Cara Berjualan di Instagram dengan Instagram Shopping

Setelah berbulan-bulan pengujian, Instagram mengumumkan perubahan besar pada antarmuka pengguna (UI) pada akhir 2020: mengganti tab “Aktivitas” pengguna dengan tab “Toko”, langkah terbaru platform sosial untuk menjadi lebih ramah bisnis.

Ini adalah evolusi besar dari fitur yang sudah ada beberapa tahun lalu. Saat ini, jauh lebih mudah bagi pengguna untuk berbelanja produk dari brand tanpa harus meninggalkan aplikasi.

Cara Berjualan di Instagram
Cara Berjualan di Instagram dengan Instagram Shopping

Jadi, bagaimana tepatnya fitur ini bekerja dan bagaimana Anda dapat memanfaatkannya untuk berjualan dan mendapatkan penghasilan dari itu? Di artikel kali ini akan membahas tuntas tentang bagaimana memaksimalkan fitur instagram shopping untuk berjualan di instagram.

Mengapa Anda perlu Berjualan di Instagram?

Berkat fitur shopable post dan fitur pendukung lainnya (seperti wishlist produk, pengingat peluncuran produk, dan stiker belanja di Instagram Story), pengguna dapat melalui seluruh customer journey, mulai dari audience menemukan brand anda sampai mereka melakukan pembayaran.

Contoh penjualan brand Fenoel di Instagram dengan tag produk

Platform media sosial biasanya dimanfaatkan sebagai alat brand awareness yang ampuh. Namun, integrasi baru Instagram telah membuatnya menjadi pendorong pendapatan yang besar.

Sebuah studi Facebook tahun 2019 mengungkapkan bahwa 54% responden membeli barang sesaat atau beberapa saat setelah melihat produk atau layanan di Instagram.

Dan tidak hanya brand langsung ke konsumen yang dapat memanfaatkan fitur belanja Instagram. Laporan Q4 2020 oleh HootSuite mengungkapkan bahwa 36,2% dari pembuat keputusan B2B menggunakan aplikasi untuk mencari produk dan/atau layanan baru.

Instagram shopping ditandai dengan ikon tas belanja yang dapat diklik yang menampilkan informasi produk dan tombol untuk ajakan bertindak “Lihat Produk” untuk mengunjungi halaman Toko brand tersebut.

Contoh penjualan Material Kitchen di Instagram dengan tag produk

Ini menciptakan pengalaman yang mulus bagi pengguna dan memungkinkan Anda untuk mengiklankan produk Anda tanpa terlihat bahwa itu adalah sebuah iklan.

Cara Berjualan di Instagram

1. Memenuhi kriteria kelayakan.

Ada beberapa persyaratan kelayakan yang harus Anda periksa dan pastikan sebelum mulai jualan di Instagram. Persyaratan tersebut meliputi:

Setelah Anda memenuhi persyaratan di atas, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

2. Unggah katalog produk Anda.

Katalog Anda adalah file yang berisi produk yang ingin Anda jual beserta informasinya, seperti harga dan deskripsi. Ada dua cara untuk mengunggah katalog produk Anda:

  • Melalui Facebook Business Manager dengan menambahkan item secara manual.
  • Terhubung ke mitra platform e-commerce, seperti Shopify atau BigCommerce, WooCommerce, dll. Temukan daftar lengkap mitra yang kompatibel di sini

Cara Mengunggah Produk Anda Secara Manual

Untuk membuat katalog melalui Facebook, Anda harus terlebih dahulu memiliki akun Facebook Business Manager, yang berbeda dengan halaman Bisnis. Dari situ, buka Commerce Manager dan siapkan katalog Anda.

Langkah-langkah membuat katalog di Commerce Manager

Berikut adalah panduan langkah demi langkah tentang cara melakukannya.

Sangat penting untuk menyinkronkan katalog produk Anda dengan Halaman Instagram Anda, dan deskripsi serta harga produk Anda akurat. Jika Anda menjalankan diskon atau promosi, pastikan untuk memperbarui katalog produk Anda.

