cropped-habibftcn-1.png
Logo Habibhidayat.com

Mengenal Tentang Digital Advertising, Tipe, Dan Manfaat

17 August 2021
Mengenal Tentang Digital Advertising, Tipe, Manfaat, dan Trend di Indonesia
Habib Hidayat
verified

Mengenal Tentang Digital Advertising, Tipe, Manfaat, dan Trend di Indonesia – Dunia telah dikuasai dengan teknologi digital yang mana setiap hal dapat dilakukan secara digital, bahkan pada bidang usaha dan bisnis juga menjadi semakin mudah dilakukan dengan semakin canggihnya dunia teknologi maka membuat setiap orang bisa untuk memulai bisnisnya sendiri.

Apalagi hanya berbicara mengenai promosi dan iklan maka semakin mudah untuk Anda lakukan dengan menggunakan internet, pernahkan Anda menghitung berapa iklan yang muncul di platform digital yang Anda gunakan? Pastinya semakin beragam dan semakin banyak setiap harinya, hal ini karena peluang penjualan melalui internet menjadi semakin besar  sehingga melakukan pengiklanan dengan internet menjadi pilihan yang sangat tepat untuk dilakukan.

Pernahkan Anda mendengar istilah digital advertising? Iklan yang ada di dunia digital merupakan sebuah evolusi dari iklan yang sudah mulai meninggalkan bentuk manual biasanya dan beralih ke dunia internet yang setiap hari bahkan setiap tahunnya jumlah iklan di internet menjadi semakin banyak. Melakukan pengiklanan melalui internet memang dianggap mampu membuat produk menjadi semakin laris dan menghasilkan omset yang lebih banyak.

Mengenal Tentang Digital Advertising, Tipe, Manfaat, dan Trend di Indonesia
Mengenal Tentang Digital Advertising, Tipe, Dan Manfaat

Hal ini dikarenakan pengguna internet setiap harinya semakin bertambah dan dengan melakukan pengiklanan melalui internet seperti website maupun sosial media maka akan semakin banyak yang melihat iklan tersebut dan jumlah yang menyaksikan jauh lebih banyak dibandingkan melakukan pengiklanan secara tradisional yang seperti biasa dilakukan dulunya dalam dunia marketing.

Bahkan menurut sebuah laporan dunia mengenai penggunaan advertising digital telah diprediksi mengalami peningkatan hingga 54% dengan sebuah nilai transaksi yang jauh lebih tinggi yakni 500 juta dollar. Dan data ini terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu dan bahkan bukan setiap tahunnya bahkan setiap harinya terus mengalami peningkatan dari data jumlah yang telah ada.

Peningkatan ini terjadi karena pengusaha muda atau pemula sedang begitu giat untuk memulai sebuah usaha mulai dari skala kecil hingga usaha dengan skala yang jauh lebih besar. Yang mana setiap usaha selalu memilih jalan untuk promosi secara digital dibandingkan manual jadi Anda tidak perlu heran jika jumlah penggunaan digital advertising semakin hari semakin bertambah.

Anda juga bisa memulai usaha Anda dengan memanfaatkan fitur teknologi yang satu ini yang akan membantu usaha Anda untuk lebih dikenal masyarakat banyak. Anda bisa memulai usaha Anda dari sebuah usaha kecil hingga usaha dengan skala yang lebih besar, apapun usaha Anda bisa menjadi sebuah usaha yang viral jika Anda mendalami ilmu marketing yang satu ini.

Semakin Anda menguasai dunia teknologi maka akan semakin mudah untuk Anda mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari Anda, untuk itu agar Anda memiliki pengetahuan yang lebih banyak dari dunia marketing ini maka Anda bisa menyimak informasi-informasi berikut ini. Pada artikel ini akan dibahas mengenai pengertian, manfaat, tipe digital advertising.

Pengertian Digital Advertising

Sebelum membahas lebih jauh mengenai teknologi yang satu ini maka alangkah baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu sebenarnya advertising digital ini melalui pengertiannya. Setidaknya melalui pengertian maka Anda akan sedikit lebih memahami apa sebenarnya pengertian yang sesungguhnya. Untuk itu DA atau advertising digital ini merupakan sebuah sistem pemasaran yang saat ini banyak dilakukan orang.

