cropped-habibftcn-1.png
Logo Habibhidayat.com

Kenali Pengertian Target Pasar, Salah Satu Faktor Penting Penentu Keberhasilan Sebuah Bisnis

18 July 2021
Kenali Pengertian Target Pasar, Salah Satu Faktor Penting Penentu Keberhasilan Sebuah Bisnis
Habib Hidayat
verified

Kenali Pengertian Target Pasar, Salah Satu Faktor Penting Penentu Keberhasilan Sebuah Bisnis – Bisnis apapun yang dijalankan, tujuan akhirnya adalah untuk mendapatkan keuntungan, terutama keuntungan secara finansial. Untuk mewujudkannya maka dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat. Sekalipun produk Anda berkualitas tetapi strategi pemasaran yang diterapkan tidak tepat, maka jangan harap produk Anda akan laku di kalangan konsumen.

Akan tetapi, strategi pemasaran pun akan tidak berguna dan jadi sia-sia ketika sasaran dari pemasaran produk yang dibuat ternyata tidak tepat atau salah sasaran. Oleh karena itu, menentukan target atau sasaran pemasaran menjadi titik penentu awal bisnis yang dijalankan akan dibawa ke mana dan ini juga menjadi salah satu kunci keberhasilan yang tidak boleh dianggap sepele.

Pengertian Target Pasar

Pengertian Target Pasar
Pengertian Target Pasar

Istilah target pasar atau market target tentunya sudah tidak asing di telinga banyak orang meskipun secara pengertian masih belum dipahami sepenuh. Pengertian dari market target ini adalah sekelompok orang yang menjadi target atau sasaran penjualan produk yang Anda jual atau bisa juga disebut sebagai konsumen yang akan dilayani menggunakan produk yang akan Anda buat dan jual.

Bisa dikatakan bahwa suatu market target adalah calon pembeli potensial yang harus mendapatkan semua informasi tentang produk dengan tujuan akhir pembelian produk yang Anda tawarkan. Penentuan market target ini merupakan langkah strategi pemasaran pertama yang perlu dilakukan supaya bisa menjalankan strategi pemasaran yang tepat dan efektif sesuai dan sudah disesuaikan dengan target.

Jika ingin mendapat hasil yang tepat, maka menentukan target market tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Anda harus mengumpulkan data terlebih dahulu kemudian lakukan segmentasi konsumen berdasarkan ciri-ciri atau sifat yang sama. Apabila Anda sudah bisa menentukan target market yang tepat maka itu akan membantu dalam penjualan produk sehingga sukses dan berhasil.

Manfaat Target Pasar

Manfaat Target Pasar
Manfaat Target Pasar

Secara garis besar, manfaat dari mengetahui target pasar bisa membantu memastikan pemasaran yang dilakukan tepat sasaran. Hal ini berguna untuk mengukur tingkat keberhasilan penjualan serta nantinya berguna untuk meningkatkan penjualan. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa manfaat spesifik dari market target untuk bisnis yang Anda jalankan.

Meningkatkan Penjualan

Pernah merasa bahwa penjualan produk Anda tidak mengalami perkembangan sama sekali? Kemungkinan besar ada yang salah dengan market target yang sudah Anda tentukan atau justru Anda belum menentukan market target sama sekali. Apabila fokus Anda sudah tepat sesuai dengan sasaran maka produk Anda bisa terjual lebih cepat dibandingkan dengan kompetitor. Simak selengkapnya tentang Strategi Digital Marketing untuk Meningkatkan Penjualan.

