Investasi adalah: Pengertian, Jenis, Contoh, dan Manfaatnya

22 Mei 2021
Investasi adalah: Pengertian, Jenis, Contoh, dan Manfaatnya

Investasi adalah: Pengertian, Jenis, Contoh, dan Manfaatnya – Keuntungan atau return tentunya menjadi momok yang paling mendominasi dalam melakukan investasi. Setiap orang yang memiliki tujuan di masa depan sangat dianjurkan untuk melakukan investasi dalam pengelolaan keuangan yang dimiliki. Sebab, seberapapun uang yang Anda miliki akan tetap habis begitu saja, dan jika tidak dipaksakan untuk disisihkan maka tidak punya persiapan.

Tujuan orang dalam melakukan investasi terhadap uang yang dimiliki tentu sangat beragam, termasuk Anda yang pasti memiliki keinginan untuk dilakukan di masa yang akan datang dengan perolehan return dari investasi yang dianggap sangat membantu mencapai tujuan tersebut. Anda yang berkeinginan melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi, memiliki rumah impian, atau berkeliling dunia bisa diwujudkan dengan investasi. Baca juga tentang Apa itu paylater.

Investasi adalah: Pengertian, Jenis, Contoh, dan Manfaatnya
Investasi adalah Pengertian, Jenis, Contoh, dan Manfaatnya

Ada banyak jenis investasi yang dapat Anda pilih dan sesuaikan dengan keuangan yang dimiliki. Sebab, ketika Anda terlalu memaksakan suatu investasi, maka yang ada akan mencekik kehidupan secara perlahan. Namun, saat Anda secara tepat memilih produk investasi, maka tidak ada rasa terbebani sama sekali, dan ini selayaknya melakukan permainan yang menyenangkan, serta bermanfaat bagi kehidupan di masa mendatang.

Bahkan Anda tidak perlu menunggu memiliki penghasilan yang fantastis dulu untuk dapat melakukan investasi. Inilah kemudahan dalam menanamkan uang yang dimiliki dalam berinvestasi, karena ada banyak jenis yang bisa disesuaikan dengan penghasilan Anda. Penghasilan Anda yang masih terbilang pas-pasan pun kini bisa mengikuti trend investasi yang pastinya menguntungkan bagi diri dan juga keluarga.

Memang benar tidak akan ada yang mampu menjamin kehidupan Anda di masa yang akan datang, karenanya diperlukan investasi untuk menata kehidupan yang lebih baik di masa yang belum diketahui tersebut. Anda bisa melakukan perencanan dan mewujudkannya melalui dana yang diinvestasikan, bukankah terdengar mudah dan menyenangkan? Tentu saja, memang sistem dalam investasi adalah menanamkan uang untuk persiapan masa depan.

Pengertian Investasi yang Membuat Semakin Yakin Menata Masa Depan

Pengertian Investasi yang Membuat Semakin Yakin Menata Masa Depan
Pengertian Investasi yang Membuat Semakin Yakin Menata Masa Depan

Setiap manusia yang tercipta pastilah memiliki tujuan hidup dan keinginan luar biasa yang belum terwujud, karena kendala yang menjadi penghalang. Kerap kali yang menghalangi impian seseorang ialah terkait dana yang tidak mendukung, dan inilah yang juga menjadikan masa depan terlalu suram untuk dipikirkan. Akibatnya, banyak yang menjalani hidup dengan tanpa tujuan atau sekadar, ‘Ya sudah dijalani saja!’

Tentu hidup yang semacam itu akan sangat tidak bertujuan, dan menyebabkan kegagalan menata perekonomian, khususnya di dalam keluarga. Orang-orang yang merasa hidup pas-pasan selalu mengabaikan untuk melakukan investasi. Padahal investasi adalah cara yang juga dapat menunjang perbaikan ekonomi suatu keluarga. Banyak alasan yang dikeluarkan berdasarkan penggambaran ekonomi yang dimiliki begitu pas dan nyaris sesak.

Pemenuhan kehidupan sehari-hari dan penghasilan yang minim ini dijadikan alasan bagi orang berekonomi menengah ke bawah untuk tidak berinvestasi. Seperti yang telah disebutkan di awal, seberapapun uang yang Anda miliki, jika tidak dipaksakan untuk disisihkan dalam bentuk investasi, maka akan mengalir dan habis begitu saja tanpa ada sisa. Selanjutnya yang terjadi hanya ada penyesalan, dan sulit menggapai keinginan terbesar.

