Laris Manis Berjualan di Tokopedia dengan Teknik SEO

0
76
LARIS MANIS BERJUALAN DI TOKOPEDIA DENGAN TEKNIK SEO
LARIS MANIS BERJUALAN DI TOKOPEDIA DENGAN TEKNIK SEO

Sekarang ini tokopedia masih menjadi salah satu online marketplace terbaik di Indonesia. Bahkan tokopedia disebut marketplace nomor 1 di Indonesia menurut data dari Iprize group. Lebih dari 60 juta pengunjung tokopedia di akhir 2019 kemarin. Dari data tersebut tokopedia masih menjadi kolam yang sangat potensial bagi para pengusaha online yang untuk berjualan dan mendulang keuntungan. Tapi kembali lagi masih banyak para seller yang bahkan belum pecah telur atau laku satu pun produknya. Salah satu faktornya kemungkinan karena mereka belum menerapkan teknik SEO tokopedia. Lalu bagaiamana cara agar laris manis berjualan di tokopedia dengan teknik SEO ini?

Menerapkan teknik SEO tokopedia ini memang tidak mudah, namun juga tidak mustahil untuk dilakukan. Bagaimana kalau mau laris manis berjualan di tokopedia sedangkan cara kita berjualan hanya menunggu dan tidak melakukan apa-apa. Seperti layaknya google yang notabenenya adalah mesin pencari. Tokopedia juga mempunyai fitur pencarian yang di dalamnya ada fitur filter.

Pembeli bisa mencari produk produk yang dicari dengan fitur yang berguna ini. Dari mengurutkan dari harga terendah, produk terbaru, ulasan atau rating, hingga produk yang paling sesuai. Pembeli juga bisa menyaring produk apa saja yang akan muncul sehingga lebih spesifik.

Dengan fitur filter pembeli bisa menyaring produk-produk berdasarkan lokasi penjual, kategori yang lebih spesifik, pjasa pengiriman yang digunakan, hingga rentang harga produk yang mereka cari, dan masih banyak lagi.

Dari sini kita bisa tahu agar produk kita bisa ditemukan dengan mudah, tentunya kita harus mengoptimasi agar produk kita muncul ketika pembeli menyaring atau mengurutkan saat mereka sedang mencari produk. Nah, untuk lebih detailnya bagaimana cara supaya laris manis berjualan di tokopedia dengan teknik SEO akan dibahas sebagai berikut.

Teknik SEO, supaya laris manis berjualan di tokopedia

1. Optimasi SEO dengan Kata Kunci di Judul maupun Deskripsi

Optimasi judul dan deskripsi sangat penting karena produk yang muncul di pencarian adalah dengan kata kunci yang relevan. Ketika pembeli mengetik “Jaket” maka produk yang muncul tentunya akan dengan judul yang mengandukng kata jaket. Selain itu apabila di deskripsi dan etalase produkmu ada kata “jaket” maka juga akan meningkatkan tingkat relevansi dari kata “jaket” tersebut.

Selain dengan kata kunci yang tepat kamu bisa menambahkan kata-kata promosi yang bertujuan untuk menarik calon pembeli untuk mengklik produk kamu. Misalnya Jaket kulit pria asli berkualitas, dengan judul tersebut kamu berusaha memberikan gambaran bahwa produk jaket yang kamu jual itu berkualitas.

Namun, kamu juga harus berhati-hati dalam membuat judul. Mentang-mentang ingin menyaring kata kunci semua kata kunci kamu masukkan kedalam satu judul produk. Misalkan jaket hoodie sweater murah berkualitas Hal ini bisa membuat produkmu terdeteksi spam oleh tokopedia. Selain itu juga akan membingungkan bagi calon pembeli karena judul yang tidak spesifik yang mengacu pada produkmu.

2. Optimasi SEO filter terbaru

Seperti yang dijelaskan tadi di atas bahwa memanfaatkan fitur filter menjadi salah satu hal yang bisa membuat produkmu tampil dibarisan paling atas. Salah satu filter ini adalah berdasarkan yang terbaru. Caranya kamu bisa secara bertahap dan terus menerus mengupload produkmu secara rutin. Misalnya satiap hari kamu mengupload 3 produk dengan jam yang berbeda-beda. Hal ini bertujuan agar produkmu muncul terus menerus di bagian atas pencarian dengan filter terbaru.

Kamu bisa membuat jadwal di jam tertentu yang menurutmu waktu dimana orang-orang online untuk membeli produk. Bagaimana caranya bisa tahu kapan pengunjung tokopedia sedang banyak-banyaknya. Untuk di awal berjualan kamu bisa menggunakan logika awam. Seperti saat jam istirahat kerja, waktu bersantai di rumah, atau jam-jam sebelum tidur orang-orang akan cenderung membuka smartphone mereka untuk sekedar buka sosmed atau promo di marketplace.

