Media Sosial yang Tepat Untuk Bisnis

0
18
Media Sosial yang Tepat Untuk Bisnis
Media Sosial yang Tepat Untuk Bisnis

Media Sosial yang Tepat Untuk Bisnis. Bisnis merupakan suatu usaha seseorang atau kelompok untuk memperoleh penghasilan yang besar. Untuk memulai suatu bisnis, Anda tidak selalu harus mengeluarkan modal yang besar. Bahkan ada beberapa bisnis yang tidak memerlukan modal uang sama sekali seperti bisnis seorang dropshipper atau reseller. Cukup hanya dengan modal kuota dan media sosial saja.

Pada era teknologi yang serba canggih saat ini, Anda bisa memulai bisnis secara online terlebih dahulu. Sebagai pebisnis pemula dengan modal minim, Anda bisa memulai bisnis kecil-kecilan dengan menjadi dropshipper atau reseller suatu produk. Walaupun bukan menjual produk sendiri, Anda tetap bisa terkategorikan sebagai pebisnis.

Cara mudah untuk menemukan produk yang tepat untuk dijual adalah dengan memperhatikan barang-barang yang Anda gunakan atau pakai sehari-hari. Bisa jadi banyak orang yang juga membutuhkan dan memakai produk tersebut.

Cara kedua adalah dengan memperhatikan sekeliling tempat tinggal Anda. Anda mungkin mempunyai tetangga yang memproduksi sesuatu seperti makanan kemasan atau produk lainnya. Apalagi, jika tetangga Anda tidak memasarkan produknya secara online disebabkan ketidaktahuannya tentang dunia pemasaran online atau media sosial.

Kerjasama tersebut akan menghasilkan kolaborasi yang saling menguntungkan. Anda mendapatkan produk yang berpeluang besar laris jika dipasarkan secara online dan produsen akan mendapatkan jaringan pemasaran baru yang tentunya jika berhasil akan melipatgandakan keuntungan penjualannya.

Ada banyak sekali cara untuk menjual satu produk. Bisa melalui warung, kios, toko, dan sejenisnya disebut toko offline, juga bisa melalui internet atau toko online. Keuntungan yang Anda peroleh akan semakin besar jika Anda menjalankan kedua jenis toko tersebut sekaligus. Namun jika dibandingkan antara kedua toko tersebut, toko online lebih berpeluang untuk memperoleh keuntungan yang jauh lebih besar. Baca juga Alasan Pentingnya Social Media Marketing Untuk Bisnis.

Media Sosial untuk Bisnis

Selain melalui website, Anda bisa memilih untuk menggunakan media sosial untuk mempromosikan produk Anda. Saat ini ada beberapa media sosial yang bisa Anda pilih sebagai sarana bisnis Anda, diantaranya adalah sebagai berikut.

Facebook

Anda tentu sudah tidak asing dengan social media yang satu ini karena merupakan salah satu jaringan social media yang paling populer di seluruh dunia. Indonesia sendiri termasuk ke dalam peringkat teratas yang menjadi penggunanya.

Dari sekian banyak pengguna aktifnya, 61% merupakan usia kisaran antara 25 sampai 54 tahun. Oleh karena itu, bisnis apapun bisa dijalankan dengan menggunakan Facebook karena pasar target marketnya sangat luas dan beragam.

Jika Anda mengetahui dengan baik cara berbisnis atau berniaga di media sosial ini, Anda bisa menjalin hubungan yang baik antara calon konsumen atau pelanggan Anda. Di samping itu, Anda bisa memulai untuk mem-branding diri Anda agar target market produk Anda percaya kepada Anda.

Anda memang tidak harus mem-branding diri Anda agar bisa memperoleh keuntungan yang besar jika yang Anda jual adalah produk yang sudah terkenal dan banyak peminatnya. Akan tetapi, jika Anda memiliki lebih dari satu produk/jasa atau brand dalam bisnis, Anda lebih baik mem-branding diri Anda karena pada dasarnya orang lain memutuskan untuk membeli produk tertentu karena ia percaya pada penjual tersebut.

Instagram

Di samping Facebook, Instagram juga merupakan social media yang bisa Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis Anda. Mem-branding diri juga sangat bisa dan mudah Anda lakukan melalui platform ini.

