Cara Optimasi SEO On Page di Blog Terbaru 2020

0
40
Cara Optimasi SEO
Cara Optimasi SEO

Cara Optimasi SEO On Page di Blog Terbaru 2020Optimasi SEO on page merupakan upaya yang dilakukan untuk menaikkan peringkat konten di mesin pencarian. Jadi kita juga harus tahu unsur apa saja yang ada dalam SEO on page ini. Untuk sebuah blog atau website SEO sangat penting untuk menunjang keberadaan blog di mesin pencarian. Sehingga apabila sebuah blog menempati peringkat atas mesin pencarian, tentunya akan banyak mendatangkan pengunjung.

Pentingnya Optimasi SEO On Page dalam Sebuah Blog

Setelah sebuah artikel di publish, maka mesin pencari akan berusaha mencari dan menemukan artikel kita. Semua unsur-unsur penting dalam sebuah artikel seperti kata kunci, struktur, dll menjadi dasar mesin pencari untuk mengideks artikel kita.

SEO on page menpunyai 5 komponen dasar. Komponen-komponen ini yang bisa menentukan dimana posisi artikel kita berada di mesin pencarian. Oleh karena itu artikel yang kita buat haruslah unik, beda, dan jelas. 5 Komponen SEO on Page tersebut yaitu :

  1. Permalink
  2. Judul
  3. Konten
  4. Heading
  5. Gambar

komponen-komponen di atas saling berkaitan dan saling mempengaruhi satu sama lain.

Cara Optimasi SEO On Page

1. Menentukan Judul

Cara Optimasi SEO On Page di Blog Terbaru 2020
Cara Optimasi SEO On Page di Blog Terbaru 2020

Judul adalah komponen penting yang bisa mempengaruhi calon pengunjung untuk memutuskan mengunjungi artikel kita. Setelah dilakukan riset kata kunci membuat judul yang pas berdasatkan kata kuci adalah langkah selanjutnya. Selain mengandung kata kunci, judul haruslah menarik dan mudah dipahami. Karena judul sebuah artikel bisa dikatakan poin utama calon pengunjung pada pandangan pertama kepada artikel kita.

Hal yang harus diperhatikan dalam membuat Judul Artikel

  • Hindari Judul yang Ambigu/ bisa bermakna ganda.
    Menghindari judul artikel yang mempunyai arti ganda adalah salah satu cara agar pengunjung tidak bingung dan salah persepsi terhadap artikel kita. Sebuah judul haruslah mencerminkan isi artikel di dalamnya. Mesin pencari akan mengidentifikasi judul dan isi artikel kalian. Semaki relevan isinya dengan judul maka akan semakin baik nilai SEO dari artikel tersebut. Memasukkan kata kunci ke judul adalah salah satu langkah dalam mengoptimasi SEO.
  • Perhatikan jumlah huruf dan kata
    Judul yang bagus memiliki rentang 20 sampai 60 huruf dan 2 hingga 20 kata. Hal ini karena di pencarian biasanya hanya akan ditampilkan maksimal 60 karakter, selebihnya akan ditulis dengan titik-titik. Walau begitu untuk judul yang panjang masih bisa diakali dengan meta titel.
  • Mempunyai daya tarik
    Membuat judulartikel haruslah menarik dan memancing penasaran. Tujuannya ya semata-mata untuk memancing pengunjung agar tertarik pada artikel kita.

Biasanya seorang calon pengunjung datang dengan sebuah pertanyaan dan mencari jawaban. Maka dari itu judul artikel hendaknya mencerminkan pertanyaan-pertanyaan calon pengunjung tersebut.

2. Membuat Permalink

Cara Optimasi SEO On Page di Blog Terbaru 2020
Cara Optimasi SEO On Page di Blog Terbaru 2020

Permalink bisa dikatakan sebagai url atau tautan dari setiap konten. Ada yang membuat permalink dengan kode angka, ada juga yang dengan judul artikel, dll. Sedangkan untuk mengoptimalkan permalink dengan SEO yang baik adalah yang mencantumkan keyword atau kata kunci dati sebuah konten. Misal www.namadomain.com/cara-menghilangkan-jerawat-dengan-serbuk-kopi.

Hal yang harus diperhatikan dalam membuat permalink

Dalam membuat sebuah permalink bisa saja langsung disetting di pengaturan. Namunalangkah baiknya juga memperhatikan hal-hal berikut ini :

  • Hapus kata hubung atau kata dasar seperti atau, dan, dengan, antara, dll.
  • Buat url yang tidak panjang
  • Sisipkan kata kunci
  • pisahkan antar kata dengan strip (-)

3. Isi atau Konten

Isi atau Konten Cara Optimasi SEO On Page di Blog Terbaru 2020
Isi atau Konten Cara Optimasi SEO On Page di Blog Terbaru 2020

Isi atau konten adalah topik pembahasan yang akan dijabarkan secara lebih rinci. Sebuah artikel yang bagus adalah artikel yang mampu membuat pengunjung untuk betah berlama-lama di blog kita. Konten yang menarik juga akan memancing pengunjung untuk membagikan artikel kita ke orang lain.