Cara Mengunggah Produk Anda melalui Platform E-Commerce

Cara kedua untuk menghubungkan Profil Bisnis Instagram Anda ke katalog Facebook adalah dengan melakukannya melalui platform e-commerce. Berikut adalah langkah-langkah menggunakan dua platform populer.

Shopify

Sebelum memulai, Anda harus menginstal Facebook sales channel (termasuk dalam semua paket Shopify berbayar) di toko Shopify Anda, yang membuat tab Toko di halaman Facebook Anda.

Cara membuat katalog di Shopify

Untuk detail spesifik tentang cara menghubungkan halaman Facebook Anda ke akun Shopify Anda, Anda dapat melihat panduan Shopify di sini.

Setelah Anda melakukan hal di atas, Anda dapat dengan mudah menambahkan Instagram Shopping channel ke toko Shopify Anda, yang menghubungkan produk dari halaman Shopify Anda ke profil bisnis Instagram Anda.

Untuk melakukan ini, buka admin Shopify Anda dan klik tombol “+” yang terletak di samping judul “Sales Channel”.

Cara melengkapi katalog produk di Shopify

Selanjutnya, pada dialog “Add sales channel”, klik “Instagram” dan kemudian “Add Channel”.

Anda harus masuk ke halaman akun Facebook Anda untuk mengautentikasi akun Instagram Anda di saluran penjualan.

Setelah Saluran Penjualan Instagram terintegrasi, Anda dapat mengaktifkan fitur tersebut via pengaturan Anda di Instagram.

BigCommerce

Mulailah dengan membuka Channel Manager di akun BigCommerce Anda dan klik “Mulai” di sebelah Facebook.

Cara membuat katalog di BigCommerce

Di layar berikutnya, konfirmasikan bahwa Anda menggunakan mata uang yang kompatibel, daftar akun Facebook (jika Anda tidak memilikinya), tinjau persyaratan produk, lalu klik “Mulai.”

Selanjutnya, isi detail Anda di halaman Konfigurasi, termasuk email kontak bisnis Anda, nomor telepon, dan Halaman Facebook yang Anda inginkan untuk menampilkan toko Anda.

Berikut panduan lengkap BigCommerce tentang cara melakukannya.

Setelah Facebook menyetujui katalog Anda, kembali ke Channel Manager, klik “Get Started” di sebelah Instagram, dan konfirmasikan bahwa toko Anda memenuhi persyaratan. Baca tutorial lengkapnya Tutorial: Cara Setting Instagram Shopping.

3. Kirim akun Anda untuk ditinjau.

Setelah Anda menghubungkan katalog produk Anda ke akun Instagram Anda, Anda dapat mengirimkan akun Anda untuk persetujuan.

1. Buka dasbor profesional Anda. Sesampai di sana, klik “Set Up Instagram Shopping”

Cara mengirimkan akun toko Instagram Anda untuk ditinjau di dasbor profesional Anda

2. Pada halaman penyiapan, klik “Memulai”.

Cara mengirimkan akun toko Instagram Anda untuk ditinjau langkah 2

3. Pilih katalog Anda.

Cara mengirimkan akun toko Instagram Anda untuk ditinjau langkah 3

4. Tinjau detailnya dan klik “Kirim untuk Ditinjau”.

Cara mengirimkan akun toko Instagram Anda untuk ditinjau langkah 4

Proses persetujuan dapat memakan waktu beberapa hari. Anda mungkin juga perlu memberikan informasi tambahan, seperti verifikasi domain.

Cara Menandai Produk dengan Postingan Instagram Shopping

Setelah Anda mendapatkan akses ke instagram shopping dan Anda telah menyelesaikan semua langkah yang tercantum di atas, menambahkan tag produk ke postingan Anda adalah hal yang cukup mudah.

1. Unggah gambar Anda dan setelah selesai mengedit, tekan “Berikutnya.”

2. Klik “Tandai Produk”.

Cara Menandai Produk dengan Postingan Instagram Shoppable langkah 2

3. Ketuk item di gambar yang ingin Anda tandai.

4. Cari produk dan pilih.

Cara Menandai Produk dengan Postingan Belanja Instagram langkah 3

5. Klik “Selesai” dan bagikan gambar.

Punya postingan lama yang masih mendapatkan daya tarik yang baik, tetapi tidak memiliki tag yang dapat dibeli? Anda dapat menandai produk di postingan baru dan yang sudah ada dari Profil Bisnis Instagram Anda, hingga lima produk per postingan gambar tunggal atau 20 produk per postingan multi-foto (atau carousel).

