11 Manfaat Blog untuk Bisnis StartUp (UKM)

0
20
Manfaat Blog untuk Bisnis StartUp (UKM)
Manfaat Blog untuk Bisnis StartUp (UKM)

11 Manfaat Blog untuk Bisnis StartUp (UKM) – Sebenarnya apa sih manfaat dari ngeblog itu? selama beberapa tahun terakhir Para pemilik usaha mempromosikan bisnis mereka melalui content marketing. dan semakin kesini bentuk dari konten marketing itu telah berubah dan berkembang berdasarkan penggunaannya.

Pernahkah anda berpikir tentang  perkembanganan inovasi media cetak, televisi, hingga teknologi digital saat ini. faktanya hingga saat ini sebuah perusahaan atau bisnis terus menerus mencari Bagaimana cara yang efektif dan lebih baik untuk Memberikan manfaat bagi audiens mereka serta manfaat yang lebih besar

Sekarang ini salah satu media digital yang bertujuan untuk menciptakan nilai untuk sebuah bisnis adalah sebuah blog.

Namun sebelumnya penting bagi anda untuk mengetahui manfaat dari blog itu sendiri bagi sebuah bisnis. maka dari itu pada artikel kali ini akan membahas 11 manfaat blog untuk usaha kecil menengah (UKM) 

Saat ini  sudah banyak para pengiklan yang mengandalkan untuk media iklan atau promosi untuk sebuah bisnis karena  karena dianggap lebih adaptif dan efektif.

Manfaat Blog untuk Bisnis Owner

Jika anda adalah bisnis owner dan kurang paham mengenai Apa itu blog dan manfaatnya maka anda berada di artikel yang tepat.

Sekitar 43% memilih bisnis mengatakan mereka tidak tahu menahu tentang Apa itu blog atau manfaat blog untuk bisnis mereka. pada zaman pemasaran online saat ini banyak bisnis yang kehilangan banyak pelanggan mereka karena beralih ke pasar digital atau online.

50% dari mereka yang mempraktekkan blog sebagai strategi pemasaran menyatakan bahwa mereka mendapatkan manfaat yang sangat besar dari blog.

Sebuah blog berisi tentang ide gagasan fakta opini para ahli terkait topik yang berhubungan dengan  audiens sebuah bisnis. Hal itu ditulis dan bisa diakses secara online oleh siapapun yang mengunjungi website bisnis tersebut

Perkembangan internet yang sangat pesat membuat Para pemilik bisnis mulai berfikir tidak hanya tentang bagaimana cara promosi atau iklan. Tidak hanya Dari segi media penyiaran dan publikasi. tapi juga mempertimbangkan tentang perilaku pasar saat ini.

Dengan mempertimbangkan perilaku pasar tersebut banyak bisnis yang bergeser dalam hal memasarkan produknya. yang dulunya secara terang-terangan memasarkan produknya langsung. Sekarang ini,  sebuah bisnis dipaksa untuk menyediakan  yang mau bisa menjadi sumber informasi bagi audiensnya.

Di atas merupakan salah satu contoh terbesar dari manfaat blog untuk bisnis. Setidaknya ada 11 manfaat blog untuk bisnis yang akan dibahas dalam artikel ini. 

Sebelum membahas tentang manfaat blog untuk Bisnis (UKM). Beberapa  fakta berdasarkan data tentang bisnis yang menggunakan blog sebagai media pemasaran mereka.

  • Sebuah bisnis yang membagikan konten secara konsisten mendapatkan traffic 8 kali lebih besar
  • Dengan blog bisa menggoreng biaya marketing hingga kurang lebih 60%
  • Dengan mampu membantu mendapatkan prospek pelanggan 3 kali lebih besar

11 Manfaat Blog untuk Bisnis Startup

Tunjukkan bahwa anda adalah seorang yang ahli dalam bidang bisnis anda

Yang menunjukkan bahwa anda menguasai apa saja yang berkaitan dengan bidang bisnis anda.  anda bisa mendapatkan kepercayaan lebih dari calon pelanggan anda. 

