Mengenal Apa itu Media Sosial Manajemen dan Pentingnya untuk Bisnis

0
20
Mengenal Apa itu Media Sosial Manajemen dan Pentingnya untuk Bisnis
Mengenal Apa itu Media Sosial Manajemen dan Pentingnya untuk Bisnis

Mengenal Apa itu Social Manajemen dan Pentingnya untuk bisnis – Digital marketing mencakup semua aspek yang bekerja didalamnya dari mulai menghasilkan Dan meningkatkan brand awareness engagement hingga konversi. akan tetapi penting bagi anda untuk mengetahui semua seluk-beluk dari setiap strategi digital marketing dan bagaimana dengan Digital marketing bisa membantu bisnis anda untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal dengan anggaran marketing yang ada. mari kita mulai dengan pertanyaan yang umum, apa social media management?

Sebelumnya mungkin anda sudah mengenal beberapa platform media sosial seperti Facebook atau Twitter. Tanaman bagi sebagian anda apakah sudah mulai  bahwa saluran media sosial bisa menumbuhkan bisnis anda? Dengan sosial media memiliki peran penting untuk menciptakan calon pelanggan baru. dari mulai jangkauan hingga konversi.

dalam artikel kali ini akan dibahas Bagaimana mengelola sebuah media sosial.selanjutnya baru kita akan membahas secara lebih detail Mengapa manajemen media sosial itu sangat penting untuk bisnis anda.Serta Bagaimana bisa dengan manajemen media sosial dapat membantu bisnis anda lebih berkembang

pengertian, Apa itu MediaSosial Manajemen?

 media sosial manajemen adalah sebuah proses menciptakan menerbitkan mempromosikan serta mengelola konten di semua saluran media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter linkedin, YouTube, dan Pinterest.

social media management lebih dari sekedar membagikan dan memposting di media sosial. akan tetapi sosial media management juga berperan dalam tingkat interaksi bisnis Anda terhadap audience anda dan seberapa dekat hubungan bisnis anda dengan audiens anda. Selain itu, dengan media sosial management membantu bisnis anda Untuk menjangkau lebih banyak audiens serta visibilitas bisnis anda. Berikut ini adalah hal-hal penting yang dilakukan dalam media sosial management:

Memilih Platform Sosial Manajemen yang Tepat

 sebelum Anda mulai menyusun rencana dalam mengelola media sosial, anda perlu mempertimbangkan platform atau media sosial mana Yang kiranya cocok untuk bisnis anda. berikut ini data tentangplatform media sosial:

  • Facebook, facebook memiliki hampir 2,7 miliar pengguna aktif setiap bulannya dengan berbagai latar belakang yang berbeda.pengguna ini datang dari berbagai kelompok umur dan jenis kelamin. ini menjadikan platform Facebook menjadi salah satu media sosial yang bisa menjangkau calon pelanggan yang lebih luas.
  • Instagram, instagram adalah platform media sosial yang bagus untuk brand yang memiliki banyak konten yang berupa visual.sebagian besar pengguna Instagram memiliki rentang usia yang lebih muda, dengan pengguna wanita lebih banyak dibandingkan pengguna pria. dengan data tersebut bisa menjadi acuan untuk membangun bisnis serta menjual produk atau layanan yang berkaitan dengan fashion, lifestykehalo, seni, serta bisnis yang berkaitan erat dengan Visual. 
  • Twitter, Twitter mempunyai lebih dari 321 juta pengguna aktif di seluruh dunia. Twitter banyak orang cenderung mencari berita yang sedang trend atau viral. Background Twitter sangat cocok untuk sebuah bisnis yang mengandalkan topik yang sedang trend yang berhubungan dengan bisnis mereka.
  • Linkedin, Linkedin platform jejaring sosial yang biasa digunakan oleh para pekerja profesional. Disini juga menyediakan profill bisnis sehingga cocok untuk para pencari pekerjaan atau sekedar berinteraksi dengan para ahli. Apabila bisnis anda bergerak di bidang yang berkaitan dengan SDM atau human resourses, maka linkedin ini platform yang cocok untuk bisnis anda.
  • Youtube, adalah platform penyedia video terbesar di dunia. Sekarang ini banyak yang menggunakan youtube sebagai media promosi dan edukasi. Selain itu, jika penonton anda banyak maka anda bisa memonetisasi video anda dan bisa menghasilkan uang tambahan untuk bisnis anda. Seiring kemudahan akses internet di Indonesia youtube sangat disarankan untuk dijadikan salah satu media untuk berbisnis.
  • Pinterest, merupakan platform yang menyediakan banyak sekali konten berupa gambar atu foto. Jika bisnis anda bergerak di bidang seni, fotografi, video, kerajinan, ataupun fashion, pinterest bisa jadi media yang efektif untuk bisnis anda. Banyak orang mengunjungi pinterest untuk mencari inspirasi dan ide baru disana. 
  • TikTok, merupakan platform sosial yang cukup baru namun perkembangannya sangat cepat. Kebanyakan penggunanya adalah para milenial dan remaja. Produk seperti fashion dan kecantikan bisa jadi bisnis yang tepat untuk mulai merambah ke platform ini. TikTok sendiri adalah platform yang menyediakan konten berupa video pendek yang berisi challege, tarian dan hiburan lainnya.