Bagi kamu yang sudah lama berjualan kamu bisa lebih spesifik dalam menentukan waktu upload produkmu dengan kategori produk yang kamu jual. Misalnya orang-orang akan cenderung lebih banyak membeli produk fashion muslim sebelum atau saat ramadhan tiba. Atau orang akan beli kebutuhan makeup saat tanggal-tanggal gajian tiba. Kamu bisa melakukan upload yang lebih banyak dari waktu biasanya di waktu-waktu tersebut.

Perlu kita sadari bahwa ada jutaan penjual di tokopedia. Maka dari itu tanpa adanya optimasi yang tepat tokomu akan susah bersaing dan eksis di tokopedia. Apalagi dengan sistem rating dan produk terjual terbanyak akan semakin menambah kepercayaan untuk tokomu.

3. Optimasi FIlter Harga Termurah

Selain akan menarik pembeli harga yang bersaing juga akan memudahkan produkmu tampil teratas jika produkmu memang memiliki harga yang relatif murah. Dengan fitur filter harga termurah ini banyak digunakan sebagai strategi toko-toko baru yang ingin mencari banyak pembeli baru. Sehingga hal tersebut terkadang akan meninimbulkan harga produk yang dibawah harga pasaran. Mereka para penjual baru istilahnya “bakar uang” dulu di awal untuk mendatangkan pembeli.

Teknik bakar uang ini juga tidak ada salahnya kamu praktikan jika memang kamu yakin dan tahu kapan kamu harus berhenti melakukannya agar tidak terus merugi. Namun, disini saya menganjurkan agar harga produkmu masih di rentang normal dan lebih mengoptimasi hal lain yang bisa mengangkat produkmu.

Sekarang ini juga sudah banyak pembeli pintar yang mempunyai mindset dan menyadari bahwa “ada harga ada kualitas”. Tak sedikit dari masyarakat yang malah khawatir dan ragu dengan harga yang terlalu murah. Jangan-jangan produknya tidak awet atau bahkan penipuan.

Jadi tetaplah memasang harga yang terbilang normal. Dengan melakukan hal tersebut juga secara tidak langsung akan mencegah adanya “hancur-hancuran harga”. Dan produk yang kamu jual akan mudah untuk bersaing dengan penjual lainnya.

4. Optimasi Gambar Produk

Yang menjadi faktor paling utama adalah foto atau gambar produkmu. Gambar yang menari dan terkesan profesional akan lebih dilirik dibanding dengan gambar yang resolusi rendah dan banyak tulisan yang tidak perlu. Selain itu gambar yang profesional juga akan menambah kepercayaan pembeli untuk mengklik produk kamu.

Buat gambar dengan backgroun yang bersih dan dengan resolusi yang tinggi. Menggunakan foto yang kamu produksi sendiri akan lebih bagus dibanding dengan menggunakan foto dari orang lain. Jika tidak percaya kalian bisa riset sendiri dari 100 produk yang terjual paling banyak merupakan produk-produk yang menggunakan gambar yang jelas dan menarik.

5. Optimasi Halaman Toko

Selain poin di atas mengoptimasi halaman toko juga sangat penting. Setelah pengunjung melihat produkmu banyak yang cenderung akan melihat toko kalian. Hal ini dilakukan untuk melihat rating toko dan berapa banyak produk yang sudah terjual. Dengan mengoptimasi halaman toko seperti membuat produk unggulan. Atau membuat etalase toko dengan membagi produk berdasarkan ketegori.

Dengan optimasi halaman toko yang tepat dan menarik akan semakin mempengaruhi tingkat kepercayaan dan keputusan untuk membeli di toko kita. Selain itu dengan riwayat balas cha dan rating tokomu akan membantu dalam hal tersebut.

Baik itulah tadi bagaiamana cara agar laris manis berjualan di tokopedia dengan teknik SEO. Ingat ada pepatah mengatakan bahwa sesuatu yang dirawat tidak akan hianat. Terus optimasi dan upload produkmu secara berkala, dan tetap semangat dalam berjualan. Semoga tokomu terus sukses dan laris manis tanjung kimpul. Baca juga Cara Optimasi Tokopedia untuk Seller Baru 2020

Masih banyak yang perlu ditambahkan dalam artikel ini. Jika ada saran silahkan tinggalkan komentar atau sekedar berbagi pengalaman berjualan di tokopedia. Semoga bermanfaat saya habib hidayat terima kasih.

Tinggalkan Komentar