Social Media yang Efektif untuk Bisnis
Social Media yang Efektif untuk Bisnis

Social Media yang Efektif untuk Bisnis yang Baru di Rintis – Social media saat ini sudah menjadi hal yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat, baik dari lapisan masyarakat kelas menengah ke bawah maupun masyarakat kelas menengah ke bawah. Bahkan, hampir seluruh kegiatan seseorang bisa dengan mudah dilihat dari update status social media mereka. Social media sudah menjadi bagian yang sangat penting dan juga sekaligus bisa membranding suatu usaha maupun membranding diri seseorang. Baca juga Cara Sukses Jualan di Sosial Media

Bagaimana dengan social media untuk penerapan bisnis? Sama saja dengan social media untuk pribadi, social media untuk bisnis sekarang ini sudah banyak berkembang dan digunakan oleh sebagian besar pelaku usaha. Dengan adanya social media, mereka para pelaku usaha ini bisa dengan mudah berinteraksi dengan calon customernya. Adapun social media yang efektif untuk bisnis yang baru saja di rintis adalah sebagai berikut:

Daftar isi

Social Media yang Efektif untuk Bisnis

Facebook untuk Bisnis

Facebook untuk Bisnis
Facebook untuk Bisnis

Facebook merupakan media digital yang sampai saat ini masih terbanyak penggunanya. Hal ini adalah karena facebook sudah ada lebih dahulu dibandingkan dengan instagram, twitter maupun pinterest. Pengguna facebook juga dari berbagai kalangan, mulai dari yang muda sampai yang tua, yang orang biasa maupun orang- orang kaya atau orang- orang dengan strata menengah ke atas. Meskipun facebook dinilai sebagai media yang powerfull, bukan berarti media lain tidak bagus. Semua tergantung dari produk dan cara Anda menawarkannya.

Dengan facebook, Anda bisa membagikan gambar, foto, video, caption, status, teks, cerita maupun link. Anda juga bisa membuat facebook fans page untuk mempermudah menjaring konsumen. Bahkan, jika Anda mempunyai budget lebih Anda bisa menggunakan facebook ads untuk memasarkan produk Anda sehingga akan dikenal oleh banyak orang dan bahkan akan sesuai dengan target pasar Anda.

Instagram untuk Bisnis

Instagram untuk Bisnis
Instagram untuk Bisnis

Media social yang satu ini juga merupakan salah satu social media yang efektif dan banyak digunakan oleh para pebisnis baru. Hampir semua toko online menggunakan instagram sebagai media untuk memasarkan produknya. Selain instagram sangat mudah dijelajahi, tampilan dari instagram juga cukup unik dan menarik karena dari dashboard halaman pertama akan memperlihatkan deretan gambar saja. Saat gambar atau foto ini diklik baru akan muncul caption dan penjelasan mengenai gambar tersebut.

Di Instagram Anda juga bisa menyiarkan kegiatan Anda secara langsung atau live. Anda juga bisa membagikan video dalam bentuk penggalan cerita atau untuk durasi yang lebih lama bisa menggunakan igtv. Anda juga bisa mentag teman Anda saudara atau keluarga lainnya saat Anda membagikan foto atau cerita. Untuk kemajuan bisnis, Anda juga bisa menggunakan instagram ads sebagai media untuk beriklan.

Twitter untuk Bisnis

Twitter untuk Bisnis
Twitter untuk Bisnis

Twitter saat ini masih cukup efektif untuk berjualan. Media ini bisa kamu gunakan untuk mendapat target market yang lebih menyukai cuitan-cuitan di twitter. Menyasar pasar yang tepat dan membangun komunitas yang kuat bisa membuat usaha anda lebih survive dan sustain.

Anda bisa menggunakan teknik soft selling untuk berjualan di twitter. Banyak yang membuat tweat yang sensasional yang bertujuan untuk viral. Namun pada akhirnya tweat tersebut digunakan untuk media promo suatu produk atau layanan tertentu. Bahkan banyak yang memanfaatkan tweet tersebut untuk panjat sosial agar orang-orang juga mengunjuangi profil atau dagangannya.

Pinterest untuk Bisnis

Pinterest untuk Bisnis
Pinterest untuk Bisnis

Media yang terakhir ini juga cukup menarik. Tampilannya hampir mirip instagram, namun ada perbedaan yang sangat mencolok. Jika di instagram gambar- gambar atau foto- foto yang ingin Anda simpan terkesan tersembunyi dan tidak bisa diketahui oleh orang lain, di pinterest justru sebaliknya. Jika Anda menyukai gambar atau ingin menyimpan foto Anda cukup menandainya dengan mengklik tombol pin atau simpan dan menyimpannya difolder tertentu.

Demikian informasi tentang social media yang efektif untuk bisnis yang baru di rintis. Anda bisa menggunakan semua social media yang ada atau memilih beberapa saja diantaranya. Tidak ada salahnya jika anda juga membaca Bisnis Online Solusi Terbaik Untuk Memulai Usaha. Yang paling banyak menjangkau masyarakat sekarang ini adalah facebook dan instagram. Namun, social media lain juga berpengaruh sesuai dengan target customer yang ingin Anda bidik. Jangan lupa try and error sendiri sampai menemukan media yang tepat ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here