Cara Ampuh Meningkatkan Repeat Order

Bagi anda yang menjalankan bisnis tentunya menginginkan produk atau jasa anda selalu diminati dan mendapatkan pelanggan yang loyal bahkan sampai order berkali-kali karena merasakan kepuasan dari service yang anda tawarkan. Nah apa saja sih kiat-kiat meningkatkan repeat order?

0
41
Cara Ampuh Meningkatkan Repeat Order
Cara Ampuh Meningkatkan Repeat Order

Cara Ampuh Meningkatkan Repeat Order Orang bilang kesulitan paling besar adalah ketika bisnis baru dimulai. Memang tak salah juga. Tetapi ketika justru bisnis sudah berjalan justru disitulah perjuangan sebenarnya baru saja mulai. Kita yang sudah punya klien atau langganan, dituntut untuk selalu bisa memberikan servis bagi mereka. Tujuannya hanya satu supaya mereka setia.

Mungkin terdengar aneh kenapa si pelanggan harus setia pada kita. Mentor bisnis saya pernah bilang, kalau membuat orang selalu membeli barang dari kita secara terus menerus itu sulit sekali. Masalahnya di luar sana saingan semakin banyak, barang atau jasa pengganti pun sudah ada, atau memang kita sendiri yang pelayanannya kurang memuaskan sehingga mereka pergi. Baca juga 10 Cara Meningkatkan Pelanggan dengan Memanfaatkan Email Marketing.

Bagaimana Meningkatkan Repeat Order

Secara garis besar, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan supaya pelanggan menjadi loyal, sebagai berikut:

Layani Pelanggan Dengan Prima

Terlepas dari kualitas barang yang Anda jual, setiap  pelanggan pada dasarnya ingin selalu diperlakukan istimewa. Ada beberapa diantaranya memang yang sangat memperhitungkan bagaimana kualitas pelayanan Anda tanpa peduli dengan barang atau jasa yang dijual. Oleh karena itu upayakan beri mereka pelayanan yang tanpa cela supaya meningkatkan repeat order bisnis Anda.

Contoh pelayanan yang bisa membuat pelanggan menambatkan hati hanya pada Anda adalah admin yang cepat tanggap baik saat pemesanan, maupun aduan kurang puas. Adanya manager yang cekatan sehingga bisa memberikan jalan keluar bagi masalah yang dihadapi konsumen dengan tepat. Dukungan website atau perangkat digital lain yang mumpuni. Kecepatan dan ketepatan pengiriman barang juga akan disukai pelanggan, dan masih banyak lagi.

Memberikan Hadiah Untuk Penjualan Berikutnya

Siapa yang tidak suka dapat hadiah, begitupun pelanggan Anda. Harga produk Anda tak murah, cukup high class, tapi ternyata mereka tetap membelinya. Dengan penentuan harga di atas rata-rata dan masih laris adalah tanda bahwa pelanggan Anda sudah tepat sasaran. Yang perlu dilakukan hanya tinggal memastikan mereka tinggal bersama Anda.

Jangan ragu memberikan mereka misalnya voucher untuk belanja berikutnya yang sesuai dengan nominal minimum pembelanjaan saat ini. Secara tidak langsung Anda memaksa mereka belanja kembali dan akan meningkatkan repeat order.

Mengadakan Program Member Get Member

Anda mungkin tak sadar bahwa sekarang ini apapun hadiah yang Anda berikan tidak peduli besarnya akan memiliki kemungkinan bisa menjadi sarana promosi gratis. Pelanggan yang loyal tanpa diminta pun akan membagikan momen mendapatkan hadiah dari Anda ke media sosial mereka. Kala itulah Anda diuntungkan karena tahu punya pelanggan setia dan berpotensi menggaet pelanggan baru di lingkungan dia.

Nah, bagaimana kalau Anda benar memberikan mereka hadiah jika teman lingkaran terdekatnya benar-benar melakukan transaksi? Tanpa diminta saja mereka akan merekomendasikan Anda ke temannya, apalagi jika ditambah iming-iming hadiah. Pelanggan akan makin rela, deh, untuk jadi corong promosi Anda.

Selalu Memberikan Penawaran Menarik Bagi Pelanggan Tetap

Memanjakan pelanggan lama akan meningkatkan repeat order Anda. Sediakan program khusus untuk mereka yang sudah beberapakali order pada Anda. Misalnya saja setelah 5 kali transaksi dapat diskon, atau pembelian kesekian dapat hadiah langsung.