Dari sekian platform di atas hendaknya anda bijak dalam memilihnya. Karena tidak semua platform di atas cocok dengan audience yang anda target. Untuk di awal mungkin perlu ada namun fokus anda tetaplah pada platform yang memiliki interaksi dan jangkauan yang paling banyak dalam bisnis anda. Baca lebih lengkap tentang Media Sosial yang Tepat Untuk Bisnis.

Mengembangkan Strategi Media Sosial

Dalam mengembangkan strategi media sosial bertujuan untuk memastikan dan meyakinkan bahwa yang anda lakukan itu benar-benar efektif dan berdampak positif bagi bisnis anda. Setelah anda memutuskan media sosial mana yang tepat dari daftar di atas. Mulailah fokus pada sosial media yang anda garap, dan tentunya harus konsisten. Jika perlu buat perencanaan terlebih dahulu agar dalam praktiknya anda lebih rapi.

Pertimbangkan konten yang anda sajikan di sosial media anda. Apakah konten yang anda bagikan sudah relevan atau belum? Format seperti apa yang paling audience anda suka. Untuk mencapai itu semua, menjadi tantangan tersendiri untuk bisnis anda. maka dari itu pentingnya riset dan evaluasi.

Merancang dan Membuat Jadwal Media Sosial

Jika kita membahas tentang social media managementhal yang terpenting adalah konsistensi. maka dari itu, anda perlu menyusun rencana yang tepat untuk sosial media bisnis anda. dengan membuat jadwal yang terencana terkait tentang posting serta sudah menyiapkan format seperti apa konten yang akan dibagikan.Dengan begitu anda akan lebih tersusun serta rapi dalam hal mengelola media sosial.

Jangan sampai Anda hanya semangat memposting atau membagikan konten yang relevan kepada audiens anda di awal saja namun setelahnya tidak sama sekali. hal itu malah kurang bagus untuk bisnis anda. 

Jika anda bertujuan agar audience anda tetap interaksi dengan bisnis anda. maka yang Anda harus lakukan adalah konsisten.

Manfaat dari membuat jadwal adalah agar anda yidak kerepotan apa yang akan Anda posting dan media mana yang anda gunakan. Serta Kapan anda akan memosting nya.

Lalu bagaimana caranya membuat jadwal tersebut? salah satu metode yang sering digunakan oleh marketer yaitu membuat kalender editorial atau temen posting. Kalender editorial berfungsi untuk menjaga bisnis anda sesuai dengan jadwal yang telah anda buat. apa saja yang harus ada di dalamnya?Buatlah informasi si dasar seperti tanggal posting, konten yang diposting, dan visual yang berhubungan dengan postingan tersebut.lebih jelasnya Anda bisa melihat pada gambar dibawah ini. Baca lebih lengkap tentang Strategi Content Marketing yang Efektif untuk Bisnis.

Mengenal Apa itu Media Sosial Manajemen dan Pentingnya untuk Bisnis 1

Pahami isi konten yang akan anda posting

jika tadi anda sudah mengetahui bagaimana cara membuat jadwal untuk mengelola media sosial bisnis anda. maka anda juga perlu tahu isi konten yang tepat untuk setiap media sosial yang anda kelola.setiap media sosial tentunya memiliki format dan gaya postingan yang berbeda. sebagai contoh, konten yang anda bagikan di di YouTube akan berbeda dengan konten yang anda bagikan di Instagram. walaupun terkadang isi kontennya sama akan tetapi formatnya akan berbeda.

Selain itu, tipikal dari tiap audiens media social anda berbeda-beda.Maka dari itu itu anda perlu memahami dan menggali lebih dalam terkait tipikal audio di masing-masing sosial media bisnis anda. Anda juga perlu mengetahui topik atau bahasan yang disukai di masing-masing media sosial bisnis anda.

berperan aktif dalam diskusi, tetap berinteraksi

menanggapi setiap komentar penggemar atau audience di setiap platform media sosial anda adalah salah satu bagian penting dari sosial media manajemen. ketika  audiensi mengomentari sebuah postingan di salah satu media social anda entah itu terkait pertanyaan ataupun masalah Wah ini menjadi peluang tersendiri untuk anda menggiring Aldian tersebut menjadi prospek. dengan begitu Anda juga sekaligus menunjukkan bahwa bisnis anda mempunyai pelayanan yang sangat baik dan peduli terhadap penggemarnya.

anda mungkin perlu secara berkala memeriksa komentar atau pesan di setiap media sosial anda.pikirkan matang-matang sebelum menjawab pertanyaan dari audience anda titik karena sering kali pertanyaan tersebut bersifat umum dan publik.

