Mengenal Konsep Digital Marketing Lebih Dalam

0
45
Mengenal Konsep Digital Marketing
Mengenal Konsep Digital Marketing

Mengenal Konsep Digital Marketing Lebih Dalam – Pernahkah anda menjumpai iklan saat bermedia sosial? atau saat menoonton youtube anda melihat video yang untuk di skip. Itulah contoh dari bentuk digital marketing. Salah satu cara menaikkan suatu bran atau meningkatkan penjualan produk atau jasa adalah dengan menerpakan konsep digital marketing.

Penggunaan iklan berbasis digital sekarang ini mulai banyak dipakai oleh usaha kecil menengah. Tujuan digital marketing ini pun bermacam-macam, dari yang hanya untuk menaikkan awareness hingga konversi atau penjualan.

Konsep Digital Marketing

Konsep Digital Marketing
Konsep Digital Marketing

Pentingnya penggunaan konsep digital marketing ini secara tidak langsung mengharuskan para brand yang berkecimpung di bisnis online untuk menerapkannya. Alasanya karena sudah banyak pesaing atau competitor yang sudah menggunakannya. Jadi mau tidak mau anda juga perlu menerapkannya untuk mengurangi dominasi dari kompetitor. Lalu seberapa pentingkah konsep digital marketing untuk sebuah bisnis. Mari kita simak penjelasan di bawah ini.

Pengertian Digital Marketing

Digital Marketing adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan pemasaran suatu produk  atau layanan tertentu dengan menggunakan media digital. Tujuan akhirnya tentunya adalah konversi, sebelum customer menjadi closing tentunya perlu mentargetkan pasar yang tepat. Membangun interaksi antara brand dengan audience.

Seperti yang kita ketahui bahwa perkembangan teknologi yang sangat cepat mendorong para marketer juga menyesuaikan strategi pemasaran mereka berdasarkan arah pasar yang ada. Kebiasaan sehari-hari masyarakat sekarang yang tidak lepas dari media digital, menjadi alasan utama penerapan konsep digital marketing.

Konsep digital marketing mulai dikenal sejak tahun 1990an. Trend digital marketing terus berkembang hingga banyak yang mengunakannya sehingga iklan di media digital dan online juga semakin banyak. Efeknya masyarakat juga cenderung untuk berbelanja online.

Pengertian digital marketing menurut para ahli juga memiliki definisinya masing-masing. Menurut Ridwan Sanjaya dan Josua Tarigan, digital marketing adalah kegiatan pemasaran termasuk branding dengan penggunaan berbagai media berbasis situs web. Contohnya seperti blog, website, e-mail, adwords, dan berbagai macam jaringan sosial media.

Sedangkan menurut Coviello, Milley and Marcolin (2001:26). Digital marketing yaitu menggunakan teknologi interaktif untuk menghubungkan penjual dan pembeli.

Heidrick & Struggless (2009;1) juga berpendapat bahwa Digital marketing adalah menggunakan perkembangan dunia digital untuk melakukan periklanan yang tidak digembar-gemborkan secara langsung akan tetapi impactfull.

Menurut Kleindl dan Burrow (2005) Digital marketing adalah suatu proses perencanaan dan pelaksanaan dari konsep, ide, harga, promosi dan juga distribusi. Secara sederhana dapat diartikan sebagai pembangunan dan pemeliharaan hubungan yang saling menguntungkan antara produsen dan konsumen.

Elemen Digital Marketing

Semua aktivitas dalam digital marketing memiliki 3 elemen utama sebagai berikut :

  1. Lalu Lintas (Traffic)
  2. Interaksi Hubungan (Engagement)
  3. Pembelian (Konversi)

Traffic adalah lalu lintas atau kunjungan oleh sesorang ke suatu media atau tempat tertentu. Pada dasarnya semakin banyak pengunjung akan semakin besar juga peluang mereka untuk membeli. Dalam dunia bisnis traffik atau pengunjung sangat penting dan berharga.

Nah disinilah peran digital marketing yang bertugas untuk mendatangkan pengunjung sebanyak-banyaknya. Cara yang digunakan pun bermacam-macam, dari mulai beriklan hingga membuat event khusus lainnya.

Engagement adalah interaksi hubungan antara brand atau bisnis dengan pengunjung atau pengikutnya. Pentingnya kedekatan sebuah brand dengan audiencenya. Karena akan lebih mudah mengkonversi mereka untuk menjadi loyal customer. Anda bisa membangun hubungan ini melalui social media, messaging platform, atau retargeting campaign.

Dalam membangun hubungan sebuah brand atau bisnis harus mampu memberikan solusi dan jawaban. Serta pada akhirnya mampu mendorong customer untuk memilih bisnis kita sebagai solusi permasalahan mereka.

Konversi adalah kegiatan mengubah pengunjung menjadi pelanggan. Untuk meningkatkan tingkat konversi  anda butuh kemampuan untuk meyakinkan pengunjung terhapad bisnis yang anda tawarkan.

Untuk mendorong tingkat konversi tentunya banyak faktor dari mulai pelayanan, teknik closing, CTA, follow up, dll. Jadi, anda juga perlu mengedukasi tim sales anda tentang hal-hal di atas. Akan percuma apabila traffic dan enggagement sudah bagus namun koneversinya masih kurang maksimal.

