Cara Posting Instagram dari Komputer atau Laptop

Upload konten Instagram dari PC atau Laptop Anda adalah pilihan tepat jika Anda tidak memiliki HP atau perlu mengakses aset perusahaan di laptop Anda tanpa memindahkannya ke HP terlebih dahulu. Atau Anda mungkin lebih suka menggunakan layar yang lebih besar ketika ingin mengupload foto atau video di instagram.

Untuk alasan tersebut, Anda mungkin bertanya-tanya, “Bisa gak sih mengupload ke Instagram dari PC atau Laptop?” 

Bisakah Posting Instagram dari PC?

Posting Instagram dari Komputer
Posting Instagram dari Komputer

Ya, Anda dapat memposting Instagram dari PC, tetapi ada beberapa keterbatasan. Pada versi desktopnya, Instagram hanya memungkinkan Anda untuk memposting gambar dan video ke profil Anda. Anda tidak dapat memposting Story Instagram, postingan IGTV, atau Reels dari versi web. Anda juga tidak dapat memulai livestream melalui komputer.

Mengapa memposting di Instagram dari komputer Anda?

Instagram adalah jaringan media sosial populer untuk berbagi foto yang paling sering diakses melalui aplikasi seluler. Instagram menawarkan versi web agar memudahkan untuk memposting aset yang mungkin hanya Anda miliki di laptop Anda dan bukan di ponsel Anda. 

Misalnya, Anda adalah manajer media sosial untuk brand ternama. Bayangkan jika anda lupa di mana Anda secara tidak sengaja memposting konten untuk brand ke akun Instagram pribadi Anda (atau, lebih buruk, sebaliknya) hanya karena Anda masuk ke keduanya di ponsel Anda.

Atau, mungkin lebih mudah untuk mengunggah postingan dan video perusahaan melalui desktop Anda, daripada menguploadnya melalui smartphone karena anda perlu memindahkan filenya terlebih dahulu.

Selain itu, file perusahaan Anda mungkin lebih mudah diakses melalui desktop daripada seluler. Misalnya, jika Anda menggunakan Photoshop untuk mengedit foto perusahaan, kemungkinan lebih mudah untuk mengklik “Unggah” dari desktop Anda setelah selesai mengedit, daripada mengirim foto atau video yang sama ke ponsel pribadi Anda.

Mungkin Anda lebih suka layar desktop yang lebih besar. Atau, mungkin Anda tidak memiliki akses ke smartphone sehingga Anda tidak dapat mengunduh aplikasi di ponsel Anda.

Jadi, ada banyak alasan yang cukup masuk akal untuk menggunakan Instagram di komputer Anda. Lalu Bagaimana cara upload instagram dari PC?

Cara Menggunakan Instagram di PC atau Laptop

Anda dapat menggunakan Instagram di PC. Cukup akses situs Instagram di instagram.com dan login menggunakan nomor telepon, nama pengguna, email, atau akun Facebook Anda. Pada versi web Instagram, Anda dapat menelusuri feed, membalas pesan langsung (DM), melihat notifikasi, memposting foto dan video ke profil Anda, dan masih banyak lagi.

Sementara platform sosial terutama dimaksudkan untuk dikonsumsi dalam aplikasi, dengan menawarkan pengalaman yang hampir sama jika Anda mengaksesnya di komputer Anda. Fitur apa saja yang bisa disediakan oleh instagram versi dekstop/web?

  • Menonton dan membalas Story orang lain
  • Cari hashtag dan pengguna lain
  • Jelajahi feed Anda
  • Komen dan like postingan
  • Membalas pesan langsung (DM)
  • Lihat notifikasi Anda
  • Akses tab Jelajahi
  • Memposting foto dan video

Dengan kata lain, Ya, Anda dapat memposting foto atau video ke Instagram via desktop PC atau Mac alih-alih di aplikasi atau browser perangkat seluler Anda.

Sekarang, mari kita simak lebih lanjut bagaimana cara  memposting gambar dan video dari komputer desktop Anda.

