cropped-habibftcn-1.png
Logo Habibhidayat.com

Kenali Sistem Point of Sale dan Aplikasi Pilihannya

21 July 2021
Poin of Sales
Habib Hidayat
verified

Kenali Sistem Point of Sale dan Aplikasi Pilihannya – Para pelaku bisnis juga akan membutuhkan suatu layanan yang dapat mempermudah transaksinya. Layanan yang digunakan ini dikenal dengan istilah Point of Sale atau yang lebih dikenal dengan sebutan sistem POS. Pelaku bisnis akan mendapatkan kemudahan dengan menggunakan sistem POS, karena melalui layanan ini menandakan suatu transaksi telah selesai dilakukan.

Sistem POS ini diciptakan untuk memberikan kemudahan bagi pelaku bisnis dalam memproses pembayaran. Pada layanan ini akan menandakan penjual telah menerima sejumlah uang sesuai dengan harga yang ditetapkan pada suatu barang, dan pembeli sudah mendapatkan barang tersebut. Tidak heran apabila sistem POS ini disebut sebagai mesin kasir yang mampu merinci setiap pesanan pembeli.

Namun, mesin kasir tradisional akan memiliki perbedaan yang jauh, jika dibandingkan dengan POS. Sebab, sistem POS ini dikembangkan dengan menggabungkan perangkat keras dan juga perangkat lunak, yang menghasilkan mesin kasir canggih dan cocok untuk pelaku bisnis di era teknologi seperti sekarang ini. Sehingga, Anda yang memiliki bisnis akan cocok untuk menggunakan Point of Sale.

Pahami Pengertian Point of Sale untuk Bisnis

Kenali Sistem Point of Sale dan Aplikasi Pilihannya - Habib Hidayat
Pahami Pengertian Point of Sale untuk Bisnis

Point of Sale system adalah sebuah sistem yang sering digunakan oleh perusahaan retail atau perusahaan dagang untuk memberikan kemudahan pada dalam melakukan berbagai transaksi. Semua proses jual beli barang akan menjadi lebih mudah saat menggunakan sistem ini. Setiap rincian pembelian barang akan dimasukkan ke dalam sistem komputer menggunakan beberapa teknik, seperti input manual atau scan barcode.

Anda pasti pernah berbelanja di toko-toko retail, seperti supermarket atau minimarket. Sesudah memilih barang yang hendak dibeli, maka seluruhnya akan dibawa ke meja kasir. Petugas kasir tersebut akan melakukan scan barcode dari setiap barang yang hendak Anda beli, dan otomatis komputer akan menunjukkan nama barang dan harganya. Setelah seluruh barang belanjaan Anda di-scan, maka komputer akan menampilkan totalan dari belanjaan.

Selanjutnya Anda akan menerima struk saat melakukan pembayaran dari setiap item barang yang telah ditotal. Pada struk pembayaran tersebut akan tampil barang apa saja yang dibeli, dengan jumlah, harga, hingga totalan pembayaran, dan pengembalian ketika Anda menggunakan uang lebih. Di sinilah sistem Point of Sale diterapkan pada komputer-komputer di supermarket atau minimarket.

Saat ini hampir seluruh sektor perdagangan menggunakan sistem POS yang sangat membantu dalam mempermudah setiap transaksi. Anda dapat menemukan sistem ini pada rumah makan, coffee shop, laundry, hingga apotek kini menerapkan sistem POS. Point of Sale ini memang terbukti memberikan kemudahan operasional, khususnya untuk transaksi jual beli. Bisa dibayangkan jika harus diperhitungkan secara manual, sementara antrian terus bertambah.

