Hal-Hal Penting Agar Kamu Betah di Kantor

0
36
Hal-Hal Penting Agar Kamu Betah di Kantor
Hal-Hal Penting Agar Kamu Betah di Kantor

Lingkungan kerja tentu berpengaruh pada kinerja seseorang dalam melakukan tugasnya di kantor. Seseorang bisa sangat baik dalam bekerja secara individu, namun lain hal dengan pekerjaan dalam Tim. Bagaimana agar kinerja tim kebangganmu semakin baik? Simak tips di bawah, ya!

Sampaikan jika ada masalah, jangan dipendam sendirian!

Mungkin terlihat sepele, namun hal ini sangat berpengaruh dalam suatu Tim kerja. Jangan terbiasa melakukan semua hal dan menghadapi masalah sendirian, dari mulai masalah kecil yang ditumpuk sehingga menjadi besar, ataupun masalah besar yang tidak disampaikan.

Bagaimana sebuah tim harus bisa menyelesaikan masalah dan menghadapi dinamika yang ada secara bijak bersama-sama adalah aspek yang vital, buat susasan lingkungan kerja menjadi terbuka sehingga bisa saling bahu-membahu dalam hal apapun.

Mungkin kamu bisa mengusulkan forum tertentu yang diadakan dalam kurun waktu yang sudah disepakati bersama untuk merefleksikan masalah ini.

Perhatikan pendapat atau opini orang lain!

Seorang leader atau pemimpin tentu saja harus memperhatikan poin yang satu ini. Kemampuan mendengarkan tentu tidak dimiliki oleh semua orang, namun, sebagai pemimpin, kamu harus mengasah kemampuan ini!

Keputusan seorang pemimpin tentu sudah harus dipikirkan secara matang dan direncanakan dengan baik, termasuk menyatukan berbagai opini sehingga keputusan tersebut menjadi adil untuk semua orang di dalam Tim.

Perhatikan kepribadian rekan kerjamu

Kamu harus tau bagaimana memperlakukan si A ataupun si B. Tentu setiap orang perlu mendapat perlakuan yang berbeda, karena mereka memiliki sifat dan cara yang berbeda saat menghadapi kompleksitas pekerjaan.

Kamu mungkin akan mendapat masalah jika memperlakukan semua orang dengan cara yang sama, maka dari itu, mulai sekarang, kenali rekan kerjamu dengan baik, yuk

Menjaga komunikasi secara pribadi maupun profesional

Setelah mengenal rekanmu dengan baik, yang perlu kamu lakukan adalah merawat hubungan kalian dengan cara yang baik pula. Mengapa? Karena komunikasi adalah cara paling ampuh dalam menyelesaikan masalah dan merawat kinerja.

Jika komunikasi yang kamu jalin baik, maka pekerjaan kalian akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan untuk dijalani, tanpa perlu merasa sungkan untuk menyampaikan pendapat atau masalah yang dihadapi, kalian akan menjadi tim yang hebat, lho!

Motivasi

Salah satu kiat supaya betah di kantor adalah dengan motivasi. Setiap orang dalam satu Tim tentu memiliki motivasinya masing-masing dalam bekerja. Kita semua memiliki motif pribadi dan tujuan yang ingin dicapai, namun dengan berada dalam tim, kalian bisa mencapai hal-hal yang jauh lebih besar daripada saat kalian melakukan pekerjaan sendirian.

Agar lingkungan kerjamu sehat dan menyenangkan, selain motivasi dalam pribadi masing-masing, kamu dan tim mu harus memiliki tujuan dan motivasi bersama. Puji pekerjaan temanmu agar ia merasa diapresiasi, tegur seperlunya jika terdapat kesalahan, berikan kritik yang membangun kepada temanmu agar ia bisa memperbaikinya. Baca juga Mengenali Jiwa pengusaha Dalam Diri Kita

Berikan dirimu sendiri penghargaan atas apa yang sudah kamu capai, dan lakukan hal tersebut kepada orang lain juga. Kamu akan mendapat lingkungan kerja yang nyaman dan menyenangkan!

Tinggalkan Komentar