Digital advertising adalah sistem pemasaran yang memanfaatkan media digital internet baik itu website maupun media sosial lainnya yang dapat diakses menggunakan internet. Model pemasaran ini memiliki sebuah tujuan agar lebih banyak menjangkau calon pelanggan dari berbagai penjuru, apalagi jika Anda melakukan sebuah bisnis penjualan yang berskala pengiriman hingga ke luar daerah maka metode pemasaran ini sangat cocok untuk dilakukan.

Media yang dapat digunakan dalam hal ini seperti website, youtube, google, instagram, twitter, facebook, whatsapp, serta media sosial lainnya yang dapat menjangkau pelanggan yang lebih banyak. Sebab dengan mengupload poster atau bahan promosi di sosial media maka akan lebih banyak dilihat oleh orang-orang dengan cakupan wilayah yang juga jauh lebih luas.

baca juga :  11 Tips Optimasi Landing Page untuk Meningkatkan Leads

Bila Anda melakukan sebuah promosi secara manual maka yang dapat melihatnya perkiraan kurang lebih 50 orang dalam 1 wilayah, namun apabila Anda melakukan pengiklanan secara media sosial maka hanya dengan 1 bahan promosi saja dapat dilihat hingga ratusan orang dari berbagai wilayah yang ada di Indonesia. Sehingga akan jauh lebih menguntungkan jika beberapa persen yang melihat melakukan pemesan produk yang Anda miliki.

Metode digital advertising ini bukanlah sebuah metode pemasaran yang hanya diperuntukkan untuk pengusaha  bermodal besar saja, tetapi Anda yang memiliki modal kecil sekelas UMKM atau bahkan usaha perseorangan juga dapat Anda lakukan metode pemasaran ini. Sebab dengan melakukan pengiklanan ini memakan biaya yang jauh lebih murah dibandingkan Anda melakukan promosi konvensional, hal ini dikarenakan budget dapat Anda sesuaikan dengan waktu, lokasi, media, serta audiens yang Anda inginkan.

Jadi dapat disimpulkan bahwa DA merupakan sebuah metode pemasaran secara digital menggunakan sosial media, serta website dengan jumlah pengunjung yang banyak. Pemasaran ini berbayar namun dapat Anda sesuaikan dengan budget yang Anda miliki sehingga sangat cocok menjadi metode pemasaran produk usaha kelas menengah bawah hingga kelas menengah ke atas untuk memperkenalkan produk ke masyarakat yang lebih luas.

Manfaat Digital Advertising

Manfaat Digital Advertising
Manfaat Digital Advertising

Digital marketing merupakan sebuah aktivitas pemasaran yang memanfaatkan media digital untuk melakukan pemasaran, sebab dengan berkembangnya teknologi seperti sekarang ini maka sangat mubazir jika Anda tidak memanfaatkannya untuk mendulang keuntungan yang lebih besar. Untuk Anda yang mempunyai sebuah usaha maka Anda bisa melakukan promosi menggunakan media digital sebab akan memberikan manfaat dan keuntungan yang jauh lebih besar.

Pemanfaatan  teknologi dalam dunia bisnis sangat tepat pada bidang marketing, salah satu metode digital marketing yang terjamin adalah digital advertising. Sebuah metode pemasaran digital berbayar yang akan membantu Anda dalam melakukan promosi terkait bisnis yang sedang Anda kelola baik itu milik pribadi maupun Anda mengelolanya bersama rekan ataupun keluarga Anda.

Lantas apa saja manfaat yang dapat Anda peroleh sebagai pemilik bisnis dengan menggunakan metode pemasaran digital ini? Simak informasinya dengan baik dan teliti agar Anda tidak menimbulkan sebuah kesalahpahaman dalam informasi yang Anda dapatkan.

Hemat Biaya Pemasaran

Keuntungan pertama yang dapat Anda rasakan pastinya memang Anda akan menghemat biaya promosi bisnis Anda, manfaat atau keuntungan inilah yang menjadi faktor nomor satu menarik perhatian para pebisnis. Sebab bila biasanya Anda harus mengeluarkan budget hingga puluhan juta untuk melakukan promosi maka saat ini Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya yang sebesar itu.