Manfaat Point of Sale untuk Pelaku Bisnis

Manfaat Point of Sale untuk Pelaku Bisnis
Manfaat Point of Sale untuk Pelaku Bisnis

Point of Sale  memiliki keuntungan yang luar biasa untuk para pelaku bisnis. Seperti yang telah disebutkan bahwa sistem operasional akan lebih efektif jika Anda memanfaatkan teknologi untuk turut serta dalam pencapaian efisiensi waktu dan lain sebagainya, terkait transaksi jual dan beli. Ada pertanyaan yang pernah muncul terkait perdagangan retail yang tidak menggunakan sistem POS, apakah akan melumpuhkan transaksi?

baca juga :  Bisnis Online Solusi Terbaik Untuk Memulai Usaha

Jawaban, tentu bukan melumpuhkan transaksi, tetapi lebih pada tingkat efektifitas yang sulit diraih. Sistem operasional pada bisnis ada baiknya juga mengikuti perkembangan era teknologi, karena untuk mencapai efektifitas transaksi jual beli di toko Anda. Stok barang yang dimiliki akan semakin banyak, ketika toko yang dimiliki juga berkembang. Bisa dibayangkan bagaimana jika Anda harus melakukan seluruhnya secara manual.

Mulai dari stok barang, report, hingga pencatatan transaksi penjualan setiap harinya akan jauh lebih mudah diketahui ketika Anda menerapkan sistem Point of Sale pada komputer yang dimiliki. Sistem POS ini memiliki keuntungan untuk pelaku bisnis dalam mempermudah pengecakan stok, karena akan secara otomatis barang masuk dan keluar tercatat.

Mencatat pendapatan, pengeluaran, keuntungan menjadi lebih mudah jika Anda menggunakan sistem POS. selain itu, Anda akan menghemat budget, karena dengan sistem POS, Anda tidak lagi perlu menambah orang yang dapat menghitung secara tepat setiap transaksi yang dilakukan, karena semuanya bisa dilakukan secara otomatis. Anda yang tidak mengerti dengan perhitungan marketing pun akan dipermudah jika menggunakan POS.

Manfaat Point of Sale bagi Pelanggan

Point of Sale ternyata tidak hanya memberikan keuntungan bagi pelaku bisnis saja, tapi juga mampu memberikan banyak keuntungan untuk para pelanggan yang berbelanja di toko Anda. Keuntungan pertama yang akan didapatkan pelanggan apabila berbelanja di toko yang menerapkan sistem POS yaitu mempermudah pesanan. Teknologi POS ini juga bisa memberikan kemudahan bagi Anda dalam melakukan pemesanan.

Saat ini banyak restoran yang sudah menerapkan teknologi POS, sehingga pemesanan tidak kan lagi repot mengantri menu, Anda hanya tinggal menyebutkan apa yang diinginkan, dan membayarnya, kemudian menunggu sejenak. Teknologi POS inilah yang banyak digunakan juga pada restoran siap saji. Sebab, POS kini tidak hanya bisa di-install pada perangkat komputer saja, tapi melalui tablet pun bisa diterapkan.

Pelanggan tidak akan mengalami rasa jenuh menunggu dengan berdiri, karena dengan sistem Point of Sale, pelanggan bisa menunggu di mejanya masing-masing hingga pesanan siap untuk diambil. Begitu juga pada supermarket dan minimarket, seluruh barang Anda hanya perlu di-scan barcode, dan seluruh totalan dapat diketahui dengan sangat cepat. Inilah yang menjadi keuntungan selanjutnya yang dapat dirasakan oleh pelanggan.

Seluruh pelanggan Anda akan merasakan betapa efisien layanan yang diberikan oleh toko yang menerapkan sistem POS. Selain itu, pelanggan juga akan mendapatkan metode pembayaran yang lebih fleksibel lagi, karena seiring dengan perkembangan teknologi juga turut membuat metode pembayaran dan sistem POS ikut berkembang. Pelanggan dapat membayar belanjaannya menggunakan uang tunai, debit, atau kredit, hingga e-wallet.

Bisa dipastikan dengan menerapkan sistem Point of Sale pada toko, apapun jenis penjualan barangnya, akan memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak, pelaku bisnis dan pelanggannya. Kemudahan yang dijanjikan dengan menerapkan POS ini sudah banyak dibuktikan, dan semuanya akan menjadi mudah dalam hal operasional toko, serta pelayanan jauh lebih memuaskan, karena lebih cepat jika harus menggunakan kasir manual.

