Kesalahan Digital Marketing yang Harus Dihindari
Kesalahan Digital Marketing yang Harus Dihindari

Kesalahan Digital Marketing yang Harus Dihindari – Melakukan pemasaran secara daring, atau seringkali disebut sebagai digital marketing sudah menjadi hal yang lumrah untuk dilakukan. Perkembangan teknologi dan penggunaan internet yang makin mudah diakses, membuat pemasaran berbagai produk menjadi lebih massif. Hal yang perlu Anda ketahui, bahwa digital marketing bisa mengalami kegagalan bila dilakukan dengan cara yang salah.

Menggunakan pemasaran secara daring memang memerlukan startegi khusus. Akan tetapi, banyak pelaku bisnis yang mengabaikan strategi ini, sehingga hasil pemasaran yang di harapkan tidak mencapai target yang sebelumnya di rencanakan. Berikut merupakan kesalahan dalam digital marketing yang sebaiknya Anda hindari sesegera mungkin.

Daftar isi

Tidak Menggunakan Konten yang Berkualitas

Ketika melakukan pemasaran secara daring, Anda harus memperhatikan kualitas konten yang Anda tampilkan dalam media sosial ataupun toko daring yang Anda miliki. Akan lebih baik apabila Anda mencari tahu terlebih dahulu, topik maupun produk yang sedang ramai di gunakan atau di minati oleh masyarakat. Dengan begitu, target penjualan Anda menjadi lebih jelas dan terukur.

Konten yang Anda jadikan sebagai media promosi, akan lebih baik merupakan konten original. Menggunakan konten orang lain sebagai media digital marketing akan membuat situs Anda sulit terindeks oleh mesin pencarian, membuat calon pembeli kesusahan menemukan produk yang Anda tawarkan. Kesalahan digital marketing ini harus Anda hindari sedini mungkin.

Tidak Memberikan Informasi yang Lengkap Terkait Produk Anda

Kesalahan fatal lain yang sering dilakukan oleh pelaku bisnis daring adalah tidak memberikan informasi yang lengkap, terutama terkait dengan produk yang sedang Anda tawarkan. Ini akan membuat calon pembeli kebingungan, apakah produk atau jasa yang hendak ia pesan, sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa untuk memberikan informasi yang detail terkait produk, barang, atau jasa yang hendak Anda jual.

Selain informasi mengenai produk yang Anda jual, ingat untuk memberikan deskripsi mengenai brand milik Anda. Berikan kontak yang bisa di hubungi atau memberikan fitur live chat bagi pelanggan yang mengunjungi sosial media ataupun toko online Anda. Ini akan memudahkan pelanggan untuk menanyakan detail produk dan menjadi kesempatan bagi Anda untuk mempromosikan produk dan jasa yang Anda tawarkan secara langsung.

Tidak Mendaftarkan Situs Anda ke Mesin Pencari

Kesalahan digital marketing selanjutnya adalah tidak membuat situs atau toko daring yang terindeks mesin pencari. Padahal, dengan memanfaatkan mesin pencarian, peluang produk dan jasa Anda diketahui khalayak yang lebih luas menjadi kian besar. Biasanya tipe pelaku bisnis yang seperti ini hanya mengandalkan media sosial untuk melakukan promosi.

Anda bisa mencoba membuat situs, baik menggunakan domain yang gratis atau berbayar untuk mengembangkan toko daring Anda. Dengan begitu, Anda bisa menjangkau calon pembeli non-lokal dan di luar kota. Bisnis Anda akan kian berkembang dengan menggunakan langkah ini. Ingat untuk melakukan update konten setiap hari, agar situs lebih mudah terindeks oleh mesin pencari. Sekaligus membuat pelanggan tidak bosan ketika berkunjung ke situs atau  toko daring yang Anda kelola.

Website yang Anda Kelola Terlalu Berat

Makna terlalu berat disini adalah situs yang Anda kelola memiliki tema yang berat. Sehingga memerlukan waktu lama untuk loading dan muncul di perangkat calon pembeli Anda. Banyak pembeli yang tidak sabar, kemudian memilih untuk bergeser ke toko daring lain dengan situs yang lebih ramah pengguna.

