cropped-habibftcn-1.png
Logo Habibhidayat.com

Strategi Sukses Digital Marketing Untuk Bisnis Restoran

4 July 2021
Strategi Sukses Digital Marketing Untuk Bisnis Restoran
Habib Hidayat
verified

Strategi Sukses Digital Marketing Untuk Bisnis Restoran – Apabila Anda ingin memanfaatkan digital marketing untuk bisnis restoran, maka Anda wajib mengikuti setiap perkembangan praktik serta strategi terbaik. Dalam hal ini, Anda bisa melakukan beberapa strategi yang menjadi rahasia suksesnya bisnis restoran nanti.

Digital Marketing Untuk Bisnis Restoran
Strategi Sukses Digital Marketing Untuk Bisnis Restoran

Jadi, apa saja strategi sukses digital marketing untuk bisnis restoran? Simak informasinya disini.

Social Media Management

Media sosial bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis restoran Anda. Kini, Anda dapat memanfaatkan media sosial menggunakan trik simpel berikut.

  • ⅓ untuk posting merek bisnis
  • ⅓ untuk posting produk atau penjualan
  • ⅓ untuk membagikan postingan

Apa yang Dimaksud dengan Posting Merek, Posting Produk dan Membagikan Postingan?

Posting Merek Bisnis

Posting merek bisnis merupakan suatu postingan di media sosial yang berhubungan dengan konten utama produk bisnis Anda. Disini, Anda dapat mengunggah hal apapun yang masih berhubungan dengan produk atau bisnis, seperti testimoni, seputar tips dan trik, giveaway, serta masih banyak lagi.

Dalam postingan merek bisnis, Anda bisa berinteraksi dengan para audiens. Tentunya, audiens itu sudah pasti relevan dan tertarget, sehingga membuat mereka tergerak untuk mengajak teman-temannya agar berkomentar atau membeli produk yang Anda tawarkan tersebut.

Posting Produk atau Penjualan

Di dalam postingan ini, Anda akan memasarkan produk atau menu apa saja yang dimiliki oleh restoran tersebut. Dengan kata lain, postingan ini berisi foto produk atau menu, lalu mengarahkannya ke website utama bisnis restoran Anda.

Anda dapat menjelaskan beberapa item menu disini, lengkap dengan harganya. Lebih dari itu, Anda bisa mengunggah foto menu terbaru, harga diskon dan promo, dan masih banyak lagi.

Nantinya, para calon pembeli bisa diarahkan melalui link ke website untuk melakukan pembelian, atau link ke kontak Whatsapp agar bisa berdiskusi terlebih dahulu, sebelum memutuskan untuk bertransaksi.

Bagikan Postingan

Anda bisa membagikan postingan terkait bisnis restoran dalam bentuk postingan blog, artikel, maupun konten lainnya yang memiliki nilai bagi para audiens.

Membagikan postingan ini akan membangun kepercayaan audiens terhadap bisnis yang Anda miliki. Sehingga, tujuan akhir dari digital marketing pun akan sukses dilakukan dalam bisnis restoran.

Anda dapat membagikan atau memposting ulang foto yang telah diambil oleh pelanggan ketika berkunjung ke restoran. Kemudian, Anda bisa menempatkannya di website atau media sosial restoran, lalu tag akun pelanggan yang mengunggah foto tersebut.

Hampir 92% orang lebih tertarik dengan postingan seperti ini, sehingga mereka akan percaya dan memutuskan untuk berkunjung ke restoran milik Anda. Jadi, dapat dipastikan bahwa memperhatikan postingan dari pelanggan, lalu membagikannya ulang di media sosial restoran akan memberikan nilai lebih, serta menjadi strategi digital marketing dalam bisnis restoran.

Bagaimana Cara Mendatangkan Pelanggan Baru di Media Sosial?

Cara terbaik untuk bisa mendatangkan pelanggan baru di media sosial adalah melalui unggahan foto produk menarik, serta estetis. Hal ini penting dilakukan ketika Anda sedang memaksimalkan digital marketing untuk bisnis restoran.

Cobalah untuk memotret menu makanan dengan kualitas foto tinggi. Atur menu dengan estetis, sehingga memberikan nilai lebih dan mampu menarik perhatian setiap audiens yang melihatnya.

baca juga :  Mengenal Konsep Digital Marketing Lebih Dalam

Oleh karena itu, dalam bisnis restoran, gambar merupakan suatu faktor paling penting untuk mendatangkan pelanggan baru. Anda dapat membagikan beragam menu berbeda serta pengambilan foto dengan visual keren.

Nah, cara terbaik untuk mengambil foto makanan agar terlihat menarik adalah sebagai berikut.

  • Pilih dan gunakan pencahayaan yang alami
  • Carilah kontras yang kuat
  • Gunakan ruangan putih agar hasil foto tampak lebih cerah
  • Gunakan latar belakang pada foto
  • Gunakan satu tempat yang menarik untuk mengambil foto
  • Manfaatkan fitur dan filter kamera dengan baik

Bagaimana Cara Berinteraksi dengan Para Audiens di Media Sosial?

