HABIB HIDAYAT
26 December 2021

Cara Posting Foto di Instagram di HP Terbaru

Table of Contents

Cara Posting Foto di Instagram di HP – Instagram kini memiliki pengguna aktif lebih dari 1M pengguna, sudah tidak diragukan lagi bahwa instagram merupakan salah satu jejaring media sosial paling luas yang dapat Anda gunakan untuk berbagai macam tujuan termasuk pemasaran hingga penjualan.

Instagram sendiri sudah membuktikan bahwa saat ini mereka adalah salah satu platform yang layak dan relevan digunakan untuk bisnis saat ini. Bahkan pendapatan iklan Instagram diprediksi akan melampaui angka $18 miliar dalam pendapatan iklan pada tahun 2021.

Cara Posting Foto di Instagram di HP Terbaru
Cara Posting Foto di Instagram di HP Terbaru

Jika Anda belum menggunakan Instagram untuk bisnis Anda, Anda kehilangan banyak peluang untuk menciptakan brand awareness dan menjangkau pasar yang sangat luas. Untungnya, mengadopsi strategi Instagram bisa dibilang relatif mudah dengan waktu dan usaha yang cukup. Baca juga artikel tentang kesalahan dalam Instagram Marketing.

Namun, jika Anda belum pernah menggunakan aplikasi ini, Anda mungkin bingung dengan pertanyaan pertama yang mungkin terlintas di benak Anda, Bagaimana cara posting foto di Instagram?

Dengan seiring berkembangnya instagram tampilan dan tata letak instagram juga diubah. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pengguna dan agar pengguna bisa mendapatkan pengalaman yang lebih baik ketika menggunakan instagram. Oleh karena itu, kami membuat tutorial cara untuk memposting di Instagram.

Dengan memposting konten ke IG secara konsisten dapat membantu bisnis menemukan resonansi dengan audiens mereka dan berkembang lebih baik, namun melakukannya dengan benar sama pentingnya. Berikut cara mudah memposting Instagram yang terbaru secara lengkap (langkah demi langkah).

Cara Posting Foto di Instagram

1. klik ikon + di bagian atas layar Anda.

Ikon Posting Instagram di Layar Beranda [+]

Setelah anda masuk ke instagram maka anda akan menemukan tombol + di atas. Jika tampilan anda tidak sama dengan gambar  di atas maka anda perlu mengupdate aplikasi instagram anda.

2. Pilih foto atau video yang ingin anda upload

Instagram akan menampilkan foto/gambar dan video yang tersimpan di ponsel Anda. Pilih salah satu untuk diposting. Atau, Anda dapat mengklik ikon kamera untuk mengambil foto atau video langsung dari aplikasi Instagram itu sendiri, jika Anda belum memiliki gambar yang ingin Anda upload.

Setelah Anda memilih dan memotong (crop) gambar. klik tombol panah di sudut kanan atas aplikasi.

Pemilih Foto Instagram

5. Memposting banyak foto di instagram (multiple image/carousel)

Apakah Anda memiliki beberapa foto dan ingin menguploadnya sekaligus dalam 1 postingan? Instagram memungkinkan Anda melakukan ini dengan fitur carousel-nya.

Fitur "Pilih Beberapa" Instagram untuk Posting Korsel

Saat Anda mengetuk foto atau video, pertama-tama klik ikon tepat di atas foto Anda di sebelah kanan yang terlihat seperti kotak bertumpuk. Setelah Anda mengklik ikon ini, Anda akan melihat nomor di sudut setiap gambar atau video yang Anda klik. Nomor ini sebagai urutan konten akan muncul di carousel. 

Selain cara di atas, anda bisa melakukan upload beberapa gambar dengan cara singkat yakni dengan mengklik dan tahan beberapa saat hingga muncul nomor urut yang tadi, lalu klik gambar lainnya untuk urutan selanjutnya, dan begitu seterusnya.

4. Pangkas gambar / Crop gambar

Anda tidak terbatas hanya pada gambar persegi atau kotak di Instagram. Anda sebenarnya dapat berbagi gambar horizontal (landscape) atau vertikal (portrait) juga. Untuk mendapatkan lebih banyak gambar Anda terlihat, cubit atau ciutkan layar foto yang dipilih di layar HP anda (lihat gambar).

Memotong Foto di Instagram oleh Pinching

Namun, meskipun Instagram mengizinkan opsi vertikal dan horizontal, gambar tetap harus sesuai dengan beberapa dimensi tertentu. Jadi, Anda mungkin masih perlu memotong sedikit foto Anda agar pas.