Bukan hanya itu saja, Anda pun akan lebih mudah dalam melakukan pengembangan produk dan membuat inovasi. Anda bisa memanfaatkan data dari market target dalam menentukan produk macam apa yang lebih disukai oleh konsumen Anda. Jika Anda bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan, dampaknya adalah kesetiaan pelanggan meningkat sehingga akan terus memberi produk dari brand milik Anda.

baca juga :  Cara Membuka Bisnis Online Tanpa Modal Paling Diminati

Mengetahui Budget Tepat yang Dibutuhkan untuk Pemasaran

Proses pemasaran produk tentunya membutuhkan biaya dan penetapan budget untuk pemasaran bisa ditentukan apabila Anda sudah mengetahui target pasar yang akan dituju. Apabila tidak menentukan atau mengetahui market target terlebih dahulu Anda bisa saja membuang waktu dengan menyasar semua kalangan dan itu bisa mempengaruhi biaya pemasaran yang sangat membengkak.

Penjualan Anda bisa saja tinggi karena Anda menyasar semua target tapi, bagaimana dengan keuntungan yang diperoleh? Nilai keuntungan yang Anda dapatkan akan kecil karena biaya pemasaran yang Anda keluarkan sama besarnya. Cara seperti itu tentunya tidak efektif dan membuang-buang uang pada tempat yang tidak semestinya. Adanya market target bisa membantu mengalokasikan dana pada dan di saat bersamaan mendapatkan keuntungan.

Mampu Mengantisipasi Persaingan dengan Kompetitor dengan Baik

Persaingan dalam dunia bisnis memang tidak bisa dihindarkan akan tetapi itu bisa diantisipasi. Kuncinya tentu saja terletak pada mengetahui market target dan melihat produk yang ditawarkan oleh kompetitor. Anda bisa menciptakan produk yang memiliki keunggulan yang tidak ditawarkan kompetitor dan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh market target yang Anda sasar. Mengetahui market target bisa membantu Anda tampil berbeda.

Memudahkan dalam Mempersiapkan Konten Promosi

Membuat suatu iklan atau promosi tentunya harus disesuaikan dengan target pasar yang dituju. Semakin sesuai konten promosi yang disuguhkan, semakin tertarik pula konsumen atau pelanggan terhadap produk yang ditawarkan. Apabila semuanya sudah tepat maka penjualan Anda dijamin bisa naik dengan pesat dan pemasaran bisa dilakukan secara maksimal. Baca selengkapnya tentang cara promosi produk dengan digital marketing.

Sasaran konsumen ini nantinya bisa membantu dalam menentukan jenis media yang akan digunakan untuk melakukan promosi. Melalui media cetak, media elektronik konvensional seperti TV maupun radio, atau justru melalui media sosial yang lebih banyak digunakan oleh anak muda. Penentuan ini semua harus berdasarkan pertimbangan dan data target audience dari produk yang akan Anda promosikan.

Membangun Komunikasi dengan Pelanggan Demi Kemajuan Bisnis

Menjalin komunikasi dengan pelanggan adalah satu tindakan penting yang berguna untuk mencari tahu apa yang dibutuhkan oleh konsumen. Dengan mengetahui market target, Anda sudah tahu siapa saja yang perlu dilibatkan dalam upaya komunikasi ini dan informasi yang diperoleh pun akan lebih presisis karena sasarannya sudah tepat. Ini bisa membantu Anda dalam mengembangkan produk baru yang akan ditawarkan.

Menarik Investor

Salah satu unsur yang mendukung suatu bisnis tetap berjalan adalah dengan adanya investasi. Apabila Anda ingin ada pihak lain yang memberikan investasi ke bisnis yang Anda jalankan maka harus menunjukkan bisnis yang dijalankan terencana dengan baik, memiliki visi misi yang jelas dan tidak lupa memahami target pasar. Dengan begitu, para investor akan lebih yakin untuk melakukan investasi dan kerja sama.

6 Faktor yang Harus Diperhatikan dalam Menentukan Target Pasar

6 Faktor yang Harus Diperhatikan dalam Menentukan Target Pasar
6 Faktor yang Harus Diperhatikan dalam Menentukan Target Pasar

Sebelum menentukan market target, Anda perlu memperhatikan beberapa faktor penting dalam target pemasaran ini. Faktor penentu ini bisa membantu Anda mempermudah dalam menentukan target pemasaran dan juga menentukan keberhasilan pemasaran produk. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa faktor penting yang perlu diperhatikan dalam menentukan market target.

