Cara Optimasi Tokopedia untuk Seller Baru 2020

2
81
Cara Optimasi Tokopedia untuk Seller Baru 2019
Cara Optimasi Tokopedia untuk Seller Baru 2019

Cara Optimasi Tokopedia untuk Seller Baru 2020 – Tokopedia merupakan salah satu platform jual beli online terbesar di indonesia. Sekarang ini banyak toko-toko offline maupun dropshiper menggunakan marketplace untuk saran berjualan mereka. Ketatnya persaingan dan perilaku pasar dalam berbelanja memaksa para penjual untuk menjual produk mereka secara online salah satunya melalui marketplace tokopedia. Berikut ini akan dibahas bagaimana cara mengotimasi tokopedia untuk pemula atau toko baru di tahun 2020.

Tidak bisa dipungkiri bahwa algoritma tokopedia terus berubah mengikuti tren dan perilaku pengunjung di platform mereka, oleh karena itu optimasi toko juga harus update juga supaya toko kita di tokopedia mudah ditemukan dan semakin dikenal oleh banyak orang. Mungkin sebagian dari kalian sudah melakukannya secara tidak sadar dengan adanya fitur-ftur baru di tokopedia. Baca juga Laris Manis Berjualan di Tokopedia dengan Teknik SEO.

Optimasi ini bertujuan untuk terus eksis di platform ini dan pada akhirnya dapat mendatangkan banyak pesanan dan keuntungan tentunya.

1. Optimasi Produk

Sudah semestinya optimasi produk adalah hal yang paling penting dalam mengoptimalkan produk kita yang akan tampil di tokopedia. Dalam optimasi produk ada beberapa poin yang harus diperhatikan yaitu

  • Gambar Produk

Gambar produk menjadi poin utama karena menjadi daya tarik utama pengunjung untuk memutuskan melihat produk yang akan kita jual. Jika ada beberapa toko mengoptimasi gambar produknya dengan banyak tulisan yang menggambarkan keunggulan produknya, disini saya justru tidak menyarankan hal tersebut. Alasanya karena itu justru bakal mengganggu dan terkesan tidak profesional. Cukup gambar produk yang jelas, detail, dan sedikit tulisan.

  • Judul Produk

Hal kedua dalam mengoptimasi produk adalah judul. Judul juga sangat penting untuk menunjang produk kita tersaring saat pengunjung mencari kata kunci sesuai produk yang kita jual. Disini saya sarankan untuk membuat judul berdasarkan tren pasar. Untuk formulanya bisa dari umum ke khusus dan ditambah dengan kata-kata pemanis. Misal kita akan berjualan sepatu maka judul yang akan kita buat adalah “Sepatu Formal Pria Bahan Kulit Berkualitas”. Kalian juga bisa menggunakan platform untuk meriset kata kunci seperti google planner. Sebisa mungkin cari kata kunci dengan banyak pencarian namun sedikit pesaingnya.

  • Kategori Produk

Dalam mengoptimalkan kategori produk yang kita jual tentunya juga harus sesuai dan relevan dengan produk apa yang kita jual. Jika kita jual sepatu pria maka kita juga mengkategorikannya ke dalam fashion pria.

  • Deskripsi produk

Deskripsi produk juga sangat penting, karena disana kita berusaha menjelaskan produk apa yang kita jual dan beberapa keunggulan dari produk kita. Sebisa mungkin jelaskan secara jelas, detai, dan tidak berlebihan, serta usahakan untuk menyisipkan kata-kata apa yang bakal muncul ketika orang akan mencari produk seperti yang kita jual.

  • Video Produk

Video produk juga sangat menunjang produk kita untuk lebih mudah ditemukan. Kalian bisa cari video produk di youtube atau bahkan bisa mengguanakan video kalian sendiri.

  • Harga Produk

Jika toko-toko lain bersaing untuk mendapatkan harga paling murah. Saya sarankan kalian untuk tidak mengikutinya, harga yang dipatok juga masih bisa bersaing namun kita tambahkan nilai lebih pada produk kita dan garansi dibanding produk orang lain. Jika perlu ubah secara berkala supaya orang-orang yang sudah memasukkan produk kita ke wishlist mereka akan mendapat notifikasi terkait harga produk kita.