3. Pilih filter.

Instagram menyediakan 24 filter, untuk menggunakannya anda hanya perlu gulir ke kanan untuk membaca dengan teliti pilihan Anda, dan klik salah satunya untuk melihat pratinjau tampilannya di foto Anda.

Secara default, filter akan diterapkan dengan semaksimal mungkin. Namun, jika Anda ingin mengurangi intensitas filter, klik dua kali pada filter yang digunakan, dan selanjutnya anda bisa menyesuaikan filter sesuai kebutuhan anda.

Anda juga dapat mengklik ikon tongkat ajaib di bagian atas layar untuk menyesuaikan foto lebih lanjut secara otomatis.

Filter Instagram

6. Mengedit foto Anda.

Anda juga dapat mengklik “Edit” di kanan bawah untuk menyesuaikan gambar sesuai selera Anda.

Editor Foto Instagram

Berikut adalah opsi pengeditan yang ada di Instagram untuk Anda: 

  • Sesuaikan (Adjust) – Ini membantu memutar gambar secara halus di sepanjang bidang tengah, memberikan kemiringan ke kiri atau ke kanan sesuai dengan skala linier di bagian bawah layar.
  • Kecerahan (Brightness) – Ini membantu mencerahkan atau menggelapkan gambar. Yang harus Anda lakukan adalah menarik pemilih ke kiri untuk menggelapkan atau ke kanan untuk mencerahkan.
  • Kontras (Contrast) – Ini membantu menambah atau mengurangi intensitas warna gambar. Tarik pemilih ke kiri untuk mengurangi kontras atau ke kanan untuk lebih kontras (efek intensitas lebih tinggi).
  • Struktur (Structure) – Ini membantu untuk menambahkan efek seperti HD ke gambar, menghadirkan detail spesifik di foto Anda. Seret pemilih ke kanan untuk membantu gambar memiliki kesan pop.
  • Kehangatan (Warmth) – Ini membantu Anda menyesuaikan suhu foto. Seret pemilih ke kiri untuk menambah tone warna dingin pada gambar (kebiruan), atau seret pemilih ke kanan untuk menambah tone hangat pada gambar (kemerahan). 
  • Saturasi (Saturation) – Ini membantu Anda menyesuaikan saturasi warna pada gambar Anda. Seret pemilih ke kiri untuk menghilangkan saturasi gambar (full ke kiri jika Anda ingin tampilan monokrom/tanpa warna), atau seret pemilih ke kanan untuk warna yang sangat jenuh.
  • Warna (Color) – Filter ini memberi Anda sejumlah opsi warna untuk melapisi gambar Anda untuk efek warna yang menarik. Cukup pilih opsi warna Anda dan lihat bagaimana itu mengubah gambar di kotak pratinjau.
  • Pudar (Fade) – Ini melembutkan intensitas hitam pada gambar Anda untuk menciptakan efek foto “usang”. Cukup seret pemilih ke kanan untuk tingkat pudar yang lebih tinggi.
  • Sorotan (Highlights) – Ini membantu Anda mengontrol intensitas sorotan pada gambar Anda. Menyeret pemilih ke kiri akan menggelapkan sorotan pada gambar Anda sementara menyeret pemilih ke kanan akan meringankan sorotan pada gambar Anda.
  • Bayangan (Shadows) – Ini membantu Anda mengontrol intensitas bayangan di gambar Anda. Menyeret pemilih ke kiri akan menggelapkan bayangan di gambar Anda sementara menyeret pemilih ke kanan akan meringankan bayangan di gambar Anda.
  • Vignette – Ini menggelapkan sudut gambar, meninggalkan bentuk lingkaran di tengah. Seret pemilih sepenuhnya ke kanan untuk vinyet paling dramatis.
  • Pergeseran Kemiringan (Tilt Shift) – Ini membantu mengaburkan tepi gambar secara radial atau linier, menggambar fokus ke detail di tengah gambar.
  • Pertajam (Sharpen) – Ini membantu mempertajam detail tertentu dari gambar, menghadirkan tampilan yang lebih dramatis ke elemen yang lebih halus dalam foto.

Setelah selesai mengedit gambar yang ingin anda posting, klik tombol panah di sudut kanan atas untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya.

7. Tulis Caption Anda.

Jadilah kreatif dan tulis caption yang bagus dan menarik untuk disertakan dengan foto Anda. Karena teks dapat membantu mengoptimalkan posting Anda dalam pencarian Instagram..