Anda tidak perlu menyalahkan keadaan, antara keuangan yang didapatkan  dan juga kebutuhan yang memang harus dipenuhi. Coba petimbangkan apabila Anda berani untuk menyisihkan uang dalam melakukan penanaman uang, maka investasi adalah usaha penanaman modal dalam jangka panjang yang dapat memberikan keuntungan, sebagaimana yang telah disebutkan oleh Otoritas Jasa Keuangan

atau OJK.

Pilih Jenis Investasi yang Sesuai dengan Keuangan

Pilih Jenis Investasi yang Sesuai dengan Keuangan
Pilih Jenis Investasi yang Sesuai dengan Keuangan

Ada banyak jenis investasi yang dapat Anda pilih dan sesuaikan dengan keuangan. Sehingga, tidak ada lagi alasan untuk tidak berinvestasi yang mampu memperbaiki keadaan ekonomi di masa mendatang, atau mencapai keinginan terbesar di dalam hidup. Banyak yang berpendapat bahwa investasi selalu mengandung risiko yang membuat orang justru ngeri untuk mengambilnya, dengan alasan takut rugi.

Namun, bukankah Anda justru akan mengalami kerugian lebih mendalam apabila tidak memiliki persiapan untuk menata masa depan yang lebih baik? Oleh karenanya, Anda wajib mempertimbangkan untuk berinvestasi sebelum merasa menyesal di masa mendatang, karena tidak melakukan penanaman uang dari awal. Investasi adalah pola penanaman uang atau modal yang mampu memberikan Anda return dan risiko sesuai produknya.

Setiap orang memang memiliki kemampuan dalam keuangan yang berbeda-beda, dan inilah yang membuat investasi memiliki berbagai jenis produk yang berbeda pula. Jenis produk yang ditawarkan tidak bisa terlepas dari jangka waktunya, ada yang pendek dan juga ada yang panjang. Pada jangka pendek, Anda bisa merasakan keuntungan setidaknya kisaran waktu 1 hingga 3 tahun dalam berinvestasi.

Sementara, untuk waktu yang lebih lama atau setidaknya 3 hingga 5 tahun akan masuk dalam jenis investasi yang memiliki jangka waktu panjang. Setiap investasi adalah penanaman modal yang umumnya berupa uang, dan selalu memiliki tingkatan risiko yang berbeda-beda, berdasarkan produk yang dipilih dan jangka waktu yang mengikatnya untuk dapat merasakan nikmatnya return atau hasil berupa keuntungan dari investasi.

Ada banyak jenis investasi yang dapat disesuaikan dengan kondisi keuangan, serta pengetahuan Anda dalam hal berinvestasi. Anda dapat memilih untuk melakukan investasi dengan cara menabung di bank untuk kebutuhan masa depan , seperti yang sekarang ini sedang rajin digaungkan sebagai tabungan rencana. Jika memiliki modal yang lebih bisa melakukan deposito yang juga menawarkan suatu jangka waktu bisa pendek atau panjang.

Investasi adalah salah satu cara yang paling didambakan untuk memiliki masa depan yang bisa dibenahi mulai dari sedini mungkin. Emas masih menjadi salah satu bentuk investasi yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia, tapi jelas risikonya adalah hilang atau bahkan memiliki nilai yang tidak pasti dalam return-nya. Serta, butuh modal yang besar untuk dapat memilih investasi dari jenis logam mulia, karena butuh biaya perawatan dan penyimpanan.

Salah satu jenis investasi yang dianggap sebagai minim resiko ialah investasi reksadana yang sekarang sedang diupayakan untuk dapat meningkat di pasar modal Indonesia. Minim risiko artinya tetap ada risiko yang bisa saja terjadi saat Anda secara penuh memilih suatu produk yang ditawarkan oleh reksadana. Bahkan terdapat 3 jenis profil risiko yang harus siap Anda hadapi saat telah memilih produk investasi dari reksa dana.

Profil risiko reksadana investasi adalah gambaran besar dan kecilnya suatu risiko yang dapat terjadi dari produk yang Anda pilih sebagai seorang investor yang menanamkan uangnya pada reksadana. Kelebihannya dari pemilihan jenis investasi reksadana, Anda pemilik modal kecil pun dapat melakukan investasi. Bahkan Anda yang tidak paham membaca pola lajunya investasi juga bisa pilih reksadana sebagai bentuk investasi.

