cropped-habibftcn-1.png
Logo Habibhidayat.com

11 Tips Memilih Jasa Pembuatan Website

12 May 2021
11 Tip Memilih Jasa Pembuatan Website
Habib Hidayat
verified

Tips memilih jasa pembuatan website – Jika berbicara bisnis di jaman yang serba modern seperti ini, banyak sekali orang yang lebih memilih untuk membuka toko online untuk digunakan dalam menjalankan bisnisnya. Ada beberapa jenis UMKM atau UKM yang telah mencoba keberuntungannya dan sukses menjalankan bisnisnya dengan menggunakan media digital, dimana salah satunya adalah penggunaan website.

Banyak sekali pebisnis pemula yang memanfaatkan website untuk media berbisnis. Hal ini dipilih karena memang website memiliki harga yang murah sekaligus mudah untuk pengelolaannya. Selain itu, dengan menggunakan website juga memudahkan Anda untuk memasarkan bisnis Anda karena jangkauannya yang sangat luas.

Hal ini tentu saja bisa dilakukan jika Anda memiliki barang atau jasa yang memang akan dipasarkan. Anda pun bebas untuk melakukan transaksi jual beli melalui toko online yang sudah dipesan dari jasa pembuatan website terpercaya.

Memilih Jasa Pembuatan Website yang Tepat

Apabila memang Anda berkenan untuk ikut memesan sebuah website guna kebutuhan bisnis, maka sebelumnya Anda harus memastikan terlebih dahulu beberapa hal penting sebelum memilih jasa atau layanan pembuatan website.

Lihat Profil Maupun Legalitas Perusahaan Jasa

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan dalam memilih jasa pembuatan web adalah dengan memastikan terlebih dahulu bahwa memang jasa yang Anda pilih sudah memiliki visi dan misi serta legalitas yang jelas. Karena itulah, Anda harus memilih IT konsultan yang tidak hanya sekedar berjualan website saja, namun yang memang benar-benar memiliki legalitas resmi.

Lihat Profil Maupun Legalitas Perusahaan Jasa
Lihat Profil Maupun Legalitas Perusahaan Jasa

Legalitas ini bisa Anda gunakan nantinya jika Anda membutuhkan layanan terkait website yang sudah Anda beli, sehingga pihak penyedia jasa pun masih bisa dihubungi. Untuk itulah, jangan pernah ragu untuk sekedar menanyakan legalitas dari perusahaan penyedia jasa tersebut.

Selain itu, Anda juga bisa membaca profil dari perusahaan penyedia jasa pembuatan website yang ada pada situs resminya. Pastikan juga, bahwa Anda dan pihak penyedia jasa ini telah melakukan komunikasi, baik via telepon maupun via chatting sebelum Anda memutuskan untuk benar-benar memesan sebuah website.

Hal ini tentu akan membuat Anda semakin yakin nantinya ketika sudah mengetahui terlebih dahulu seputar profil dari sang perusahaan jasa sebelum pada akhirnya terjadilah kesepakatan pembuatan websitenya.

Cek Portofolio dari Perusahaan Jasa

Cek Portofolio dari Perusahaan Jasa
Cek Portofolio dari Perusahaan Jasa

Selain dengan melihat profil dari perusahaan penyedia jasa pembuatan webnya, dan legalitas dari perusahaan tersebut, tentu saja Anda juga harus melihat dari portofolio atau kumpulan project website yang selama ini sudah dikerjakan. Baca juga tentang Strategi Website Marketing untuk Entrepreneur Handal

.

Memang kuantitasnya tidak begitu penting, namun dengan begitu Anda pun bisa melihat kualitas dan keberhasilan dari perusahaan jasa dalam memuaskan para konsumen yang sudah menggunakan jasa pembuatan website tersebut.

Lihat Spesifikasi Hosting Perusahaan

Dalam memilih jasa pembuatan web yang baik, maka Anda juga harus melakukan berbagai macam hal untuk mengupayakan supaya hal tersebut bisa menjadi nyata, salah satunya adalah dengan melihatnya dari spesifikasi hosting perusahaan yang dimiliki.

baca juga :  Mengenal Apa itu Media Sosial Manajemen untuk Bisnis

Pada umumnya, pada bagian spesifikasi hosting ini terdiri dari kuota klik atau bandwith, kuota upload atau disk space, CPU, RAM, dan fitur auto backup file yang berguna sebagai security. Sebelum Anda memesan sebuah website, tentu Anda juga harus memastikan terlebih dahulu bahwa semua elemen yang sudah disebutkan itu ada dalam website Anda nantinya.