Caption Instagram di Layar Postingan Baru

8. Gunakan hashtag untuk optimasi postingan.

Dengan fitur pencarian Instagram, pengguna dapat mencari berdasarkan hashtag. Jadi, Anda harus memastikan untuk menulis tagar atau hashtag yang relevan dalam teks Anda. Jika seseorang melakukan pencarian hashtag yang Anda tempatkan di keterangan Anda, mereka mungkin menemukan postingan Anda serta orang lain yang menyertakan posting yang sama.

9. Tag temanmu atau mention.

Ingin teman Anda atau pengikutnya melihat foto Anda berdua yang Anda posting? Tandai mereka!

Pada halaman postingan, Anda dapat mengklik “Tag Orang” untuk menandai akun Instagram lain di postingan Anda. Atau, Anda dapat menyertakan mereka (atau nama pengguna mereka yang diawali dengan simbol @) di keterangan Anda.

10. Tambahkan lokasi Anda.

Jika Anda sedang dalam liburan yang menyenangkan atau di acara tertentu dan Anda tidak ingin menyertakan informasi tersebut dalam caption Anda, Anda dapat menandai di mana Anda berada dengan cara lain. Pada halaman posting, klik “Tambah Lokasi” untuk menempatkan lokasi pada gambar Anda (yang memudahkan orang menemukan posting Anda).

Saat Anda memposting gambar atau video dengan lokasi, itu akan muncul di antara nama Anda dan blok konten pada feed instagram.

11. Gunakan Emoticon/emoji.

Dengan emoji bisa membuat teks Anda menjadi lebih menarik. Jika Anda mengetahui beberapa emoji relevan yang sesuai dengan postingan Anda, tempelkan di area teks. Misalnya, jika Anda memposting foto liburan, Anda dapat menyertakan pohon palem atau pesawat ️ untuk menunjukkan bahwa Anda terbang ke suatu tempat.

Berikut adalah emoji Instagram teratas yang dapat Anda gunakan: ❤️😍😘😂😊😎💕😉💋👍

Namun, perlu diingat bahwa ada banyak pilihan untuk menambahkan kesan pada postingan Anda.

Pastikan untuk tidak berlebihan dan memposting emoji hanya untuk mempostingnya. Jika Anda memposting emoji bowling bersama dengan foto pantai, itu jelas tidak masuk akal bagi orang-orang. Demikian pula, jika Anda memposting 20 emoji yang secara longgar berhubungan dengan sebuah postingan, Anda mungkin hanya akan mengganggu followers anda dan terkesan spam.

12. Bagikan postingan di platform media sosial lainnya

Terakhir, jika Anda ingin membagikan konten Anda di situs media sosial lain yang terhubung (seperti Facebook atau Twitter), cukup geser bilah dari kiri ke kanan.

Postingan yang Dibagikan Instagram di Layar Posting Baru

Saat Anda siap memposting, klik “Bagikan” di kanan atas.

Draf Tersimpan Instagram

Jika Anda belum siap untuk langsung memposting atau ingin mempostingnya nanti, Anda juga dapat menyimpannya ke Draf Tersimpan Instagram Anda . Cukup kembali ke langkah pemfilteran dan pengeditan, klik panah kembali di kiri atas, dan pilih “Simpan Draf.”

13. Mengedit Postingan Instagram

Typo terjadi pada semua orang! Jika Anda baru saja memposting sesuatu dan melihat kesalahan ejaan yang mencolok, jangan panik. Cukup klik tiga titik yang muncul di kanan di seberang nama Anda, lalu klik “Edit.”

Menu Edit Posting Instagram
Mengedit Postingan Instagram

Sekarang setelah Anda tahu cara posting di Instagram, Anda dapat mulai membuat konten untuk platform dan terhubung dengan audiens Anda. Jika Anda seorang bisnis atau brand, Anda pasti menginginkan strategi yang solid untuk mendapatkan engagement dan awareness. Demikian tutorial cara upload foto di Instagram lewat HP, semoga bermanfaat.

bagikan artikel ini jika bermanfaat:

Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Kembangkan Bisnis di Era Digital
layanan digital yang fleksibel sesuai kebutuhan anda

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

Habib Hidayat

Habib Hidayat

Praktisi digital marketing serta penulis, tidak ada yang benar-benar ahli yang ada adalah kemauan untuk terus belajar seiring perkembangan jaman