Konten atau isi yang buat haruslah relevan dengan judul yang dibuat. Hal ini juga mempengaruhi mesin pencari untuk mempermudah mengindex artikel kita. Dan tentunya akan berdampak pada peringkat artikel di mesin pencarian.

Isi dari artikel seharusnya bisa menjadi jawaban dari pertanyaan dari pengunjung. Intinya harus bermanfaat bagi pembaca. Yang perlu diingat bahwa konten adalah raja. Jadi artikel yang kita buat harus mempunyai nilai bagi pengunjung. Maka dari itu konten sangat penting dalam cara optimasi SEO on Page

Hal yang harus diperhatikan dalam membuat konten artikel

  • Sama halnya dengan judul artikel yang bagus memiliki batasan jumlah kata. Dalam hal ini sebuah artikel setidaknya harus mengandung 3 sampai 4 paragraf, memiliki 6-8 kalimat, dan 13 hingga 15 kata setiap kalimatnya. Hal ini agar membuat pembaca lebih nyaman dalam membaca konten kita.
  • Pengulangan frasa atau kunci itu diperlukan namun secukupnya saja. Pengulangan kata kunci juga dibutuhkan untuk menunjang tingkat relevansi artikel kita. Namun disarankan hanya 3-4 saja. Karena jika terlalu banyak malah tidak bagus dan bisa dianggap spam oleh mesin pencari.
  • Gunakan subheading untuk memudahkan pembaca dalam memahami sub pembahasan. Hal ini juga berfungsi untuk mengetahui struktur dari artikel yang kita buat. Subheading sangat membantu pembaca dalam memahami pokok pembahasan dalam setiap subheadingnya. Buatlah konten yang rapi, gunakan kata tebal, quote, link yang tepat untuk setiap artikel. Karena hal tersebut sangan membantu pembaca. Pada intinya artikel yang SEO adalah artikel yang mudah dipahami dan dicerna oleh pengunjung.

4. Heading

Heading Cara Optimasi SEO On Page di Blog Terbaru 2020
Heading Cara Optimasi SEO On Page di Blog Terbaru 2020

Penggunaan heading sangat panting dalam sebuah artikel. Seperti yang dikatakan di atas heading atau subheading berfungsi untuk menandai sebuah bagian dari artikel. Maka dari itu heading menjadi elemen yang menunjang SEO On pange.

Mesin pencari seperti google biasanya lebih memperhatikan heading 1 sampai 3. Hal itu karena yang berada di heading 1-3 adalah pokok bahasan dari sebuah artikel. Pokok pembahasan ini juga berdampak pada SEO On Page karena termasuk aspek penting dalam artikel. Adapun fungsi dari setiap heading biasanya sebagai berikut:

  • Heading 1 (H1), digunakan untuk menandai topik utama yang akan dibahas dan biasanya berada di judul.
  • Heading 2 (H2), bisa untuk menandai sub topik
  • Heading 3 (H3), untuk menandai sub topik dari heading 2 yang lebih spesifik.

Intinya penggunaan heading seperti diatas tadi untuk memudahkan pembaca dan mengetahui strukur artikel atau halaman. Heading juga berfungsi untuk membedakan atau memisahkan pokok bahasan dalam sebuah artikel bacaan.

5. Gambar

Gambar Cara Optimasi SEO On Page di Blog Terbaru 2020
Gambar Cara Optimasi SEO On Page di Blog Terbaru 2020

Yang terakhir dalam optimasi SEO On Page adalah gambar. Sebuah konten akan semakin menarik apabila ada sebuah gambar. Sebaiknya gambar juga menggambarkan dari pembahasan di artikel. Bisa juga menggunakan ilustrasi atau infografik untuk memudahkan pembaca dalam memahami konten. Apalagi banyak orang yang cenderung tidak suka membaca. Gambar juga membuat pembaca tidak bosan saat membaca artikel.

Adanya sebuah gambar pembaca juga lebih mudah memahami isi konten. Kadang juga hanya dengan gambar pembaca bisa langsung paham apa yang dimaksud oleh penulis.

Hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan gambar

  • Gunakan gambar yang relevan
  • Mengganti judul gambar dengan kata kunci
  • Gunakan gambar dengan ukuran yang kecil namun memiliki resolusi tinggi.
  • Gunakan gambar dengan free copyright atau bebas hak cipta.

Dalam membuat artikel dan melampirkan gambar harus tetap bijak dalam penggunaannya. Semua gambar di google belum tentu bebas dari hak cipta. Kalian bisa membuat gambar sendiri atau menggunakan gambar dari platform penyedia gambar bebas hak cipta seperti pixabay, pexels, dll

Kesimpulan

Optimasi SEO On Page sangat penting untuk menunjang mesin pencari dalam merambah konten kita. Dengan adanya struktur dan kata kunci yang jelas tentunya mesin pencari tidak sulit untuk menemukan dan menaikkan peringkat artikel. Apabila kalian seorang blogger maka kalian wajib mempelajari algoritma google dan menerapkan SEO yang terbaru. Sekian artikel dari saya semoga bermanfaat dan terima kasih :). Baca juga Cara Optimasi Tokopedia untuk Seller Baru 2020.

Tinggalkan Komentar