Kembangkan Bisnis dengan Metrik Digital Marketing

0
25
Kembangkan Bisnis dengan Metrik Digital Marketing
Kembangkan Bisnis dengan Metrik Digital Marketing

Bikin Bisnis Makin Melejit Dengan Metrik Digital Marketing Siap Tempur! memiliki usaha online memang terlihat menyenangkan. Selain gampang dikembangkan, usaha online dinilai fleksibel juga banyak peminat. Namun, ternyata tak banyak yang survive ya? Apakah anda termasuk juga?

Dalam dunia bisnis terdapat istilah metrik, yang mana sangat dibutuhkan sebagai tolok ukur kinerja suatu perusahaan. Anda mampu membaca apa saja yang menjadi kendala, capaian hingga hal lain yang berkaitan dengan marketing bisnis anda. Tak hanya satu jenis metrik lho, namun banyak tipe yang bisa anda jadikan acuan.

Di dunia digital marketing, metrik juga begitu dibutuhkan. Meski dinilai sepele, metrik dianggap sangat membantu kinerja perusahaan. Lantas, APa sajakah jenis metrik beserta cara mengukurnya? Disimak ya ulasannya berikut.

Mengulik Fakta Unik Si metrik Dalam Dunia Digital Marketing

Kendati banyak dikemukakan terdapat beragam metrik penting, berikut empat jenisnya yang bisa anda jadikan referensi. Sehingga nantinya anda mampu mengoptimalkan kembali kinerja perusahan yang dirasa telah mengendor.

  1. Metrik sharing

Metrik jenis ini dapat pakai untuk mengukur tingkat intensitas orang-orang membagikan postingan maupun konten melalui platform milik anda. Mulai dari video, blog post atau yang lainnya. Metrik satu ini disebut-sebut mumpuni untuk mengukur keberhasilan konten yang anda create.

Ciri dari hal ini ialah, makin top konten yang anda buat makin banyak pula aktivitas share tersebut. Makanya, metrik ini dapat anda jadikan sebagai bahan observasi. Selain itu metrik jenis ini bisa memberikan sejumlah inspirasi terkait konten apa saja yang sekiranya mampu menarik minat pelanggan. Sebagai contoh, anda bisa masuk menuju beragam situs tracking, seperti Buzzsumo. Caranya tergolong gampang, yakni cukup input URL web milik anda. Lihat seberapa banyak konten tersebut dibagikan.

  1. Metrik konsumsi

Di poin kedua ini memungkinkan anda untuk mengukur seberapa besar atau banyak pengunjung maupun pembaca yang melihat konten buatan anda. Jika anda memiliki sebuah blog, metrik ini ibarat traffic situs untuk anda. Bahkan, anda bakal tahu berapa lama pengunjung ini menghabiskan waktunya di blog milik anda tersebut. Wah, wajib punya nih.

Tapi, untuk akun jenis youtube, anda dapat mengintip metrik ini melalui total penayangan video yang anda punya. Metrik ini lebih gampang dimonitor melalui media sosial sebagai alat pemasaran brand milik anda. Tenang, ada banyak platform yang khusus menyediakannya. Seperti pinterest analytics, youtube insight hingga Google analytics. Jadi di dunia digital marketing ini metrik dinilai penting ya!

  1. Metrik lead generation

Metrik jenis ketiga memiliki fungsi untuk menengok seberapa besar atau banyak jumlah visitor di web yang anda miliki. Terlebih yang telah membagikan informasi pribadi setelah membaca konten dari web milik anda. Sebagai contoh, si pengunjung bakalan berlangganan newsletter bisnis setelah membaca sejumlah artikel anda. Maknanya, visitor ini akan mencantumkan nama, email hingga informasi penting lainnya. melalui data ini kedepan anda dapat berkesempatan mengubah mereka menjadi pelanggan anda dan mendatangkan banyak keuntungan.

  1. Metrik pendapatan

Sesuai namanya, metrik jenis ini dapat mengukur hasil penjualan, pendapatan bisnis maupun yang lainnya. Yang tentunya mampu mendatangkan  sejumlah pundi-pundi rupiah bagi anda. Metrik ini memiliki fungi terpenting yakni mendongkrak aneka pemasaran atau penjualan.

