Kelebihan dan Kekurangan Berjualan di Online Marketplace

0
45
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN JUALAN DI MARKETPLACE
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN JUALAN DI MARKETPLACE

Di luar adanya pro dan kontra berjualan di marketplace, bagi kamu yang memiliki bisnis di bidang penjualan setidaknya kamu perlu mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan berjualan di online marketplace. Kelebihan dan kekurangan berjualan di online marketplace

Online Marketplace merupakan tempat atau wadah untuk bertransaksi atau melakukan aktivitas jual beli antara penjual dan pembeli secara online. Di dalam online marketplace penjual dan pembeli tidak perlu bertatap muka ataupun bertemu karena semua proses dilakukan secara online. Namun terlepas dari banyaknya platform marketplace sekarang ini, ada kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

Selain tidak perlu menyyewa tempat untuk berjualan, mejual produk di online marketplace juga dirasa lebih mudah dan praktis. Sekarang ini sudah banyak masyarakat indonesia yang memanfaatkan online marketplace untuk menjual produk atau membeli barang sesuai kebutuhan mereka. Namun bagi anda yang berjualan di online marketplace tidak ada mengetahui apa saja sih keuntungan dan kerugian berjualan di marketplace. Untuk lebih lanjut akan dijabarkan di bawah ini.

Kelebihan Berjualan di Online Marketplace

Adanya Komunitas

Sebagai tempat berjualan, tentunya kamu bisa sharing atau bertukar pengalaman dalam berjualan di online marketplace. Saling berbagi tips dan trik antar penjual. Tak jarang di dalam komunitas ini mereka saling bekerja sama dalam berjualan produk mereka.

Jumlah Konsumen yang Besar

Dalam platfotm online marketplace tentunya disana banyak konsumen yang sedang mencari barang untuk memenuhi kebutuhan mereka. Sehingga kamu sebagai penjual tidak perlu khawatir akan tidak adanya calon pembeli. Kamu hanya perlu menyediakan produk yang menjadi solusi untuk kebutuhan mereka. Menurut data yang diambil dari Laporan iPrice pada awal tahun 2019 saja di Indonesia sebanyak 66 juta orang telah mengunjungi platform online marketplace. Hal ini membuktikan bahwa perilaku jual-beli online sangat besar di Indonesia.

Selain itu kamu tidak perlu khawatir tentang promosi, karena hal ini dari pihak online marketplace juga akan mempromosikan produk kamu. Tak Jarang pihak online marketplace juga memberikan promo dalam berbagai bentuk seperti gratis ongkir, cashback, diskon, dll. Sistem yang mudah, praktis, dan aman membuat tingkat kepercayaan konsumen semakin meningkat dalam berbelanja di online marketplace.

Beberapa platform online marketplace juga memberikan fitur seller terpercaya sebagai contoh lazada mall, tokopedia offial seller, shopee star seller yang akan menambah kepercayaan calon pembeli juga.

Banyak Fitur dan Keunggulan Masing-Masing

Platform online marketplace juga menyediakan banyak fitur untuk menunjang kemudahan dalam bertransaksi di platform mereka. Di Platform online marketplace mereka menjamin keamanan dalam bertransaksi. Serta sistem yang transparant membuat kamu sebagai penjual tidak perlu khawatir. Online Marketplace menyediakan metode pembayaran yang bermacam-macam serta pilihan kurir yang bervariasi, sehingga calon pembeli lebih mudah menentukan mau membayar dan barang dikirim melaui apa. Semakin kesini setiap marketplace banyak menawarkan fitur-fitur baru untuk penjual maupun pembeli. Hal ini juga mempengaruhi semakin mudahnya bertransaksi melalui platform mereka.

Adanya fitur live chat dan reputasi memudahkan calon pembeli untuk berkomunikasi dengan penjual untuk menanyakan terkait barang yang mau dibeli. Review atau reputasi yang baik juga bisa menjadi acuan calon pembeli untuk berbelanja di tokomu, hal ini juga mempengaruhi kepercayaan calon pembeli.

Modal yang relatif kecil

Berjualan di online marketplace kita hanya perlu mengupload foto produk kita. Membuat konten foto yang semenarik mungkin untuk menggaet calon pembeli.

Hal ini berbeda jika kita berjualan secara offline atau konvensional. Penjual perlu menyediakan lapak, ruko, atau tempat untuk menjual barang mereka yang tentunya perlu biaya yang tidak sedikit untuk biaya sewanya.

Bahkan penjual bisa tidak perlu menstok barang untuk berjualan atau sistem reseller dan dropshiper. Mereka hanya perlu memajang foto produk dan siap berjualan.

