cropped-habibftcn-1.png
Logo Habibhidayat.com

Kenali Skema Ponzi, dan Apa Bedanya dengan MLM

4 June 2021
Skema Ponzi
Habib Hidayat
verified

Skema Ponzi sudah lama menjadi buah bibir di dunia investasi internasional. Di Indonesia sendiri, Ponzi kian marak dan merugikan banyak korban yang masih minim literasi keuangan. Banyak yang menyamakan Ponzi dengan MLM, padahal keduanya jelas berbeda. Agar tidak ketinggalan informasi, simak info selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Skema Ponzi

Pengertian Skema Ponzi
Pengertian Skema Ponzi

Ponzi adalah sebuah skema bisnis abal-abal yang memanfaatkan kelemahan korban yang belum memahami dunia investasi. Skema Ponzi mengandalkan kemampuan merayu calon korban dengan iming-iming keuntungan yang tidak rasional. Karena itulah korban Ponzi biasanya masyarakat umum yang belum paham investasi.

Bagi kalangan pebisnis dan investor profesional, atau masyarakat yang sudah paham literasi keuangan, rayuan pelaku Ponzi jelas tidak akan mempan. Mereka tahu betul potensi dan resiko berbagai instrumen investasi.

Sayangnya, agen Ponzi pun mengetahui kondisi ini. Mereka sengaja menghindari orang-orang yang paham literasi yang berpotensi merusak skema bisnis. Mereka kemudian menargetkan masyarakat awam yang mudah dirayu dengan jargon ‘untung besar’ dan ‘untung cepat’.

Ponzi dijalankan dengan sistem rekrutmen. Member yang berada di level atas mendapatkan keuntungan dari member-member yang berhasil direkrutnya. Member baru ini pun memiliki tugas yang sama, yaitu merayu lebih banyak orang untuk bergabung.

Keuntungan didapatkan saat member berhasil mengajak orang lain untuk masuk ke dalam skema. Keuntungan ini berasal dari semacam biaya pendaftaran yang wajib dibayarkan untuk bergabung menjadi member. Semakin banyak orang yang direkrut, semakin besar keuntungannya. Baca juga Trading Saham Adalah : Pengertian, Jenis, dan Keuntungannya.

Jadi, keuntungan anggota Ponzi bukan dari penjualan barang atau jasa, tapi dari hasil menipu orang lain untuk ikut terjerat ke dalam piramida. Skema ini memang sering digambarkan sebagai sebuah piramida. Member yang berada di puncak piramida adalah yang paling diuntungkan, sementara mereka yang berada di dasar piramida akan sangat dirugikan.

Untuk menutupi kerugiannya, member level terbawah harus melanjutkan rekrutmen dan membangun piramida ke level yang lebih rendah lagi, sehingga mereka terangkat ke posisi yang lebih tinggi.

Sejarah Skema Ponzi

Sejarah Skema Ponzi
Sejarah Skema Ponzi

Skema Ponzi bukanlah hal baru. Skema ini dicetuskan oleh Charles Ponzi pada tahun 1920. Pada saat itu, Charles Ponzi menawarkan skema perdagangan lintas negara dan mengajak orang-orang untuk membeli semacam kupon kepadanya.

Charles Ponzi mengatakan bahwa kupon yang terkumpul akan ia kirimkan ke luar negeri seperti Italia. Kupon tersebut kemudian akan dikembalikan ke Amerika Serikat untuk dibelikan perangko. Pada masa itu, perangko termasuk jenis barang yang punya nilai jual karena komunikasi jarak jauh masih mengandalkan surat.

Menurutnya, peluang keuntungan dari model bisnis ini bisa mencapai 400%. Tentu saja banyak yang percaya dan tergiur dengan tawaran keuntungan sebesar itu.

Selang beberapa waktu kemudian, terbongkarlah kedok Ponzi yang ternyata menipu para investor. Dari total uang yang terkumpul, seharusnya Ponzi mengeluakan 160 juta kupon. Tapi realisasinya hanya 27 ribu atau 0,016875%. Perbandingan ekspektasi versus realita yang sangat jauh!

Charles Ponzi kemudian ditangkap dan dipenjara. Tapi modus penipuannya tetap dikenal dan dilanjutkan oleh oknum-oknum nakal dewasa ini.

Perbedaan Ponzi dengan MLM

Kenali Skema Ponzi, dan Apa Bedanya dengan MLM - Habib Hidayat
Perbedaan Ponzi dengan MLM

Jangan samakan skema Ponzi dengan MLM. Sekilas memang mirip, tapi ada satu hal mendasar yang membedakan keduanya.

baca juga :  #IniUntukKita –Investasi SBN Ritel untuk Milenial

MLM adalah singkatan dari Multi Level Marketing. Sistem rekrutmen memang berlaku, komisi member pun ditawarkan, tapi fokus operasinya bukan di sana.

MLM memiliki produk yang benar-benar dijual, bukan sekedar kedok seperti yang dilakukan Ponzi. Keuntungan member pun diperoleh dari komisi penjualan produk. Semakin banyak produk terjual, semakin besar keuntungan untuk member.

Memang ada beberapa level marketer dan setiap member berpeluang untuk menjadi ‘leader’ bagi orang-orang yang direkrutnya. Tapi fokus operasi MLM tetap pada penjualan produk, bukan pada rekrutmen dan grafik piramida seperti Ponzi.

