Digital Marketing VS Tradisional Marketing Mana yang Efektif
Digital Marketing VS Tradisional Marketing Mana yang Efektif

Digital Marketing VS Tradisional Marketing Mana yang Efektif – Marketing atau penjualan menjadi Hal yang penting pada sebuah bisnis. Usaha dibidang apa pun pasti menginginkan penjualan yang tinggi.

Penjual berhubungan erat dengan omset perusahaan. Jika penjualan tinggi maka omset yang dihasilkan akan besar. Perusahaan akan memiliki perputaran modal dan hasil usaha yang baik. Sehingga perusahaan dapat terus berkembang

Marketing menjadi hal penting untuk diperhatikan ilmu marketing terus berkembang dari zaman ke zaman. Berbagai strategi penjualan dilakukan untuk menarik konsumen membeli atau menggunakan jasa.

Digital Marketing VS Tradisional Marketing Mana yang Efektif 2
Digital Marketing VS Tradisional Marketing Mana yang Efektif (sumber : https://www.lyfemarketing.com/)

Digital Marketing VS Tradisional Marketing

Seiring berkembangnya teknologi internet,  maka strategi pemasaran melalui media online mulai dikenal. Bahkan saat ini diyakini sebagai strategi pemasaran yang efektif. Lalu bagaimana mana sebenarnya keuntungan menggunakan Digital Marketing VS Tradisional Marketing.

  • Jangkauan Luas

Teknologi internet tidak mengenal batas waktu dan tempat. Semua berita yang disampaikan dapat diterima oleh seluruh pengguna internet. Tidak hanya dalam wilayah tertentu tetapi juga hingga seluruh dunia.

Ini akan sangat membantu promosi usaha anda. Hanya dengan satu tombol berita mengenai usaha anda akan sampai keseluruh dunia. Hal ini tentu saja dapat memperluas jangkauan pemasaran produk.

Siapa saja dapat melakukan transaksi dengan perusahaan anda  konsumen dalam dan luar negeri bisa menjadi pelanggan setia anda. Mengunakan teknologi internet semua hal dapat anda lakukan.

Keuntungan menggunakan Digital Marketing iklan anda dapat menjangkau konsumen potensial hanya dalam hitungan detik. Alat pencarian Google akan mengarahkan konsumen pada produk yang dibutuhkan.

Mendapatkan konsumen yang sesuai dengan produk yang ditawarkan akan memperbesar peluang terjadinya transaksi. Ini akan meningkatkan penjualan dalam satu episode pemasangan iklan digital.

  • Media beriklan banyak

Saat ini teknologi internet dapat diakses dalam berbagai bentuk. Dapat dengan iklan sederhana menggunakan platform media sosial yang sudah anda kenal. Seperti Facebook,  instagram dan lain-lainnya.

Dapat juga menggunakan video yang diunggah melalui channel Youtube. Menggunakan Channel yang telah memiliki jumlah pengunjung ramai, sehingga iklan anda dapat dilihat konsumen lebih banyak.

Bahkan media sosial kini menyediakan teknikal suport  yang dapat membantu membuat tampilan iklan anda lebih baik serta diarahkan pada konsumen potensial. Tentu saja anda akan dikenakan biaya, tetapi tidak terlalu mahal.

Anda yang belum memiliki tim marketing yang potensial atau usaha yang belum begitu besar, dapat menggunakan fasilitas ini. Sehingga iklan anda akan tampak profesional dan menarik, menambah kepercayaan konsumen.

  • Memperkirakan jumlah calon konsumen.

Salah satu keuntungan menggunakan Digital Marketing adalah, anda bisa memperkirakan jumlah konsumen yang akan melihat iklan anda. Hal ini tidak bisa dilakuan pada pemasaran tradisional.

Ini dapat dilakuan karena  adanya pengaturan untuk target konsumen yang anda inginkan. Bisa diatur berdasarkan usia, jenis kelamin, pekerjaan, lokasi dan lainnya. Anda dapat menentukan kapan iklan akan ditayangkan.

Alat analisa akan memperkirakan jumlah konsumen yang akan melihat iklan anda pada saat yang ditentukan. Dari jumlah tersebut anda dapat memperkirakan transaksi yang mungkin terjadi berdasarkan teori yang ada.

Sehingga dapat diperkirakan jumlah tayangan yang dibutuhkan untuk satu produk, agar tercapai target yang dinginkan. Sehingga proses perencanaan dapat lebih efektif dengan biaya yang murah.

  • Efektif

Semua point diatas yang menjelaskan keunggulan Digital Marketing, telah menggambarkan efektivitas cara beriklan dengan menggunakan teknologi internet.