Lalu, bagaimana cara anda menyampaikan pesan yang terkandung dalam blog? Tentukan terlebih dahulu sudut pandang (point of view) dan gaya bahasa (style) blog anda.  dengan penyampaian yang unik dan menarik blog anda akan semakin diminati oleh  audience anda. dengan begitu Anda bisa menjalin kedekatan dengan  audience anda. selain itu, Hal ini membuat buat bisnis anda lebih terlihat transparan.

di samping itu blog juga mau fasilitasi para pencari informasi tentang bisnis atau bidang yang mereka Minati.  sehingga konten yang anda buat lebih relevan dengan calon pelanggan anda. 

Hari ini membangun kepercayaan terhadap  bisnis anda. karena biasanya membaca akan memiliki hubungan secara alami ketika mereka telah mendapatkan manfaat dari konten anda.

Buat konten yang bernilai  dan bermakna

Dengan menambahkan nilai tertentu hal ini berpengaruh pada pengalaman audience anda secara keseluruhan.

Orang-orang sekarang ini tidak terlalu mengikuti brand dan mempunyai ikatan terhadap brand kemas terang-terangan (hard selling). Hal ini juga tidak terlepas dari kurang menariknya cerita dibaliknya.

manfaat blog untuk bisnis yang terpenting adalah menciptakan nilai bagi pelanggan anda. Anda tentunya ingin pelanggan anda memiliki pengalaman yang lebih baik dibandingkan dengan kompetitor anda.

Blog tanpa memiliki nilai yang unik  bagi audience mereka Hanya akan  membuat audience anda pergi begitu saja tanpa mendapatkan keterikatan emosi dengan bisnis anda. 

Dengan blog anda memberikan informasi secara cuma-cuma. Dengan begitu harapannya audience anda bisa Membeli produk atau jasa anda dengan cara mereka sendiri.

Beberapa hal yang bisa anda bagikan ke audiens anda bisa berupa checklist, ide gagasan, tips dan trik dan informasi bermanfaat lainnya.

Dengan begitu Anda bisa mendapatkan pelanggan potensial  dengan konten yang anda buat.  dan bisa jadi mereka adalah pelanggan yang loyal,  karena mereka telah teredukasi terlebih dahulu melalui konten anda.  bagaimana cukup efektif bukan?

ContohEtsy, adalah platform marketplace  yang mana mereka menjual barang-barang unik dan mempunyai nilai seni. Media yang bisa menjembatani antara penjual dan pembeli di bidang kesenian tentunya. 

Faktanya mereka menggunakan blog sebagai media informasi yang berisi  terkait tips dan trik dari sudut pandang ide kreatif.

Dalam blog Mereka banyak membagikan tentang ide serta inspirasi untuk penggunaannya.  Hal ini bertujuan untuk menambah nilai bagi pengguna mereka yang pada akhirnya mereka memiliki  kepercayaan yang tinggi terhadap  bisnis mereka karena sudah memenuhi kebutuhan kreatif  pengguna mereka.

Search Engine Optimization

Jika kita berbicara tentang SEO (search engine optimization)  bukan hanya sekedar rangking di mesin pencari.  tetapi juga strategi jangka panjang untuk membuat bisnis lebih menonjol dibandingkan kompetitor.  ada beberapa cara untuk melakukan hal tersebut, salah satunya adalah dengan menulis blog  dengan kata kunci yang relevan audience anda. Artikel yang anda bagikan itu relevan maka secara tidak langsung akan berpengaruh pada peringkat  blog anda di mesin pencari.

Ada banyak cara mengoptimasi SEO on page ataupun SEO off page.Namun dengan blog masih terbukti Salah satu cara paling ampuh untuk mendapatkan peringkat yang tinggi di mesin pencari.