Anda tidak perlu membuat sebuah media promosi seperti spanduk, brosur, baliho, maupun membuat iklan di media cetak atau televisi hanya untuk memperkenalkan produk Anda. Tetapi Anda hanya perlu mempromosikan produk Anda pada media seperti facebook, instagram, twitter, dan media tiktok yang saat ini menjadi aplikasi mempromosikan produk paling baik karena memiliki pengguna dari anak-anak hingga nenek-nenek.

Lebih Mudah serta Lebih Praktis

Manfaat berikutnya yang bisa Anda rasakan pastinya Anda bisa melakukan sebuah promosi dengan jauh lebih mudah dan lebih praktis. Digital advertising akan membantu Anda membuat bahan promosi yang jauh lebih menarik dan juga pastinya bagus agar mampu menarik perhatian para pengguna sosial media untuk mencari tahu informasi terkait produk Anda sampai pada akhirnya melakukan pembelian.

Dalam melakukan promosi secara online sendiri Anda bisa memilih akan melakukan promosi secara gratis atau berbayar, namun dengan melakukan  promosi secara berbayar akan mendapatkan jangkauan pengguna yang lebih banyak sehingga media promosi Anda dapat dilihat oleh lebih banyak pengguna dari seluruh dunia.

Jangkauan Pasar yang Jauh Lebih Luas serta Tepat Sasaran

Dengan menggunakan metode pemasaran digita ini maka Anda bisa menjangkau target pasar yang jauh lebih luas, tidak hanya pada satu wilayah saja tetapi Anda dapat menjangkau seluruh wilayah dengan tidak adanya batasan letak geografis yang akan membuat produk Anda lebih dikenal masyarakat luas. Jadi walaupun usaha Anda terletak di Makassar maka usaha Anda dapat dikenal hingga ke pulau jawa dengan metode pemasaran ini.

baca juga :  15 Kelebihan Beriklan di Facebook untuk Bisnis

Selain itu dengan menggunakan digital advertising ini Anda dapat menentukan target pasar, baik itu berdasarkan letak wilayah, hobi, usia, promosi, dan berbagai hal yang dapat lebih mudah mengkotak-kotakkan target sasaran penjualan Anda. Dengan target pasar yang telah Anda tentukan maka Anda harus membuat sebuah konten promosi yang menarik dan tentunya menampilkan  hal-hal yang sekiranya dapat menarik perhatian para pengguna sosial media agar membeli produk Anda.

Keunikan dan pemenuhan kebutuhan oleh setiap orang adalah hal yang paling penting diperhatikan dalam membuat sebuah konten. Apabila Anda menargetkan anak milenial maka Anda harus membuat sebuah konten promosi yang cocok untuk anak milenial, jangan membuat konten jadul yang tidak akan dilirik sedikitpun oleh  anak milenial karena hal itu akan jadi percuma.

Begitupun jika Anda menargetkan pelanggan pasar nasional profesional maka Anda harus membuat bahan promosi yang menarik dan tentunya juga profesional dan mampu menjawab kebutuhan dari para target yang Anda sasar.

Dapat Meningkatkan Penjualan

Keuntungan atau manfaat selanjutnya yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan digital advertising atau pemasaran digital adalah dapat meningkatkan yang namanya penjualan. Dengan jangkauan promosi yang lebih luas maka akan membuat lebih banyak orang mengetahui produk Anda yang tentunya dapat membuat penjualan Anda menjadi lebih meningkat lagi.

Dalam melakukan penjualan digital ini sendiri berbagai trik dapat Anda gunakan agar pembeli lebih tertarik untuk membeli produk Anda sehingga dapat meningkatkan penjualan yang Anda lakukan. Untuk mempelajari berbagai strategi agar penjualan digital Anda semakin laris Anda bisa mempelajarinya dari artikel-artikel, seminar maupun berkolaborasi atau mempelajarinya dari para pelaku marketing digital strategi lainnya.