Namun, Anda jangan terlalu terburu-buru dalam menentukan jenis produk dari investasi. Selalu baca dan cari tahu kelebihan dan kekurangannya masing-masing dari setiap jenis investasi. Ketika Anda telah memahami jenisnya dan memiliki kesesuaian dengan kemampuan ekonomi, maka jangan ragu lagi untuk segera berinvestasi untuk menata masa depan yang lebih baik, serta mencapai tujuan terbesar di hidup dengan investasi.

Contoh Investasi yang Dijadikan Motivasi

Contoh Investasi yang Dijadikan Motivasi
Contoh Investasi yang Dijadikan Motivasi

Setiap orang pasti mendambakan punya kehidupan yang baik secara finansial yang tidak hanya di masa kini, tapi juga di masa yang akan datang. Tentunya setiap keinginan harus diimbangi dengan usaha untuk dapat mewujudkannya, salah satunya ialah dengan melakukan investasi. Ada banyak contoh dalam investasi adalah yang dapat memberikan motivasi bagi Anda untuk segera berinvestasi untuk menata masa depan.

Anda yang memiliki penghasilan tidak menentu atau yang merupakan pedagang yang memiliki penghasilan harian juga sangat dianjurkan untuk berinvestasi yang bisa dimanfaatkan bagi kehidupan yang lebih baik lagi. Contoh pertama yang paling bisa dilakukan dengan kondisi keuangan menengah ke bawah ialah dengan melakukan tabungan berencana yang memiliki jangka waktu tertentu.

Bentuk investasi tabungan berencana termasuk dalam investasi yang memiliki jangka waktu, bisa panjang dan juga pendek. Namun, pada umumnya investasi adalah yang memiliki jangka pendek antara 1 hingga 3 tahun untuk jenis tabungan berencana. Anda dapat melakukan investasi untuk rencana masa depan yang telah diimpikan, biasanya digunakan untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi atau membangun rumah idaman.

Investasi yang dilakukan dengan tabungan berencana juga cocok untuk Anda yang berniat menikah, sekalipun belum tahu jodohnya. Sebab, ketika semua telah siap mengenai dana, maka ketika saat Anda menemukan yang cocok tidak akan terhalang rencana merajut rumah tangga bersamanya. Tidak peduli apakah Anda seorang pria atau justru perempuan, tetap harus melakukan investasi guna persiapan masa depan setelah pernikahan.

Investasi adalah salah satu cara yang paling tepat untuk meningkatkan kualitas hidup di masa yang akan datang. Contoh lainnya yang juga dapat memberikan motivasi dalam kehidupan Anda untuk segera berinvestasi ialah memiliki tabungan untuk masa depan dengan sebidang tanah. Telah terbukti bahwasannya investasi tanah kini memiliki progress yang sangat baik, tapi sayangnya punya risiko yang cukup tinggi.

Tanah yang dimiliki bisa dimanfaatkan untuk pertanian atau perkebunan yang juga memiliki keuntungan. Ketika tanah dibangun sebagai area kontrakan pun akan menjadi ladang yang memberikan keuntungan bagi Anda yang melakukan investasi atas sebidang tanah. Selain itu, tanah juga bisa dijadikan untuk investasi bagi kehidupan di akhirat, ketika Anda memutuskan sebagai lokasi untuk tempat ibadah, rumah baca Al-Quran, atau justru pemakaman umum.

Ketika Anda memutuskan untuk menanamkan uang sepenuhnya untuk membeli suatu bidang tanah di lokasi tertentu dapat mengalami penipuan yang selalu menghantui para investor. Sehingga, investasi adalah penanaman uang yang bisa memberikan risiko saat Anda tidak memahami secara tepat jenis dan ketentuannya.

Berinvestasi memang akan sangat menjanjikan dalam menata kehidupan di masa depan, tetapi risiko akan selalu membayangi. Perlu digaris bawahi bahwasannya setiap risiko berinvestasi dapat diatasi atau dikurangi, sehingga Anda dapat berinvestasi secara tepat dan nyaman. Tentukan tujuan kehidupan Anda di masa mendatang, dan pilih jenis investasi yang tepat, serta sesuai dengan kondisi keuangan saat ini.

