cropped-habibftcn-1.png
Logo Habibhidayat.com

Tutorial: Cara Setting Instagram Shopping (Tag Produk)

29 March 2021
Tutorial Cara Setting Instagram Shopping (Tag Produk)
Habib Hidayat
verified

Tutorial: Cara Setting Instagram Shopping (Tag Produk) – Mungkin sebagian dari anda sudah tahu fitur instagram shopping ini. Pernah melihat atau bahkan memfollow akun instagram yang di dalam postingannya bisa muncul harga dan nama produk jika diketuk. Banyak dari pemilik bisnis di instagram, mungkin anda salah satunya yang ingin mengaktifkan fitur instagram shopping ini. Instagram Shopping sendiri sudah hadir secara resmi indonesia, yang sebelumnya fitur ini hanya ada di negara-negara tertentu saja. Bagi anda yang ingin mengaktifkan fitur ini, namun terkendala beberapa hal, mungkin karena awam dan tidak bisa hal teknis. Atau sudah bisa untuk set up instagram shopping tapi terbentur dengan tidak memiliki website.

Tutorial Cara Setting Instagram Shopping (Tag Produk)
Tutorial Cara Setting Instagram Shopping (Tag Produk)

Fitur Instagram shopping sendiri hadir untuk memudahkan para pengguna instagram dalam berbelanja langsung melalui instagram. Fitur ini memungkinkan anda memberikan tag produk anda yang sudah anda buat di katalog produk anda. Jadi, kalau biasanya di instagram anda hanya bisa melakukan tag pada user dengan fitur ini anda juga bisa melakukan tag untuk produk anda. Karena instagram sendiri adalah platform yang kontennya adalah gambar dan video maka fitur ini sangat membantu dari sisi pebisnis maupun pengguna biasa. Dengan fitur ini juga anda bisa men tag produk anda di story instagram.

Nah, ketika ada orang yang mengklik tag produk tersebut akan diarahkan ke halaman produk yang berisi nama produk, harga, deskripsi produk, serta tautan keluar menuju website yang menjual produk tersebut. 

Namun, sebelum anda melakukan cara Setting instagram shopping ini ada beberapa syarat yang yang diberikan instagram. Berikut ini syarat mendaftar instagram shopping.

Syarat Mendaftar Instagram Shopping

1. Bisnis anda berlokasi di negara yang sudah support

Seperti yang sudah sedikit dibahas di atas bahwa di indonesia sudah bisa memenuhi syarat untuk mengaktifkan fitur instagram shopping ini. Lebih lengkapnya anda bisa mengeceknya disini negara yang bisa menggunakan instagram shopping.

2. Bisnis anda menjual produk fisik

Syarat yang kedua adalah bisnis anda harus memiliki produk fisik. Jadi bisa dipastikan untuk produk digital belum bisa ya. Apakah kedepannya akan ada? Kita tunggu saja update dari instagramnya sendiri. Untuk sementara ini instagram hanya memperbolehkan untuk bisnis yang menjual produk fisik.

3. Bisnis anda tidak menyalahi Kebijakan Perdagangan

Syarat untuk mendapatkan fitur instagram shopping ini yang berikutnya adalah bisnis anda tidak menyalahi hukum perdagangan facebook. Lalu, produk apa saja yang tidak diperbolehkan?

  • Produk yang menyalahi Standar Komunitas Facebook
  • Produk-Produk Dewasa
  • Menjual Alkohol
  • Jual Beli Hewan
  • Organ Tubuh Apapun
  • Produk Digital dan Perangkat Elektronik 
    Perangkat elektronik disini adalah produk yang digunakan untuk kejahatan dan penyadapan. Untuk produk elektronik seperti tv, handphone, masih bisa.
  • Produk yang mengandung unsur Diskriminasi
    Misalnya produk yang dijual hanya untuk kalangan tertentu. Misalnya hanya menjual produknya ke suatu etnis, ras, atau agama tertentu. Produk anda harus universal bisa dinikmati oleh semua kalangan.
  • Menjual Dokumen, Mata Uang, Uang Virtual, dll
    Menjual dokumen resmi maupun palsu tidak dibolehkan. Peraturan ini mencakup jual beli uang nyata ataupun virtual, kartu kredit, cek, dll.
  • Perjudian
    Tidak boleh menjual produk yang mengandung unsur-unsur perjudian.
  • Bahan dan Barang Berbahaya
    Aturan ini mencakup produk seperti senjata api, bahan kimia berbahaya, dan barang-barang berbahaya lainnya.
  • Eksploitasi Manusia
  • Lowongan Pekerjaan
  • Produk Medis dan Kesehatan
  • Produk yang Menyesatkan, Kekerasan, atau Kebencian
  • Tidak Ada Produk yang Dijual
  • Resep atau Obat
  • Produk yang berbau seks
  • Produk yang ditarik kembali
  • Jasa dalam bentuk apapun
  • Barang Curian
  • Produk Berlangganan
  • Pelanggaran Pihak Ketiga
    Mencakup pelanggaran kekayaan intelektual, hak cipta, atau merek dagang.
  • Produk Tembakau atau Produk Terkait
  • Senjata, Amunisi, Peledak
baca juga :  Alasan Pentingnya Social Media Marketing Untuk Bisnis

Semua produk di atas bisa anda baca lebih lanjut apa yang dibolehkan atau tidak di Persyarat & Kebijakan Perdagangan Facebook. Baca juga cara optimasi instagram untuk berjualan.

