Cara Optimasi Pinterest Untuk Meningkatkan Visitor Blog

0
34
Cara Optimasi Pinterest Untuk Meningkatkan Visitor Blog
Cara Optimasi Pinterest Untuk Meningkatkan Visitor Blog

Cara Optimasi Pinterest Untuk Meningkatkan Visitor Blog – Bagi Anda yang tahu Pinterest pasti tidak asing lagi dengan aplikasi ini, tapi bagi Anda yang tidak tahu Pinterest, sebaiknya Anda harus mencari tahu tentang aplikasi ini dan untuk apa kegunaannya. Sedikit bocoran, Pinterest merupakan aplikasi pinboard online yang digunakan untuk mengumpulkan berbagai multimedia dari berbagai website, kegunaannya sama seperti Facebook, Twitter, ataupun Instagram.

Pinterest
Pinterest

Aplikasi ini juga dapat membantu Anda untuk menyebarluaskan konten blog Anda, tapi pasti Anda pasti akan lebih sering mendengar dari para expert social media bahwa Instagram, Facebook, dan Twitter adalah aplikasi yang sangat disarankan oleh mereka bagi Anda yang ingin membuat konten dan menyebarluaskannya. Anda dapat dengan mudah menemukan banyak sekali pinboard untuk dicari mulai dari resep masakan, wallpaper, design art, tatto ideas and many more.

Anda hanya perlu mengetik apa yang Anda inginkan di sana maka Anda akan mendapatkan apa yang Anda cari. Nah pasti diantara kalian banyak yang bertanya tentang bagaimana Cara Optimasi Pinterest Untuk Meningkatkan Visitor Blog, disini kami akan menjelaskan bagaimana caranya dan juga dapat memberikan ide bagi Anda untuk memaksimalkan konten blog Anda.

Mengapa Pinterest bisa meningkatkan visitor blog Anda ? mari simak penjelasan berikut.

  • Pin yang Anda buat di Pinterest bisa tersebar jauh dibandingkan dengan sebuah tweet.
  • Pin yang Anda buat dapat meningkatkan pageviews dan page visit
  • Pinterest akan selalu menginformasikan kepada para visitors Anda tentang karya-karya terbaru yang Anda buat melalui E-mail.
  • Website-website E-commerce mendapatkan 78 cents dollar untuk setiap pin yang mereka buat.

Jika raksasa E-commerce seperti Wal-Mart, Apple, dan Lowe’s menggunakan Pinterest sebagai strategi marketing mereka, apa salahnya jika Anda mencoba ? Don’t give up untill you success, keep on your way and enjoy the proccess.

Langkah dan Cara Optimasi Pinterest

Sekarang langsung saja ke Cara Optimasi Pinterest Untuk Meningkatkan Visitor Blog. Simaklah langkah-langkah yang harus Anda lakukan.

Membuat Akun Pinterest

First thing first adalah membuat akun Pinterest terlebih dahulu, setelah Anda membuat akun Pinterest, Anda dapat mengubah dari akun personal menjadi akun bisnis. Jikalau Anda tidak ingin menggunakan Pinterest sebagai strategi online marketing maka Anda cukup menggunakan akun personal saja.

Akan tetapi lain halnya jika Anda ingin menggunakan Pinterest sebagai strategi online marketing, maka sangat disarankan untuk mengubah akun personal Anda menjadi akun bisnis terlebih dahulu dengan mendaftarkan diri Anda di Pinterest For Business. Setelah terdaftar jangan lupa untuk memverifikasikan akun bisnis Pinterest Anda dengan blog pribadi yang Anda punya.

Dengan memverifikasikan blog Anda dengan akun Pinterest ini akan mempermudah Anda untuk melihat repins, traffic akun serta perkembangan akun pinterest Anda. Untuk menghubungkan blog dan akun Pinterest, Anda dapat melihat di pengaturan/setting pinterest Anda.

Setelah mengatur blog dan akun Pinterest Anda, jangan lupa untuk mengisi bio Pinterest Anda. Ini dilakukan agar memudahkan visitors Anda yang ingin melihat karya Anda di platform lain. Pastikan link blog Anda tercantum di akun Pinterest. Satu hal lagi adalah jangan lupa untuk menambahkan profil image Anda.