Cara Posting Instagram dari Komputer atau Laptop

  1. Buka browser desktop pilihan Anda.
  2. Pergi ke instagram.com.
  3. Masuk ke akun Anda menggunakan email, nomor telepon, nama pengguna, atau kredensial Facebook Anda.
  4. Klik tombol ‘+’ di bilah atas.
  5. Dalam pop-up, klik ‘Pilih dari komputer’.
  6. Pilih file gambar untuk diunggah ke Instagram.
  7. Opsional: Pangkas gambar, perbesar, atau tambahkan lebih banyak media jika diperlukan.
  8. Opsional: Pilih filter dan buat penyesuaian tambahan.
  9. Tulis caption
  10. Opsional: Tambahkan lokasi, tambahkan teks alternatif, atau nonaktifkan komentar jika diinginkan.
  11. Klik ‘Bagikan’.
  12. Selesai ! Anda telah berhasil Posting Instagram dari Komputeri komputer.

Baik Anda menggunakan Mac atau PC, Anda dapat memposting dari komputer desktop. Versi web Instagram memungkinkan Anda mengunggah kiriman Instagram dengan cara yang sama seperti yang Anda lakukan melalui seluler, apapun platform yang Anda gunakan. Di bawah ini, kita akan membahas cara melakukannya pada:

  • Chrome
  • Safari

Setelah kami membahas bagaimana Anda dapat memposting foto, kami juga akan membahas cara mengunggah video ke Instagram dari desktop Anda .

Cara Posting Foto ke Instagram di Komputer Desktop Menggunakan Google Chrome

  • Buka browser Chrome Anda.
  • Setelah itu, silahkan menuju ke Instagram.com. Lalu Login (jika belum)
  • Klik tombol ‘+’ di sebelah ikon DM.
  • Klik ‘Pilih dari komputer’ untuk mengunggah media Anda.
  • Pangkas gambar, perbesar, atau tambahkan lebih banyak media jika perlu.
  • Pilih filter atau buat penyesuaian.
  • Tambahkan caption, lokasi, teks alternatif, dan hastag.
  • Klik Bagikan.

1. Buka browser Chrome Anda.

Hal pertama yang ingin Anda lakukan adalah membuka Google Chrome. Jika Anda menggunakan Windows, Anda dapat melakukannya dengan mengklik ikon Windows di bilah tugas. Kemudian, cari melalui aplikasi yang telah Anda instal di komputer hingga Anda menemukan Google Chrome.

2. Menuju situs Instagram.

cara memposting di instagram di desktop: akses instagram di chrome

Selanjutnya, kunjungi https://www.instagram.com dengan mengetiknya di bilah navigasi. Masuk menggunakan kredensial Facebook Anda atau dengan memasukkan email, nomor telepon, atau nama pengguna Anda. Jika Anda pernah masuk ke versi web Instagram sebelumnya, itu mungkin menyertakan opsi untuk “Lanjutkan sebagai [nama pengguna],” dan Anda akan dapat masuk secara otomatis.

3. Klik tombol “+” di sebelah ikon DM.

cara memposting di instagram di desktop: klik tombol plus

Di versi web Instagram semua menu navigasi berada di sebelah atas yang mencerminkan bilah navigasi di aplikasi seluler. Ini termasuk bilah pencarian, ikon rumah, ikon DM, tanda plus, hati, dan lingkaran dengan gambar profil Anda. Klik tanda plus di sebelah ikon DM, seperti yang terlihat pada gambar di atas…

4. Klik “Pilih dari komputer” untuk mengunggah media (Foto atau Video)

cara memposting di instagram di desktop: pilih file

Sebuah kotak popup akan muncul dengan tombol biru yang mengatakan “Pilih dari komputer.” Kemudian cari media yang akan anda posting.

5. Pangkas gambar, perbesar, atau tambahkan lebih banyak media jika diperlukan.

cara memposting di instagram di desktop: potong gambar

Instagram memberi Anda beberapa opsi untuk mengedit gambar sebelum dipublikasikan. Anda dapat mengubah aspek rasio, memperbesar gambar, atau menambahkan lebih banyak media ke postingan yang sama atau multiple image (carousel).