Mudah Mengelola

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa di online marketplace menyediakan banyak fitur sehingga memudahkan kita dalam mengelola toko kita. Kita juga bisa melihat data statistik toko kita yang disediakan oleh online marketplace. Penjual tidak perlu repot membuat laporan penjualan dan statistik toko kita.
Yang perlu dilakukan penjual hanya menganalisis dati data yang sudah disediakan untuk melakukan strategi penjualan yang lebih lanjut. Baca juga 10 Teknik Closing untuk Meningkatkan Penjualan

Kekurangan Marketplace

Susah Mendapat Kepercayaan

Kamu akan berhadapan dengan isu ini jika berjualan di online marketplace yaitu sulitnya mendapat kepercayaan pembeli. hal ini wajar karena pembeli tidak bisa melihat langsung barnag yang akan dibeli. Apalagi jika kamu adalah penjual yang terbilang baru di online marketplace, yang masih minim review, testimoni, dan reputasi dari pembeli.

Hal ini juga dipengaruhi masih banyaknya oknum-oknum penjual nakal yang memanfaatkan online marketplace untuk menipu calon pembeli. Mereka juga bisa mengatasnamakan toko kamu jika tokomu sudah banyak dikenal. Sehingga calon pembeli bisa tertipu saat membeli produk di toko itu dan menurunkan kredibilitas toko kamu.

Persaingan Tinggi

Banyaknya penjual yang ada di tiap platform online marketplace membuat kamu kesulitan untuk bersaing jika produk yang dijual sama. Terkadang kompetitor memasang harga yang jauh dari pasaran sehingga memaksamu untuk hancur-hancuran harga.

Disini kamu perlu memikirikan strategi khusus untuk mensiasati hal tersebut. Kamu bisa memberikan nilai lebih pada produkmu sehingga calon pembeli lebih tertarik untk membeli produkmu. Penjual juga harus rajin riset dan mempelajari pasar dan kompetitormu, Strategi apa yang sedang mereka gunakan dll. Selain itu, kamu juga bisa mengatasi dengan menambah variasi produkmu agar lebih beragam. Memanfaatkan dengan baik fitur-fitur yang disediakan oleh platform online marketplace.

Promosi Berbayar

Platform online marketplace selain menyediakan promosi gratis pada produkmu. Mereka juga membuat fitur promosi berbayar. Sehingga kamu secara tidak sadar dipaksa untuk melakukan promosi berbayar agar tokomu tidak kalah saing dengan kompetitor. Penjual harus pintar menggunakan fitur ini, jika tidak malah bisa membuat boncos atau rugi.

Membuat target pasar yang tepat, kamu bisa memanfaatkan fitur statistik toko untuk membidik calon pembeli yang tepat. Memahami keunggulan produkmu dan mencari calon pembeli yang membutuhkannya.

Terlalu Luas

Dalam online marketplace produk yang dijual sangat beragam dan bervariasi. Hal ini membuat tokomu atau produkmu juga akan kesulitan dilirik oleh calon pembeli karena banyaknya pilihan produk yang beragam. Disini perlu peran dari platform eksternal seperti sosial media untuk menggaet lebih banyak calon pembeli.

Membuat website sendiri untuk menambah kepercayaan pembeli. Membidik kata kunci yang pas untuk mendapatkan calon pembeli yang tepat. Memberikan penjelasan yang detil pada deskripsi produk kamu. Membarikan nilai tambah agar produkmu lebih terlihat unik, dll.

Dari Penjelasan kelebihan dan kekuarangan berjualan di online marketplace di atas tentunya kamu sedikit ada gambaran kira-kira strategi apa dan bagaimana cara berjualan yang tepat di online marketplace. Terlepas dari kelebihan dan kekurangannya kamu tentu perlu memikirikan bagaimana toko kamu tetap bisa berjualan dan bersaing di era sekarang yang semakin maju. Selain tokomu tetap bisa eksis secara tidak sadar kamu juga menyediakan kemudahan bagi calon pembeli yang merasa lebih nyaman apabila berbelanja di online marketplace. Yang perlu kamu lakukan adalah tetap riset pasar dan kompetitor, dan mengangkat isu yang sedang hangat untuk dijadikan promosi.

Maka dari itu pentingnya menganalisis dan mengevaluasi secara berkala. Hal ini berkaitan dengan cepatnya arus digital dan teknologi sekarang. Di Online marketplace tidak hanya memikirkan tentang berjualan. Namun kamu juga harus memperhatikan faktor-faktor penunjang di luar itu seperti SDM, budgeting, dan Strategi marketing yang digunakan.

Demikian artikel tentang kelebihan dan kekurangan berjualan di online marketplace semoga menambah wawasan kamu dan bisa untuk membuat strategi yang tepat untuk tokomu. Semoga bermanfaat dan sukses selalu.

Tinggalkan Komentar