Mengumpulkan Data Berupa Email

Sebuah blog yang bisa digunakan untuk mengumpulkan data terkait customer anda salah satunya email. ini didapat dari Anda yang yang memiliki prospek yang tinggi.  yang kemudian dengan email ini anda bisa menggunakannya untuk strategi Marketing panel bisnis anda. yang mana Anda juga bisa kemudian mengirimkan email tentang tugas atau jasa anda. pemain yang lebih menyentuh nama anda adalah cara yang yang bagus untuk menjadikan konversi.

manfaat blog untuk bisnis adalah membuat daftar email salon pelanggan yang mempunyai prospek tinggi yang mana bagus untuk strategi pemasaran jangka panjang bisnis anda.

Mungkin Anda sendiri sudah pernah melihatnya saat Anda mengunjungi sebuah blog akan muncul sebuah pop-up yang berisi formulir email.

Demand Generation

Demand Generation metode untuk pembuatan kontrak yang menangkap calon pelanggan potensial dengan formulir kontak. dari formulir kontak ini yang akan dijadikan konversi.

Blog menjadi sarana untuk membagikan kan informasi terkait produk fitur produk dan manfaat dari produk tersebut. Semua itu dikemas dalam storytelling yang menarik.

Lead conversions

ada beberapa cara untuk menjaring banyak calon pelanggan potensial. setidaknya ada tiga tahapan,  yaitu:

  •  tahap  Awareness
  •  tahap consideration
  •  tahap keputusan/decision

Salah satu manfaat blog untuk bisnis adalah dapat sebagai jembatan dari tiga tahapan di atas. dan ini perlu dipahami bahwasanya dari 3 tahapan di atas memiliki Peran yang sama dalam  konversi.

Sebagai contoh, sebuah checklist dan tips dalam sebuah postingan blog dapat membantu menarik Seorang customer baru dan mengarahkan customer tersebut untuk melirik dan mempertimbangkan produk atau jasa anda.

Pada akhirnya sebuah konten seperti review pelanggan atau testimoni bisa menjadi  bukti yang kuat untuk mempengaruhi calon pelanggan berikutnya Dalam mempengaruhi keputusan jadi membeli produk Anda. sehingga bisa dibilang blog adalah salah satu elemen penting  dalam proses konversi lead.

Manfaat dari Konversi lead adalah mendorong calon pelanggan melalui proses konversi lead tanpa kita harus  hard selling.

Memperoleh eksposur dan visibilitas

Terkadang pemilik bisnis merasa uang mereka lebih baik diinvestasikan untuk hal-hal yang berkaitan dengan operasional dan dan manajemen dari brand mereka atau bisnis mereka ketimbang dialokasikan ke sektor pemasaran dan promosi. akan tetapi, kemudian bagaimana  membangun  awareness tentang bisnis Anda tanpa mengeluarkan dana sedikitpun untuk mempromosikannya?

Yang telah terjadi blog menjadi jawaban dari banyak pertanyaan jika blog itu sendiri benar-benar dibuat bernilai untuk audience. Strategi ini salah satu cara yang sangat bagus gudangnya informasi terkait produk baru atau layanan baru di website anda. yang mana audience akan mengunjunginya tidak hanya untuk memperoleh informasi yang mereka cari akan tetapi mereka juga akan belajar tentang bisnis Anda secara umum. Bisa kita simpulkan bahwa manfaat blog untuk bisnis lainnya tentunya adalah untuk meningkatkan visibilitas bisnis anda. 

Membangun Komunitas dengan Influencer Marketing

Salah satu cara lain sebuah blog dapat bermanfaat untuk sebuah usaha kecil menengah adalah ketika mereka dengan seorang influencer sebagai bagian dari strategi content marketing mereka. kamu dapat memberikan sebuah produk kepada seorang influencer untuk digunakan sebagai pertukaran exposure. yang mana produk tersebut akan di-review oleh influencer tersebut. kuncinya adalah untuk meyakinkan serta merekomendasikan bahwasannya produk Anda benar-benar layak dan bagus untuk customer anda. 

