Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online yang Wajib Diketahui Pemula

0
3
Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online yang Wajib Diketahui Pemula
Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online yang Wajib Diketahui Pemula

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online yang Wajib Diketahui Pemula. Tidak bisa dipungkiri lagi jika di era modern seperti sekarang ini, hampir semua hal bisa dibeli secara online. Bahkan karena adanya pandemi Corona, yang biasanyanya belanja secara offline, kini semua beralih dan berbondong- bondong belanja secara online. Selain kita tidak perlu susah payah membawa barang dan berdesak- desakan dengan banyak orang, belanja online dinilai lebih praktis dan efisien serta lebih menghemat uang dan waktu.

Nah, dengan banyaknya orang yang kini sudah beralih belanja ke sistem online, maka menjamur pulalah pedagang dan pebisnis online. Banyak orang yang tiba- tiba menjadi penjual dan pebisnis online dadakan karena dampak pandemi Corona. Bisnis online memang sangat menggiurkan. Meskipun begitu, yang namanya bisnis baik secara online maupun offline tetap ada kelebihan maupun kekurangannya.

Adapun kelebihan dan kekurangan bisnis online ini tidak semua disadari oleh para pebisnis. Kebanyakan dari pebisnis hanya berfokus pada omset dan laba, sehingga mengabaikan kekurangan bisnis online yang menyebabkan bisnis menjadi terhambat atau bahkan merugi. Dibawah ini adalah kelebihan dan kekurangan yang harus Anda ketahui mengenai bisnis online sebelum Anda terjun ke dalamnya:

Kelebihan Bisnis Online yang Wajib di Ketahui Pemula

Modal Minimal

Salah satu kelebihan bisnis online adalah ia memiliki biaya awal yang lebih rendah. Toko eceran fisik harus membayar hingga jutaan untuk menyewa salah satu lokasi toko mereka. Mereka juga memiliki beberapa biaya di muka seperti papan nama toko, desain toko, pembelian persediaan, peralatan penjualan, dan banyak lagi. Toko eceran fisik juga harus membayar staff untuk bekerja dan menjalankan toko di setiap lokasi. Mereka juga mungkin perlu mempekerjakan staff keamanan tergantung pada nilai produk di toko.

Pendapatan Potensial 24/7

Pendapatan potensial yang bisa dihasilkan jika Anda berbisnis online adalah 24 jam selama seminggu. Anda bebas mengatur waktu kerja Anda seoptimal mungkin. Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang banyak dan maksimal, maka Anda harus rela menghabiskan waktu Anda untuk bisnis online yang sedang Anda rintis. Untuk itulah Anda harus mengetahui setidaknya beberapa kelebihan dan kekurangan bisnis online.

Mudah untuk Menampilkan Produk Terlaris

Kelebihan bisnis online seperti dapat dengan mudah menampilkan best-seller membuatnya lebih mudah untuk memamerkan produk kepada pelanggan. Alasan mengapa Anda ingin pelanggan membeli produk laris Anda adalah karena mereka sudah terbukti. Pelanggan lain sudah membelinya dan senang dengan pembelian mereka. Jika Anda ingin memamerkan produk baru kepada pelanggan, Anda dapat memasukkannya ke dalam penjualan Anda, pemasaran email atau penargetan ulang iklan. Dengan bisnis online, Anda dapat menyertakan fotografi produk yang memukau dan deskripsi produk yang nyata untuk mempengaruhi pilihan pelanggan. Untuk itulah diperlukan pengetahuan tentang kelebihan dan kekurangan bisnis online.

Jual Secara International

Kelebihan lain dari bisnis online adalah Anda dapat menjual produk Anda secara International ke seluruh penjuru dunia. Jika Anda dropship dari marketplace International seperti ebay, amazon, dll Anda juga tidak akan mengalami kesulitan karena memang platform marketplace ini menyediakan pengiriman ke seluruh dunia. Jika Anda memiliki produk sendiri, Anda bisa memasarkannya baik dalam negeri maupun luar negeri. Produk Anda akan menjadi terkenal jika unik dan beda dari yang lain.