Manfaat Penerapan Point of Sale untuk Perkembangan Bisnis

Manfaat Penerapan Point of Sale untuk Perkembangan Bisnis
Manfaat Penerapan Point of Sale untuk Perkembangan Bisnis

Ketika Anda memiliki sebuah toko retail, maka selalu posisikan diri menjadi pelanggan agar mereka selalu betah dan kembali lagi untuk berbelanja. Sebab, banyak kejadian pemilik toko retail lupa memposisikannya sebagai pelanggan, dan memberikan dampak kepada kelanggengan toko yang dimiliki. Tidak sekedar lengkap, pelanggan suka layanan yang ramah dan juga cepat.

baca juga :  Strategi Meningkatkan Penjualan Online dan Offline

Banyak toko yang lengkap, tapi cara pelayanan yang tidak ramah atau cenderung lambat, maka membuat pelanggan akan beralih ke toko sebelah. Sehingga Anda harus berusaha untuk menjadi pelaku bisnis yang mampu menghadirkan suasana nyaman kepada para pelanggan untuk selalu kembali ke toko untuk membeli berbagai barang. Selain itu, pastikan untuk menggunakan sistem Point of Sale yang membuat layanan semakin cepat.

Anda bahkan bisa mengubah beberapa hal di dalam sistem POS, yang meliputi stok barang, jenis barang, ataupun diskon harga. Semuanya bisa dilakukan secara mudah, dan bisa membuat proses operasional jadi lebih efisien. Selain itu, penerapan sistem POS ini juga akan membuat toko Anda jadi lebih maju, karena memungkinkan pelanggan untuk memilih sendiri metode pembayaran atas pembelian barang yang dipilih.

Sistem Point of Sale saat ini hadir lebih modern dengan ragam metode pembayaran yang bisa pelanggan pilih sesuka hati. Sebab, di era teknologi ini sistem pembayaran untuk belanja barang ada banyak metode, mulai dari uang tunai, debit, kredit, atau bahkan uang elektronik atau e-wallet, seperti GoPay, Dana, LinkAja, dan lain sebagainya. Jelas ini akan menambah kenyaman pelanggan Anda untuk terus berbelanja.

Ketahui Perbedaan Cloud POS dengan Tradisional POS

Seiring dengan perkembangan dari teknologi, POS juga menjadi lebih canggih, yang tadinya hanya berupa sistem yang tradisional, maka kini sudah ada yang dilengkapi dengan sistem cloud. Tentunya kedua jenis ini memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing dalam menghadirkan sistem POS yang sangat menunjang kemudahan transaksi bisnis. Akses data pada sistem tradisional POS hanya bisa dilakukan dengan satu alat saja.

Berbeda dengan akses data pada sistem cloud POS yang bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi, sehingga Anda dapat mengaksesnya meski tidak berada di tempat kerja. Tradisional POS lebih memiliki risiko terhadap hilangnya data yang disimpan pada komputer saat mengalami gangguan atau kerusakan, karena tidak dibekali backup seperti yang ada pada cloud POS. Point of Sale yang tradisional membutuhkan biaya mahal untuk instalasi.

Sebab, software tradisional POS hanya dapat dipasang oleh seorang teknisi, dan akan membutuhkan biaya maintenance setiap bulannya. Sementara pada cloud POS, Anda bisa melakukannya dengan sistem sewa yang dibayarkan setiap setahun sekali. Aplikasi Electronic Point of Sale tidak perlu alat yang canggih untuk install, tapi tetap harus compatible. Bahkan, ada beberapa EPOS yang gratis bisa dimanfaatkan oleh Anda.

Aplikasi Mokapos

Aplikasi yang pertama direkomendasikan untuk Anda ialah Mokapos yang akan cocok untuk pelaku usaha kecil dan juga besar. Kegiatan operasional Anda dapat didukung dengan memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia di dalamnya. Bahkan, Anda dapat membuat laporan bisnis kapan saja dari data di aplikasi Mokapos Point of Sale ini.

