18 June 2021

CEO adalah Posisi Tertinggi di Perusahaan, Seperti Apa Perannya?

Table of Contents

CEO adalah Posisi Tertinggi di Perusahaan, Seperti Apa Perannya? – Mendengar istilah CEO (Chief Executive Officer), pasti kebanyakan orang langsung tergambar sebuah posisi bergengsi di perusahaan. Bersama dengan mendengar istilah tersebut, terbayang pula fasilitas mewah serta gaji fantastis yang berhak didapatkan oleh CEO. Karena itulah, banyak orang termasuk generasi muda yang bercita-cita menjadi CEO.

Sebenarnya istilah CEO bukan lagi hal asing di kalangan masyarakat, terutama di kalangan pebisnis. Meskipun gambaran umumnya sudah cukup dimengerti, namun tidak semua orang paham apa makna sebenarnya di balik istilah tersebut. Termasuk apa peran penting dan tanggung jawab seorang CEO, pasti belum banyak orang yang tahu. Jika demikian, penjelasan lengkap di bawah ini sangat patut disimak.

Pengertian CEO

Pengertian CEO
Pengertian CEO

CEO adalah kepanjangan dari Chief Executive Officer yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia berarti pejabat eksekutif tertinggi. Menurut pengertian secara lebih mendalam, CEO adalah jabatan tertinggi di suatu perusahaan. Sebagai jabatan tertinggi, posisi tersebut tentu bukan tanpa tanggung jawab. Seorang CEO bahkan memiliki peran yang sangat penting terhadap perjalanan perusahaan dan menjadi penentu kesuksesan perusahaan tersebut.

Bersama dengan jabatan tinggi yang diembannya, seorang CEO juga dibebani banyak tanggung jawab besar. CEO bahkan dikatakan sebagai pemegang kendali penuh pada perusahaan tersebut. Apapun yang terjadi pada perusahaan akan menuntut CEO untuk mengambil keputusan yang tepat. Termasuk jika terjadi masalah, maka CEO juga yang harus menemukan solusinya dengan cepat dan tepat.

Melihat dari begitu besarnya tugas dan tanggung jawab CEO, tak heran jika posisi ini diberikan fasilitas yang berkelas. CEO adalah posisi dengan gaji yang paling tinggi di antara posisi lain dalam perusahaan. Fasilitas yang didapatkannya juga selalu kelas atas. Tak heran jika seorang CEO bisa hidup dalam kemewahan dan berkelimpahan harta terlebih jika perusahaan yang dipimpinnya sudah sangat besar dan maju.

Dalam istilah lain, disebutkan pula bahwa CEO merupakan wajah perusahaan. Maksudnya bahwa citra suatu perusahaan sangat melekat pada diri sang pemimpin. Bahkan perusahaan dan sosok CEO akan menjadi dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Seperti orang mengenal selama ini Mark Zuckerberg sebagai CEO Facebook. Nama pria itu sangat melekat dan menjadi ikon dari media sosial tersebut. Begitu juga dengan nama Jack Ma sebagai CEO Alibaba yang sangat ikonik dan begitu populer di kalangan masyarakat.

Peran Penting CEO dalam Perusahaan

Peran Penting CEO dalam Perusahaan
Peran Penting CEO dalam Perusahaan

Dari pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa CEO adalah orang yang diberi kepercayaan yang begitu besar. Dengan kepercayaan tersebut, CEO juga dibebani banyak peran dalam menjalankan perusahaan. Bahkan perannya itu bisa menyeluruh dan menyangkut semua aspek dalam perusahaan. Agar semakin mudah dimengerti, simak penjelasan tentang peran-peran CEO yang berikut ini.

Merencanakan Tujuan Perusahaan

Seorang CEO tidak hanya berperan dalam perjalanan perusahaan. Bahkan sebelum perjalanan itu dimulai, CEO sudah harus memulai perannya sebagai perencana tujuan. CEO harus bisa menentukan apa yang menjadi tujuan perusahaannya berdiri dan hasil apa yang ingin dicapai. Kemudian CEO sekaligus juga harus menyusun strategi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan bahkan harus bisa mempersiapkan solusi untuk semua kemungkinan.

Menjadi Wakil Perusahaan

Sudah menjadi wawasan umum bahwa CEO adalah sosok yang menjadi wakil perusahaan. Tentang bagaimana sebuah perusahaan termasuk produknya menghasilkan nilai di masyarakat, akan sangat tergantung dengan cara CEO dalam membentuk nilai tersebut. Tak heran jika nama perusahaan bisa seketika jatuh ketika CEO diketahui melakukan kesalahan yang tidak bisa diterima masyarakat.

