Cara Sukses Jualan di Sosial Media

0
55
CARA SUKSES JUALAN DI SOSIAL MEDIA
CARA SUKSES JUALAN DI SOSIAL MEDIA

Cara Sukses Jualan di Sosial Media untuk anda yang ingin menjadi penjual online. Memanfaatkan media sosial memang sebuah pilihan tepat untuk memasarkan produk yang anda miliki. Mungkin juga anda sering menemukan akun social media yang digunakan untuk berjualan. Namun banyak juga yang mengatasnamakan toko tertentu untuk penipuan yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Media sosial saat ini menjadi tempat orang berinteraksi. Aktivitas yang tidak ada batas waktunya. Tidak seperti aktivitas di dunia nyata yang terbatas ruang dan waktu. Tapi sebelumnya tidak ada salahkanya kamu membaca ini sebelum membangun bisnis online.

Ini memberikan anda kesempatan menawarkan produk kapan saja dan dimana saja. Tetapi jangan sampai terkesan memaksa karena akan membuat calon konsumen malas berurusan dengan anda nantinya. Bangun kepercayaan dengan membuat konten yang berkualitas dan menarik.

Di sisi lain, sudah banyak orang yang berjualan di social media seperti facebook, instagram bahkan twitter. Banyak pesaing yang sudah terjun di bisnis ini. Cara yang bisa dilakukan selain membangun kredibilitas toko adalah membuat Unique Selling Point dari product atau toko anda. Buat produk anda mempunyai nilai lebih dibanding pesaing anda.

Berikut beberapa Cara Sukses Jualan di Sosial Media

Akun pribadi

Pada saat seseorang bergabung  di Sosial Media tujuannya adalah memperluas pertemanan. Bukan untuk mencari produk tertentu  kadang akan sangat mengganggu jika harus melayani penjualan yang memaksa.

Agar sukses jualan di Sosial Media  anda harus memperhatikan hal ini. Buat postingaan status dengan bahasa yang ringan dan santai mengenai produk anda, tanpa terkesan menjual, sehingga teman-teman akan senang memberikan komentar.

Buat pertemanan sebanyak-banyaknya yang sesuai dengan target market anda. Jangan  sampai salah menawarkan produk karena mereka yang tidak membutuhkan tidak akan tertarik pada produk anda.

Profile picture

Profil Picture
Profil Picture

 

Sebaiknya anda menggunakan gambar terbaik dari produk terbaik anda. Selanjutnya anda sering-sering lah berkomentar di status teman sosial media, ini akan memperbesar kemungkinan mereka melihat produk anda.

Ganti secara berkala profil Picture anda, sebulan sekali pun cukup. Ini akan membuat teman sosial media anda mengetahui berbagai produk yang anda miliki. Jarak waktunya jangan terlalu cepat jangan pula terlalu lama.

Gunakan hastag

Optimasi Hastag
Optimasi Hastag

Agar sukses jualan di Sosial Media, setiap kali anda memposting status atau gambar, gunakan hastaq ini akan membuat tulisan anda mudah terdeteksi di mesin indeks. Sehingga apa yang anda posting menjadi sesuatu yang direkomendasikan.

Pilihlah hastag yang populer, anda bisa mengetahui hastaq yang populer melalui mesin pencarian Google. Anda bisa menggunakan beberapa buah hastaq dalam satu postingan. Dengan begitu anda tidak perlu melakukan “tag”.

Taq pada postingaan kadang dirasakan mengganggu pada sebagian orang, anda pun bisa dituduh melakukan spam. Ini akan berakibat buruk pada akun media sosial anda. Jangan sampai akun anda mengalami pemblokiran karena hal ini.

Tawarkan diskon singkat

Tawarkan Discount
Tawarkan Discount

Untuk menarik minat para konsumen yang tentunya teman anda di media sosial. Anda dapat menawarkan potongan harga. Misalnya potongan harga hanya sampai batas waktu tertentu.

Taktik ini telah terbukti sukses jualan di Sosial Media. Pembeli yang merasa terbatas waktunya akan melakukan pembelian dengan segera, kadang tanpa pertimbangan yang panjang.

Respon cepat

Fast Response
Fast Response

Ini merupakan hal yang penting untuk anda perhatikan. Konsumen pada dasarnya ingin cepat mendapatkan apa yang diinginkannya.  Termasuk jawaban dari berbagai pertanyaannya. Anda tidak perlu kecewa jika konsumen banyak bertanya tetapi tidak membeli.

Untuk menghindari hal itu sebaiknya anda memberikan deskripsi yang jelas mengenai produk yang anda tawarkan. Selain itu tentukan waktu untuk khusus untuk menjawab pertanyaan konsumen.

Anda boleh saja meniru cara orang-orang yang telah  lebih dahulu berhasil. Tentu saja anda harus melakukan sedikit perubahan sesuai dengan produk yang anda tawarkan. Jangan  takut untuk mencoba.

Kini anda sudah bisa, mulai menawarkan produk pada toko online anda. Setiap produk pasti ada pembelinya. Hanya saja anda harus jeli menawarkan pada konsumen yang tepat dan cara yang tepat agar sukses jualan di Sosial Media. Semua cara di atas akan sia-sia jika tidak dibarengi dengan konsisten. Konsistensi yang kuat juga menjadi salah satu faktor, jangan hanya melakukannya saat semangat sedang membara saja. Karena kita tidak tau kapan dan moment dimana usaha kita akan membuahkan hasil. Lebih lengkapnya bisa kunjungi artikel ini 7 Tips Berjualan di Sosial Media.

Selain itu memiliki jiwa yang pantang menyerah dan terus bangkit saat mengalami kegagalan menjadi salah satu kunci sukses. Banyak pengusaha yang menyerah hanya karena tidak mencapai target yang diinginkan. Pahami juga seluk beluk tentang social media sehingga kamu lebih bisa mensiasati dalam mengoptimasi penjualanmu. Semoga bermanfaat share artikel ini jika Anda suka sekian terima kasih.

Tinggalkan Komentar