Cpanel

Cpanel merupakan akun yang akan menjadi sebuah kepemilikan oleh Anda atau oleh konsumen Anda nantinya. Pada bagian Cpanel ini sendiri nantinya akan berisikan file website.

Hal ini tentunya akan sangat memudahkan Anda ketika pada suatu saat nanti ingin mengubah toko online milik Anda tersebut. Jadi, Anda pun tinggal menyisipkan script secara manual yang bisa dilakukan sendiri tanpa perlu ahli IT sebagai jasa pembuatan website untuk melakukannya.

Selain itu, ternyata Anda juga masih bisa menggunakan backup data manual melalui Cpanel ini. Tidak hanya itu, dengan adanya Cpanel ini juga sangat membantu Anda dalam menggunakan webmail maupun ketika Anda ingin menambahkan domain di dalamnya.

Cara-cara diatas tentu saja akan menjadi sebuah kelebihan atau kemudahan bagi Anda yang memesan website untuk online shop Anda di penyedia jasa website. Namun tentunya hal ini juga bisa Anda dapatkan jika Anda memesannya melalui penyedia jasa yang memang sudah terpercaya dan memiliki legalitas yang resmi.

Lihat Fitur Pada Websitenya

Lihat Fitur Pada Websitenya
Lihat Fitur Pada Websitenya

Selain melihat profil, legalitas dari perusahaan penyedia jasa, melihat portofolio perusahaan, hingga Cpanelnya, maka tidak ketinggalan juga bahwa Anda harus melihat pula pada bagian fitur yang ada di dalam website tersebut.

Fitur ini perlu Anda cek terlebih dahulu kelengkapannya pada website dari jasa pembuatan website tersebut. Jika memang fitur yang ditawarkan oleh pihak penyedia jasa sudah sesuai dengan apa yang Anda butuhkan, maka Anda pun bisa memilih jasa tersebut. Dimana itu artinya adalah website tersebut akan sangat memudahkan Anda dalam mengelolanya.

Jika memang Anda merasa bahwa fitur yang disediakan oleh pihak penyedia jasa websitenya dirasa terlalu sulit dan rumit untuk Anda pelajari dan kelola, maka Anda pun bisa memintanya untuk dilakukan penggantian dengan fitur yang jauh lebih mudah untuk digunakan.

Pastikan Website Sudah Support SEO

Mungkin salah satu hal ini menjadi pertimbangan yang patut benar-benar Anda pikirkan dengan matang, karena elemen ini tentu akan menentukan website online shop Anda untuk kedepannya.

Ketika Anda hendak memesan sebuah website pada jasa pembuatan website, maka sebaiknya Anda memesan website yang memang sudah support SEO. Hal ini tentu akan memudahkan Anda dalam mengelola website kedepannya menjadi sebuah online shop.

Misalnya saja adalah ketika Anda ingin mengiklankan website Anda atau hanya sekedar men-SEO kan website Anda tersebut. Jadi, akan sangat tidak apa atau tidak masalah jika sebelum memesan website Anda bertanya terlebih dahulu kepada pihak penyedia jasa apakah website tersebut sudah support SEO atau belum.

Terkadang memang hal ini mungkin dirasa sepele bagi sebagian orang yang awam dan baru akan memesan sebuah website, namun peranannya cukup penting bagi sebuah website di masa mendatang.

Memilih Jasa Pembuatan Website yang Kredible

Dalam memilih jasa pembuatan website yang tepat tentunya jasa yang anda pilih haruslah yang kredible dan benar-benar ahli di bidangnya. Selain itu, mereka sudah terbukti telah menghandle banyak klien yang terpercaya.

baca juga :  12 Contoh Iklan Facebook yang Efektif
Memilih Jasa Pembuatan Website yang Kredible
Memilih Jasa Pembuatan Website yang Kredible

Oleh karena itu, anda harus berhati-hati dan memperhatikan semua aspek yang ada. Jangan sampai anda hanya mempertimbangkan dari segi harga yang sangat murah. Namun pelayanannya jauh dari standar bahkan terkesan tidak bertanggung jawab pelayanan aftersalesnya.