4. Memiliki Akun Instagram Bisnis 

Untuk bisa setting instagram bisnis anda perlu memiliki akun instagram bisnis. Jika belum berpindah ke akun bisnis, silahkan anda beralih dulu dari instagram personal ke instagram bisnis. Lagi pula untuk sebuah bisnis yang menggunakan instagram membuat instagram bisnis adalah wajib menurut saya karena sangat banyak kelebihannya. Jika anda ingin lebih tahu kelebihan instagram bisnis silahkan menuju artikel tentang fitur & kelebihan instagram bisnis.

5. Akun yang sudah Terhubung dengan Halaman Facebook

Syarat yang satu ini tentunya anda harus memiliki sebuah halaman facebook terlebih dahulu. Tidak sulit untuk membuatnya hanya perlu beberapa langkah dan penyesuaian. Kemudian, hubungkan halaman facebook anda dengan akun instagram bisnis anda.

Tutorial Lengkap: Cara Setting Instagram Shopping

Jika anda sudah memenuhi syarat-syarat instagram shopping di atas maka anda bisa mulai menuju ke langkah selanjutnya. Untuk melakukan setting instagram shopping sebenarnya ada beberapa cara. Intinya adalah anda memiliki katalog produk di facebook, lalu dari katalog tersebut ada landing pagenya bisa berupa website anda sendiri atau website ecommerce yang bermitra dengan facebook seperti bigcommerce, shopify, dll. 

Nah, pada artikel ini akan fokus membahas setting instagram shopping menggunakan website sendiri berbasis woocommerce. Karena ini juga berdasarkan pengalaman pribadi saya cara Setting instagram shopping ini. Jadi, syarat utama untuk mengikuti panduan ini adalah anda harus memiliki website terlebih dahulu.

1. Membuat Katalog Facebook

Buatlah katalog facebook jika anda sudah memiliki akun bisnis facebook manager. Anda bisa langsung menuju link ini https://business.facebook.com/settings/product-catalogs. Jika belum punya akun bisnis manager anda perlu membuatnya dan mengaitkan halaman facebook anda. Anda bisa membuatnya melalui link ini https://business.facebook.com/

.

Bisnis Manager Facebook
Bisnis Manager Facebook
Catalog Facebook
Catalog Facebook
Set Permission
Set Permission

Selanjutnya setelah anda membuat katalog facebook anda perlu mengisinya dengan produk anda tentunya agar nantinya bisa anda tag di instagram.

Caranya anda menuju ke pengelola katalog, lalu klik tombol tambahkan produk. Untuk menambahkan produk ada 3 cara yang bisa digunakan

pertama, dengan mengupload produk secara manual satu per satu. Hal ini tentunya akan masih bisa anda lakukan jika produk anda hanya sedikit. Kalau produk anda ratusan? ada cara yang lebih cepat dan efektif yaitu dengan cara kedua dan ketiga. 

kedua, mengupload secara massal dengan mengunggah file. Dengan cara ini anda perlu membuat daftar produk anda dalam suatu file excel. Walaupun masih tetap harus membuat daftar produk setidaknya cara ini lebih efisien dibanding dengan cara pertama jika produk anda banyak.

ketiga, menggunakan pixel yang sudah dipasang di website anda. Nah cara ini menurut saya cara yang paling efisien. Prosesnya cepat dan hasilnya pun sesuai dengan apa yang ada di website anda. Dari mulai deskripsi, judul produk, harga.

Note: Dalam membuat katalog ini hanya akan menampilkan koleksi produk anda. Untuk proses pesanan akan diarahkan ke link produk anda di website. Anda juga bisa memilih untuk bertransaksi di instagram menggunakan pembayaran facebook pay. Namun, saya sendiri belum pernah menemui akun yang melakukan pemesanan di instagram. 