Membangun Tim yang Solid

Sebuah perusahaan tidak akan bisa berjalan sendiri hanya dengan mengandalkan peran CEO. Dalam menjalankan operasional perusahaan, CEO tentunya membutuhkan bantuan tim. Hanya tim yang solid, kuat dan berkomitmen tinggi yang mampu membangun perusahaan hingga sukses. Sudah menjadi salah satu tugas utama CEO untuk membentuk tim yang demikian demi tercapainya tujuan perusahaan.

Mengatur Alokasi Anggaran

Dengan semua fasilitas yang didapat, peran CEO tidak selamanya mudah dan menyenangkan. Salah satu tugas CEO adalah mengatur alokasi anggaran. Masalah finansial perusahaan yang diatur oleh CEO ini harus melalui proses analisa dan evaluasi. Dari proses tersebut diharapkan anggaran perusahaan dapat terdistribusikan secara merata ke semua bagian sesuai dengan kebutuhannya. CEO bertanggung jawab atas kerugian maupun keuntungan perusahaan.

Menciptakan Budaya Kerja yang Positif

Tidak hanya berkaitan dengan teknis pekerjaan, CEO juga berperan penting dalam menciptakan budaya kerja yang positif. Segala kebijakan yang ditetapkan dan keputusan yang diambil harus bisa membawa dampak yang bagus bagi karyawan, sehingga karyawan merasa senang bekerja. Hasil dari keseluruhan usaha untuk membentuk lingkungan kerja yang kondusif diharapkan mampu membuat perusahaan semakin maju dan berkembang.

Syarat Menjadi CEO

Syarat Menjadi CEO
Syarat Menjadi CEO

Setiap orang dengan kemampuannya tentu memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi CEO. Namun hanya orang-orang dengan karakter yang kuat yang mampu mengemban tugas berat tersebut sebab tanggung jawabnya sama sekali tidak main-main. Seorang CEO adalah tidak hanya harus memiliki tekad tetapi juga perlu memenuhi beberapa syarat yang berkaitan dengan kepribadian dan karakter seperti berikut ini.

Berpengetahuan Luas

Seorang CEO diwajibkan memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas dan itu bisa diperoleh salah satunya dari pendidikan. Maka bukan tuntutan yang berlebihan jika CEO harus orang yang sudah mengenyam pendidikan tinggi. Bahkan seorang CEO juga akan lebih baik berasal dari latar belakang pendidikan yang sesuai dengan bisnisnya. Meskipun di sisi lain, tidak menutup kemungkinan peran CEO dijalankan oleh orang yang tidak berpendidikan tinggi.

Berkarakter Kuat

Sebagai wajah dan wakil perusahaan, CEO akan menentukan arah perjalanan perusahaan tersebut. Selain itu, pandangan masyarakat pada perusahaan itu akan sangat bergantung dengan cara CEO dalam membentuknya. Untuk itu, seorang CEO harus memiliki karakter yang kuat yang nantinya akan tercermin dari perusahaan yang dipimpinnya. Karakter yang kuat juga akan semakin menguatkan pondasi perusahaan sehingga tidak gampang terbawa arus perubahan.

Kaya Pengalaman

Memang ada beberapa perusahaan besar yang didirikan CEO dari tahap yang paling bawah. Bisa dikatakan mereka adalah pemimpin yang memulai usahanya dari nol dan terbukti sukses. Di sisi lain, pengalaman juga menjadi bekal penting untuk memulai karir sebagai CEO. Pengalaman akan memberikan banyak pelajaran kepada CEO tentang bagaimana mengevaluasi dan tidak lagi melakukan kesalahan yang sama dalam bisnis.

Mampu Berkomunikasi dengan Baik

Dalam perusahaannya, seorang CEO akan memimpin dengan berkomunikasi. Karena itulah, penting bagi CEO untuk memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Kemampuan itu tidak hanya berguna ketika sedang berurusan dengan karyawan, tetapi juga berguna dalam menjalin relasi dengan rekan bisnis.

Sebagai pemegang posisi tertinggi, CEO adalah ujung tombak dari sebuah perusahaan. Bagaimana perusahaan itu dimulai, seperti apa langkah kemajuannya dan bagaimana pencapaiannya sangat bergantung pada CEO. Dengan peran yang sangat penting itu, tidak heran jika CEO disebut sebagai posisi paling bergengsi sekaligus paling banyak tanggungjawabnya.

bagikan artikel ini jika bermanfaat:

Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Kembangkan Bisnis di Era Digital
layanan digital yang fleksibel sesuai kebutuhan anda

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.