Kekurangan Bisnis Online yang Wajib di Ketahui Pemula

Selain memiliki beberapa kelebihan, tentunya bisnis online juga memiliki beberapa kekurangan. Sekalipun kekurangan bisnis online bisa disiasati, Anda sebagai calon pebisnis online wajib mengetahui hal- hal dibawah ini:

Sangat Bergantung pada Server

Kekurangan bisnis online yang pertama adalah tidak adanya pembeli dan pengunjung sama sekali selama situs sedang mengalami crash atau down. Mungkin ada pengunjung, tetapi mereka mendapati situs web yang sedang eror sehingga mengurungkan niatnya untuk berbelanja di web Anda dan mencari web lain. Situs crash biasanya terjadi saat terjadi lonjakan pengunjung sedangkan hosting yang dimiliki memiliki kemampuan terbatas. Disinilah pentingnya Anda memahami dan mengetahui kelebihan dan kekurangan bisnis online yang akan Anda geluti.

Pelanggan Tidak Dapat Mencoba Sebelum Membeli

Kekurangan bisnis online yang kedua yaitu pelanggan tidak dapat mencoba sebelum membeli, terutama dengan produk yang memiliki ukuran tertentu seperti baju, celana, gamis, sepatu, cincin, pakaian dalam, dan sejenisnya. Jika di toko offline Anda bisa mencoba dahulu segala macam ukuran untuk mendapatkan ukuran yang pas, maka di toko online Anda harus sudah mengetahui ukuran Anda dan tidak bisa mencoba barang yang Anda inginkan.

Begitu pula dengan jenis bahan. Meskipun di deskripsi sudah dijelaskan jenis bahannya, namun jika membeli secara offline Anda bisa meraba sendiri dan mengetahui kualitas suatu barang secara nyata. Sedangkan membeli secara online terkadang foto atau produk yang dipanjang hanya merupakan referensi dan bukanlah produk real. Untuk itulah Anda harus memahami dengan baik tentang kelebihan dan kekurangan bisnis online.

Pelanggan Bisa Tidak Sabar

Kekurangan bisnis online selanjutnya yaitu pelanggan bisa saja tidak sabaran dan marah- marah, bahkan terkadang tidak dapat mengontrol emosi mereka, dan menganggap kita penipu. Cara paling ampuh untuk menangani jenis pelanggan seperti ini adalah dengan mencoba untuk mengerti dan bersabar serta menawarkan bantuan untuk mengecek sampai dimana barang tersebut saat itu. Dengan cara seperti ini mereka akan merasa diperhatikan dan bisa saja emosinya akan cepat mereda. Menjadi penjual maupun pebisnis online memang rawan dianggap sebagai penipuan karena memang barang tidak kunjung datang.

Bisnis Online Sangat Kompetitif

Dengan semakin majunya zaman dan semakin mudahnya jangkauan online, para pebisnis muda berbondong- bondong untuk mendirikan atau merintis bisnis online. Bahkan, untuk situasi pandemi seperti sekarang ini menyebabkan banyak penjual atau pebisnis online dadakan yang dulunya merambah dunia penjualan offline. Jenis perusahaan atau pebisnis online yang sudah terkenal di offline nya, jika kemudian meng-onlinekan produknya, maka kemungkinan besar bisnis onlinenya akan melesat dengan pesat. Mengingat, pada dasarnya mereka sudah memiliki pelanggan setia yang berasal dari bisnis offline.

Persaingan dalam dunia penjualan online pun kini semakin ketat dan kompetitif. Banyak pesaing yang menjual barang yang sama dengan Anda dan memberikan harga murah gila- gilaan. Disinilah letak seni berjualan online yang harus Anda punyai. Minimal, Anda harus memiliki ciri khas yang tidak dipunyai oleh pesaing lain atau produk Anda memiliki inovasi yang tiada duanya sehingga pelanggan tidak akan tergiur dengan toko lain. Baca juga terkait 7 Usaha Bisnis Online Yang Menjanjikan Sekaligus Menguntungkan.

Demikian artikel tentang kelebihan dan kekurangan bisnis online yang wajib diketahui oleh pemula dibidang bisnis online. Semoga artikel ini bermanfaat, terutama bagi Anda yang kini sedang merintis bisnis online. Setidaknya, Anda jadi tahu apa yang harus Anda lakukan dan Anda hindari dalam menjalankan bisnis online yang Anda rintis. Teruslah belajar dan semoga bisnis Anda sukses ya!

Tinggalkan Komentar