Instagram terbilang unik dan cukup memiliki banyak perbedaan dibanding Facebook. Jika Anda memiliki lebih dari satu jenis produk, Instagram bisa Anda gunakan untuk menampilkan semua gambar produk yang Anda jual.

Hanya dengan mengklik akun Instagram Anda, para target market atau pelanggan Anda dapat dengan mudah mengakses dan memilih produk-produk Anda sesuai dengan yang mereka butuhkan atau inginkan.

Saat ini banyak sekali orang yang melek teknologi melakukan transaksi jual beli melalui online. Jika seseorang ingin mencari satu produk, cukup mengetik kata kunci atau keyword(s) saja di tombol search pada Instagram, maka media sosial tersebut akan menampilkan berbagai pilihan terkait dengan produk atau jasa yang dicari.

Hal ini menjadi peluang yang cukup besar bagi pebisnis online untuk mempromosikan produk atau jasa ke semua pengguna aktif Instagram. Tidak hanya di dalam negeri sendiri, Anda bisa mendapatkan pembeli di negara manapun di dunia.

Twitter

Twitter juga bisa Anda gunakan untuk memperkenalkan dan mempromosikan bisnis Anda. Pengguna terbesar dari platform ini adalah orang-orang yang memiliki pendidikan tinggi. Beda Twitter dengan Facebook adalah dari segi jumlah kata yang tersedia jika membuat postingan.

Twitter memiliki batas kata yang cenderung sangat sedikit dibanding Facebook. Jika kalimat postingan Anda cukup panjang, Anda memerlukan beberapa postingan beruntun agar pengikut Anda bisa menangkap pesan postingan Anda dengan baik.

Akan tetapi hal ini tidak menjadi alasan untuk menyingkirkan twitter sebagai media untuk menarik banyak pengguna jasa atau pembeli produk Anda. Dengan teknik pemasaran yang tepat, Anda bisa meraup kesuksesan dan keuntungan dari media sosial ini.

Ada beberapa media lain yang bisa Anda gunakan untuk memperkenalkan bisnis Anda seperti Pinterest dan LinkedIn. Anda bisa memperoleh banyak informasi tambahan lain dengan berselancar di Google. Namun, sebagai pebisnis pemula, Anda bisa mempelajari dan fokus pada satu media saja terlebih dahulu.

Anda bisa mempelajari strategi marketing yang tepat pada satu media yang Anda pilih agar Anda bisa menggunakan dengan maksimal semua fitur yang disediakan untuk membantu Anda mencari market yang tepat, membangun jaringan, mem-branding diri, dan lain-lain. Dengan begitu, peluang untuk mendapatkan laba yang sangat besar terbuka lebar.

Sebagai contoh, jika Anda ingin menggunakan Facebook sebagai sarana bisnis Anda, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar akun Anda menjadi lebih optimal.

  • Buat nama akun sesuai dengan nama asli Anda,
  • Buat akun lain menggunakan nama jasa atau produk Anda,
  • Cari dan pilih teman atau follower yang sesuai dengan kriteria atau karakteristik target market Anda,
  • Branding diri Anda dengan memposting kalimat, gambar, dan video yang baik-baik saja,
  • Selang-selingkan postingan Anda. Jangan hanya memposting status atau story berupa produk atau jasa Anda saja. Anda bisa memposting kalimat motivasi atau tips-tips positif terkait bisnis Anda.

Masih banyak sekali strategi bisnis yang bisa Anda pelajari dan cari referensinya baik di melalui buku atau internet, bisa juga dengan mengikuti kelas-kelas bisnis. Dengan memiliki kelas bisnis, Anda akan mempunyai mentor-mentor yang cakap dalam hal marketing.

Jika Anda mempunyai mentor bisnis, Anda bisa dengan mudah bertanya langsung jika menemui kesulitan dalam menggunakan fitur pada social mediatersebut. Apapun nantinya platform yang Anda pilih akan bekerja dengan baik jika Anda menggunakannya dengan semaksimal mungkin.

Untuk Anda pebisnis pemula, Anda  bisa mulai menggunakan media sosial untuk berbisnis. Anda bisa memulainya secara natural terlebih dahulu. Jalani saja dan jangan menunggu paham ilmu terlebih dahulu. Anda bisa belajar sambil tetap mempraktikkan yang sudah Anda ketahui.

Tinggalkan Komentar