6 Hal Penting Langkah Dalam Membangun Brand Bisnis

25 Mei 2021
6 Hal Penting Langkah Dalam Membangun Brand Bisnis

6 Hal Penting Langkah DalamMembangun Brand Bisnis. Kesuksesan sebuah bisnis sangat ditentukan dengan  ketenaran brand produk yang ditawarkan. Jika brand bagus maka penjualan produk akan tinggi.

Brand atau merek menjadi identitas sebuah produk. Produk yang sudah memiliki brand terkenal menjadi jaminan bahwa produk tersebut berkualitas tinggi. Meskipun hal itu tidak selalu benar.

Ada beberapa produk dengan merek atau brand yang tidak terkenal memiliki kualitas yang sama dengan produk brand ternama. Selain itu menggunakan produk dengan brand ternama menunjukan kasta seseorang dalam status social.

Membangun Brand Bisnis

Membangun Brand Bisnis
Membangun Brand Bisnis

Agar produk anda memiliki brand yang baik ada beberapa hal yang dapat dilakukan. Beberapa hal pada Langkah Untuk Membangun Brand Bisnis, yaitu :

Nama Brand

Nama Brand
Nama Brand

Nama menjadi sebuah identitas untuk brand yang akan rintis. Menentukan sebuah nama menjadi hal penting sebelum anda melangkah ke tahap selanjutnya. Nama akan menjadi, pembeda produk anda dengan produk sejenis lainnya.

Nama sebuah brand mewakili karakteristik, sifat dan ketenaran sebuah produk dipasaran. Oleh karenanya penting memberikan sebuah nama untuk produk anda. Pilihlah nama yang mudah diingat dan disebut. Baca juga tentang Ini Dia Rahasia Meningkatkan Brand Awareness Secara Efektif.

Brand yang anda buat akan mempengaruhi bentuk logo yang akan digunakan. Menentukan nama website yang akan digunakan. Hak cipta sebuah merek dagang ditentukan juga oleh nama yang anda gunakan.

Jika nama tersebut sudah digunakan oleh produk lain maka anda tidak dapat menggunakan nama yang sama. Jika tidak, memaksakan menggunakan nama brand yang sama, maka akan dianggap sebagai tindakan pembajakan.

Sebaiknya anda menciptakan nama brand dengan arti universal. Saat anda akan menambahkan berbagai jenis produk pada brand tersebut, nama itu masih sesuai. Ciptakan nama brand yang tidak gampang ditiru produk lain. Ini penting sebagai Langkah Untuk Membangun Brand Bisnis.

Target konsumen dan kompetitor

6 Hal Penting Langkah Dalam Membangun Brand Bisnis - Habib Hidayat
Target konsumen dan kompetitor

Hal berikut yang harus anda pikirkan adalah jenis konsumen yang akan menggunakan produk dengan brand yang anda ciptakan. Ini harus dipertimbangkan sejak awal agar brand dan konsumen tepat sasaran.

Tentukan jenis konsumen anda dari mulai usia, genre, pekerjaan, tempat tinggal bahkan hobi yang sesuai dengan produk anda. Ini akan memudahkan anda mencari target market yang sesuai dengan produk.

Semahal apapun produk anda, jika bertemu dengan konsumen yang tepat maka transaksi bisnis bisa terjadi. Sebaliknya walaupun produk anda berharga ekonomis tetapi tidak bertemu konsumen yang tepat, maka produk akan sepi pembeli.

Dalam membangun sebuah brand anda juga harus memperhitungkan competitor bisnis anda. Mengenal competitor menjadi salah satu Langkah Untuk Membangun Brand Bisnis. Cari informasi sebanyak mungkin tentang competitor bisnis anda.

Anda bisa bertanya langsung pada konsumen yang menjadi target anda mengenai brand yang mereka senangi. Serta alasan menjadikan brand tersebut sebagai brand favorit, serta harapan mereka terhadap brand tersebut.

Jika tidak ingin bertanya langsung, anda bisa menggunakan informasi yang bisa didapatkan melalui internet. Menggunakan produk sebagai kata kunci anda dapat menemukan competitor yang memiliki produk sejenis.

Pelajari segala hal mengenai competitor yang muncul pada mesin pencari menggunakan laman website mereka. Selain itu perhatikan tanggapan competitor terhadap brand tersebut melalui testimoni konsumen.

Anda juga bisa mengamati dimana lokasi konsumen, kompetitor anda berada, sehingga menjadi tempat yang potensial untuk menawarkan produk dengan tipe yang hampir sama. Tentu saja menggunakan persaingan bisnis yang sehat.