Namun dengan menggunakan digital advertising berbayar maka akan membantu Anda untuk meningkatkan penjualan Anda dengan cara strategi yang telah dirancang khusus untuk pengguna jasa pengiklanan digital jadi Anda tidak perlu pusing ataupun kebingungan mencari sebuah strategi penjualan yang dapat membuat produk Anda menjadi lebih laku. Sebuah jangkauan pasar yang lebih luas serta mampu diakses oleh lebih banyak orang akan memberikan dampak peningkatan penjualan yang lebih signifikan.

Menjaga Komunikasi Antara Penjual dan Seorang Pelanggan

Sebuah komunikasi antara penjual maupun  pelanggan menjadi sebuah hal yang sangat penting dalam dunia usaha dan perbisnisan. Sehingga menjadi sebuah keuntungan tersendiri menggunakan pengiklanan dan penjualan digital karena tersedia layanan komunikasi 24 jam penuh secara online, sehingga seorang pelanggan dapat menanyakan berbagai hal dengan sangat mudahnya kepada Anda sebagai pemilik produk.

Dengan layanan ini maka Anda bisa sekaligus mencari tahu kebutuhan serta keinginan dari seorang pelanggan. Misalnya seorang pelanggan menginginkan produk yang seperti ini atau itu maka Anda bisa meningkatkan kualitas produk dengan berdasarkan keinginan dari pelanggan yang Anda miliki tersebut. Hal ini juga sebagai sebuah cara menjaga pelanggan yang telah Anda miliki agar tidak lari ke pesaing Anda.

Analisis Digital Dilakukan Secara Cepat serta Tepat

Melakukan penerapan digital advertising secara tepat dan sesuai akan sangat membantu Anda dalam membuat sebuah data yang akan dianalisis dengan lebih tepat dan dengan tingkat kebenaran yang tinggi. Dengan ini juga Anda bisa menganalisis berbagai hal tentang pelanggan, baik itu tentang kebiasaan, produk yang disenangi dan berbagai hal yang dapat membantu meningkatkan kualitas produk Anda.

Dengan data yang telah Anda kumpulkan tersebutlah Anda bisa melakukan sebuah analisis yang lebih akurat, lebih cepat, dan tentunya jauh lebih tepat tanpa hanya mengira-ngirakan suatu hal. Data ini merupakan sebuah data real yang langsung diambil dari para konsumen atau pelanggan yang menggunakan produk Anda.

Jenis Tipe Digital Marketing Advertising

Jenis Tipe Digital Marketing Advertising
Jenis Tipe Digital Marketing Advertising

Terdapat begitu banyak tipe digital marketing advertising yang digunakan untuk melakukan sebuah promosi atau memasangkan sebuah iklan. Anda dapat memilih akan melakukan pemasangan iklan dengan tipe atau jenis yang mana sesuai dengan target dan tentunya sesuai dengan kebutuhan yang Anda butuhkan dalam melakukan yang namanya pemasaran digital di era teknologi sekarang ini.

baca juga :  Strategi Website Marketing untuk Entrepreneur Handal

Berikut ini beberapa jenis atau tipe yang dapat Anda pilih, simak dengan jelas dan tidak sembarangan asal Anda bisa mendapatkan informasi dengan lebih maksimal.

Search Engine Marketing

Tipe pertama yang dapat Anda pilih adalah melakukan pengiklanan digital advertising dengan memanfaatkan mesin pencarian, dalam hal ini search engine marketing.

 Cara ini adalah sebuah cara pengiklanan yang biasanya muncul pada website ataupun blog-blog yang ada di internet. Biasanya iklan yang muncul pada tipe ini menggunakan sebuah sistem PPC atau dibayar setiap kali iklan di klik oleh pengunjung.

Iklan dengan tipe seperti ini akan membuat Anda bebas menetapkan berapa budget dana yang Anda miliki untuk iklan tersebut, waktu tayang iklan, siapa target, dan juga Anda bebas menentukan ads copy. Dengan tipe ini Anda bisa melihat performa dari iklan yang Anda pasang serta menghasilkan sebuah profit atau tidak menghasilkan apapun.