Opsi zoom-in berada tepat di sebelah tombol rasio aspek:

cara memposting di instagram di desktop: perbesar gambar

Sedangkan tombol “tambahkan lebih banyak media” di sudut kiri bawah.

cara memposting di instagram di desktop: tambahkan lebih banyak media

Klik tanda plus untuk menambahkan lebih banyak gambar ke postingan Anda, jika diinginkan.

6. Pilih filter atau buat penyesuaian.

cara memposting di instagram di desktop: pilih filterSelanjutnya, pilih filter, seperti yang Anda lakukan di aplikasi smartphone. Anda juga dapat menyesuaikan kecerahan, kontras, saturasi, dan fitur lainnya.

cara memposting di instagram di desktop: lakukan penyesuaian

Setelah selesai, klik Berikutnya atau “Next” di kanan atas layar Anda.

7. Tambahkan keterangan, lokasi, teks alternatif, dan hashtag.

cara memposting di instagram di desktop: tambahkan keteranganDi layar berikutnya, Anda dapat menambahkan keterangan, menambahkan lokasi, atau menandai orang.

8. Klik Bagikan atau “Share”.

Saat Anda siap, klik Bagikan di kanan atas layar Anda.

Selesai! Anda sekarang telah memposting di Instagram menggunakan Google Chrome di Komputer..

Cara Mengupload Foto ke Instagram di Mac Menggunakan Safari

Pada dasarnya mengupload foto atau video ke instagram di mac itu sama saja dengan posting foto di desktop. Yang membedakan disini hanyalah medianya serta browser yang digunakan.

  • Buka browser Safari Anda.
  • Arahkan ke situs web Instagram.
  • Klik tombol ‘+’ di sebelah simbol DM.
  • Klik ‘Pilih dari komputer’ untuk mengunggah media Anda.
  • Pangkas gambar, perbesar, atau tambahkan lebih banyak media jika perlu.
  • Pilih filter atau buat penyesuaian.
  • Tambahkan keterangan, lokasi, teks alternatif, dan tag.
  • Klik ‘Bagikan’.

1. Buka browser Safari Anda.

Hal pertama yang ingin Anda lakukan adalah membuka Safari. Untuk melakukannya, buka Launchpad dan temukan Safari di daftar aplikasi Anda. Atau, jika Anda menyematkannya di bilah tugas, Anda dapat membukanya dari sana.

2. Navigasikan ke situs web Instagram.

cara memposting di instagram di desktop: akses instagram di safariSelanjutnya, navigasikan ke https://www.instagram.com dengan mengetiknya di bilah navigasi Safari. Jika Anda cukup sering mengunjungi situs tersebut, Safari mungkin juga memiliki pintasan di halaman “Tab baru” Anda.

Setelah Anda sampai di sana, login dengan kredensial pilihan Anda. Jika Anda pernah menggunakan versi web sebelumnya, Instagram akan memungkinkan Anda untuk masuk dengan satu klik.

3. Ikuti langkah 3 sampai 8 dari petunjuk di atas.

Setelah Anda dapat melihat Instagram dari browser Safari, Anda dapat mengunggah kiriman Instagram dengan cara yang sama seperti yang Anda lakukan di Chrome — dengan mengklik tombol “+”, menambahkan filter atau mengedit foto, menambahkan lokasi dan keterangan, dan mengklik “Bagikan” ketika Anda siap untuk posting Anda untuk diposting.

Cara Memposting Video ke Instagram Menggunakan Komputer atau Laptop

Anda dapat mengunggah video ke Instagram dari desktop. Sama halnya dengan mengupload foto ke instagram melalui komputer di atas. Mengupload atau memposting video ke instagram langkah-langkahnya hampir sama cuma media yang diupload dalam bentuk video. Hal ini memudahkan berbagi video yang diambil secara profesional yang mungkin tidak tersedia di HP Anda. Itu berarti Anda dapat membagikan video marketing dan hasil foto yang Anda terima dari freelancer yang anda rekrut atau videografer internal Anda. Berikut cara memposting video ke Instagram di browser web apa pun.

1. Buka situs web Instagram di browser pilihan Anda.

Setelah Anda di sana, masuk menggunakan kredensial Anda.