Slogan

6 Hal Penting Langkah Dalam Membangun Brand Bisnis - Habib Hidayat
Slogan

Banyak pebisnis tidak menganggap penting memiliki slogan untuk brand yang mereka miliki. Pada kenyataannya, slogan menjadi salah satu Langkah Untuk Membangun Brand Bisnis. Jangan sampai anda lewatkan tahapan yang satu ini.

Slogan yang unik dan mudah diingat dapat melambangkan visi dan misi brand yang anda keluarkan. Slogan tidak selamanya sama, jika suatu saat anda menginginkan perubahan pada visi produk, maka slogan akan ikut berubah.

Slogan haruslah bisa menggambarkan produk yang anda tawarkan. Slogan ini dapat dituliskan di laman website, di setiap iklan brand anda, sehingga konsumen akan selalu  teringat pada brand yang anda tawarkan.

Tentukan focus brand

6 Hal Penting Langkah Dalam Membangun Brand Bisnis - Habib Hidayat
Tentukan focus brand

Sebelum anda menawarkan sebuah produk, anda harus mengetahui terlebih dahulu focus brand dari produk yang akan anda tawarkan. Ini akan membuat brand anda lebih mudah dikenal.

Anda harus bisa menjawab pertanyaan berikut, produk anda akan bisa mengisi kebutuhan dalam bidang tertentu? Apa saja bidang itu. Value produk yang anda tawarkan berada pada hal tertentu. Serta konsumen mana yang akan mendapatkan value dari produk anda.

Jika anda sudah mampu menjawab pertanyaan mengenai brand tersebut, maka anda dapat menentukan karakter produk yang akan anda tawarkan. Teruslah focus pada karakteristik yang telah ditentukan.

Buatlah tampilan pada iklan yang anda tawarkan sesuai dengan karakteristik brand yang sudah anda fokuskan. Buat tampilan yang dapat mendeskripsikan produk. Ini menjadi Langkah Untuk Membangun Brand Bisnis selanjutnya.

Penampilan brand

Langkah selanjutnya adalah menentukan penampilan brand yang akan anda gunakan. Anda perlu menentukan tampilan menggunakan warna dominan yang sesuai dengan karakteristik brand yang sudah anda fokuskan.

Anda juga harus menentukan brand anda akan dilihat dalam bentuk seperti apa. Apakah sebagai brand yang ceria, apakah akan menjadi brand yang lembut dan elegan. Atau mungkin menjadi brand yang gagah.

Semua itu harus dapat mewakili karakteristik brand. Sama seperti manusia karakteristik melambangkan sifat yang ada pada brand yang diwujudkan dalam bentuk tampilan khusus yang dapat terlihat.

Logo

6 Hal Penting Langkah Dalam Membangun Brand Bisnis - Habib Hidayat
Logo

Tahapan terakhir dalam Langkah Untuk Membangun Brand Bisnis adalah menentukan logo yang akan dipakai oleh brand anda. Logo harus mampu mewakili seluruh hal penting diatas, pada sebuah lambing yang digunakan.

Logo akan menjadi hal pertama yang diingat saat menyebutkan nama sebuah brand. Oleh sebab itu logo dapat dianggap sebagai wajah brand tertentu. Wajah adalah bagian pertama yang terlihat. Sehingga logo menjadi hal yang penting.

Anda dapat menggunakan logo yang sederhana maupun logo artistik sesuai dengan brand yang anda bawa. Jika sulit anda dapat meminta bantuan desainer untuk membuat logo yang tepat.

Ternyata untuk membuat sebuah brand menjadi sukses bukanlah hal yang sederhana. Diperlukan Langkah Untuk Membangun Brand Bisnis. tahapan dan proses yang cukup panjang agar didapatkan brand yang sesuai untuk produk anda.

Walaupun begitu semua tahapan itu bukan lah hal yang tidak mungkin anda lakukan. Mereka yang kini memiliki brand ternama pernah melalui proses yang sama, untuk mencapai kesuksesan.

Anda hanya perlu terus berusaha dan mengembangkan brand yang sudah anda tentukan. Jangan pernah malu untuk bertanya pada konsumen anda, mengenai  harapan mereka terhadap brand yang anda miliki.

Perhatikan masukkan dan saran yang diberikan oleh konsumen. Jika memungkinkan anda dapat membuat inovasi sesuai dengan harapan konsumen. Langkah Untuk Membangun Brand Bisnis sudah anda ketahui. Selanjutnya teruslah melangkah.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

Subscribe yuk!!!

jangan lewatkan artikel menarik lainnya

RELATED POST

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

Tertarik untuk kerjasama?

content placement, backlink, penulisan artikel, pembuatan website, digital marketing, dll.