Untuk menghindari kesalahan digital marketing ini,  gunakan pilihan tema minimalis dan ringan untuk situs toko daring Anda. Jangan ragu untuk menginvestasikan uang pada website dengan tingkat pengelolaan yang mudah, namun memberikan grafis yang baik. Anda tidak perlu membeli domain yang mahal untuk situs Anda, bahkan domain gratis bisa terlihat menarik apabila dikelola dengan baik. Buat toko daring Anda seminimalis mungkin untuk memudahkan pengguna menelusurinya.

Tidak Memiliki Target dan Tujuan yang Jelas

Anda bisa menentukan target penjualan dengan melakukan survei pada pelanggan Anda. Untuk hasil yang lebih baik, Anda bisa memperhatikan pangsa pasar untuk melihat keperluan, produk, atau jasa yang sekiranya sangat diperlukan dalam waktu dekat. Anda juga bisa menggunakan kuisioner untuk melihat minat dan ketertarikan pelanggan. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah menentukan target penjualan dengan lebih jelas.

Sedangkan untuk mencapai tujuan tersebut, Anda bisa membuat demografi singkat mengenai keadaan pasar, demografi, dan minat pelanggan di area sekitar Anda. Buat tujuan secara realistis, sehingga Anda lebih mudah mencapainya. Kemudian, Anda bisa mengaplikasikan data yang telah di dapatkan menjadi konten digital marketing. Apabila target dan tujuan bisa tercapai dalam waktu yang relatif singkat, Anda tentu akan lebih bersemangat melakukan bisnis.

Mengabaikan Story Telling Penjualan dan SEO pada Website

Kesalahan digital marketing yang harus Anda hindari selanjutnya adalah mengabaikan detail dalam proses marketing, yakni tidak membuat konten yang ramah pada pelanggan. Usahakan untuk menggunakan story telling ketika melakukan penjualan produk atau jasa, jangan langsung memberikan detail keterangan mengenai produk dan memasang harga. Menggunakan gaya penjualan story telling akan membuat calon pembeli lebih memahami produk.

Apabila Anda menggunakan website untuk memasarkan produk, akan lebih baik bila memanfaatkan SEO untuk meningkatkan penjualan. SEO berguna untuk memudahkan situs Anda terdeteksi oleh mesin pencari dan merekomendasikannya di halaman pertama mesin pencarian. Ini akan memudahkan pelanggan Anda untuk menemukan produk yang Anda jual, tanpa perlu mencarinya dengan susah payah.

Melakukan Update yang Asal

Selain melakukan update di toko daring atau situs penjualan, Anda juga bisa menggunakan media sosial untuk memasarkan produk dan jasa yang Anda jual. Anda bisa membuat akun media sosial resmi untuk toko Anda, kemudian melakukan update foto atau konten secara teratur disana. Kesalahan digital marketing yang sering dilakukan pelaku bisnis adalah tidak memberikan respon yang ramah pada pembaca.

Padahal para pembaca dan pengguna media sosial ini bisa menjai calon pembeli yang potensial. Karena itu, usahakan untuk menjalin hubungan yang ramah dengan pembaca, yakni dengan meningkatkan interaksi dua arah. Rancang dengan baik konten yang hendak Anda unggah, sehingga menarik untuk dibaca. Jangan ragu untuk menggunakan tools pendukung agar tampilan konten menjadi kian cantik. Pelajari terkait digital marketing lebih lanjut disini

Tidak Mengumpulkan Alamat E-mail

Anda bisa menyediakan fitur langganan konten via e-mail pada pelanggan yang mengunjungi situs atau toko daring Anda. Sehingga, ketika melakukan update konten, mereka akan mendapatkan pemberitahuan lebih lanjut. Langkah ini cukup efektif untuk menarik minat para pelanggan yang tidak bisa terus menerus mengunjungi toko daring Anda. Baca juga Strategi Email Marketing dan Penggunaannya untuk Startup.

Menggunakan digital marketing sebagai salah satu media promosi memang dirasa cukup penting dilakukan. Mengingat sekarang ini banyak orang yang lebih tertarik untuk mengakses apapun lewat internet dengan alas an efisiensi. Walaupun begitu, selalu hindari kesalahan digital marketing tersebut agar penjualan Anda bisa berjalan secara maksimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here