8 Fitur dan Kelebihan Instagram Bisnis untuk Berjualan

0
17
fitur dan kelebihan Instagram bisnis
fitur dan kelebihan Instagram bisnis

8 Fitur dan Kelebihan Instagram Bisnis untuk Berjualan – Instagram masih menjadi salah satu media yang sangat ampuh untuk menunjang dalam berbisnis. Banyak orang menggunakan Instagram untuk sekedar berjualan atau membangun branding bisnis atau personal. Namun, sudah tahukah bagi anda yang memanfaatkan Instagram untuk kegiatan branding akan lebih optimal jika beralih ke akun bisnis. Akun bisnis memiliki fitur-fitur yang lebih lengkap untuk menunjang kegiatan berbisnis. selain itu, cukup banyak kelebihan instagram bisnis ini.

8 Fitur dan Kelebihan Instagram Bisnis untuk Berjualan 1

Fitur Instagram Bisnis

Selain terkesan lebih professional juga akan berdampak pada tingkat kepercayaan pelanggan kepada bisnis anda. Anda juga bisa menganalisis audience dan follower anda melalui fitur Instagram bisnis. Berikut ini adalah beberapa fitur Instagram bisnis yang bisa kamu akses:

1. Fitur Instagram Insight

Instagram Insight

Salah satu fitur dari Instagram bisnis adalah dapat mengakses insight akun anda. Fitur ini adalah fitur paling bermanfaat menurut saya setelah memutuskan untuk beralih dari akun pribadi atau personal.

Dalam fitur Instagram insight memungkinkan anda untuk melihat kinerja akun Instagram anda. Mulai dari pengikut baru, profil visit, jumlah postingan, jangkauan (reach), klik, dan masih banyak lagi.

Selain bisa melihat data-data seperti di atas, anda juga bisa melihat data demografi secara detil tentang followers anda. Data demografi ini akan menyajikan berapa banyak perbandingan jenis kelamin, umur, lokasi, aktivitas lainnya dari followers anda.

2. Fitur Quick Reply (Balas Cepat)

Quick Replay Instagram

Jika anda adalah seorang pelaku bisnis di Instagram tentunya kita sudah tidak jarang dengan direct message ke Instagram anda. Entah itu berupa pertanyaan terkait bisnis dan produk yang anda jual ataupun tawaran Kerjasama dari influencer.

Dengan adanya fitur quick replay ini bisa membantu anda untuk membuat pesan otomatis dari pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan oleh audience anda. Sehingga akan lebih mudah membalas pesan-pesan tersebut hanya dengan mengetikan atau menulis satu kata pintasan.

3. Instagram Shoping

Instagram Shopping

Fitur yang tidak kalah membantu anda dalam berjualan di Instagram adalah dengan fitur Instagram shoping. Fitur ini berfungsi untuk menandai produk anda secara langsung di dalam postingan feed ataupun story anda.

Fitur baru ini sekarang semakin mudah untuk menikmatinya hanya dengan beberapa setting di katalog produk di akun facebook bisnis anda. Dengan fitur ini tentunya akan semakin mempermudah calon customer anda untuk mengetahui keterangan seperti harga produk dan nama produknya. Selain itu juga akan lebih memudahkan mereka untuk melakukan pemesanan.

4. Branded Content

Branded Content

Setelah anda mengubah menjadi akun bisnis Instagram, anda bisa membatasi siapa saja yang bisa menandai akun anda sebagai mitra branded content di postingan mereka. Hal ini berfungsi untuk mencegah akun penipuan yang mengklaim bahwa bisnis anda adalah salah satu bisnis yang mereka miliki.

5. Instagram Ads

Instagaram merupakan salah satu platform di bawah facebook selain whatsapp. Maka dari itu, seperti layaknya facebook, Instagram juga bisa digunakan untuk mengiklan (Instagram ads).

Anda bisa menjalankan kampanye iklan langsung dari Instagram bisnis. Jadi bagi anda pemula hal ini akan lebih memudahkan anda untuk mendorong bisnis anda di Instagram. Akan tetapi, tidak seperti di dashboard facebook bisnis yang sangat lengkap.

6. Promote Post

Promoted post ini berfungsi untuk memboosting postingan anda yang memiliki performa bagus. Sehingga postingan anda bisa menjangkau lebih banyak audience.

7. Action Button & Contact Option

Dengan akun Instagram bisnis memungkinkan anda untuk memasang kontak anda. Selain mencantumkan nomor hp atau whatsapp di bio. Anda juga bisa memasang email, link website anda, atau peta lokasi bisnis anda. Hal tersebut tentu saja akan memudahkan followers anda untuk menghubungi anda atau untuk melakukan Kerjasama lebih lanjut.