Apabila income yang anda dapatkan stag atau tak beranjak meski telah ada pemasaran konten, berarti anda wajib mengeceknya. Bisa saja ada yang kurang, pasalnya metrik satu ini memang butuh kerja yang optimal untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Pastikan anda membuat konten semenarik mungkin agar jumlah pengunjung mampu meningkat. Selain itu, ialah dapat mengubah mereka menjadi pembeli.

Jika pendapatan bisnis Anda tidak berubah dengan mengaplikasikan pemasaran konten, berarti ada sesuatu yang perlu diperbaiki atau kurang dengan postingan buatan Anda. Memang, mendapatkan hasil yang the best dari metrik satu ini butuh perjuangan . Anda perlu membuat konten maupun postingan yang menarik guna mempertahankan hingga meningkatkan jumlah pengunjung, asyiknya lagi Anda bisa mengubah mereka menjadi potensi pembeli.

Nah, itulah kenapa metrik dapat anda pakai sebagai tolok ukur terkait nilai pemasaran konten yang anda punya. Sehingga nantinya dapat membantu anda untuk melancarkan bisnis yang tengah anda jalankan. Metrik ini ditengarai sebagai sistem kekinian yang bisa menolong anda untuk membangun proses pemasaran digital anda.

Mengenal Konsep, tipe Hingga manfaat Digital Marketing

Digital Marketing
Digital Marketing

Pemasaran secara digital ini banyak dilakukan  oleh orang. Mereka menilai jika sistem pemasaran ini dinilai lebih efektif ketimbang metode konvensional lainnya. Dengan jumlah biaya yang lebih ringan, namun berpotensi memberikan hasil yang melimpah. Pemasaran via Digital ini memiliki fungsi layaknya media TV, papan reklame, koran, hingga sejenisnya. Namun, sistem ini dianggap lebih tepat sasaran. melalui kemudahan akses menuju bisnis, anda dapat memprospeknya dengan lebih gampang. Namun sebelum itu, ada baiknya kulik dulu yuk apa sih pemasaran digital ini? Baca selengkapnya disini Mengenal Konsep Digital Marketing Lebih Dalam

Manfaat Pemasaran Secara Digital

Banyaknya testimoni terkait pemasaran digital ini, pastinya membuat anda penasaran bukan. Apasih sebetulnya manfaat yang bisa anda dapatkan? Baca selengkapnya Manfaat pemasaran digital untuk bisnis

  1. Biaya Kecil

Salah satu alasan mengapa pemasaran secara digital ini begitu digandrungi ialah, biaya yang ringan atau kecil. Bayangkan, metode pemasaran digital yang Anda terapkan mampu menjangkau pelanggan dengan lebih baik. Daripada metode lain berdasarkan cara konvensional lainnya

  1. Menemukan Pasar Baru

Memiliki akses pemasaran digital mendatangkan potensi untuk menemukan pasar baru. Sehingga anda dapat berniaga secara global meski dengan nilai investasi yang kecil

  1. Hasil Ter target

Manfaat ketiga ialah hasil dari iklan atau proses pemasaran anda dapat terlacak secara sempurna.  Anda bisa mendapatkan sejumlah informasi secara lebih mendetail terkait bagaimana customer memakai situs milik anda. Termasuk merespon iklan yang anda buat

  1. Personalisasi

Apabila data pelanggan anda di sambungkan  menuju situs web yang anda punya, maka seseorang mampu mengunjungi situs kapanpun. Sisi positifnya ialah anda bakal lebih dekat dengan konsumen dengan melakukan sejumlah penawaran yang anda targetkan. Sehingga nantinya anda dapat memperbaiki profil ketika pelanggan membeli produk anda secara intens.

  1. Populer

Digital marketing dewasa ini mampu membantu anda mencari popularitas. Namun, bukan hanya popularitas belaka ya. Jika anda dapat mengelolanya dengan baik, secara otomatis bisnis anda akan banyak dikenal dan direkomendasikan. Bukankah hal ini menguntungkan bagi penjualan perusahaan anda?

  1. Loyalitas

Kesetiaan merupakan hal penting ketika membangun bisnis. Melalui pelanggan yang loyal anda tetap dapat meraup keuntungan melalui customer Anda tersebut. Terlebih jika bisnis Anda telah dikenal masyarakat, makin gampang lah anda meraih kesuksesan.