Pastikan Template Sudah Berlisensi

Perlu Anda ketahui, bahwa pemesanan sebuah website tidak bisa dilakukan secara asal, terlebih jika sudah berbicara mengenai template yang digunakan. Sebaiknya, tema atau template yang akan Anda gunakan nantinya pada website Anda harus sudah bersih dari segala macam spam.

Selain itu, website yang Anda pesan di jasa pembuatan website tersebut juga harus selalu bisa secara otomatis melakukan update untuk memperbarui segala fitur dan bug yang ada di dalam website tersebut.

Nah, agar website Anda terbebas dari spam dan bisa selalu melakukan update, maka pastikan bahwa template atau tema yang akan Anda gunakan sudah memiliki lisensi update. Tentunya hal ini akan berdampak pada kelangsungan toko online Anda untuk jangka panjangnya.

Dimana seperti yang diketahui bersama, bahwa website

yang memiliki template berisi iklan maupun spam akan sangat mengganggu para penggunanya dalam hal kenyamanan maupun kemudahan pengelolaan website tersebut. Oleh sebab itu, pastikan bahwa template yang akan digunakan pada website Anda memang telah berlisensi. 

Lihat Demo Websitenya

Ketika Anda akan memesan sebuah website pada jasa pembuatan website, maka periksa terlebih dahulu mengenai demo atas website itu sendiri. Akan terlihat dalam demo tersebut apakah pihak vendor sudah menyediakan apapun sesuai dengan keperluan Anda atau belum.

Hal ini dikarenakan website yang Anda pesan merupakan website dari sebuah toko online yang mana tampilannya jelas haruslah semenarik mungkin agar bisa membuat konsumen banyak yang tertarik untuk sekedar melihat bahkan membeli produk yang Anda jual di dalam website tersebut.

Lihat Profil dari Penanggung Jawab Perusahaan

Ada baiknya, jika sebelum Anda memesan sebuah website untuk online shop Anda, maka pastikan terlebih dahulu bahwa Anda memang sudah mengenal profil dari perusahaan penyedia jasa maupun profil dari pihak penanggung jawab atas vendor penyedia jasanya.

Setidaknya, Anda perlu mengetahui profil dari vendor penyedia jasa pembuatan website terkait dengan nama, foto diri orang yang bersangkutan, hingga kontak yang dapat dihubungi. Hal ini tentu bisa Anda gunakan sebagai bentuk safety atau upaya dalam berjaga-jaga jika kemudian hari terjadi permasalahan dengan pihak terkait.

Komunikatif

Hal terakhir yang paling penting untuk Anda pahami sebelum memesan sebuah website adalah sikap komunikatif yang ditunjukkan oleh pihak vendor. Jika pada suatu saat ada masalah pada situs online shop Anda atau pada website yang sudah Anda pesan sebelumnya, maka pihak pemilik jasa pun tidak akan segan untuk membantu Anda.

Bantuan ini diberikan tidak hanya untuk mengatasi masalah tersebut, namun juga bisa memberikan informasi atau solusi terbaik atas masalah yang sedang Anda hadapi. Itu artinya memang komunikasi sangatlah penting dalam hal apapun.

Demikianlah beberapa tips yang bisa Anda gunakan dalam menentukan apakah jasa pembuatan website yang Anda pilih memang sudah terbukti terpercaya atau belum. Semoga dari penjelasan diatas bisa membuat Anda paham akan hal apa saja yang perlu dipertimbangkan sebelum memesan sebuah website untuk pembuatan online shop. 

bagikan artikel ini jika bermanfaat:

Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

Kembangkan Bisnis di Era Digital

layanan digital yang fleksibel sesuai kebutuhan anda

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Habib Hidayat

Habib Hidayat

Praktisi digital marketing serta penulis, tidak ada yang benar-benar ahli yang ada adalah kemauan untuk terus belajar seiring perkembangan jaman

Featured Post

Tertarik untuk kerjasama?

content placement, backlink, penulisan artikel, pembuatan website, digital marketing, dll.