Selain itu, jika anda mengarahkan calon konsumen anda ke website anda, anda akan mendapatkan data perjalanan mereka di website anda. Yang kemudian anda bisa melacak alasan mereka yang akhirnya jadi membeli atau tidak. Apakah kecepatan website anda, kemudahan pemesanan dan pembayaran, dll. Anda juga bisa menghitung nilai retensi dari pengunjung website anda.

baca juga :  Cara Optimasi Instagram dengan Algoritma agar Banyak Interaksi

2. Mengaktifkan Instagram Shopping

Untuk cara ini hanya bisa dilakukan melalui aplikasi instagram. Silahkan menuju pengaturan/ setting, lalu ke business, lalu pilih set up instagram shopping.

Setting Instagram Shopping
Setting Instagram Shopping

Silahkan hubungkan instagram anda dengan halaman facebook dan katalog produk yang sudah anda buat tadi. Ikuti langkah-langkahnya, jika sudah anda tinggal menunggu proses review dari instagram.

Review Instagram Shopping
Review Instagram Shopping

Proses review biasanya hanya berselang beberapa menit atau jam. Jika di approve maka akan ada pemberitahuan di notifikasi instagram anda. Lakukan juga panduan selanjutnya.

pada beberapa kasus akan terkoneksi dengan akun pribadi saat menghubungkan dengan halaman facebook. 

 Anda juga bisa menghubungkan instagram anda dengan katalog facebook melalui commerce manager. 

Menghubungkan instagram dengan Katalog Facebook
Menghubungkan instagram dengan Katalog Facebook

Pertama kunjungi commerce manager lalu pilih halaman dan katalog yang sudah anda buat tadi. Lalu menuju saluran lalu klik “hubungkan profil” di menu ketiga.

3. Melakukan Verifikasi Domain

Cara Setting Instagram Shopping - Melakukan Verifikasi Domain
Melakukan Verifikasi Domain

Langkah dalam setting instagram shopping yang selanjutnya adalah memverifikasi domain anda. Hal ini bertujuan untuk mengklaim dan memastikan bahwa website yang anda gunakan untuk instagram shopping ini adalah milik anda dan bukan punya orang lain.

Selain itu, dengan memverifikasi domain ini juga sebagai keamanan agar domain anda tidak diklaim oleh orang lain. Lebih lengkapnya fungsi dari verifikasi domain di facebook ini sebagai berikut:

  • Untuk anda yang mengelola banyak halaman sekaligus
  • Anda yang menggunakan akun bisnis manager untuk mengelola toko anda
  • Mengunggah file .TXT ke root domain anda
  • Anda dapat mengedit Postingan Halaman Link yang tertaut ke konten yang Anda miliki
  • Anda ingin mengontrol siapa yang dapat mengedit deskripsi link pada iklan yang mengarah ke domain Anda
  • Anda ingin mengonfigurasi peristiwa web dengan Pengukuran Peristiwa Gabungan

Langkah melakukan verifikasi domain facebook yang pertama anda perlu menuju ke akun bisnis manager anda. Lalu klik “Brand Safety”, kemudian klik “domain”. Lalu tambahkan domain milik anda. 

Verifikasi Domain Facebook
Verifikasi Domain Facebook

Setelah itu pilih metode yang ingin Anda gunakan untuk memverifikasi domain Anda: Verifikasi DNS , Tag Meta atau Unggah File HTML. Pilih salah satu saja, setelah anda sudah memverifikasi dengan salah satu metode di atas lalu klik “verify”. Jika berhasil maka titik merah di sebelah nama domain akan menjadi berwarna hijau.

Cara Tag Produk di Feed Instagram

Setelah akun anda sudah direview dan diterima anda sudah bisa mulai melakukan tag produk di postingan dan story anda. Caranya cukup mudah seperti anda melakukan tag pada akun teman anda.

Menambahkan Postingan Feed, pilih gambar yang akan anda posting, dan klik “tag product”.

Tag Produk di Feed Instagram
Tag Produk di Feed Instagram

Lalu tap pada bagian gambar anda, kemudian pilih produk yang ingin anda tag. Sudah tinggal anda share dan postingan anda akan menampilkan produk anda jika diketuk.

Itulah tadi tutorial cara setting instagram shopping. Jika anda melakukan semuanya dengan baik maka kemungkinan berhasil akan tinggi. Semoga berhasil dan bermanfaat. Bagi anda yang tidak ingin ribet dan sudah memenuhi syarat instagram shopping saya bisa bantu anda untuk cara Setting instagram shopping. Silahkan hubungi saya melalui email saya dibawah ini.

bagikan artikel ini jika bermanfaat:

Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

Kembangkan Bisnis di Era Digital

layanan digital yang fleksibel sesuai kebutuhan anda

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Habib Hidayat

Habib Hidayat

Praktisi digital marketing serta penulis, tidak ada yang benar-benar ahli yang ada adalah kemauan untuk terus belajar seiring perkembangan jaman

Featured Post

Tertarik untuk kerjasama?

content placement, backlink, penulisan artikel, pembuatan website, digital marketing, dll.