Selain itu, di akun bisnis Instagram juga bisa untuk menambahkan tombol action lainnnya seperti pesan makanan, gift card, booking, dll. Fitur ini sangat membantu bagi UKM untuk mendorong peluang konversi mereka.

8. Tautan di Instagram story

8 Fitur dan Kelebihan Instagram Bisnis untuk Berjualan 2

Apabila akun bisnis Instagram anda memiliki lebih dari 10.000 followers maka anda dapat menambahkan tautan atau link swipe up di story Instagram yang anda posting. Hal ini akan memudahakan anda untuk melakukan Call to Action ke website anda.

Rangkuman Kelebihan Instagram Bisnis

Selain 8 fitur Instagram bisnis di atas berikut ini rangkuman kelebihan Instagram bisnis untuk bisnis online.

1. Promosi jadi lebih mudah

Dengan adanya fitur Instagram ads seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa dengan fitur ini akan mempermudah anda untuk mempromosikan bisnis dan produk anda. Sehingga anda bisa menjangkau lebih banyak audience, anda bisa membaca lebih lanjut tentang Cara Optimasi Instagram dengan Algoritma agar Banyak Interaksi. Dengan begitu postingan anda akan mendapatkan lebih banyak interaksi seperti like dan komentar.

Namun, yang perlu anda ketahui bahwa untuk mempromosikan dengan fitur ini anda perlu mengeluarkan biaya promosi untuk membayar Instagram ads ini. Jika anda sudah memiliki anggaran promosi hal ini sangat disarankan untk menjalankan iklan melalui Instagram ini. Akan lebih optimal hasilnya apabila anda melakukan promosi iklan Instagram melalui dashboard facebook business karena fiturnya lebih lengkap.

2. Analisis dan Riset lebih mudah

Dengan Instagram insight anda bisa melihat data seperti demografi, reach, dll seperti yang sudah dibahas di atas. Hal ini bisa berguna untuk melakukan analisis lebih lanjut untuk menentukan strategi marketing anda yang selanjutnya, itu adalah kelebihan instgram bisnis yang kedua.

Yang perlu anda ingat adalah meskipun anda bisa megubah akun bisnis ke akun pribadi lagi. Namun insigt atau data-data yang ada di akun bisnis akan hilang.

3. Menjangkau lebih banyak audience

Dari segala aspek akun bisnis lebih banyak memiliki keunggulan salah satunya bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Hal ini karena algoritma Instagram yang akan merekomendasikan bisnis anda kepada orang-orang yang relevan dan tertarik ke akun serupa dengan anda.

Nah, maka dari itu di akun bisnis tidak bisa disetting sebagai akun privat karena memang akun bisnis bertujuan untuk menjangkau lebih banyak audience. Postingan yang anda buat akan bisa menjangkau lebih banyak audience jika anda menautkan akun Instagram bisnis anda ke halaman facebook anda.

4. Informatif dengan kategori bisnis

Instagram Business Category

Kelebihan instagram bisnis selanjutnya adalah lebih informatif. Tidak seperti akun personal, akun bisnis bisa menampilkan jenis atau kategori di atas profil atau bio. Selainterlihat lebih professional dengan kategori bisnis ini bisa menunjukkan secara spesifik bergerak di bidang apa bisnis anda. Apakah bisnis and aitu sebuat brand local, komunitas, buku, tokoh, dll.

Nah, maka dari itu bahwa akun bisnis tidak hanya digunakan untuk jualan, akan tetapi juga bisa untuk personal branding atau profesi lain. Kategori bisnis ini sama denga napa yang ada di halaman facebook apabila anda menautkannya.

5. Mudah terhubung dengan customer

Dengan fitur kontak yang lengkap followers atau calon pelanggan anda akan lebih mudah terhubung dengan bisnis anda. Menghubungi anda entah itu untuk kepentingan pemesanan produk atau jasa anda, menawarkan penawaran, mengajak Kerjasama, dsb.

Mungkin anda sudah tidak asing banyak brand yang memasang link website mereka. Apabila belum punya website biasanya mereka memasang link whatsapp atau linktree. Linktree juga sangat popular digunakan karena bisa menampikan beberapa link dan memberitahu bahwa produk anda juga tersedia di semua platform marketplace.

Nah itu tadi fitur dan kelebihan Instagram bisnis, mungkin masih ada yang terlewatkan jika ada tambahan silahkan berkomentar di bawah. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasi 😊.  

Tinggalkan Komentar