Usahakan profil image yang Anda gunakan di Pinterest sama dengan yang Anda gunakan di platform lain seperti Facebook, Instagram dan Twitter. Isi bio di akun Pinterest Anda supaya menarik para visitors dan jangan lupa sekali lagi untuk mencantumkan link blog Anda. Siapa tau para visitors tertarik membaca blog Anda. Ingat mudahkan para visitors untuk membaca karya-karya Anda.

Ada beberapa keuntungan lain jika Anda menggunakan akun bisnis Pinterest, keuntungannya yaitu Anda dapat mengakses Pinterest Analytics dan juga Rich Pins. Pinterest Analytics membantu Anda melihat perkembangan akun Anda sedangkan Rich Pins membuat pin yang Anda buat lebih kaya akan informasi dan detail seperti judul artikel, sebuah peta dan bahkan rating film.

Rich Pins membuat pihak Pinterest lebih percaya dengan konten yang Anda buat. Selain Rich Pins dan Pinterest Analytics, ada juga beberapa fitur Pinterest yang membuat Anda bisa lebih cepat mengembangkan konten di Pinterest Anda. Beberapa fitur tersebut yaitu :

  • Pinterest Guides
  • Marketing Blog
  • Video Library

Fokus Dengan Deskripsi Gambar

Setiap kali Anda membuat pin pasti disitu tertera deskripsi gambar. Kebanyakan dari para konten kreator di Pinterest hanya menambahkan beberapa kata tentang gambar tersebut. Untuk memaksimalkan gambar dan juga memanfaatkan deskripsi yang tersedia dibawah gambar maka kami akan menyarankan beberapa cara untuk memaksimalkan kolom deskripsi dibawah gambar yaitu :

  • Tulis deskripsi yang menjelaskan tentang gambar yang Anda unggah agar para visitors mengerti maksud dari gambar tersebut.
  • Berikan tulisan setidaknya 2-3 kalimat agar membantu para visitors mengerti tentang apa yang baru saja mereka pin.
  • Gunakan kalimat-kalimat positif yang menarik minat para visitors.
  • Gunakan kata seperti “Klik untuk melihat selengkapnya” atau “cek disini” untuk menarik minat para visitors.

Kualitas Gambar Yang Anda Gunakan

Ini adalah salah satu aspek penting lainnya yang harus diperhatikan oleh Anda sebagai konten kreator di Pinterest. Pastikan Anda menggunakan kualitas gambar tinggi agar para visitors tertarik. Jika Anda menggunakan gambar dengan kualitas rendah, maka itu akan membuat minat para visitors berkurang.

Gambar dengan kualitas tinggi akan sangat menarik para visitors, dengan begitu maka traffic visitors pada akun Pinterest Anda akan bertambah. Gunakan warna-warna yang cerah agar mendapatkan lebih banyak repins dari para visitors selain itu gunakanlah red tones sebagai sentuhan untuk visual Anda karena itu akan berpeluang mendapatkan lebih banyak repins dibandingkan blue tones.

Lalu image yang mempunyai warna-warna yang terang memiliki peforma 20 kali lipat lebih baik dibandingkan visual yang memiliki warna-warna bertemakan gelap.  Font yang digunakan pada text juga sangat berpengaruh pada visitors Anda. Semakin menarik font yang Anda gunakan pada visual yang Anda punya maka itu akan meningkatkan visitors. Untuk itu kami sarankan Anda mencari font yang menarik di Google Fonts

Temukan Audience Dan Berkembang

Salah satu faktor suksesnya strategi marketing Anda adalah audience. Semakin banyak audience maka semakin sukses strategi yang Anda gunakan. Jika Anda berhasil mengumpulkan banyak audience maka semakin sibuk pula traffic blog Anda dan itu bisa membuat Anda semakin untung banyak. Interaksi antar audience menjadi sangat penting karena bisa saja para audience bisa mengshare ke teman-teman yang belum pernah melihat blog Anda dan itu sangat berguna untuk menambahkan lebih banyak audience.

Bergabung Dengan Group Board Pinterest

Dengan bergabung dengan group board di pinterest Anda akan dengan mudah membangun jaringan audience dan saling membantu dengan orang sesama konten kreator di Pinterest untuk meningkatkan traffic visitors dan menambah audience.

Nah itu dia cara optimasi pinterest untuk meningkatkan visitor blog, semoga bermanfaat dan dapat menambah audience dan juga meningkatkan visitors traffic di akun dan blog Anda. Terimakasih!

Tinggalkan Komentar