Pengusaha yang sukses sudah tentu memiliki karakter dan cara berpikir yang berbeda dengan kebanyakan orang. Lalu, bagaimana mengenali jiwa pengusaha tersebut dalam diri kita? Simak artikel di bawah baik-baik, dan cari jiwa pengusaha dalam dirimu!

Tanyakan pada dirimu sendiri, apa impianmu?

Akan banyak jawaban yang datang dari masing-masing, apakah kamu ingin menjadi orang biasa saja, artis terkenal, direktur di sebuah perusahaan besar, atau malah memiliki sebuah bisnis sendiri,

Tanyakan pada dirimu sendiri, mengenai cita-citamu ataupun hal-hal yang ingin kamu lakukan selam 5-10 tahun ke depan, yakinkan dirimu bahwa itu memang pilihanmu dan kamu sudah tahu mengenai resiko dan dinamika di dalamnya. Apakah kamu berani menghadapi mimpimu sendiri, atau akhirnya menyerah dan berdiam diri?

Apakah ada teman dekatmu yang seorang pengusaha?

Amati lingkungan sekitarmu, teman-teman bermainmu atau rekan kerjamu, siapakah mereka?
Mungkin ada pengusaha, karyawan, bisnis pemula, dan sebagainya.
Amati bagaimana mereka bekerja, berhubungan dengan orang lain, dan menyelesaikan masalah. Cari tau kebiasaan mereka, lingkunganmu sedikit banyak akan mendeskripsikan dirimu sendiri, jika kamu mau tau lebih banyak, tanyakan pada mereka bagaimana mereka menjalani keseharian mereka, dan bagaimana mereka memotivasi diri mereka sendiri dalam melakukan banyak hal, gali ilmu sebanyak-banyaknya!

Menurutmu, seberapa penting sekolah dalam kehidupanmu?

Sangat penting, penting, biasa saja, sampai tidak penting.
Sekolah adalah salah satu cara untuk mencapai impian dan kesuksesan, namun, sekolah bukan satu-satunya cara. Belajar adalah hal yang perlu kita lakukan di manapun dan kapanpun, baik di sekolah maupun di luar sekolah, jangan sepelekan hal-hal yang bisa kita pelajari di sekolah, jangan lupa untuk terus belajar di luar sekolah.

Kita semua bisa belajar banyak hal di luar sekolah, belajar mengenai semua ilmu yang ada di sekitar kita, mulai dari belajar pada guru, teman sejawat, orang yang lebih tua, mereka yang lebih muda, dari mulai profesi pengusaha, penulis, tukang becak, maupun petani.

Mereka memiliki keahlian masing-masing yang bisa kamu pelajari dan pilih, mana yang akan menjadi tujuanmu, apakah menjadi petani yang sukses dengan perkebunannya atau menjadi guru yang mengabdi untuk masyarakat sekitar, atau mungkin pengusaha terbaik yang memakmurkan daerahnya, selamat memilih, ya!

Apa yang akan kamu lakukan jika ingin memulai bisnis, namun tidak memiliki modal?

Kamu mungkin memiliki banyak jawaban di kepala, bisa jadi kamu akan bersabar sampai uang modal terkumpul, atau kamu akan menabung bertahun-tahun, mengajak temanmu untuk membangun bisnis bersama, atau mengambil resiko dengan meminjam uang.

Seorang pengusaha memiliki karakter tertentu dalam bisnisnya, yakinkan dirimu yang mana kah yang akan kamu pilih.
Jangan takut mengambil resiko, namun perlu dipikirkan matang-matang bagaimana caramu dalam menghadapi resiko tersebut jika di kemudian hari kamu gagal. Menyerah atau kembali berusaha? Pastikan kamu memahami karaktermu sendiri sebelum memastikan akan menjadi siapa kamu di masa mendatang. Baca juga Cara Optimasi Tokopedia untuk Seller Baru 2019

Jangan terburu-buru dalam mengambil langkah, perhatikan kesiapan kamu dalam memulai bisnis dan cita-citamu. Pantang menyerah dan berani dalam mengambil keputusan juga perlu kamu miliki saat menjadi seorang pengusaha. Jangan biarkan rasa malas mengalahkanmu, atau rasa takut. Jadikan karakter seorang pengusaha tertanam dalam dirimu sendiri saat memulai usahamu di masa depan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here