Aplikasi ini memiliki beberapa keunggulan teerkait fleksibelitasnya. Anda bisa mengkases aplikasi Mokapos kapan saja dan di mana saja, sehingga tidak harus mengaksesnya melalui tempat kerja. Mokapos juga sangat mendukung pembayaran dari berbagai bank ternama di Indonesia yang dapat diproses dengan mesin EDC.

Aplikasi Pawoon

Aplikasi Point of Sale yang juga direkomendasikan untuk Anda ialah Pawoon yang akan memberikan sistem secara gratis, dan ini cocok untuk pebisnis yang baru saja memulai bisnisnya. Aplikasi ini akan membantu Anda dalam mencatat setiap transaksi jual beli. Selain itu, Pawoon juga menyediakan Anda fitur cutomer relation management, yang bisa memberikan kesempatan kepada konsumen menyampaikan pengalamannya.

baca juga :  Ini Dia Rahasia Meningkatkan Brand Awareness Secara Efektif

Feedback yang didapatkan dari konsumen ini bisa memberikan kepada Anda untuk melakukan perbaikan atau peningkatan terhadap pelayanan atau produk yang dijual. Sehingga, toko Anda akan mendapatkan kepercayaan yang lebih dalam memberikan layanan yang terbaik kepada pelanggan. Pawoon juga menyediakan sistem kredit usaha kepada Anda, dan bisa dimanfaatkan sebagai tambahan modal.

Aplikasi Point of Sale untuk bisnis dari Pawoon ini juga sudah menyediakan metode pembayaran dari seluruh Bank di Indonesia. Sehingga akan semakin mempermudah transaksi penjualan, dan juga memberikan peluang yang lebih luas lagi bagi Anda yang berminat untuk mengajukan pinjaman dana melalui Pawoon.

Aplikasi Olsera

Anda yang menggarap bisnis retail atau online shop, maka akan dianjurkan memilih aplikasi Olsera. Aplikasi ini sangat fleksibel, karena dapat di-install ke berbagai smartphone, baik android atau ios. Semua jenis perangkat dapat menggunakan aplikasi Olsera untuk membantu proses transaksi jual beli lebih mudah dan juga cepat. Anda tidak perlu khawatir soal data penjualan dan transaksi, karena Olsera mampu menghadirkan secara detail dan akurat.

Aplikasi Point of Sale Olsera ini banyak dipilih oleh pelaku bisnis online, yang pastinya memerlukan ketelitian dalam perhitungan penjualan, dan akan menciptakan feedback yang terbaik dari pelanggannya. Olsera akan memberikan kemudahan kepada Anda untuk membantu sistem operasional yang lebih memuaskan. Bisnis Anda akan semakin lancar dengan sistem perhitungan yang tepat dan akurat pakai Olsera.

Olsera juga akan memungkinkan Anda melakukan pembagian pembayaran, meski dalam satu waktu pemesanan. Sebab, sering dijumpai pelanggan yang melakukan pemesanan secara banyak, yang ternyata akan dilakukan pembayarannya oleh masing-masing atau secara terpisah. Anda tidak akan mengalami kebingungan dalam pembagiannya, marena Olsera menyediakan fitur pembagian pembayaran.

Anda yang memiliki bisnis retail konvensional atau bisnis online ada baiknya mulai melakukan semuanya secara lebih efektif dengan memanfaatkan aplikasi Point of Sale. Pilih aplikasi yang akan sesuai dengan kebutuhan Anda dalam menjalankan bisnis untuk mencapai target penjualan yang diinginkan. POS sangat memudahkan Anda dalam mencatat setiap transaksi, dan memberikan banyak keuntungan bagi bisnis dan juga pelanggan.

Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

Subscribe yuk!!!

jangan lewatkan artikel menarik lainnya

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Habib Hidayat

Habib Hidayat

Praktisi digital marketing serta penulis, tidak ada yang benar-benar ahli yang ada adalah kemauan untuk terus belajar seiring perkembangan jaman

Featured Post

Tertarik untuk kerjasama?

content placement, backlink, penulisan artikel, pembuatan website, digital marketing, dll.