Pertama adalah ukuran segmen yang biasanya disesuaikan dengan ukuran perusahaan atau bisnis. Perusahaan besar cenderung memilih segmen pasar besar dan perusahaan kecil cenderung memilih segmen pasar kecil. Adanya penyesuaian segmen ini tentunya disesuaikan dengan kemampuan masing-masing perusahaan dalam mencapai target perusahaan yang sudah ditentukan.

baca juga :  Yang Dilakukan Sebelum Membangun Bisnis Online

Kedua adalah faktor pertumbuhan segmen, karena ada beberapa segmen target pasar yang awalnya kecil ternyata bisa tumbuh menjadi sangat besar. Anda harus jeli dalam melihat tanda-tanda perkembangan segmen pasar tersebut untuk mempersiapkan diri meningkatkan produksi ketika perkembangannya semakin pesat. Pada dasarnya, segmen pasar kecil adalah segmen yang potensial, di mana pertumbuhan sering terjadi.

Ketiga adalah analisa situasi yang harus dilakukan dengan teliti dan cermat sebelum menentukan market target. Analisa dilakukan dengan analisis SWOT dan melibatkan konsumen, pemasok juga distributor. Keempat, sumber daya yang dimiliki dan diperoleh oleh perusahaan. Anda harus berhati-hati ketika sumber daya diperoleh hasil kerja sama dengan pihak luar karena baik keuntungan dan kerugian (resiko) akan ditanggung bersama.

Selanjutnya adalah biaya yang harus dikeluarkan untuk mencapai suatu segmen, di mana hal ini harus disesuaikan dengan kegiatan pemasaran. Hal ini perlu dilakukan dengan teliti supaya tidak menimbulkan kerugian karena sudah mengeluarkan biaya besar pada segmen pasar yang tidak tepat. Sehingga faktor terakhir yang perlu diperhatikan adalah kesesuaian tujuan. Pastikan perusahaan selalu fokus pada satu segmen dan tidak berpindah ke segmen pasar lain tanpa perencanaan yang matang.

Tahapan dan Cara Menentukan Target Pasar

Ada beberapa langkah yang perlu dilalui sebelum akhirnya menentukan target pasar dari usaha atau bisnis yang Anda jalankan. Karena ini merupakan suatu hal yang penting maka harus dipastikan bahwa setiap langkahnya dilakukan dengan baik dan benar. Berikut adalah beberapa langkah yang perlu diambil untuk menentukan market target yang tepat.

Mulai dengan Asumsi

Segala sesuatu dimulai dengan suatu asumsi, begitu juga dalam menentukan market target. Asumsikan bahwa Anda akan menjual suatu produk kemudian persiapkan produk tersebut untuk dipasarkan. Cara termudah saat ini dipasarkan melalui berbagai online marketplace. Misalnya, Anda menjual produk fashion dengan desain yang unik dan ditujukan untuk kalangan muda yang menyukai desain tidak biasa dan berbeda.

Cermati Persaingan Pasar

Langkah kedua adalah mencermati persaingan pasar karena setiap bisnis pasti ada persaingannya, baik itu besar ataupun kecil. Apabila Anda mampu mencermati persaingan pasar dengan baik maka Anda bisa melihat celah yang bisa dimanfaatkan untuk memenangkan hati pelanggan supaya bisa membeli produk yang Anda tawarkan dengan beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh kompetitor.

Lakukan Komunikasi dengan Konsumen

Langkah selanjutnya adalah langkah nyata yang sebenar-benarnya di mana Anda harus melakukan komunikasi langsung dengan calon target pasar yang sedang Anda coba bentuk dan tentukan. Cari tahu kebutuhan dari konsumen dan cari tahu juga bagaimana produk yang sudah Anda buat saat ini membantu para konsumen dalam kehidupan mereka. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan survey atau bertanya langsung kepada konsumen.