Sebarkan penawaran promosi kepada mereka yang loyal itu pun secara pribadi, entah melalu spam baik di whatsapp, email, atau sms apabila sudah lama mereka tak bertransaksi. Hal ini memberikan keyakinan bahwa Anda selalu terhubung baik dengan mereka.

Hindari Bertanya Hal Yang Seharusnya Anda Sudah Tahu

Jangan lupa juga menyimpan seluruh database dengan lengkap; alamat, nomor telepon aktif, akun media sosial, dan email pribadinya, pelanggan Anda untuk tahu pasti mana diantaranya yang pelanggan setia. Kalau sudah sering melakukan transaksi artinya Anda tak perlu menanyakan hal data pribadi yang sama berulang-ulang hanya untuk jasa kurir juga, kan?

Namun perlu sesekali Anda mengirimkan email atau pemberitahuan lewat chatting pribadi untuk sekedar menyapa, update produk baru atau memberikan promo terkait bisnis Anda. Baca juga tentang Cara Tingkatkan Pengunjung dengan SEO.

Mendokumentasikan Testimoni Pelanggan Dengan Rapi

Pelanggan akan makin senang dengan Anda apabila bisa menjadi teman. Tidak perlu harus curhat, namun ada kalanya kita membeli barang/jasa karena diskusi dengan penjualnya nyambung dan tidak memaksa. Itulah juga yang terjadi untuk meningkatkan repeat order.

Tak perlu selalu memaksa untuk membeli barang, namun meminta tanggapan mereka atas layanan dan produk kita pun bisa dilakukan. Hati-hati jaga perasaan, jangan gampang baper. Kadang input dari mereka bisa jadi tidak sesuai harapan, tapi itu lebih baik daripada harus menemukan komen mereka kesangkut di tempat yang tak kita inginkan.

Segala bentuk apresiasi postif pun harus Anda dokumentasikan untuk tayang di media sosial bisnis. Sebelumnya tentu harus meminta persetujuan mereka kalau akan menayangkan tanggapannya menjadi sebuah testimoni.

Menanggapi Keluhan dan Protes Dengan Bijak

Namanya bisnis tak semua akan memberikan kepuasan bagi pelanggan. Yang bisa Anda lakukan hanyalah memastikan yang mengeluh dan protes tidak terlalu banyak. Jangan sampai pula malah bisa berkoar-koar ke luar yang tak bisa Anda kontrol.

Keluhan adalah bentuk kekecewaan, sehingga ada kemungkinan tidak meningkatkan repeat order Anda. Akankah dia tinggalkan Anda? Itu tergantung bagaimana Anda menanggani keluhannya.

  • Jangan menyanggah atau banyak alasan, namun berikan penjelasan secara benar mengenai keluhannya tersebut.
  • Menerima keluhannya dengan lapang dada, disertai permohonan maaf dengan cara yang baik.
  • Menjanjikan layanan yang lebih baik ke depan.
  • Memberikan hadiah atas keluhannya yang disampaikan dengan baik kapada Anda.

Menyediakan Customer Servis Yang Cekatan

Mungkin terdengar sederhana, namun punya garda terdepan yang pandai menjawab dan bernegosiasi adalah penting. Seorang admin yang melayani keluhan servis harus orang yang sabar dan legowo. Mereka harus punya pengetahuan dan keterampilan bicara yang baik, serta rasa empati dan mengayomi yang besar.

Selalu Melakukan Inovasi

Inovasi adalah kunci bisnis yang langgeng. Jangan ragu dan takut mencoba segala macam cara yang benar untuk meningkatkan repeat order produk Anda. Dengan inovasi baru maka pelanggan tak akan punya kesempatan untuk cari barang atau jasa lain. Karena sesungguhnya seluruh jenis promosi, layanan pra dan after sales hanya milik Anda yang unggul.

Yang terakhir tidak lain adalah kualitas produk dan jasa yang selalu tepat standar. Bagaimanapun orang akan melakukan pembelian kembali apabila mendapat manfaat dari produk dan jasa yang dia beli. Jika ada sedikit saja kekurangan, kecil kemungkinan dia akan setia.

Meningkatkan repeat order adalah salah satu dari sekian banyak cara meningkatkan bisnis. Bayangkan jika produk yang kita jual bisa dibeli secara rutin oleh mereka maka secara tidak langsung akan memberikan pemasukan yang rutin pula untuk Anda. Biaya mempertahankan pelanggan lama pun terkadang lebih murah daripada mencari yang baru, karena mereka cenderung sudah paham seluk beluk produk dan bisnis Anda.

Tinggalkan Komentar