Cara Optimasi Lazada untuk Meningkatkan Penjualan 2020

0
83
Cara Optimasi Lazada untuk Meningkatkan Penjualan 2020
Cara Optimasi Lazada untuk Meningkatkan Penjualan 2020

Cara Optimasi Lazada untuk Meningkatkan Penjualan 2020 – Salah satu marketplace ternama di negeri ini adalah Lazada. Kehadirannya menjadi salah satu sarana yang bisa mempermudah akses jual beli secara online. Bahkan siapapun yang melakukan transaksi di sana bisa meraup keuntungan dengan cara yang cukup mudah.

Namun, Lazada sendiri sebetulnya bukan produk asli anak bangsa. Perusahaan yang rilis pertama kali pada tahun 2012 ini, merupakan anak perusahaan dari Alibaba Group Holding Limited. Berpusat di Singapura, marketplace ini awalnya digawangi oleh Rocket Internet. Perusahaan inkubator teknologi internet yang berasal dari Berlin, jerman.

Tidak hanya besar di Indonesia, Lazada juga memenuhi pasar online di beberapa negara di Asia Tenggara, seperti Malaysia, Thailand, Vietman, Filipina dan tentu saja Singapura sendiri. Hingga kini, terdapat lebih dari 300 juta SKU dengan lebih dari 3000 brand, yang mampu melayani setidaknya 560 jutaan pembeli yang tersebar di negara-negara tersebut. Baca juga Cara Optimasi Shopee untuk Meningkatkan Penjualan.

Cara Optimasi Lazada

Menilik besarnya pasar online, akhirnya berbondong-bondong pula para penjual yang memanfaatkan lahan ini. Dan untuk Anda yang berencana melakukan penjualan atau sudah memiliki lapak di marketplace ini, sebaiknya mengetahui bagaimana cara optimasi Lazada untuk meningkatkan penjualan 2020, berikut ini adalah beberapa tips yang harus Anda lakukan.

Optimasi Lazada dengan Customer Engagement Management (CEM)

Menggunakan seluruh fasilitas yang ditawarkan oleh Lazada, adalah cara terbaik untuk meningkatkan penjualan. Yang pertama adalah dengan menggunakan fitur CEM atau Customer Engagement Management. Ini merupakan fitur terbaru dari Lazada, fitur chat ini mempermudah para penjual untuk berinteraksi dengan pembelinya.

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan oleh penjual, dimulai dari mengenalkan atau menjual produknya, berinteraksi dengan pelanggan dan calon pembeli, melakukan follow up dan aktif ikut serta dalam seluruh program penjualan yang dilakukan Lazada.

Optimasi Lazada dengan Lazlive

Cara optimasi Lazada untuk meningkatkan penjualan 2020 yang kedua adalah dengan menggunakan fitur Lazlive atau Livestreaming. Cara berjualan seperti ini sepertinya memang lebih menarik dan harus Anda coba untuk meningkatkan trafik. Dan yang pasti, fitur ini juga bisa Anda gunakan secara gratis.

Buat video semenarik mungkin, tidak saja membuat pembeli tertarik, Anda juga bisa mendapatkan reward dari Lazada. Selesaikan tantangan mingguan yang biasanya akan ditampilkan di saluran khusus.

Optimasi Lazada dengan Meningkatkan Rating dan Ulasan

Ini adalah salah satu cara mudah lainnya untuk meningkatkan penjualan, yaitu menaikkan rating serta ulasan dari produk yang Anda jual. Bagaimanapun juga, pembeli biasanya akan memilih penjual atau seller yang memiliki rating atau bintang yang tinggi.

Tingkat kepercayaan akan lebih mudah didapat bila Anda adalah penjual yang masuk ke dalam kategori bintang 4 atau 5. Untuk meningkatkan rating gunakan 3 cara optimasi Lazada untuk meningkatkan penjualan 2020 yaitu, Remind, Reward dan Respon.

Remind, ingatkan pembeli yang telah membeli produk di toko Anda untuk memberikan ulasan, maksimal 30 hari setelah melakukan pembelian. Selanjutnya, Reward, berikan vouscher pada pelanggan Anda sebagai bentuk apresiasi. Dan yang ketiga adalah Respon, beritahukan kepada pembeli Anda bahwa setiap ulasan, baik atau buruk akan diterima dengan baik oleh Anda.

Optimasi Lazada dengan VKAM

VKAM atau Virtual Key Account Management merupakan layanan lainnya yang diberikan Lazada kepada para seller. Ada 3 fitur yang bisa digunakan seperti Free Shipping, Flexi Combo dan Collectible Voucher. Ini merupakan cara optimasi Lazada untuk meningkatkan penjualan 2020.