Maka dari itu, pentingnya menentukan tujuan yang jelas dalam strategi digital marketing. Berapa banyak audience yang akan dijaring, target pengunjung yang melakukan interaksi hingga presentase konversi dari setiap leads yang masuk. Untuk lebih lanjutnya silahkan pelajari artikel berikut 8 Elemen Dasar dalam Digital Marketing.

Kelebihan Digital Marketing

Tren digital marketing di tahun 2020 yang banyak digunakan oleh perusahaan atau usaha kecil menengah (UKM) yang menyasar pasar online atau digital menjadi bukti bahwa digital marketing mempunyai banyak kelebihan dan manfaat. Berikut ini adalah beberapa kelebihan digital marketing. Anda bisa mempelajari lebih lanjut tentang 11 Manfaat Digital Marketing secara lebih lengkap.

  1. Jangkauan yang Luas
    Dengan memanfaatkan media internet dan digital dengan pemasaran digital mampu menjangkau pasar yang luas dan besar tanpa harus bersusah payah memikirkan jangkauan di suatu daerah yang jauh.
  2. Penyebaran yang Cepat
    Dengan hanyam koneksi internet dan optimasi yang cukup mudah dengan digital marketing mampu mempromosikan sebuah campaign dengan cepat. Kita bisa menentukan berapa banyak jangkauan yang kita inginkan bahkan dalam rentang waktu tertentu.
  3. Biaya yang Murah
    Dengan digital marketing atau pemasaran digital kita tidak perlu membuat anggaran yang rumit. Kita hanya perlu menyeting berapa budget promosi kita dan iklan akan berjalan sesuai anggaran yang kita buat.
  4. Promosi yang Efektif
    Digital marketing merupakan strategi promosi yang paling efektif yaitu cepat, mudah, murah. Tidak perlu memikirkan berapa brosur yang harus dicetak, siapa yang akan menyebar brosur, dll.
  5. Evaluasi yang Mudah
    Dengan digital marketing atau digital advertising kita langsung bisa tahu data yang dihasilkan oleh iklan kita. Kita bisa menganalis dan mengevaluasi langsung untuk kebutuhan iklan selanjutnya.
  6. Membangun Brand
    Dengan digital marketing dengan banyak manfaat di atas mampu meningkatkan nilai dari sebuah brand (brand value). Membangun kepercayaan pelanggan, serta meningkatkan kesadaran seseorang akan keberadaan sebuah brand atau bisnis.

Macam-macam Digital Marketing

  1. Website
    jika bicara tentang digital marketing tidak bisa lepas dengan website. Kita bisa menjangkau masyarakat dengan media website. Dengan adanya website bisa menjadi landingpage dari sebuah promosi. Mengarahkan orang-orang yang kita target untuk menuju ke halaman website kita.
  2. SEO
    Dengan Mengoptimasi Search Engine (SEO), anda bisa menyasar pasar berdasarkan niche atau model bisnis anda. Misal anda membuat sebuah halaman atau artikel tentang tips mengelola keuangan. Sedangkan bisnis anda bergerak di bidang software keuangan. Setidaknya dari pengunjung yang membaca artikel tersebuat minimal mereka tahu akan keberadaan brand dan produk yang anda tawarkan.
  3. Social Media
    Media Social sangatlah tidak asing lagi untuk kita. Banyak bisnis kecil menengah memanfaatkan media sosial untuk memulai memasarkan produknya. Tak jarang juga mereka menjadi besar karena media social. Anda bisa menerapkan inbound dan outbound marketing dalam optimasi social media.
  4. Email
    Email marketing juga sangat penting terutama untuk meningkatkan ROI (Return of Invesment). Hampir semua orang setidaknya membuka kotak masuk email mereka setiap hari. Hal ini menjadi dasar bahwa dengan email marketing anda bisa menjangkau bahkan mngubahnya menjadi konversi.
  5. Video
    Di jaman internet yang semakin cepat konten berupa video semakin diminati. Banyak perusahaan yang mulai membuat video company profil mereka dan bahkan produk mereka. Tak jarang juga mereka kolaborasi dengan youtuber untuk mempromosikan produknya. Dengan video marketing kita bisa menjangkau orang-orang yang tertaarik pada produk kita dan menonton video hingga selesai.
  6. Digital Campaign lainnya
    Bentuk iklan lain berupa banner, artikel, dll. juga banyak dipakai untuk meningkatkan CPM. Membuat iklan di social media atau google terbukti lebih ampuh dibanding iklan dengan metode konvensional lainnya. Dengan penerapan digital marketing anda bisa menyasar pasar yang luas dan tertarget.

Demikian  artikel tentang Mengenal Konsep Digital Marketing Lebih Dalam. Sebenarnya masih banyak yang perlu disampaikan di artikel ini. Namun akan lebih efektif jika disampaikan secara bertahap. Karena jika terlalu panjang akan membuat anda jenuh dan konsep tentang digitla marketing ini tidak bisa anda serap. Selanjutnya akan dibahas banagaimana menerapkan digital marketing untuk sebuah bisnis dan bagaimana langkah-langkah yang efektif untuk menerapkannya.

Tinggalkan Komentar