  1. Mendongkrak Tingkat Konversi

Jika anda mempunyai sebuah situs web, ada potensi pelanggan melakukan pembelian dengan segera. Pasalnya, pemasaran digital melalui web dirasa lebih praktis. Mengingat, media lain umunnya membuat pelanggan harus menekan dial pada atau telepon serta pergi ke toko. Dengan kata lain pemasaran digital ini memudahkan akses pelanggan menuju pembelian di perusahaan anda.

Cek, Dan Pahami Aneka Jenis Pemasaran Digital

Setelah mengetahui banyaknya manfaat pemasaran digital, anda tentu merasa penasaran kan? Apa saja jenis pemasaran digital ini?

  • Situs Online

Tahu kan, jika situs online dapat membuktikan bahwa bisnis anda ini ada alias eksis. Umumnya, pelanggan bakalan menilai dari pertama kali melakukan searching melalui situs yang anda miliki. Situs online juga dinilai membantu tim penjualan dalam meyakinkan customer terhadap aneka produk maupun layanan yang anda hadirkan.

  • Pay-per-Click (PPC)

Pernah dengar apa itu PPC? Kependekan dari Pay Per Click atau bayar per klik ini mampu memastikan situs anda lebih melejit ketimbang situs lain. Salah satu contoh penyedia layanan ini ialah Google ads. Namun, platform lain seperti Twitter, Facebook juga LinkedIn pun telah menghadirkan sistem PPC untuk mendongkrak pemasaran bisnis anda.

  • Search Engine Optimization (SEO)

Dalam dunia digital marketing seringkali anda menemukan istilah SEO ini kan? Yap, SEO dianggap mumpuni sebagai media agar tautan melalui situs anda muncul di page one mesin  pencarian. Otomatis, peluang dibaca atau dikunjungi semakin tinggi. Optimasi ini bisa dilakukan  secara organik dengan mencantumkan sejumlah kata kunci yang banyak dicari. Yakni pada artikel tertentu pada situs yang anda punyai.

  • Afiliasi

Afiliasi ini bisa meningkatkan keuntungan bagi anda. Misalnya saja, pemasangan iklan melalui artikel, video juga gambar di situs anda. Intinya, pemasaran melalui proses afiliasi menggunakan kepopuleran partner untuk menunjang pemasaran bisnis anda. Partner afiliasi umumnya mendapatkan fee setiap rekomendasi pelanggan yang diberikan

  • Video Online

Memiliki basic penjualan dengan metode via video online kini makin banyak digemari. selain dinilai cukup efektif, video dirasa lebih atraktif. Karena mampu meyakinkan pelanggan atas kualitas produk maupun layanan  yang anda tawarkan. Video ini bisa anda terbitkan melalui akun youtube,  web atau blog hingga platform media sosial lainnya.

  • Pemasaran melalui pesan broadcast

Kendati sering diterapkan, pemasangan digital melalui pesan broadcast ini seringkali mengganggu. Tak elak banyak pengguna atau pelanggan yang  melakukan pemblokiran terhadap pengirim. Bahkan, bisa saja dimasukkan ke daftar spam.

Makanya, pastikan jika metode ini anda pakai secara optimal. Termasuk memberikan materi yang dinilai berguna bagi si penerima pesan broadcast. Sajikan saja opsi berlangganan secara free atu gratis. Hal ini dilakukan untuk mengurangi efek intrusi dari pesan broadcast tersebut.

Apabila anda telah paham terkait serba-serbi pemasaran secara digital, kini saat yang pas untuk mengubah trik penjualan sehingga dapat meraup serta melibatkan target pasar yang anda punyai. Pemasaran digital ini merupakan metode paling ampuh untuk menjangkau pelanggan dimanapun mereka berada .

Memilih Jasa Digital Marketing Terbaik

Digital Marketing Agency
Digital Marketing Agency

Sektor bisnis yang mulai melejit di tahun 2010 ini dinilai mumpuni menggantikan metode pemasaran secara konvensional. Apalagi hal ini makin di dukung seiring perkembangan tren bisnis online, toko online, hingga startup. Namun, tak banyak lho yang mampu memilih Jasa pemasaran digital terbaik? Berikut ini tipsnya. Baca lebih lengkap disini tentang Jasa Digital Marketing

  • Kredibilitas

untuk mengecek kredibilitas agensi ini cukup mudah kok. Cek saja domain, tampilan hingga isi yang dipunyai penyedia layanan tersebut. Apakah tampilannya recomended, memakai domain resmi seperti.co.id? Bagaimana isi web, apakah memberi sejumlah informasi yang menarik, bermanfaat juga jelas terkait layanan yang mereka  tawarkan?