Layanan ini juga bisa membantu para penjual untuk menjaga serta meningkatkan kualitas performa online shopnya, seperti Cancellation Rate, Ship on Time dan Seller Rating. Dan untuk mempermudah layanan ini, penjual juga akan dibantu oleh VKAM agent. Di mana satu seller dengan satu agent. Manfaatkan layanan ini sebaik mungkin selama Lazada menawarkannya secara gratis.

Campaign Banner

Cara optimasi Lazada untuk meningkatkan penjualan 2020 berikutnya adalah, dengan memanfaatkan Campaign Banner. Banner produk tentunya bisa meningkatkan trafik dan memudahkan pelanggan untuk melihat berbagai produk campaign dan membawanya ke toko Anda.

Untuk menerapkan bannaer di halaman produk juga cukup mudah. Anda hanya tinggal masuk ke menu Produk >> Product Decoration kemudian pilih 9.9 Campaign Banner dan klik “Tambah baru”. Selanjutnya klik “Unggah Baru” untuk mengunggah gambar dari produk yang Anda jual. Lalu klik “Simpan” dan tekan “Tampilkan ke Semua Produk”.

Bisnis Analisis Trafik Data

Ini adalah salah satu fitur lainnya yang bisa digunakan oleh para seller yang terdaftar di Lazada, Bisnis Analisis Trafik Data. Tujuan menggunakan fitur ini agar Anda mengetahui trafik data seperti, mengetahui trafik data tepat waktu. Kemudian masukan personal yang akan diberikan Lazada untuk mengoptimalkan trafik.

Manfaat lainnya untuk mengetahui informasi sumber trafik berasal, hingga fitur Info tren sumber trafik, yang bisa membantu setiap seller untuk memantau bahkan melacak kinerja dari setiap sumber serta mengevaluasinya secara optimal.

Promosi

Setelah melakukan berbagai petunjuk di atas, langkah selanjutnya yang tidak boleh Anda abaikan, sebagai bagian dari cara optimasi Lazada untuk meningkatkan penjualan 2020 adalah dengan berpromosi. Ada banyak cara untuk berpromosi, seperti salah satunya adalah dengan membuat konten menarik, original dan menghibur.

Post Bebas di Feed

Gunakan fitur ini untuk mempromosikan produk Anda. Ada banyak event yang bisa digunakan, seperti Offline Event, Super Brand Day serta event Lucky Draw. Anda bisa membuat berbagai konten yang berkaitan dengan kegiatan sehari-hari, seperti berbagi resep, tips make up atau yang lainnya.

Post Feed Video

Video merupaka cara optimasi Lazada untuk meningkatkan penjualan 2020 yang terbilang cukup efektif. Buat video yang menarik agar mudah diingat oleh setiap customer yang melihat. Tercatat informasi pula, bahwa customer yang menonton sebuah video, biasanya akan dengan mudah mengingatnya bahkan hingga 30 hari lamanya, setelah ia meyaksikan video tersebut.

Campaign 11.11

Menggunakan hashtag pada setiap postingan yang Anda buat akan memudahkan proses pencarian yang dilakukan customer. Serta mampu meningkatkan eksposur post dari toko Anda pada halaman feed “Jelajahi” juga feed Campaign 11.11 Karena itu gunakan selalu hashtag #11.11! atau #11.11TampilKece, #11.11PecintaGadget, #11.11UntuksiAktif, dan #11.11HomeSweetHome.

Cara berpomosi lainnya yang bisa Anda gunakan adalah, dengan mengikuti berbagai promo yang disediakan oleh Lazada. Kemudian sebarkan link atau URL SKU milik Anda pada semua rekan, keluarga atau siapapun pada semua social media yang Anda miliki.

Selanjutnya, selalu aktif untuk memberikan diskon atau potongan harga pada setiap produk yang ditawarkan secara live. Dan jangan lupa untuk memberikan promo spesial secara berkala, misalnya seperti program buy 1 get 1 atau yang lainnya.

Itulah cara optimasi Lazada untuk meningkatkan penjualan 2020 yang bisa dicoba sekarang juga. Pastikan Anda juga bergabung dengan Facebook Lazada Club agar bisa mendapatkan sharing baik itu berupa ilmu atau pengalaman dari para penjual lainnya. Pahami juga Cara Optimasi Blibli untuk Meningkatkan Penjualan 2020. Segera jadi bagian dari Lazada dan tingkatkan penjualan maka pundi-pundi rupiahpun akan menjadi milik Anda.

Tinggalkan Komentar