Selalu up-to-date terkait tren tentang bisnis Anda 

Dalam hal mengelola sosial media bisnis anda tentunya anda perlu memahami dan melakukan observasi terhadap trend yang ada di masyarakat terkait bidang bisnis anda. Selain itu Anda juga harus peka terhadap masalah-masalah yang dihadapi oleh audiens anda.Termasuk juga dalam hal komplain pelanggan. selain Anda harus tetap memberikan layanan yang bagus, dengan mendengarkan permasalahan mereka bisa menjadi kritik yang membangun untuk bisnis Anda. Agar kedepannya memberikan layanan yang lebih bagus lagi.

Membangun hubungan dengan influencer adalah salah satu itu cara untuk memperluas jangkauan bisnis anda. influencer yang anda pilih pun harus relevan dengan bisnis anda.influencer tidak melulu 1 orang, bisa juga komunitas. Anda bisa menggandeng komunitas yang mempunyai basis pengikut yang kuat. dengan begitu anda akan lebih mudah mendapatkan prospek pelanggan.

Membuat Kampanye Iklan Media Sosial

membuat dan menerapkan iklan di media sosial adalah Salah satu syarat tingkat lanjut dalam mengelola media sosial bisnis anda.  selain Anda mengoptimasi media sosial Anda secara organik dengan menggunakan iklan membantu meningkatkan Jangkauan yang lebih luas dan spesifik serta meningkatkan visibilitas sosial media bisnis anda tentunya.

Mengadakan Kontes Berhadiah atau Giveaway

menjadi salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan pengikut anda di media sosial. yang terjadi saat ini ini dan sudah terbukti adalah fenomena giveaway di kalangan para youtuber gaming. mereka mengiming-imingi hadiah dengan syarat mensubscribe dan membagikan konten mereka. Anda juga bisa memberikan tantangan kepada audiens anda untuk melakukan suatu hal lalu yang berhasil akan anda berikan hadiah tertentu.

Yang harus anda lakukan yaitu membuat peraturan dan pedoman tentang giveaway tersebut. dari mulai cara mengikuti giveaway nya, memilih pemenang, dan dan mengirimkan hadiah yang sudah dijanjikan.

Analisis Kinerja Sosial Media 

Social Media Management sebagai bagian dari strategi digital marketing bisnis anda tentunya perlu mengetahui sejauh mana kinerja dari social media bisnis anda. Apakah konten yang anda bagikan sudah efektif dan sesuai dengan kebutuhan audience anda. Mengetahui bagaimana menentukan ROI social media anda. Dan juga menyiapkan dan mengelola waktu, tenaga, dan biaya digital marketing anda untuk social media bisnis anda selanjutnya. 

Mengapa Social Media itu Penting

Mengenal Apa itu Media Sosial Manajemen dan Pentingnya untuk Bisnis 2

Sekarang setelah Anda tahu jawaban atas pertanyaan mendasar, apa itu manajemen media sosial ,sekarang saatnya untuk membicarakan mengapa manajemen media sosial penting bagi bisnis Anda. Alasan pertama dan mungkin yang paling jelas adalah bahwa pelanggan Anda aktif di media sosial. Mereka ingin melihat konten dari merek seperti milik Anda, dan mereka sering terbuka untuk pesan yang Anda sampaikan di saluran sosial lebih banyak daripada pesan iklan.

Selain itu, manajemen media sosial lebih hemat biaya. Bisniskecil sering harus melakukan lebih banyak dengan lebih sedikit ketika datang ke anggaran pemasaran mereka. Manajemen media sosial memungkinkan Anda untuk memperoleh hasil yang signifikan dalam hal mengubah lead menjadi konversi. Ini lebih efektif dan lebih murah dibandingkan dengan strategi merketing konvensional seperti TV ataupun Koran.

Mengelola Social media bisnis anda bisa membuat anda tau channer atau platform mana yang efektif untuk bisnis anda. Secara konsisten membuat dan menerbitkan konten yang bernilai dapat membantu Anda membangun koneksi otentik dengan audiens target Anda. Sementara iklan media sosial membantu anda menjangkau pemirsa baru yang paling mungkin tertarik dengan produk atau jasa anda.

Tinggalkan Komentar