2. Klik tombol “+” di sebelah simbol DM.

Sama seperti yang Anda lakukan jika Anda memposting foto, klik tombol + di bilah navigasi atas umpan Instagram Anda.

3. Klik “Pilih dari komputer” untuk mengunggah media Anda.

cara memposting di instagram di desktop: pilih file

Pilih file video Anda dari komputer. Sebaiknya unggah file MP4 untuk menghindari masalah kompatibilitas.

Jika video Anda berdurasi kurang dari 10 menit, ukuran file Anda tidak boleh lebih besar dari 650 MB. Untuk video antara 10 menit dan 60 menit (yang merupakan durasi maksimum), Anda harus menargetkan ukuran file yang lebih kecil dari 3,6 GB. Baca selengkapnya tentang persyaratan video Instagram di sini .

4. Ubah ukuran video Anda dan tambahkan lebih banyak media jika diinginkan.

cara memposting video ke instagram di desktop: ubah ukuran videoInstagram memberi Anda dua opsi untuk menyesuaikan video Anda: Mengubah aspek rasio dan menambahkan lebih banyak media. Untuk foto, Instagram juga memungkinkan Anda untuk memperbesar gambar. Opsi ini tidak tersedia untuk video.

Jika Anda mengupload video horizontal, sebaiknya gunakan rasio aspek 16:9 agar tidak terpotong. Jika Anda khawatir dengan estetika feed Anda, tetap gunakan rasio 1:1. Dengan begitu, tidak ada ruang kosong saat pengunjung mengunjungi profil Anda.

5. Pilih foto sampul, potong video, dan ubah opsi suara.

cara memposting video ke instagram di desktop: pilih sampul

Selanjutnya, Anda dapat memilih foto sampul (gambar yang akan dilihat pengguna sebelum mereka mengklik “Mainkan”). Anda memiliki opsi untuk mengunggah foto sampul khusus untuk video, dan Anda juga dapat memotong video dan mematikan suara jika diinginkan.

6. Tulis caption, tandai pengguna lain, tambahkan teks alternatif, dan aktifkan opsi komentar.

cara memposting video ke instagram di desktop: tulis keteranganDi layar berikutnya, Anda dapat menulis teks untuk video Anda, menandai siapa saja yang muncul di video, menambahkan teks alternatif, dan menonaktifkan komentar.

7. Klik Bagikan.

Selesai! Anda sekarang telah memposting video Anda di Instagram.

Cara Alternatif Posting ke Instagram dari Komputer Anda

Anda tidak perlu mengakses versi web Instagram untuk memposting di Instagram. Jika Anda menemukan versi web terlalu kurang untuk tugas sehari-hari Anda, terutama jika Anda seorang manajer media sosial, Anda dapat menggunakan layanan pihak ketiga yang menawarkan perangkat lunak penjadwalan media sosial. Platform seperti hubspot dan hootsuite adalah contoh opsi terbaik yang dapat Anda gunakan untuk menjadwalkan posting Instagram dari desktop Anda — tidak perlu mengakses aplikasi atau situs web Instagram itu sendiri.

Manfaat besar menggunakan metode ini adalah Anda dapat menjadwalkan posting jauh-jauh hari sebelumnya. Anda tidak harus mengakses Instagram setiap kali ingin menambahkan media baru ke profil Anda.

Jika Anda melakukan ini secara teratur untuk pekerjaan Anda, mungkin bermanfaat untuk menjelajahi semua tools penjadwalan media sosial yang Anda inginkan untuk memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Penutup

Sekarang Anda tidak perlu khawatir tentang mentransfer foto ke perangkat seluler Anda atau menyulap akun media sosial pekerjaan Anda di perangkat Anda sendiri, Anda akan dapat berkembang di Instagram secara efisien dan efektif. 

Demikian tutorial cara mengupload foto atau video dari komputer atau laptop, semoga bermanfaat, jika anda pengguna baru baca juga panduan cara posting instagram melalui HP. Atau jika anda membuat instagram untuk keperluan bisnis anda untuk berjualan produk maka anda perlu membaca artikel tentang Cara Berjualan di Instagram.

Leave a Comment