MLM adalah strategi pemasaran yang legal dan diijinkan di Indonesia. Sedangkan Ponzi sudah terang-terangan dilabeli sebagai modus penipuan dan dilarang keras karena merugikan masyarakat.

Modus Skema Ponzi

Kenali Skema Ponzi, dan Apa Bedanya dengan MLM - Habib Hidayat
Modus Skema Ponzi

Jangan mudah percaya dengan janji manis agen penjualan, terutama yang tidak benar-benar Anda kenal. Bila Anda ditawari investasi dengan ciri-ciri di bawah ini, bisa dipastikan bahwa Anda sedang menjadi target pelaku Ponzi.

  • Keuntungan besar dalam waktu singkat
  • Investasi tanpa resiko dan 100% untung
  • Model bisnis investasi yang tidak jelas
  • Produk tidak berizin dan tidak punya tempat di pasar
  • Member ditekankan untuk merekrut orang, bukan menjual produk
  • Penghasilan member dari rekrutmen, bukan dari penjualan
  • Investor dicegah untuk keluar dengan iming-iming investasi lebih besar
  • Melibatkan tokoh masyarakat yang masih awam investasi
  • Pengembalian dana dipersulit

Ingat, jika Anda mendapatkan penawaran dengan sebagian atau seluruh poin di atas, segera laporkan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) via telepon ke nmor 157 atau via WhatsAPP ke nomor 081-157-157-157.

Ponzi Akan Hancur dengan Sendirinya

Kenali Skema Ponzi, dan Apa Bedanya dengan MLM - Habib Hidayat
Ponzi Akan Hancur dengan Sendirinya

Skema Ponzi tidak akan bertahan lama. Kemungkinan terbesar berakhirnya bisnis Ponzi adalah tindak lanjut dari pihak berwenang. Kalau pun tidak tersentuh otoritas, Ponzi akan tetap hancur dengan beberapa skenario:

  • Promotor melarikan diri dengan membawa sisa uang yang seharusnya dibayarkan kepada member
  • Saat rekrutmen terkendala dan melambat, promotor kesulitan membayar keuntungan kepada member yang menimbulkan kecurigaan pada manajemen
  • Tekanan dari kondisi pasar eksternal seperti saat terjadinya krisis ekonomi

Daftar Pelaku Ponzi Indonesia

OJK selaku otoritas yang berwenang mengawasi kegiatan investasi dalam negeri sudah memblokir banyak organisasi yang terbukti menjalankan bisnis piramida. Beberapa di antaranya adalah:

  • PT. Qurnia Subur Alam Raya
  • Virgin Gold Mining Corporation
  • Abu Tours
  • Golden Traders Indonesia Syariah
  • First Travel Anugerah Karya Wisata
  • Pandawa Group
  • Manusia Membantu Manusia
  • MeMiles

Selain daftar di atas, tentu masih banyak pelaku Ponzi yang belum terdeteksi. Modus ini juga terus lahir dan tumbuh. Tertangkap satu, muncul lagi yang baru. Sudah semestinya kita melindungi diri dan orang-orang terdekat dengan memperkaya dan membagikan informasi seputar literasi keuangan.

Hindari Skema Ponzi dengan 2L

OJK mencetuskan formula 2L untuk membentengi diri dari penipuan berkedok investasi. Penjelasan dari konsep 2L ini adalah:

  • Legal: pelaku investasi harus mempunyai ijin resmi. Cross check ke lembaga berwenang seperti OJK, BAPPEBTI, atau yang lainnya, tergantung jenis investasi yang ditawarkan.
  • Logic: skema investasi harus masuk akal. Untung besar, cepat, dan tanpa resiko jelas tidak realistis dari kacamata bisnis.

Jika Anda ragu, tanyakan pada pihak berwenang atau yang lebih memahami dunia keuangan dan investasi. Ingat, jangan mudah tergiur dengan penawaran yang terkesan dibuat-buat. Selalu gunakan akal sehat, jangan serakah, dan gunakan data-data resmi pemerintah sebagai acuan. Baca juga Investasi adalah: Pengertian, Jenis, Contoh, dan Manfaatnya.

baca juga :  Daftar Kode Bank Indonesia Terlengkap

Seiring dengan meningkatnya pengetahuan masyarakat tentang dunia investasi dan keuangan, Ponzi akan semakin lemah pengaruhnya di Indonesia. Tentu diperlukan kerjasama semua pihak untuk mengupayakan Indonesia bebas Ponzi dan investasi bodong.

Kesimpulan paling ringkas yang bisa kita tarik dari topik ini: skema Ponzi adalah penipuan yang dinyatakan ilegal oleh Pemerintah. Sudah menjadi kewajiban kita untuk menolak dan melaporkan praktik ini agar tidak merugikan lebih banyak orang.

bagikan artikel ini jika bermanfaat:

Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

Kembangkan Bisnis di Era Digital

layanan digital yang fleksibel sesuai kebutuhan anda

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Habib Hidayat

Habib Hidayat

Praktisi digital marketing serta penulis, tidak ada yang benar-benar ahli yang ada adalah kemauan untuk terus belajar seiring perkembangan jaman

Featured Post

Tertarik untuk kerjasama?

content placement, backlink, penulisan artikel, pembuatan website, digital marketing, dll.