Usaha anda akan cepat dikenal oleh konsumen, karena informasi yang disampaikan disebarkan dengan cepat pada waktu yang bersamaan. Hal ini menjadi kelebihan promosi dengan cara digital.

Anda yang menggunakan sarana promosi digital dapat menekan biaya pemasaran. Tetapi biaya iklan dapat juga menjadi mahal jika anda menggunakan sarana yang cukup terkenal, seperti artis atau pun selegram

Jika anda ingin menggunakan pembuat iklan profesional anda akan dikenakan yang cukup lumayan tergantung material iklan yang  digunakan. Tetapi anda juga bisa mencoba membuat iklan sendiri menggunakan tutorial yang ada.

Saat ini masih banyak yang menggunakan  sarana promosi konvensional. Pilihan Digital Marketing VS Tradisional Marketing. Berikut ini kelebihan beriklan secara tradisional yang perlu anda ketahui. Baca juga tentang Kesalahan Digital Marketing yang Harus Dihindari.

  • Interaksi

Pada teknik marketing secara konvensional terjadi interaksi langsung antara pembeli dan penjual. Interaksi ini akan memberikan ikatan yang lama pada produk yang anda tawarkan jika konsumen merasa nyaman maka ia akan kembali pada anda.

Selain itu interaksi langsung,  dapat menjadi salah satu cara mencari informasi mengenai berbagai hal. Baik itu produk yang anda tawarkan maupun brand kompetitor yang mereka gunakan.

Ini dapat menjadi bahan evaluasi bagi anda untuk membuat perencanaan lanjutan mengenai produk. Berbagai perbaikan dapat dilakukan agar menjadi produk yang sempurna sesuai keinginan konsumen.

  • Kreatif

Menggunakan pemasaran konvensional anda harus aktif melakukan promosi secara langsung.  Bisa dengan menggunakan poster, brosur maupun benner. Selain itu anda harus menggunakan beberapa sumber daya yang ada untuk menjadi tenaga marketing.

Jika tidak anda akan ditinggalkan oleh  konsumen yang telah mendapatkan informasi baru mengenai produk dari kompetitor. Sehingga kreativitas anda sangat dibutuhkan untuk tetap menjaga konsumen tidak beralih ke brand yang lain.

Tentu ini akan lebih melelahkan dan membutuhkan biaya yang lebih besar. Tetapi hal ini akan membuat anda menjadi tenaga pemasaran yang handal serta mampu bersaing.  Kemampuan anda akan terus dilatih. Tradisional Marketing ini salah satu kelebihannya.

  • Pemilihan konsumen yang tepat

Pemasaran konvensional yang tidak bisa menjangkau konsumen yang luas pada satu waktu tertentu.  Sehingga anda harus pandai memilih konsumen yang tepat pada satu episode promosi produk.

Keterbatasan kesempatan membuat anda harus mampu memilih konsumen potensial pada saat melakukan promosi langsung. Membuat promosi anda segera menjadi sebuah transaksi bisnis.

Kemampuan anda menilai calon konsumen akan semakin baik, sehingga anda dapat menjadi tenaga pemasaran yang ahli mendekati konsumen. Sebuah  kesempatan yang tidak bisa didapatkan pada pemasaran digital.

Sekarang Anda sudah lebih mengerti mengenai pemasaran dengan menggunakan teknologi internet maupun pemasaran secara konvensional yang sudah dilakukan sejak dahulu. Kelebihan dan kekurangan ada pada masing-masing metode.

Digital Marketing VS Tradisional Marketing bila digunakan dengan Cara yang tepat akan memberikan keuntungan bagi anda sebagai penjual. Seorang marketing harus bisa membaca peluang yang ada. Anda juga perlu mengetahui tentang Cara Mempromosikan Produk dengan Metode Pemasaran Digital.

Kapan harus melakukan pemasaran digital dan kapan harus melakukan pendekatan personal pada konsumen. Agar didapatkan penjualan yang berakhir dengan transaksi, serta menjaga loyalitas konsumen.

Secara keseluruhan jika menghitung pada biaya yang dikeluarkan dan efisiensi waktu yang digunakan. Menggunakan digital marketing akan lebih tepat dilakuan saat ini. Karena telepon genggam telah menjadi budaya dalam interaksi personal.

Digital Marketing VS Tradisional Marketing yang mana pun bisa anda gunakan untuk pemasaran produk anda. Pilihlah sesuai kebutuhan produk agar berakhir dengan transaksi jual beli.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here