Dengan melakukan komunikasi ini Anda bisa menentukan hasil akhir produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen dan menyingkirkan fitur atau layanan yang tidak dibutuhkan, setidaknya untuk saat ini. Tindakan ini juga bisa membuktikan asumsi awal Anda dalam menentukan market target sebelumnya sehingga bisa mendapatkan pasaran dan produk yang lebih sesuai dan pas.

Manfaatkan Analytic Tools

Di zaman serba canggih seperti sekarang ini, Anda harus pintar-pintar memanfaatkan segala teknologi yang ada. Salah satu teknologi yang bisa dimanfaatkan dan membantu Anda menentukan market target adalah analytic tools. Dengan menggunakan alat ini Anda bisa mengetahui tren yang sedang ramai digunakan oleh masyarakat sehingga membantu Anda dalam menentukan market target.

baca juga :  Mengenali Jiwa pengusaha Dalam Diri Kita

Salah satu analytic tools yang bisa Anda manfaatkan adalah Google Trend. Dengan menggunakan alat ini Anda bisa mengetahui apa saja yang sering atau banyak dicari melalui peramban Google. Selain bisa membantu Anda menentukan target pasar, data yang disuguhkan oleh peralatan analitik ini bisa membantu dalam membentuk produk yang dibuat supaya sesuai dengan kriteria yang banyak dicari oleh pengguna.

Ciptakan Buyer Persona

Sebelum bisa menentukan sasaran pemasaran yang sesungguhnya, terkadang Anda membayangkan target yang akan dituju untuk pemasaran produk tersebut. Inilah yang disebut dengan buyer persona atau penggambaran sosok calon pembeli atau pengguna. Anda bisa mulai membayangkan ciri fisik, jenis kelamin, usia, gaya hidup serta di mana calon konsumen Anda tinggal. Analytic tools bisa membantu Anda membentuk buyer persona.

Jelaskan Keunggulan Produk

Langkah selanjutnya adalah menjelaskan keunggulan produk yang Anda miliki. Sekalipun produk Anda lebih unggul dari produk yang dimiliki oleh kompetitor Anda, tapi Anda tidak memberikan penjelasan apapun mengenai keunggulan yang dimiliki oleh produk maka itu pun akan percuma. Dengan memberikan penjelasan keunggulan produk maka itu akan jadi bahan pertimbangan konsumen dalam memilih.

Berikan penjelasan mengenai bagian-bagian yang memang dijagokan oleh produk tersebut. Misalnya saja mengenai berbagai fitur yang akan memudahkan dalam penggunaan sehari-hari untuk produk-produk yang mengutamakan fitur. Atau manfaat yang akan dirasakan oleh pengguna apabila menggunakan produk secara rutin dan lain sebagainya, disesuaikan dengan produk yang ditawarkan.

Ciptakan Brand Positioning

Langkah terakhir dalam menentukan target pasar adalah melakukan brand positioning. Branding produk bisa sangat mempengaruhi keberhasilan penjualan produk di pasaran karena tidak bisa dipungkiri banyak orang lebih cenderung memilih produk yang ternama. Selain itu, dengan brand positioning yang baik maka market target pun akan tercipta dengan baik juga. Oleh karenanya, Anda harus bisa menjaga brand yang sudah Anda miliki supaya memiliki potensi pasar yang maksimal.

bagikan artikel ini jika bermanfaat:

Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

Kembangkan Bisnis di Era Digital

layanan digital yang fleksibel sesuai kebutuhan anda

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Habib Hidayat

Habib Hidayat

Praktisi digital marketing serta penulis, tidak ada yang benar-benar ahli yang ada adalah kemauan untuk terus belajar seiring perkembangan jaman

Featured Post

Tertarik untuk kerjasama?

content placement, backlink, penulisan artikel, pembuatan website, digital marketing, dll.