Jika anda adalah seorang  pemilik bisnis yang mana mempunyai sedikit follower, maka akan sangat sulit untuk menciptakan konversi yang banyak. akan tetapi influencer dengan  Man follower yang banyak dan mereka bisa mempromosikan bisnis anda dengan postingan blog yang simple yang berisi review tentang produk Anda.

manfaat blog untuk bisnis tentunya Untuk menjangkau lebih luas pasar anda. yang harus anda lakukan adalah mencari influencer yang tepat yang mempunyai follower banyak. di mana  kalau merupakan anda.

Menciptakan Backlink

Inbound links adalah link dari situs lain yang mengarah ke website bisnis anda. Salah satu manfaat blog untuk bisnis adalah menciptakan backlink tersebut yang mana bagus untuk search engine optimization dari blog anda. seperti yang sudah kita diskusikan sebelumnya Blog yang bagus adalah backink yang dapat memberikan nilai kepada pembacanya. jika sebuah artikel ini cukup nilai untuk menyelesaikan problem dari customer.  maka bisa jadi mereka akan beralih dari website atau blog lainnya ke blog anda.

Ketika website lain membuat link ke ke website anda, Hal inilah yang menjadi dasar blog Anda disarankan oleh Google. rekomendasi digital ini dapat membantu meningkatkan domain authority website atau blog anda yang mana itu adalah salah satu yang disukai oleh algoritma mesin pencari.

Jadi bisa disimpulkan bahwa backlink dapat meningkatkan domain authority dari blog atau website anda. selain itu juga dapat meningkatkan peringkat blog anda di mesin pencarian.

Feedback atau Umpan Balik

Sebuah blog juga menjadi salah satu cara terbaik untuk customer berinteraksi dengan bisnis kita dengan berkomentar di sebuah postingan blog.Dikarenakan kemudahan akses blok menjadi salah satu media untuk berdiskusi tentang apa yang pelanggan Anda suka maupun tidak suka.

Menyimpulkan bahwa sekitar 55% pengguna pelanggan dapat menceritakan kan produk Anda kepada pelanggan lainnya.  seberapa besar produk Anda dapat berpengaruh kepada ada pelanggan tersebut. yang mana itu bisa menjadi acuan untuk calon pelanggan lain untuk mengambil keputusan menjadi beli.

Sama seperti sosial listening, Anda dapat dengan mudah memperbarui strategi marketing Anda berdasarkan interaksi dan feedback yang mereka terima di postingan blog.

Selain itu ide dan gagasan dari pelanggan yang meninggalkan komentar di postingan blog bisa menjadi acuan untuk pembuatan konten berikutnya. tidak jarang pelanggan memberikan saran dan kritik yang membangun.

manfaat blog untuk bisnis startup salah satunya adalah mengajak audiensi mereka untuk meninggalkan titik dan pendapat mereka terkait bisnis anda.

Tetaplah Kompetitif dan Terdepan

Sebuah bisnis yang aktif di blog akan lebih banyak disukai dan mendapatkan banyak pengunjung web yang kemudian bisa dikonversi untuk jadi sales. Penelitian terkini tentang marketing Menyatakan bahwa sekitar 55% pengguna coba diubah ke konversi jika mereka secara konsisten mengoptimasi blog mereka. Sebuah  blog yang mapan tidak hanya terlihat ahli di bidang bisnis anda dari sudut pandang pelanggan akan tetapi juga bisa membuat konten yang bernilai yang secara tidak langsung membantu pelanggan memilih produk dan jasa anda.

Kesimpulan

Jika anda adalah seorang pemilik bisnis maka anda saya sarankan untuk mulai membuat blog Anda jika memang belum mempunyai nya. Manfaat blog untuk bisnis itu sendiri sangat banyak Seperti yang sudah dipaparkan di atas. jadi tidak ada alasan lagi untuk anda ada tidak menginvestasikan uang anda untuk sebuah blog.

Bebenarnya masih banyak lagi manfaat dan keuntungan yang didapat dari blog. namun setidaknya artikel diatas sudah bisa mewakili semua manfaat yang ada. yang kiranya cukup untuk meningkatkan dan mengembangkan sebuah usaha kecil menengah  atau yang sekarang banyak disebut dengan startup.

Tinggalkan Komentar