Beranda Artikel Peluang Bisnis di Internet sebagai Affiliate Marketing

Peluang Bisnis di Internet sebagai Affiliate Marketing

0
60
Peluang Bisnis di Internet
Peluang Bisnis di Internet

Peluang Bisnis di Internet sebagai Affiliate Marketing – Perkembangan teknologi membawa perubahan dan juga perkembangan, termasuk juga pada profesi atau bidang kerja baru, baik itu yang baru sama sekali ataupun yang merupakan pengembangan atau transformasi. Salah satu peluang bisnis di internet itu adalah di bidang affiliate marketing.

Belum banyak yang tahu mengenai bisnis online untung besar ini. Banyak ide peluang usaha modal kecil, affiliate marketing ini juga salah satunya, suatu peluang usaha dari rumah yang tidak akan menyita banyak waktu, yang bahkan dapat terus menghasilkan meski ditinggal tidur, dan menariknya lagi  bisnis sebagai affiliate marketing ini tidak membutuhkan modal yang besar juga, namun bisa memberi penghasilan yang cukup banyak dan besar. Jika ditanya mengenaibisnis online dengan modal kecil, maka affiliate marketing bisa menjadi salah satu jawabannya. Peluang usaha dengan modal minim ini bahkan bisa dijalankan tanpa modal sama sekali dalam kondisi tertentu.

Jadi jika ingin melakukan usaha sampingan online tanpa modal, maka bisa mencoba usaha sebagai affiliate marketing ini. Bagi yang ingin kaya dari affiliate marketing, maka simak pembahasannya berikut ini.

Pengertian Affiliate Marketing

Affiliate marketing ialah suatu peluang bisnis di internet yang merupakan transformasi pekerjaan yang dalam dunia offline sering disebut sebagai  makelar atau perantara, sebenarnya pekerjaan ini merupakan gabungan antara sales dengan makelar, untuk singkatnya dan mudahnya maka bisa juga jika pekerjaan affiliate marketing ini disebut sebagai pemasok traffic.

Jadi tugas peluang bisnis di internet sebagai affiliate marketing itu adalah menarik sebanyak mungkin calon pembeli ke link web affiliate merchant nya hingga melakukan suatu pembelian atau berbelanja di web affiliate merchant tersebut, lalu berdasarkan nilai pembelian tadi maka affiliate marketing akan mendapatkan komisi sebesar beberapa persen, yang ketentuannya diatur dan ditawarkan oleh pihak merchant affiliate nya.

Komisi yang diberikan dari peluang bisnis di internet tadi tidak akan tertukar antara satu affiliate marketing yang satu dengan affiliate marketing yang lainnya, karena bisa ditelusuri asal kedatangan pembeli, atau histori transaksinya.Peluang bisnis di internet di bidang affiliate marketing ini merupakan jenis peluang bisnis di internet yang dapat mendatangkan penghasilan pasif. Pekerjaan ini juga relatif cukup mudah bagi pemula, oleh karenanya akhir-akhir ini menjadi kian populer di kalangan pelaku bisnis online, baik itu yang berada di luar maupun yang ada di dalam negeri.

Jenis produk yang dijual oleh affiliate marketer itu juga sangat bervariasi, dan banyak macamnya, yakni mulai dari suatu alat elektronik, atau banyak juga yang berupa produk kecantikan, ataupun pakaian, serta alat rumah tangga, hingga produk perbankan dan asuransi juga, dan lain sebagainya, sebagai contoh suatu program affiliasi yang cukup populer pada saat ini ialah program affiliasi yang diselenggarakan oleh merchant affiliate Amazon, atau Clickbank, atau Google Affiliate, dan lain sebagainya, banyak juga web yang berasal dari dalam negeri yang juga menyekenggarakan program affiliate ini.

Cara Kerja Affiliate Marketing

Cara kerja peluang bisnis di internet sebagai affiliate marketing itu ialah pertama-tama, untuk menjadi affiliate marketer harus mendaftarkan diri dulu ke merchant marketing, yakni pihak pemilik website yang menyelenggarakan program affiliate tersebut atau yang disebut sebagai web afiliasi, guna mendapatkan suatu link afiliasi. Lalu link tersebut harus dipromosikan bisa dengan tautan di website atau blog Anda atau di sosial media ataupun forum-forum online, dan lain sebagainya. Kemudian jika ada yang melakukan klik melalui link tersebut dan juga melakukan pembelian, maka Anda akan mendapatkan komisinya.