Untuk membangun interaksi atau hubungan bersama audiens tertarget, maka Anda harus rajin mengunggah konten di media sosial. Buatlah postingan atau konten yang mengajak para audiens agar makan bersama teman-temannya, memberitahu teman jika ada diskon atau promo, dan lainnya.

Banyak para audiens yang senang berinteraksi dengan restoran favorit mereka. Nah, jadi Anda pun bisa mulai mengunggah postingan yang berisi tentang tips dan trik, kuis, hadiah giveaway, promo besar-besaran dan masih banyak lagi.

Gunakan Layanan Periklanan di Media Sosial

Saat Anda memutuskan untuk memasang iklan di media sosial, seperti Facebook Ads, Google ads dan platform lain, maka Anda mesti menyiapkan budget sesuai iklan yang akan dipasang.

Beriklan lewat Facebook bisa menargetkan audiens secara spesifik, seperti dilihat dari usia, jenis kelamin, lokasi, serta minat mereka. Fitur beriklan di media sosial membuat Anda bisa melakukan promosi dengan tepat sasaran.

Selain itu, Facebook juga memiliki fitur remarketing. Jadi, fitur ini tidak hanya membuat iklan bisnis restoran berada di Facebook saja, melainkan dapat dipasang di berbagai platform maupun website yang bekerjasama dengan pihak Facebook. Baca panduan tentang cara promosi produk dengan digital marketing.

Agar bisa memasang iklan bisnis restoran melalui Facebook, Anda harus memiliki fanpage atau halaman Facebook untuk bisnis terlebih dahulu. Nah, jika sudah memiliki fanpage bisnis restoran, maka Anda bisa langsung mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Silakan buka ‘Facebook Page Manager’.
  • Pilih menu ‘Kampanye’, lalu ‘Buat Iklan’.
  • Pilih ‘Pembuatan Iklan Terpadu’.
  • Pilih tujuan dan jenis iklan yang akan ditampilkan.
  • Silahkan tulis nama iklan dan tujuan trafik-nya.
  • Anda bisa menyalakan pilihan promo atau tidak.
  • Tentukan target audiens dan angka jangkauan maksimalnya.
  • Kemudian, pilih format iklan yang sesuai dengan bisnis restoran.
  • Masukkan gambar, judul iklan, serta URL website.
  • Lakukan pembayaran iklan sesuai jumlah tertera.

Selain Facebook, digital marketing untuk bisnis restoran pun bisa dilakukan melalui layanan iklan dari Google Ads. Dengan fitur ini, iklan yang ditampilkan akan lebih strategis dan bisa dilihat oleh para audiens yang sudah ditargetkan.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan Google Ads dalam mempromosikan bisnis restoran, maka bisa langsung mengikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  • Silahkan buka halaman Google Ads.
  • Mulai buat akun baru khusus Google Ads.
  • Lalu, pilih tujuan iklan bisnis restoran Anda.
  • Selanjutnya, pilih jangkauan lokasi dan kategori bisnis agar bisa menentukan target audiens dengan tepat.
  • Anda bisa menambahkan judul iklan maksimal 30 karakter dengan isi iklan sekitar 80 karakter.
  • Mulai tambahkan foto.
  • Tentukan budget untuk membayar iklan.
  • Terakhir, lakukan pembayaran sesuai dengan metode pembayaran yang digunakan.

Kembangkan Bisnis Restoran dengan Digital Marketing

Digital marketing memang menjadi suatu tren populer untuk mengembangkan bisnis di era modern, salah satunya dalam pengembangan bisnis restoran. Apabila Anda ingin ikut serta dalam perkembangan digital marketing, maka langkah pertama yang bisa dilakukan adalah membuat website bisnis restoran terlebih dahulu.

baca juga :  9 Cara Promosi Produk dengan Digital Marketing

Setelah itu, barulah Anda memasarkannya di berbagai media sosial, dan platform lain agar semakin dikenal luas, serta banyak pengunjung yang mendatangi website Anda.

Itulah informasi mengenai digital marketing untuk bisnis restoran yang bisa Anda pahami. Kini, Anda bisa mulai mengembangkan bisnis restoran yang dimiliki dengan mengikuti beberapa strategi yang sudah dijelaskan di atas. Selamat mencoba.

bagikan artikel ini jika bermanfaat:

Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

Kembangkan Bisnis di Era Digital

layanan digital yang fleksibel sesuai kebutuhan anda

Artikel Terkait

2 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Habib Hidayat

Habib Hidayat

Praktisi digital marketing serta penulis, tidak ada yang benar-benar ahli yang ada adalah kemauan untuk terus belajar seiring perkembangan jaman

Featured Post

Tertarik untuk kerjasama?

content placement, backlink, penulisan artikel, pembuatan website, digital marketing, dll.