Lebih gampangnya ialah, jika dari kesemua ciri tersebut tak terpenuhi, bagaimana bisa Anda mempercayakan bisnis anda kepada mereka, iya kan?

  • Portofolio

Anda bisa melihat kualitas agensi penyedia layanan pemasaran digital ini melalui portofolio yang mereka cantumkan. Misalnya saja berbagai tender yang merek kerjakan, termasuk testimoni pelanggan. Sehingga Anda dapat lebih mudah menilai apakah agensi ini patut dijadikan referensi atau tidak.

Dari sini anda juga bisa mengetahui siapa saja klien mereka. Yang secara otomatis kinerja agensi terlihat ketika anda membaca testimoninya. Anda bisa pula melakukan pengecekkan, apakah klien ini betul-betul real. Atau hanya menyajikan testimonial palsu untuk menarik perhatian Anda juga calon pelanggan lainnya. Makanya, memilih layanan semacam ini tak bisa main-main. Jika tak hati-hati nama perushaan Anda yang menjadi taruhannya.

  • Ada Harga Ada Kualitas

Mungkin Anda seringkali mendengar kalimat tersebut. Yap, langkah paling sip ketika memilih agensi ini ialah berdasarkan rate yang ditawarkan. Apakah sesuai dengan kualitas yang dihadirkan? Untuk memilih layanan digital marketing paling bagus, Anda dapat membandingkannya dengan agensi lain. Cek dan pastikan apa saja fasilitas yang mungkin Anda dapatkan.

Jangan tergiur harga murah, bisa saja hal ini hanya sebuah metode promosi untuk menggaet calon pembeli seperti Anda. Namun, tak selamanya juga lho harga murah kualitasnya jelek. Pasalnya, ada sejumlah platform yang menawarkan promo harga murah tetap dengan kualitas jempolan.

  • Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Ketika memilih agensi pemasaran digital, seringnya kita mentok pada di jenis pilihan klasik. Harga murah namun benefit untuk perusahaan kurang. Atau ketemu dengan agensi recomended namun dengan bujet selangit. Duh, bingung kan ya?

Kendati demikian, hal ini memang ihwal terjadi. Sebab, keadaan supply serta demand dinilai belum stabil. Makanya terjadi ketidakseimbangan atas harga pasar yang ditawarkan. Meski, setiap pelaku bisnis bakal melakukan implementasi hukum harga teringan pada satu tingkat kepuasan tertentu. Tapi ya, balik lagi kepada pelaku bisnis tersebut sih.

Jadi, sudah paham dong apa sih manfaat pemasaran digital untuk perusahaan Anda. Selain keempat di atas, bisa juga menanyakan seputar rekomendasi jasa ini. Tanyakan pada teman, keluarga atau pihak lain yang telah memakai jasa tersebut.

Sebetulnya ada banyak layanan yang menyediakan  fasilitas coba gratis. Sistem ini memungkinkan Anda untuk mengetahui kinerja agensi yang anda pilih. Jika cocok anda dapat meneruskan kerjasama ini. Namun, jika tidak anda bisa menghentikannya tanpa rugi.

  • Ubah Mindset

Kebanyakan pebisnis hanya mengandalkan peruntungan saja.Padahal yang namanya bisnis wajib melakukan sejumlah kampanye atau iklan. Mau sebesar atau sebagus apapun kualitas bisnisnya, tapi tak ada pemasaran siapa yang bakalan kenal, ya kan?

Terlebih branding ini akan berpengaruh pada penjualan produk yang anda miliki. Bisa saja anda melakukan pemasaran secara manual. namun engga capek, tiap hari mantengin laptop atau smartphone? Engga pusing kudu ini-itu semua dikerjakan sendiri?

Kini saatnya ubah mindset anda. Ingat tak ada yang instan, segalanya perlu diusahakan termasuk memilih jasa pemasaran digital bagi peningkatan bisnis yang anda geluti. Ya, memang semua butuh modal sih. Tapi bisa kan nego terkait layanan pemasaran digital melalui banyak browsing. Jadi masih mikir lagi?

Membangun kesuksesan melalui digital marketing memang terasa lebih efektif ketimbang metode lainnya. Selain banyak referensi, banyak pula bukti kejayaan bisnis melalui pemasaran digital ini. Yuk cari yang terkualifikasi?

Tinggalkan Komentar