Social Media Marketing

Jenis pengiklanan selanjutnya yang dapat Anda pilih adalah Sosial Media Marketing, yakni menayangkan iklan melalui akun media sosial, baik itu instagram, facebook, twitter maupun aplikasi tiktok yang saat ini sedang sangat begitu viral. Untuk melakukan pengiklanan pada media sosial dapat Anda lakukan secara gratis, namun bila Anda ingin menjangkau orang lebih banyak maka Anda bisa melakukan pengiklanan berbayar.

Untuk jenis pengiklanan digital advertising media sosial maka akan jauh lebih efektif jika Anda membuat konten dalam bentuk video dibandingkan dengan format iklan gambar. Sebab jika iklan berbentuk video maka akan jauh lebih menarik dengan sound suara serta visual yang ditampilkan.

Text Ads

Tipe iklan digita selanjutnya adalah sebuah jenis iklan yang berbentuk tulisan saja tanpa adanya visual gambar ataupun suara. Iklan ini merupakan sebuah bentuk iklan yang sangat simpel dalam pembuatannya, namun walaupun simpel tetapi tidak kalah bagus dengan jenis tipe-tipe iklan yang lainnya karena dampaknya juga tidak kalah berefek kepada para pengguna untuk melakukan pembelian pada produk yang ditawarkan.

Selain itu jenis iklan ini dapat Anda kombinasikan dengan tipe iklan yang lainnya sehingga akan jauh lebih menarik dan bisa menjadi cara yang ampuh dalam menarik perhatian para pengguna internet agar tertarik dengan produk yang Anda punya.

Display Ads

Bila Anda biasa membuka sebuah halaman web dan muncul sebuah promosi atau iklan berbentuk gambar maka iklan tersebut tergolong ke dalam digital advertising display ads. Yakni sebuah jenis iklan yang menggunakan sebuah gambar sebagai media dalam melakukan pengiklanan. gambar yang ditampilkan diharapkan mampu menarik perhatian para pengguna internet.

Apabila dengan melihat iklan tersebut pengunjung menjadi tertarik maka tidak menutup kemungkinan bahwa pengunjung tersebut akan melakukan yang namanya pembelian terhadap produk tersebut. Jadi usahakan bahwa Anda membuat gambar dengan semenarik mungkin agar bisa menjadi pemancing kepada pengguna internet untuk melihat produk yang Anda tawarkan.

Video Ads

Tipe digital marketing berikutnya yang menjadi tipe paling unggul diantara banyaknya tipe promosi digital lainnya. Yakni promosi yang dilakukan menggunakan sebuah media video, atau dapat disebut video ads yakni iklan video. Tipe iklan ini dianggap menjadi sebuah tipe iklan yang jauh lebih interaktif dan tampilan video dianggap jauh lebih menarik dan lebih mudah menarik perhatian para pengguna.

Salah satu tempat Anda sering melihat tipe digital advertising ini adalah pada aplikasi youtube, yang menghadirkan iklan video menarik di setiap video yang Anda nonton. Namun dalam membuat video promosi ini pastikan bahwa bahan video tersusun dengan rapi dengan tujuan mempromosikan sebuah produk.

Google Shopping

Mengenal Tentang Digital Advertising, Tipe, Dan Manfaat - Habib Hidayat
Google Shopping

Pernahkan Anda melihat sebuah iklan pada aplikasi perbelanjaan? tipe iklan itu disebut google shopping, sebuah iklan yang muncul di mesin pencarian yang langsung menghubungkan dengan marketplace atau ecommerce yang Anda gunakan untuk menjual produk Anda.

Demikianlah informasi lengkap mengenai penjualan digital atau digital advertising yang merupakan metode penjualan kekinian yang dapat Anda manfaatkan untuk mensukseskan usaha Anda.

bagikan artikel ini jika bermanfaat:

Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

Kembangkan Bisnis di Era Digital

layanan digital yang fleksibel sesuai kebutuhan anda

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Habib Hidayat

Habib Hidayat

Praktisi digital marketing serta penulis, tidak ada yang benar-benar ahli yang ada adalah kemauan untuk terus belajar seiring perkembangan jaman

Featured Post

Tertarik untuk kerjasama?

content placement, backlink, penulisan artikel, pembuatan website, digital marketing, dll.