Contoh tag belanja Instagram

Cara Mengoptimalkan Postingan Anda untuk Instagram Shopping

1. Buat postingan yang natural di feed Instagram.

Meskipun menjual di Instagram lebih mudah dari sebelumnya, ingatlah bahwa audiens Anda seharusnya tidak merasa seperti sedang dijuali. Anda harus mempertahankan strategi konten saat ini, memasukkan tag produk pada foto yang sesuai dengan profil Anda.

Contoh Material Kitchen dari integrasi produk Instagram alami

2. Manfaatkan konten influencer.

Cara yang bagus untuk menambahkan tag belanja secara organik ke postingan Anda adalah dengan memanfaatkan postingan dari konsumen. Studi menunjukkan konsumen mempercayai influencer lebih dari brand dan postingan ini berfungsi sebagai bukti sosial, yaitu kredibilitas dan validasi untuk brand.

Contoh Fenoel dari tag produk influencer

Anda juga dapat mengoptimalkan strategi penjualan Instagram Anda dengan menggunakan posting influencer. Kolaborasi dan endorse influencer hampir menggantikan iklan tradisional dan merupakan bagian besar dari strategi media sosial saat ini.

55% pembeli fashion telah membeli item fashion setelah melihatnya dipromosikan di platform, menurut postingan 2020 dari akun kreator Instagram.

Contoh HerschelSupply dari tag produk influencer

Cap persetujuan influencer Instagram berjalan jauh dan merupakan strategi yang ampuh untuk mendorong penjualan dari instagram shopping.

3. Optimalkan postingan Anda dengan beberapa hashtag.

Terakhir, menyertakan beberapa hashtag belanja di foto Anda akan membantu audiens Anda menjelajahi dan menelusuri produk Anda dengan cepat. Anda juga dapat mencoba menambahkan tag belanja ke postingan carousel untuk menguji performanya terhadap postingan foto tunggal (single image).

Contoh ByrdHair dari beberapa tag produk Instagram

4. Aktifkan halaman Toko di profil Instagram Anda.

Buat setidaknya sembilan postingan yang dapat dibeli untuk mengaktifkan tab “Belanja” di profil Instagram Anda. Ini akan mengelompokkan semua postingan Anda yang dapat dibeli di bawah satu tab untuk kemudahan belanja dan penemuan produk.

Sunni Sunni Studio contoh cara mengaktifkan halaman Toko Instagram Anda

Mengukur Hasil dari Postingan Belanja Anda

Akun bisnis Instagram memiliki akses ke analitik untuk fitur instagram shopping, termasuk data tentang berapa banyak orang yang melihat informasi produk dan mengklik ke halaman produk. Informasi ini membantu menentukan jenis produk yang sesuai dengan pengikut Instagram Anda dan mengidentifikasi celah dalam customer journeynya.

Seperti semua upaya pemasaran media sosial Anda, Anda harus mengukur data kinerja untuk melihat apa yang mendorong hasil terbaik (dan mengapa) serta menggunakannya sebagai pedoman untuk postingan anda selanjutnya.

Setelah Anda mulai berjualan di Instagram, teruslah bereksperimen dengan gambar, caption, tag belanja, dan faktor lain yang dapat berkontribusi pada penjualan Anda.

Apa pun jenis produk yang Anda jual, mempelajari analitik memungkinkan Anda memahami keinginan audiens, meningkatkan konten, dan pada akhirnya membantu Anda mendorong lebih banyak pengunjung dan penjualan.

Berjualan di Instagram adalah peluang unik untuk menjangkau pengguna di semua tahap perjalanan pembeli melalui pengalaman yang mulus. Demikian artikel tentang cara berjualan di instagram dengan instagram shopping. Semoga bermanfaat dan semoga jualan anda laris manis.

Leave a Comment