Selain Kaya, Ini Manfaat Lainnya dari Investasi

Selain dari yang telah disebutkan bahwa investasi adalah cara untuk menata masa depan, maka investasi memiliki banyak manfaat bagi Anda yang bersedia menanamkan uang. Investasi memang bukan hanya memiliki tabungan rencana, emas, tanah, deposito, dan lain sebagainya. Namun, ada juga investasi yang ramah bagi keuangan Anda dan bagi yang memiliki pengetahuan minim terkait investasi, yaitu reksadana.

Jangan takut untuk menghadapi setiap resiko yang pasti membayangi setiap jenis produk yang dipilih untuk menanamkan uang. Hal yang paling menakutkan justru ketika Anda tidak memiliki tujuan di dalam hidup, dan tidak memiliki kesiapan untuk masa depan. Sekalipun tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan, tapi persiapan dengan investasi jauh akan menyelamatkan keadaan ekonomi khususnya.

Kebebasan finansial akan menjadi manfaat berikutnya yang dirasakan dalam berinvestasi. Dikenal dengan istilah financial freedom ini menjadi manfaat yang paling disukai bagi para investor. Sebab, investasi adalah keuntungan yang bisa didapatkan dengan passive income di luar dari penghasilan utama yang dimiliki. Bukankah sangat menyenangkan apabila Anda memiliki penghasilan dari investasi, di luar dari pekerjaan utama?

Manfaat yang juga bisa dirasakan ketika Anda berani berinvestasi adalah melindungi aset dari inflasi yang siap menerjang kapan saja. Banyak orang yang memiliki kekayaan, tapi enggan melakukan investasi dengan ragam alasan. Salah satunya yang paling membuat orang tidak mau investasi arena kehadiran investasi ‘bodong’ yang justru merugikan para investor. Oleh karenanya, Anda wajib melakukan investasi untuk melindungi aset ke yang terpercaya.

Selain itu, perlindungan aset ini bisa dirasakan hanya apabila Anda secara tepat melakukan investasi kepada otoritas yang memiliki perlindungan secara hukum, sehingga tidak akan terjebak pada investasi ‘bodong’. Manfaat yang bisa dirasakan dengan investasi adalah dapat meningkatkan kekayaan dan aset yang Anda miliki. Di mana return akan menjadi milik Anda ketika berhasil melakukan investasi secara tepat.

Produk-produk yang ditawarkan dalam investasi sangat beragam, dan tentunya dengan tingkatan risiko yang berbeda pula. Oleh karena itu, Anda wajib mencari tahu terlebih dahulu segala hal yang terkait dengan investasi agar benar-benar merasakan manfaat dalam meningkatnya kekayaan yang dimiliki. Tabungan rencana, deposito, emas, dan reksadana pastilah akan memberikan return dengan tingkat risiko yang berbeda.

Investasi adalah cara yang paling tepat digunakan untuk meningkatkan kekayaan dalam mempersiapkan masa depan, baik untuk diri sendiri dan juga keluarga Anda. Tidak peduli pekerjaan Anda, apakah seorang yang memiliki penghasilan harian atau bulanan, maka kekayaan bisa ditingkatkan dengan investasi. Namun, bisa juga habis begitu saja apabila enggan mempersiapkan masa depan melalui investasi.

Manfaat yang begitu kaya dari investasi ini juga dapat dijadikan sebagai persiapan dalam menghadapi kebutuhan yang tidak terduga atau bersifat darurat. Bayangkan ketika Anda sedang tidak memiliki uang, dan tidak memiliki investasi, sementara sesuatu yang besar terjadi. Bisa itu berupa mendadak diterima di universitas idaman yang memerlukan biaya besar, atau bahkan mendadak harus melakukan renovasi akibat suatu musibah.

Keadaan darurat yang lebih serius dan terkait masalah uang bisa terjadi kapan saja, dan investasi adalah cara yang paling tepat untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi kondisi tersebut. Investasi memang kaya manfaat dan sangat menguntungkan apabila Anda memilih jenis yang tepat, sesuai dengan kebutuhan, tujuan, dan kondisi keuangan yang dimiliki saat ini. Selain itu, selalu pertimbangkan profil risiko setiap jenis investasi yang hendak dipilih.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

Subscribe yuk!!!

jangan lewatkan artikel menarik lainnya

RELATED POST

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

Tertarik untuk kerjasama?

content placement, backlink, penulisan artikel, pembuatan website, digital marketing, dll.