Perkembangan Pesat Social Enterprise di Indonesia

0
55
Perkembangan Pesat Social Enterprise di Indonesia
Perkembangan Pesat Social Enterprise di Indonesia

Social Enterprise mungkin kata itu masih asing bagi sebagian orang di Indonesia. Lalu bagaimana dengan kata entrepreneur mungkin lebih sering terdengar dan lebih familiar di telinga anda, entrepreneur adalah seseorang yang secara mandiri menghidupi dan memenuhi segala kebutuhannya dari hasil usaha yang ia kembangkan. Istilah ini sangat umum digunakan dan dilakukan oleh generasi sebelumya, yang sukses membangun usahanya dan mendapatkan keuntungan dari hal tersebut.

Namun, bagaimana dengan Social Enterprise? Apakah kata ini cukup asing? Ya, social enterprise marak digunakan akhir-akhir ini, konsep ini cukup berkembang di kalangan milenial atau generasi muda yang ada. Social enterprise atau yang dapat kita artikan dengan perusahaan sosial adalah sebuah penggabungan antara ide dasar berdagang yaitu mencari keuntungan dengan konsep berbagi untuk memenuhi kebutuhan bersama/kebutuhan sosial masyarakat.

Sehingga, dari yang awalnya entrepreneur memenuhi kebutuhan pribadi secara mandiri, berkembang menjadi social enterprise, yaitu memenuhi kebutuhan sosial bersama yang menggunakan asas manfaat kepada lingkungan sekitar sebesar-besarnya. Bagaimana ide ini dapat berkembang? Di bawah ini akan dijelaskan secara singkat.

Awal Mula Perkembangan Social Enterprise di Indonesia

Seseorang yang mau melakukan kegiatan berbasis Social Enterprise haruslah memiliki passion, semangat, dan dedikasi yang tinggi untuk mengabdi kepada masyarakat. Karena dalam kegiatan yang berbasis social enterprise, seseorang tidak lagi bisa memikirkan atau mencari profit saja dalam membangun sebuah usaha. Semangat dan dedikasi dalam mengabdi kepada masyarakat tentu sangat dibutuhkan karena hal inilah yang paling krusial di antara kebutuhan lainnya.

Seorang entrepreneur seharusnya telah selesai dengan urusannya sendiri, sehingga ia tidak lagi setengah-setengah dalam mengabdi kepada masyarakat untuk kepentingan bersama agar apa yang ia lakukan semata-mata memang untuk membangun kestabilan ekonomi, bukan hanya demi profit yang berlimpah.

Negara berkembang seperti Indonesia tentu memerlukan banyak pelaku social enterprise agar dapat membantu mengurangi masalah kemiskinan, ketimpangan pendidikan, kurang meratanya ekonomi, dan masalah lainnya seperti kesehatan, hal ini juga dapat membantu membuka lapangan pekerjaan agar dapat mewujudkan Indonesia yang lebih maju.

Banyak hal yang dapat dikembangkan dengan ide dasar social enterprise, setidaknya ada 4 bidang yang paling menjanjikan untuk social enterprise saat ini, sesuai dengan Sustainability Development Goals (SDG) yaitu:

1.Keterjangkauan Energi

Berbagai upaya telah dilakukan untuk mendukung energi terbarukan dan terjangkau, dalam usahanya, sejumlah dana yang dikeluarkan tidaklah sedikit untuk mengoptimalkan energi ini menjadi lebih berkembang lagi.

2.Pekerjaan Yang Layak

Isu ini telah menjadi perbincangan hangat di Indonesia, bagaimana buruh dipekerjakan dengan semena-mena dan diupah jauh di bawah Upah Minimum yang layak, sehingga, hal ini perlu mendapat perhatian khusus mulai dari sekarang.

3.Pertanggungjawaban dalam Bidang Produksi dan konsumsi.

Sudah menjadi rahasia umum tentang bagaimana produksi dan konsumsi yang mubadzir, saat ini, banyak gerakan yang menghimabu untuk mengurangi hal ini. Selain karena penghematan biaya, juga karena masyarakat kini telah aware terhadap keramahan lingkungan hidup

4.Perhatian Khusus Terhadap Perubahan Iklim

Kini, berbagai golongan telah menyuarakan pendapatnya juga gerakan-gerakan dalam melindungi bumi, pemerintah dan masyarakat harus bahu-membahu dalam merawat bumi kita bersama, juga menyelamatkan lingkungan hidup.

Agar social enterprise yang anda lakukan dapat berjalan dengan baik, perhatikan mengenai keseimbangan profit dan impact, kepercayaan dari para channel yang anda ajak untuk bekerja sama, menentukan salary yang layak, dan bagaimana cara terbaik untuk mengenalkan business model ini kepada publik. Baca juga 10 Pekerjaan yang akan Digantikan Robot

Carilah cara paling kreatif dalam mengenalkan dan membuat publik percaya kepada bisnis anda, tebarkan kebaikan sebanyak mungkin, dan jagalah semua kepercayaan yang anda punya, atur keuangan bisnis anda sebaik mungkin, dedikasi yang tinggi akan membuat orang mempercayai anda dengan mudah.

Bagaiamana menurut kamu tentang Social Enterprise di Indonesia. Di era digital seperti sekarang ini kita dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif terhadap perubahan atau perkembangan jaman yang sangatb cepat. Semoga artikel di atas bermafaat dan terima kasih

Tinggalkan Komentar