalam kampanye iklan Anda untuk memanaskan lalu lintas dingin.

Ini adalah bentuk pertunangan tertinggi. Dan, ini adalah alasan untuk menghangatkan prospek Anda melalui saluran apa pun.

Konten adalah raja

Ada berbagai jenis konten – posting media sosial, video, infografis, dan sebagainya. Namun, konten yang paling penting adalah konten situs web. Secara khusus, blog.

Perusahaan yang blognya melihat ROI 3x lebih banyak daripada bisnis yang tidak. Dan dengan aset pemasaran digital dan kampanye iklan, Anda sudah memiliki alat yang diperlukan untuk mempromosikan konten blog Anda.

Cara Memulai Content Marketing

Untuk memulai pemasaran konten, lakukan langkah-langkah berikut:

Langkah 1) Instal blog di situs web Anda. Kami merekomendasikan menggunakan WordPress. Jika situs web Anda tidak menggunakan WordPress, kami sarankan untuk menginstal WordPress pada “subfolder” atau “subdomain” yang menghubungkannya ke URL situs web Anda.

Langkah 2) Kembangkan kalender blog. Gunakan avatar pelanggan Anda untuk merencanakan topik blog untuk menarik pembaca Anda.

Langkah 3) Tulis dan publikasikan konten blog Anda. Setelah menerbitkan konten Anda, promosikan. Anda dapat mempromosikan konten Anda melalui SEO, media sosial, iklan, dan upaya pemasaran email Anda.

Anda baru saja mempelajari “mengapa” dan “bagaimana” pengasuhan timbal. Ingat, ini semua tentang titik sentuh. Dan Anda dapat memanfaatkan pemasaran ulang, pemasaran email, dan pemasaran konten melalui berbagai outlet untuk memelihara pelanggan Anda.

Sekarang mari kita beralih ke bagian terpenting dari strategi pemasaran digital Anda.

Peta dari Strategi Digital Marketing

Situs web Anda adalah pusat dari strategi pemasaran digital Anda.

Peta strategi pemasaran digitalIni adalah “toko” Anda. Pengunjung Anda akan membuat keputusan pembelian berdasarkan presentasi Anda. Sangat penting bahwa situs web Anda membuat kesan pertama yang terbaik.

Anda dapat memiliki peringkat # 1 di Google, jutaan pengikut dan pelanggan, dan kampanye iklan pembunuh. Namun, Anda tidak akan melihat konversi apa pun jika situs web atau halaman arahan Anda tidak efektif.

Bahkan, orang-orang memutuskan apakah mereka mempercayai situs web Anda dalam 5 detik pertama setelah tiba.

Anda perlu memastikan bahwa desain situs web Anda menarik, ramah pengguna dan responsif.

Begini caranya:

Langkah 1) Pilih tema situs web yang akan disukai pengguna Anda. Gunakan avatar pelanggan Anda dan analisis kompetitif untuk preferensi konsumen dengan desain situs web. Kemudian, tambahkan beberapa kreativitas dan kembangkan situs web yang diterima secara luas dan unik untuk merek Anda.

Langkah 2) Saat mendesain situs web Anda, tetap sederhana. Hindari hal-hal yang rumit dan mewah, seperti bilah geser. Hal-hal itu merusak pengalaman pengguna Anda. Gunakan menu untuk mengatur halaman Anda. Gunakan gambar untuk menggambarkan pesan Anda. Tambahkan tombol ajakan bertindak untuk membantu orang berpindah dari satu halaman ke halaman berikutnya. Gunakan font yang lebih besar dan perkecil kolom. Dengan kata yang paling sederhana, buatlah mudah bagi pengguna untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan dari situs web Anda.

Langkah 3) Buat desain situs web Anda responsif. Lebih dari setengah pengguna Internet mengakses web melalui perangkat seluler. Pastikan untuk memprioritaskan desain web seluler Anda daripada desain desktop Anda. Situs web Anda harus dapat dilihat di semua perangkat seluler, tablet, atau PC. Situs web yang tidak responsif seperti mempromosikan alamat yang salah kepada suatu pihak. Orang tidak akan muncul! Jangan membuat kesalahan ini.

Strategi Digital Marketing Surefire Anda ke Penjualan Tiga Kali Lipat

Ini adalah strategi pemasaran digital yang tepat yang akan membantu Anda melipatgandakan penjualan Anda. Inilah rekap cepat.

Cara paling hemat biaya untuk menumbuhkan kesadaran & visibilitas Anda di web adalah berinvestasi ke optimisasi mesin pencari, manajemen media sosial, dan pemasaran email. Jika Anda mengembangkan aset ini, Anda tidak perlu terlalu mengandalkan iklan digital.

Kontra dari pendekatan ini adalah perlu waktu lama untuk mengimplementasikan dan menuai hasilnya. Anda harus mau berinvestasi setidaknya 6-12 bulan sebelum melihat hasil yang signifikan.

Jalan pintasnya adalah berinvestasi ke iklan digital. Secara khusus, iklan Google dan Facebook. Anda dapat membuat iklan dan mulai mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda dengan segera. Setelah mengoptimalkan iklan Anda selama minimal 3 bulan, Anda akan mulai melihat lonjakan konversi.

Bagi mereka yang tidak segera mengonversi, yang merupakan lalu lintas terbanyak pada awalnya, kami sarankan untuk menambahkan pemeliharaan timbal ke strategi Anda. Pemeliharan timbal terdiri dari pemasaran ulang, pemasaran email, dan pemasaran konten. Tujuannya adalah untuk meningkatkan titik sentuh dengan prospek yang tertarik dan mempercepat siklus penjualan Anda.

Dan terakhir, kami membahas situs web Anda. Situs web Anda adalah faktor terpenting dalam strategi pemasaran digital Anda. Ini menentukan tingkat konversi Anda dan perlu dirancang dengan hati-hati.

Sekarang setelah Anda memiliki strategi pemasaran digital, Anda perlu menerapkannya. Ini pilihanmu:

  1. Lakukan sendiri
  2. Pekerjakan karyawan
  3. Pekerjakan agen

Siapa pun dapat menerapkan strategi pemasaran digital. Namun, itu butuh waktu. Akan ada trial and error. Dan untuk pemasar digital baru, itu akan lebih banyak kesalahan daripada apa pun di awal. Bagi mereka yang memiliki anggaran terbatas, satu-satunya pilihan Anda mungkin melakukannya sendiri. Anda perlu berinvestasi dalam banyak pelatihan untuk sepenuhnya memahami komponen-komponennya.

Dan, Anda harus merencanakan secara realistis untuk pertumbuhan yang lebih lambat dalam bisnis Anda karena Anda akan menghabiskan banyak waktu untuk mencoba mempelajari dan menerapkan pemasaran digital.

Mempekerjakan seorang karyawan lebih ideal. Dengan cara ini Anda dapat terus bekerja dalam mengelola bisnis Anda – mengembangkan produk dan layanan Anda, berurusan dengan pelanggan, mengelola keuangan, dan barang-barang lainnya di daftar yang harus dilakukan oleh setiap pemilik bisnis.

Yang mengarahkan kita untuk menyewa agen. Ada agen untuk menyediakan layanan tepat yang Anda butuhkan dengan sebagian kecil dari biaya. Mereka mempekerjakan karyawan berpengalaman dengan keahlian khusus. Agen turnkey dapat membantu Anda menerapkan strategi pemasaran digital Anda dengan cepat dan efektif. Namun, sangat sulit untuk menemukan agen. Pastikan untuk meninjau ulasan mereka di Facebook, Google, dan Yelp.

Tinggalkan Komentar