#IniUntukKita –Investasi SBN Ritel untuk Milenial menyambut Bonus Demografi

program #IniUntukKita ini, mari kita bersama belajar dan membuktikan bahwa kita bukan kaum yang berpangku tangan

0
11
Investasi SBN Ritel untuk Milenial menyambut Bonus Demografi
Investasi SBN Ritel untuk Milenial menyambut Bonus Demografi

Indonesia sebentar lagi akan menghadapi yang namanya bonus demografi pada 2030 hingga 2040. Bonus demografi merupakan suatu masa dimana jumlah penduduk yang berusia produktif (15-64 tahun) lebih besar  daripada usia non-produktif.

Yang mana situasi ini dinilai bagus dalam pembangunan sebuah negara jika dengan pengelolaan yang tepat karena tingkat ketergantungan penduduk relative berkurang. Apabila lonjakan jumlah usia produktif ini ditunjang dengan sumber daya yang cukup tak khayal pintu menuju kesejahteraan bangsa akan terbuka lebar.

Berkaca dari negara tirai bambu china, mereka mampu memanfaatkan bonus demografi dengan baik. China berhasil membangun industri rumahan penguat ekonomi di sector elektronik. Sehingga menciptakan banyak lapangan kerja baru untuk memberdayakan penduduk usia produktif mereka.

Sedangkan, Brazil dinilai gagal memanfaatkan bonus demografi karna dianggap tidak mempersiapkannya secara matang. Karena faktor resesi ekonomi yang mana mereka mengalokasikan sumber daya mereke untuk kebutuhan jaring pengaman social dan pension. Ketimbang untuk kebutuhan Pendidikan dan menciptakan lapangan pekerjaan.

Maka dari itu, agar tidak menjadi boomerang untuk kita semua, kita harus mempersiapkannya mulai dari sekarang. Salah satunya dengan investasi jangka Panjang dan menengah. Investasi secara pendidikan dan ekonomi.

Dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat, diharapkan hal tersebut bisa membantu para milenial untuk mempersiapkan diri mereka untuk masa depan mereka sendiri. Pemanfaatan teknologi untuk kegiatan belajar dan investasi.

Bukan malah terbawa dengan konsumerisme yang berlebihan dan menjadi generasi rebahan yang akhirnya malah bisa menjadi generasi yang manja.

Dengan program #IniUntukKita ini, mari kita bersama belajar dan membuktikan bahwa kita bukan kaum yang berpangku tangan. Bahkan dengan ini, kita ikut serta dalam membangun negri.

Banyak intrumen investasi yang bisa digunakan, salah satunya yaitu SBN atau Surat Berharga Negara yang diterbitkan oleh pemerintah sebagai upaya penggalangan modal untuk membangun negara.

SBN Ritel sendiri dibagi menjadi 2 macam yaitu Surat Berharga Negara (SUN)/kovensional dan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). SUN meliputi Obligasi Negara Ritel (ORI) dan Savings Bond Ritel (SBR), sedangkan SBSN meliputi Sukuk Negara Ritel (SR) dan Sukuk Negara Tabungan (ST).

Nah, mengapa investasi SBN Ritel #IniUntukKita para milenial dirasa sangat cocok. Simak kelebihan SBN Ritel di bawah ini:

Terjangkau

Maksud dari terjangkau disini yaitu bisa dinikmati oleh hampir semua kalangan. Dalam investasi SBN tidak perlu uang atau modal yang banyak seperti deposito. Hal ini seperti kita menabung namun bedasnya ini adalah investasi yang mana kita bisa mendapatkan keuntungan.

Jika Anda seorang pemula dalam dunia investasi, SBN ritel ini sangat disarankan hitung-hitung sambal belajar berinvestasi dengan resiko yang rendah. Anda bisa mulai investasi mulai Rp 1 juta rupiah saja dan maksimal 3 Milyar rupiah.

Resiko Rendah

SBN Ritel diterbitkan oleh pemerintah tentunya memiliki kredibilitas yang cukup tinggi dan dijamin oleh negara. Apalagi menurut track record sebelumnya yang mana SBN Ritel yang diterbitkan oleh pemerintah belum pernah mengalami telat bayar bahkan gagal bayar.

Hal ini tentunya berbeda dengan berinvestasi di perusahaan atau instansi swasta. Masih ada kemungkinan gagal bayar karena naik turunnya performa perusahaan.

Imbal Hasil Tinggi, Pajak Rendah

Jika dibandingkan dengan deposito SBN ritel memiliki kupon ambil hasil atau keuntungan dari bunga lebih besar. Serta pajaknya juga relative lebih kecil yaitu 15% dibandingkan dengan deposito yang mencapai 20%.

Partisipasi Membangun Negara

Pemerintah membuat anggaran belanja dalam bentuk APBN. Anggaran belanja ini mencakup banyak hal dari mulai Pendidikan, kesehatan, hingga pembangunan dan infrastruktur.

Dengan menerbitkan Surat Utang Negara diharapkan mampu menyokong APBN tersebut. Maka dari itu, bisa dikatakan dana yang terkumpul dari rakyat juga akan digunakan untuk membangun negeri.

Lebih detilnya simak gambar di bawah ini:

8 Keuntungan Berinvestasi di Sukuk Ritel
8 Keuntungan Berinvestasi di Sukuk Ritel

Oleh karena itu, SBN Ritel adalah salah satu program pemerintah dan #IniUntukKita sarana investasi sekaligus andil kita dalam membangun negeri kita tercinta, dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.

Karena perkembangan dan pembangunan negara juga akan berdampak positif bagi kita rakyat Indonesia di masa yang akan datang dan itu harapan kita semua.

Bagaimana masih bangga dengan sebutan generasi rebahan? Yang suka bilang “Merdeka itu kalau bisa tidur seharian tanpa melakukan apa-apa“.Hmm…Yuk mulai sekarang saatnya kita semua ikut berkontribusi untuk negara maupun masa depan kita masing-masing. Masak untuk diri sendiri saja males sih.

Jika anda tertarik untuk investasi sukuk ritel dari pemerintah ini. Silahkan langsung mengunjungi halaman ini https://www.kemenkeu.go.id/sukukritel atau bisa membeli via mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan.

Sumber :

https://www.djppr.kemenkeu.go.id/page/load/1808

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/09/09/berapa-jumlah-penduduk-usia-produktif-indonesia

Tinggalkan Komentar