  • Stok Produk

Update secara berkala stok produk di toko kita. Jangan sampai kita melewatkan stok sehingga menyebabkan gagal closing atau terjual.

  • Optimasi Lainnya

Optimasi lainnya yang dimaksud adalah seperti penambahan varian ukuran, warna, bahan, dll. Hal yang lain kalian juga bisa menambahkan fitur harga grosir untuk memancing pembeli untuk membeli produk kita lebih dari 1. Setting berat produk anda sesuai berat aslinya. Serta jika produk anda perlu proses untuk memproduksinya maka aktifkan fitur pre order.

Semua hal yang berkaitan dengan produk sebaiknya diisi dengan lengkap dan terperinci.

2. Memaksimalkan Fitur-Fitur yang ada

Sekarang ini tokopedia hadir dengan fitur-fitur baru yang masih sering dilewatkan oleh seller tokopedia. Berikut ini adalah fitur-fitur yang dapat kalian maksimalkan dalam berjualan di tokopedia.

  • Promo per jam

Promo per jam adalah fitur yang disediakan tokopedia untuk menaikkan produk kita ke atas halaman pencarian.

  • Tokopedia Feed

Ini merupakan fitur yang cukup baru di tokopedia teknisnya seperti instagram dan kita bisa melampirkan produk kita di feed tersebut.

  • Fitur Bagikan Produk

Fitur ini cukup berguna untuk memudahkan kalian untuk membagikan produk kalian di sosial media atau platform lainnya.

  • Flash Sale

Fitur ini hanya bisa didapat oleh seller dengan rating dan jumlah penjualan tertentu. Jika toko kalian sudah mendapat fitur ini jangan sampai kalian melewatkan ini karena ini sudah terbukti meningkatkan penjualan produk.

  • Power Merchant

Baru-baru ini fitur power merchant bisa dinikmati oleh penjual hanya dengan potongan 1% dari setiap penjualan. Sebelumnya tokopedia memberikan harga yang cukup tdak terjangkau untuk fitur ini, dan tentunya akan sedikit menghambat bagi toko-toko baru yang mempunyai modal kecil.

3. Mempromosikan ke Sosial Media

Untuk kalian para penjual/seller online sudah tidak bisa lepas dai sosial media. Selain untuk media promosi gratis dan media untuk para calon pembeli sosial media terbukti ampuh untuk para online shop dalam mengembangkan toko dalam berjualan. Kalian juga bisa menggunakan promosi berbayar di sosial media untuk meningkatkan engagement toko kalian. Gunakan Facebook, Instagram, dan platform lainnya untuk menyasar pasar kalian.

4. Promo Top Ads

Jika toko kalian mempunyai budget lebih kalian bisa menggunakan promo top ads di tokopedia. Cara ini cukup ampuh untuk toko/seller baru di tokopedia. Produk kita akan lebih banyak mendapat perhatian pengunjung dengan promo top ads ini.

5. Konsisten dan Fleksibel

Kalian harus tetap konsisten dalam mengoptimasi toko kalian, tetap rajian upload dan update stok produk, membalas pertanyaan calon pembeli, memberi ulasan, dan aktif dalam diskusi produk. Sedangkan fleksibel disini mengacu pada teknis berjualan kalian. Kalian tetap bisa membangun idealisme kalian dalam berjualan tapi tetap diingat bahwa perilaku pasar sangat cepat berubah. Maka dari itu kalian juga harus meriset dan mempelajari pasar dan calon pembeli. Mengupdate sesuai fitur-fitur baru tokopedia, mengaktifkan banyak opsi pengiriman, fast respon, dan cepat dalam memproses pesanan.

Simak video berikut untuk penjelasan lebih lanjut

Itulah tadi bagaimana Cara Optimasi Tokopedia untuk Seller Baru 2020 dari saya semoga dengan tutorial di atas bisa membantu meningkatkan performa toko di tokopedia kalian dan semakin laris manis. Jika ada tambahan dari kalian silahkan untuk berkomentar di bawah. Semoga bermanfaat 🙂

2 KOMENTAR

Tinggalkan Komentar