Perbedaan antara peluang bisnis di internet sebagai Affiliate Marketing dengan Reseller

Mungkin masih banyak yang bingung dan belum bisa membedakan antara seorang affiliate marketing dengan reseller. Jika reseller itu biasanya harus membeli sejumlah tertentu produknya lalu mendapatkan keuntungan dari selisih harga grosir produk dengan harga pasar per satuan ecerannya, maka affiliate marketing ini sama sekali tidak harus membeli produknya, jadi dapat dikatakan tanpa modal sama sekali. Namun sebaiknya sebagai affiliate marketing itu juga harus sudah mengenal baik segala kelebihan dan kekurangan dari produk yang dijadikan sebagai affiliate merchant nya termasuk juga produk dari merchant pesaingnya, sang kompetitor.

Kemudian penghasilan sebagai affiliate marketing itu adalah dari komisi yang telah disepakati bersama antara pihak affiliate merchant dengan affiliate marketingnya. Perbedaan lainnya lagi adalah biasanya reseller akan mendapat persentase yang lebih besar, dikisaran lebih dari 20%, sedangkan sebagai affiliate marketing komisinya biasanya adalah di kisaran sekitar 10% atau 20% dari nilai transaksi jualnya.

Daftar Affiliate Indonesia

Sudah cukup banyak juga perusahaan di Indonesia yang menyelenggarakan program afiliasi dan menjadi merchant marketing. Perusahaan-perusahaan tersebut bergerak di berbagai bidang, yang bisa dibedakan menjadi berbagai jenis kategori bidang usaha.

Berikut ini adalah beberapa daftar merchant affiliate Indonesia yang membuka kesempatan peluang bisnis di internet sebagai affiliate marketing sebagai berikut.

Kategori Retailer

Kategori Produk Digital

Kategori Produk Pakaian, Fashion dan Aksesoris Perhiasan

Kategori Produk Aneka Gadget dan Aksesorisnya

Kategori Produk Tiket Perjalanan

Kategori Produk Buku

Kategori Kursus di Bidang Internet

Kategori Produk Kesehatan

Kategori Produk Hasil Ternak

Kategori Produk Properti

Dan lain sebagainya.

Kelebihan dan Kekurangan Affiliate Marketing

Tak ada yang sempurna di dunia ini, pasti ada kelebihan dan juga kekurangannya, termasuk juga untuk jenis peluang bisnis di internet ini. Kelebihan dari bisnis affiliate marketing ini iakah tak perlu modal banyak, bahkan bisa dijalankan tanpa perlu mengeluarkan biaya sepeserpun dalam kondisi tertentu, dan juga cukup mudah dijalankan, tidak menyita banyak waktu pula.

Selain itu juga tak perlu mengeluarkan biaya karyawan, bahkan bisnis bisa tetap berjalan secara otomatis sambil ditinggal tidur atau melakukan pekerjaan yang lain, selama 24 jam, juga tak perlu melakukan stok produk dan lain sebagainya, sangat mudah, praktis dan tidak merepotkan. Baca juga tentang Mengenal Konsep Digital Marketing Lebih Dalam.

Namun ada juga kekurangan atau kelemahannya, yakni sangat bergantung pada pihak merchant affiliate, yang akan membuat ketentuan aturan sesuai kebutuhannya, bisa juga dibuat aturan secara sepihak, termasuk juga mengenai besaran komisinya, yang bisa juga akan berubah sewaktu-waktu dan juga jika akan menghentikan program afiliasinya sewaktu-waktu, padahal banyak affiliate marketing yang sudah terlanjur mempromosikannya di mana-mana dan menaruh tautan linknya di berbagai tempat.

Begitu juga jika telah banyak pesaing sesama affiliate marketing, maka peluang potensi mendapatkan buyer atau deal transaksi juga akan semakin kecil dan berkurang sehingga akan mempengaruhi juga komisi yang bisa didapat, dan lain sebagainya. Itulah peluang bisnis di internet sebagai affiliate marketing.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Komentar